• Home
  • Tips
  • Punya Satu Domain Saja Tidak Cukup! Simak 5+ Alasannya

Punya Satu Domain Saja Tidak Cukup! Simak 5+ Alasannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Domain adalah sebuah alamat dari sebuah website. Untuk itu domain menjadi salah satu komponen wajib dalam sebuah website. Selain sebagai alamat, domain juga berfungsi sebagai branding dan atau identitas. Nah umumnya domain ini mencerminkan apa yang ada di dalam website tersebut. 

Bagi kamu kamu pemilik usaha dan memilih untuk memasarkannya secara online, maka kamu harus memperhatikan domain yang akan kamu gunakan. Lalu apakah kamu tahu bahwa ternyata satu domain saja tidak cukup untuk melakukan bisnis? Loh kenapa begitu? Tenang, kamu akan mendapatkan jawabannya disini karena DomaiNesia akan menjelaskan alasan satu domain saja tidak cukup untuk berbisnis. Simak jawabannya disini ya.

Alasan Satu Domain Saja Tidak Cukup

Mengingat bahwa domain sangat penting dalam bisnis, maka kamu harus lebih cermat lagi dalam penggunaannya. Nah berikut ada beberapa alasan satu domain saja tidak cukup untuk membangun sebuah usaha karena ada beberapa tujuan yang dimaksud. Berikut alasannya.

Sumber: Envato

1. Menghindari resiko salah ketik

Kesalahan pengetikan oleh pengguna dalam bilah pencarian merupakan hal yang wajar. Biasanya pengguna memasukkan url website yang akan dituju namun kesalahan pengetikan sering terjadi. Apalagi jika website tersebut memiliki nama yang unik dan sulit untuk dituliskan. Bukannya diarahkan pada sebuah website yang diinginkan malah mendapatkan pesan error bahwa alamat website tersebut tidak ditemukan. 

Nah untuk menghindari itu, sebaiknya kamu menggunakan lebih dari satu domain yang memiliki nama yang hampir mirip. Misalnya seperti ini, kamu memiliki domain utama Foodies.com lalu kamu memiliki domain yang lain yaitu Fudis.com. Startegi ini juga diterapkan oleh perusahaan raksasa seperti Google. Google memiliki dua domain yaitu Google.com dan Googel.com. Strategi ini dilakukan Google agar penggunanya tetap diarahkan pada laman Google dan url yang benar meskipun terjadi salah pengetikkan. 

2. Melindungi brand

Untuk melindungi dan juga memperkuat brand kamu maka hal ini menjadi alasan satu domain saja tidak cukup. Mengapa begitu?

a. Mencegah plagiator

Kompetitor bisa mengincar kamu dari mana saja termasuk domain website. Bayangkan saja jika kamu memiliki website dengan alamat AliyyaHijab.com lalu kompetitormu juga menggunakan alamat yang sama namun dengan ekstensi yang berbeda seperti AliyyaHijab.id. Kamu tidak ingin kan pengunjung website mu diarahkan pada website kompetitor? Pasti dong! Maka dari itu, itulah alasan satu domain saja tidak cukup untuk kamu yang berbisnis.

b. Melakukan rebranding

Rebranding adalah hal yang wajar bagi bisnis. Jika kamu ingin melakukan rebranding seperti ganti nama, maka sebaiknya domain lama kamu jangan dihapus ya DomaiNesian! Alasannya karena tidak semua orang mengetahui bahwa brand kamu sudah berubah nama dan mereka tetap membuka alamat website brand kamu yang lama. Nah hal ini bisa kamu manfaatkan dengan mengarahkannya pada alamat domain dan juga website yang baru jadi proses rebranding kamu akan berjalan lancar. 

c. Memahami konsumen

Alasan satu domain saja tidak cukup karena dalam berbisnis kamu harus bisa memahami seperti apa pelangganmu. Pelanggan biasanya mengingat nama bisnismu dengan nama lain. Contoh nyatanya pada suatu brand minuman ternama di dunia yaitu Coca Cola. Banyak orang yang menyebutnya dengan Coke maka dari itu, Coca Cola juga membeli domain Coke.com yang nantinya pelanggan akan tetap diarahkan pada laman resmi Coca Cola. Unik ya strategi yang dimiliki. Nah kamu bisa nih mengadaptasi strategi dari Coca Cola ini!

d. Membuat Top Level Domain (TLD) baru

Membuat TLD ternyata juga menjadi alasan satu domain saja tidak cukup loh. Mengapa demikian? Alasannya karena TLD generic seperti .xyz atau .store dapat membuka peluang bisnis baru buat kamu. Jika kamu memiliki website AliyyaHijab.com lalu kamu akan membeli domain baru dengan alamat AliyyaHijab.store yang akan kamu gunakan khusus untuk transaksi penjualan. Hal ini dapat meningkatkan trafik dan juga membuat bisnis kamu tampak lebih unggul jika dibandingkan dengan kompetitor.

satu domain saja tidak cukup
Sumber: Envato

3. Mengoptimasi SEO

Alasan satu domain saja tidak cukup karena memiliki lebih dari satu domain dapat mengoptimasi SEO dan meningkatkan peringkat pada mesin pencarian. Kok bisa? Jadi ada trik yang bisa kamu gunakan dengan mengarahkan domain tambahan menuju domain utama menggunakan redirect 301. Reidrect 301 adalah metode yang bisa kamu gunakan untuk mengarahkan trafik dari satu website ke website lain. Cara ini aman dan bahkan dapat memudahkan website agar terindeks pada Google.

4. Sarana promosi 

Menjadi sarana promosi juga menjadi alasan satu domain saja tidak cukup. Kok bisa? Bisa dong! Jadi kamu bisa membuat domain lain untuk sarana promosi sebuah event atau produk baru yang kamu luncurkan. Alasannya cukup simpel yaitu untuk menarik trafik dan membuat pelanggan tertarik. Singkatnya, kamu bisa membuat domain sesuai dengan event yang akan kamu tawarkan lalu dukung dengan landing page yang menarik.

Dengan begitu, mesin pencari akan mengindeks domain milikmu dan alhasil peringkat websitemu akan meroket. Tapi kamu harus ingat, apabila event yang kamu selenggarakan bersifat sementara maka domain tersbeut harus segera kamu nonaktifkan, mengubah sitemap, dan juga mengganti tampilan landing page. Jika tidak maka website tersebut tidak terindeks dan justru akan menghancurkan peringkat pada mesin pencarian.   

5. Perluasan jangkauan pasar

Tidak ada kata terlambat untuk kamu memperluas jangkauan pasar. Alasan satu domain saja tidak cukup salah satunya yaitu kamu bisa memperluas pasar kamu. Kenapa demikian? Karena domain juga berpengaruh loh terhadap website kamu. Go internasional merupakan impian dari setiap bisnis, maka dari itu memiliki satu domain saja tidak cukup. Kamu harus memilih domain dengan ekstensi global seperti .uk, .jp, .au, dan masih banyak lagi. Domain internasional ini berguna untuk SEO global. Dengan domain tertentu maka webiste kamu mudah ditemukan oleh pelanggan dari wilayah yang kamu tuju.

6. Harga domain yang semakin melambung

Semakin tahun, harga domain juga semakin naik. Nah di tahun ini harga domain .id naik dari angka Rp 200.000 an menjadi Rp 230.000 an per tanggal 1 April 2022. Hal ini disinyalir karena ppn yang naik dari 10% menjadi 11%. Maka dari itu, tidak salah rasanya jika kamu membeli domain terbaik incaran mu mulai dari saat ini sebelum harga domain semakin naik dan bahkan domain yang kamu inginkan sudah digunakan pada masa mendatang.

satu domain saja tidak cukup
Sumber: Envato

Masih Punya Satu Domain? Beli Domain Baru Sekarang Juga!

Ternyata memiliki satu domain saja tidak cukup untuk berbisnis apa lagi jika bisnismu berfokus pada website. Setelah membaca artikel ini, kamu sudah mengetahui alasan satu domain saja tidak cukup, mulai dari dapat memperkuat branding, memperluas jangkauan pasar, sebagai sarana promosi, optimasi SEO, hingga menghindari resiko salah ketik pelangganmu. 

Jika mulai saat ini kamu sudah mengincar nama domain yang akan kamu gunakan, maka segera amankan nama domain tersebut sebelum diincar orang lain. Namun jangan tergesa-gesa karena kamu harus memilih penyedia layanan domain yang terpercaya. Untuk itu kamu bisa menggunakan layanan domain dari DomaiNesia. Di DomaiNesia kamu bisa memilih ekstensi domain mulai dari Rp 12.000 an aja! Wah bisa dibilang cukup terjangkau untuk layanan domain terbaik dan berkualitas. Yuk tunggu apa lagi, segera amankan domain kamu sekarang!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Siti
September 19, 2022

artikel yang bermanfaat, memberi pengetahuan baru yang applicable

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!