• Home
  • Tips
  • Mudah dan Singkat, Begini Cara Login Blogger Milikmu

Mudah dan Singkat, Begini Cara Login Blogger Milikmu

Oleh Ratna Patria

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah blogger dan blogspot pada era digital seperti saat ini. Bisa dibilang blog sebagai sebuah catatan harian yang membahas topik-topik tertentu namun dikemas dalam bentuk website. 

Lalu blogger adalah orang yang menulis blog tersebut, ternyata blogger juga dapat diartikan sebagai sebuah platform blog milik Google. Semakin membingungkan bukan? 

Apakah istilah-istilah tersebut memiliki makna yang sama?  Jika kamu memiliki beberapa pertanyaan seperti itu, kamu menemukan artikel yang tepat karena DomaiNesia akan jelaskan secara singkat ke kamu apa itu blog, blogger, blogspot, cara login blogger atau blogspot. 

Dan bahkan kami akan memberikan solusi jika kamu kesulitan dalam melalukan login tersebut. Sangat menarik kan! Hanya dengan satu artikel kamu bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaanmu tadi. Yuk simak terus sampai akhir!

login blogger
Sumber: Envato

Apa itu Blog?

Blog adalah sebuah website yang berisikan artikel, foto, atau video yang biasanya dikelola oleh seorang blogger atau bahkan beberapa penulis sekaligus. Konten yang disampaikan cukup beragam seperti fashion, kuliner, lifestyle, teknologi, dan sebagainya. 

Penluisan blog memiliki berbagai manfaat seperti untuk branding produk, mempromosikan produk, atau sebagai sarana publikasi saja.

Apa itu Blogger?

Blogger adalah pemilik dan pengelola sebuah blog. Namun blogger juga memiliki arti lain yaitu sebagai platform atau CMS gratis untuk mempublikasikan blog yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google yang beralamtkan pada blogger.com

Platform ini pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs yang kemudian diambil alih oleh Google pada tahun 2003. Beberapa contoh platform lain seperti WordPress dan Opencart. 

Salah satu platform Google ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya semakin dikenal orang. 

Misalnya, memberikan kemudahan bagi penulis terutama yang tidak mengerti IT, memiliki aksebilitas, memiliki tampilan sederhanan sehingga pengguna baru pun tidak akan kesulitan, dan yang terpenting memiliki layanan yang gratis.  

Apa itu Blogspot?

Blogspot merupakan layanan domain gratis yang dimiliki oleh Google. Ketika kamu membuat sebuah blog pada blogger maka secara otomatis blogspot akan muncul pada domain kamu. 

Blogspot dapat diartikan sebagai sub domain gratis yang dimiliki oleh Google yang hanya akan terpasang otomatis jika kamu membuat blog pada blogger. Contohnya seperti ini namadomainkamu.blogspot.com.  

Blogspot memiliki situs resmi yaitu blogspot.com. Mungkin disini kamu akan merasa bingung karena jika kamu membuka blogspot.com kamu akan terarahkan ke halaman blogger.com

Mengapa demikian? Blogger dan Blogspot memiliki kaitan yang erat dalam dunia penulisan blog. Tetapi sebenarnya blogspot ada sebuah domain atau alamat dari sebuah blog tersebut. 

Jika kamu menggunakan WordPress maka blogmu menjadi namadomainkamu.wordpress. Nah sama seperti itu namun blogger memiliki domain tersendiri yaitu blogspot.

Setelah mengetahui istilah-istilah tersebut secara singkat. 

Kita akan masuk pada inti pembahasan dari artikel ini yang tentunya masih berkaitan dengan pembahasan di atas, yaitu bagaimana cara login blogspot atau login blogger. DomaiNesia akan jelaskan secara singkat dan padat untuk kamu.

login blogger
Sumber: Envato

Cara Login Blogspot atau Login Blogger

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa blogger merupakan platform milik Google yang digunakan untuk menerbitkan blog secara gratis. 

Untuk login blogger, tentu saja kamu harus login akun Google yang akan kamu gunakan terlebih dahulu. Berikut cara yang bisa kamu coba.

  1. Pada browser Chrome  silahkan kunjungi halaman resmi dari blogger yaitu blogger.com.
  2. Kamu bisa mengganti bahasa yang akan kamu gunakan dengan pengaturan yang ada pada bagian paling ujung bawah sebelah kanan, lalu ganti menggunakan bahasa yang kamu inginkan.
  3. Setelah itu kamu bisa klik pada bagian pojok kanan atas yang bertuliskan “Masuk” untuk login blogger menggunakan akunmu.
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman login Google, jika sebelumnya kamu belum melakukan login pada akun Google mu dengan memasukkan email Google yang akan kamu gunakan nantinya dan klik “Berikutnya”.
  5. Selanjutnya kamu diminta untuk memasukkan password dari email tadi.
  6. Jika kamu sudah login Google pada browser Chrome maka kamu akan diarahkan ke halaman daftar email yang sudah terhubung dengan browsermu. Maka dari itu kamu bisa langsung lewati langkah ke 4 dan 5. 
  7. Kamu sudah berhasil login yang ditandakan dengan kamu sudah diarahkan otomatis ke halaman dashboard akun bloggermu tersebut.
  8. Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah di atas, maka selanjutnya kamu bisa mulai menulis dan mengolah blog milikmu. Selamat menulis!

Punya Masalah Saat Login Blogger?

“You’re signed in as youremail@gmail.com. If that’s not the account you use with your blog, change the account you’re signed in on and try signing in again.”

Jika kamu memiliki masalah seperti di atas, DomaiNesia memiliki beberapa tips yang bisa kamu coba dan terapkan agar kamu bisa kembali login blogger milikmu.

1. Lupa username

  • Masuk ke bagian “Having trouble signing in?”
  • Untuk menangani itu, kamu perlu memasukkan nama lengkap dari akun milikmu dan juga alamat email pemulihan yang kamu daftarkan (bisa juga menggunakan nomor telepon pemulihan)
  • Jika kamu memasukkan alamat email pemulihan, maka kamu harus membuka kotak masuk dari alamat email tersebut karena pihak Google akan mengirimkan kode yang bisa kamu gunakan. Masukkan kode tersebut.
  • Jika kamu memasukkan nomor telepon pemulihan, maka kamu harus membuka kotak masuk dari alamat email tersebut karena pihak Google akan mengirimkan kode dan masukkan kode tersebut.

Selanjutnya kamu akan melihat daftar nama pengguna yang cocok. Namun, jika kamu tidak melihat ada nama pengguna milikmu kamu bisa mencoba menggunakan alamat email pemulihan yang lain atau cek kembali nama pengguna tersebut mungkin kamu salah menuliskannya.

2. Lupa kata sandi

  • Buka halaman Account support page.
  • Ikuti petunjuk yang ada. Kamu diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa akun tersebut memang milikmu maka jawab sebaik bungkin.
  • Mengatur ulang kata sandi yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya.

3. Lupa email yang kamu gunakan untuk blogmu

  • Buka halaman “Forgot your username or password?”.
  • Masukkan URL dari blog milikmu.
  • Selanjutnya kamu akan diberi petunjuk untuk mengetahui alamat email mana yang kamu gunakan. Kamu akan mendapatkan email yang berisi petunjuk untuk masuk.
  • Jika kamu tidak mendapatkan email, mungkin kamu masuk ke akun Google yang salah jadi coba menggunakan akun Google yang lain.  

4. Menghapus email yang kamu gunakan untuk blogmu

Dalam beberapa kasus seperti ini, kamu mungkin tetap bisa login blogger menggunakan alamat email yang sudah dihapus.

  • Buka halaman blogger.
  • Masukkan alamat email dan kata sandi terakhir yang kamu ingat.
  • Tambahkan akun Google aktif milikmu sebagai admin.

5. Jika kamu masih tidak bisa login blogger

Jika kamu masih belum bisa login blogger milikmu, coba untuk menghubungi administrator blogger yang lain.

Mudah Bukan Melakukan Login Blogger?

Login blogger atau login blogspot bukanlah hal yang sulit. Namun bagi pemula mungkin hal ini masih sangat awam dan belum memahami bagaimana cara login blogspot. 

Tapi sebenernya hal yang membingungkan adalah jika kamu membuka blogger dan blogspot maka kamu diarahkan menuju halaman yang sama. Hal itu karena blogger merupakan sebuah CMS yang kemudian di hosting oleh blogspot. 

Kamu tidak perlu lagi memikirkan cara membuat blog menggunakan coding jika menggunakan blogger. 

Apabila kamu masih mengalami kesulitan atau masalah dalam melakukan login blogspot maka kamu bisa menggunakan tips yang sudah kamu jelaskan di atas yang bisa menjadi solusi untuk kamu. Selamat menggunakan blogger!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


ahmad
September 4, 2022

terimakasih untuk tips nya sangat bermanfaat sekali tinggal konsisten untuk prakteknya

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah