Mengenal Kapasitas Hosting DomaiNesia6 min read

No ratings yet.

Daymond John pernah bilang, as an entrepreneur, you never stop learning. Sebagai seorang entrepreneur, kamu nggak akan pernah berhenti untuk belajar. Termasuk belajar membuat website atau membuat online shop. Belajar itu nggak mengenal usia dan nggak semua manusia di Galaksi Bima Sakti ini ditakdirkan untuk jadi ahli di bidang IT. Jadi jangan berkecil hati kalau nggak ngerti sama yang namanya hosting dan domain. Di artikel ini, kita bakal bahas soal hosting. Khususnya paket hosting murah apa saja yang ada di DomaiNesia dan fitur apa saja yang termasuk di dalamnya.

Kalau mau bikin rumah, kamu harus menyiapkan lahannya dulu kan, DomaiNesians? Nah, lahan ini bisa diibaratkan sebagai hosting. Nantinya, hosting adalah tempat untuk menyimpan semua data untuk memenuhi kebutuhan website. Data yang dimaksud misalnya foto, tulisan, video, musik, dan data supaya website itu bisa dijalankan, seperti plugin dan script. Kenapa pemahaman tentang hosting itu penting? Supaya kamu nggak salah beli paket hosting murah dan supaya paket hosting murah yang kamu beli nantinya akan sesuai dengan kebutuhan. Untuk penjelasan lengkap tentang hosting, kamu bisa baca di panduan Apa Itu Hosting: Penjelasan Hosting untuk Pemula.

Pertimbangan Dalam Memilih Paket Hosting

Kapasitas server pada server hosting nggak seperti kapasitas hardisk komputer yang kapasitasnya bisa mencapai ratusan GB. Kapasitas server pada hosting, meskipun hanya puluhan atau ratusan MB sudah besar dan sangat berharga. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan website, karena semakin besar kapasitas server yang dibutuhkan, akan semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan. Sebelum memutuskan untuk membeli hosting, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal seperti:

paket hosting murah

Sumber: Pixabay

  1. Jenis Web yang Akan Dibuat

    Kapasitas hosting untuk online shop tentu akan berbeda dengan kapasitas hosting untuk membuat blog sederhana. Karena komponen yang dibutuhkan untuk membangun kedua jenis website tersebut juga berbeda. Begitu pula dengan kebutuhan hosting untuk setiap jenis situs web.

  2. Kebutuhan Hosting

    Hal pertama yang harus ditentukan adalah ukuran situs web yang akan dibuat. Ukuran suatu blog ditentukan oleh jenis data yang akan dimuat. Blog dikatakan besar jika muatan di dalamnya juga besar. Namun ukuran yang besar justru membuat performa blog nggak maksimal. Kamu harus bisa menjaga ukuran blog tetap di rata-rata ukuran suatu blog, yaitu nggak lebih dari 30 KB.

  3. Lokasi Server

    Untuk menentukan lokasi server, kamu harus tahu siapa saja pengunjung, pembaca, atau konsumen website. Idealnya, semakin dekat lokasi server dengan pembaca, pengunjung, atau konsumen, proses load juga akan lebih cepat. Secara umum ada tiga lokasi server, yaitu Indonesia (Hosting IIX), Amerika (Hosting USA), dan Singapura (Hosting SG). Jadi, jika konsumen kamu lebih banyak berasal dari asia tenggara, maka server yang cocok untuk kamu adalah server yang berlokasi di Singapura.

Baca juga: Beli Hosting Gratis Domain di DomaiNesia

Kapasitas Hosting Untuk Kebutuhan Online Shop

Buat kamu yang ingin punya online shop pasti bertanya-tanya paket hosting murah mana yang sesuai dengan kebutuhan. Pertanyaan ini memang penting untuk dibahas, karena bisa sekaligus untuk memperkirakan biaya pengeluaran bisnis online kamu. Hosting yang akan disewa nantinya akan menentukan akselerasi toko online kamu. Itulah mengapa memilih web hosting untuk toko online sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Untuk menentukan paket hosting murah yang disediakan oleh penyedia web hosting, berikut adalah beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk memilih paket web hosting yang sesuai:

paket hosting murah

Sumber: Pixabay

  1. Tentukan Target Market Toko Online

    Toko online lebih memungkinkan kamu memiliki target market yang lebih luas. Namun akan lebih efektif jika kamu memetakan lebih spesifik. Misalnya fokus pada konsumen yang ada di Asia Tenggara, maka akan lebih baik jika kamu menyewa web hosting dengan lokasi server di Singapura (Server SG). Tetapi kalau kamu fokus dengan konsumen yang ada di Indonesia saja, maka lebih baik kamu menyewa web hosting dengan lokasi server di Indonesia (Server IIX). seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa semakin dekat lokasi server dengan pengunjung web, semakin cepat pula proses load web tersebut.

  2. Tentukan Apa Saja Yang Akan Dijual

    Berapa jenis produk yang akan dijual di online shop, akan menentukan kapasitas space web hosting yang perlu kamu sewa. Jika kamu menjual beberapa jenis produk, maka kamu perlu kapasitas space web hosting yang besar, karena website kamu perlu memuat banyak gambar-gambar produk yang dijual. Tapi untuk kamu yang baru merintis online shop, kamu nggak perlu menyewa space web hosting dengan kapasitas yang besar. Atau kalau barang yang kamu jual hanya satu jenis produk, space web hosting dengan kapasitas 750 MB adalah paket yang perlu kamu sewa. Jangan khawatir akan kehabisan kapasitas, kalau nantinya online shop kamu berkembang, kamu bisa upgrade kapasitas, kok.

  3. Perkirakan Jumlah Pengunjung Toko Online

    Jumlah pengunjung memang baru bisa diketahui setelah toko online berjalan beberapa lama. Kamu nantinya juga akan memperkirakan seberapa besar pertumbuhan pengunjung toko online. Banyaknya pengunjung toko online akan menentukan spesifikasi web hosting dari sisi bandwidth. Semakin banyak pengunjung, semakin besar pula bandwidth yang diperlukan. Penyedia layanan web hosting biasanya akan memberikan fitur-fitur tambahan di paket yang mereka tawarkan, seperti fitur email atau backup data.

Tiga pertimbangan di atas sebetulnya nggak hanya untuk toko online saja, namun bisa digunakan untuk bahan pertimbangan kapasitas hosting secara umum. Kalau kamu ingin membuat website pribadi, jangan lupa tentukan domain apa yang ingin digunakan. Satu akun hosting bisa digunakan untuk beberapa domain. Selain soal domain, untuk menentukan paket hosting mana yang diperlukan, kamu bisa menggunakan acuan di atas.

Paket Hosting Murah Di DomaiNesia

DomaiNesia menyediakan beberapa paket hosting murah untuk keperluan yang berbeda-beda. Ada 7 paket hosting yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Paket-paket hosting yang ada di DomaiNesia adalah paket Extra, Super, Monster, Mikro, Mega, Giga dan Exa. Paket Extra disarankan untuk pengguna yang masih pemula untuk membuat website, email, dan blog sederhana. Super dan Monster disarankan untuk pengguna yang ingin membuat toko online dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak. Sementara web sekolah atau web untuk pemerintahan disarankan untuk menggunakan paket hosting Super dan Monster.

Lalu paket Mikro, Mega, Giga dan Exa dipakai untuk apa saja? Keempat paket tersebut memiliki kapasitas space web hosting yang lebih besar, yang menunjang website dengan pengunjung yang sangat banyak atau traffic yang besar. Keempat paket tersebut juga dilengkapi dengan alamat email untuk profesional, performa serta support yang terbaik. Jadi, ketika toko online kamu semakin berkembang, traffic semakin besar, permintaan konsumen semakin banyak, tim untuk toko online kamu juga bertambah, maka kamu juga perlu mengupgrade kapasitas space web hosting sebelumnya. Kamu bisa upgrade ke paket Mikro, Mega, Giga dan Exa secara bertahap. Untuk penjelasan tentang paket hosting murah yang lebih jelas atau diskusi tentang perkiraan kebutuhan paket hosting, kamu bisa langsung chat, telepon atau email kami ya, DomaiNesians.

paket hosting murah

Sumber: Pixabay

Buat kamu yang masih pemula, jangan ragu untuk memilih paket hosting Extra. Kapasitasnya sudah cukup besar, semua paket yang ditawarkan punya fitur yang lengkap dan terjamin keamanannya. Fitur-fitur seperti anti-virus dan anti-malware, backup harian ke Cloud, spam filter, dan Enterprise-grade SSD yang menjamin website kamu tetap ada di performa yang terbaik, ada di semua paket hosting murah DomaiNesia. Tunggu apa lagi? Jangan berhenti cuma karena kamu nggak bisa bikin website. Setiap orang punya potensi terpendam dan hanya muncul jika kamu never stop learning.

Baca juga: Cara Memilih Hosting Murah Indonesia

Siap Beralih Ke Penyedia Web Hosting Terbaik?

Nggak cuma hosting, semua layanan di DomaiNesia punya performa yang terbaik. Kami menjamin semua layanan dengan memberikan keamanan, baik dalam mencegah kehilangan data atau terkena virus. DomaiNesia juga punya tim support terbaik yang bakal menemani kamu menyelesaikan berbagai macam masalah situs web. Last but not least, paket hosting Mikro, Mega, Giga dan Exa juga bisa jadi pilihan ketika kamu mau pindah atau migrasi. DomaiNesia juga memberikan banyak diskon dan promo menarik lainnya. Jangan sampai kamu ketinggalan ya DomaiNesians.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar