Tips Membuat Addon Domains

tips membuat addon domains

Membuat Addon Domains – Penggunaan website dan blog sudah masuk ke berbagai sektor kehidupan manusia. Seperti untuk kepentingan bisnis. Banyak orang membuat domain untuk membuka usaha toko online. Dan ada juga yang menjadikan domain untuk dijadikan blog atau website penghasil uang dengan berbagai program monetisasi blog ataupun web.

Tip Membuat Addon Domains

Sumber : unsplash

Di tengah situasi lapangan pekerjaan sangat sulit dan ketatnya dunia kerja membuat bisnis melalui blog atau website menjadi salah satu pilihan usaha alternatif terbaik. Disebabkan untuk membuat website maupun blog dapat dilakukan dengan mudah dengan waktu kurang dari tiga menit. Didukung oleh beberapa penyedia hosting dan domain yang murah dan terpercaya seperti DomaiNesia.

Namun pada kesempatan yang istimewa kali ini, penulis akan menjelaskan tips sekaligus cara menambahkan addon domains di cPanel. Mengingat tutorial ini sangat penting untuk menunjang pengembangan website maupun blog self hosting milik Anda. Apabila Kamu mempunyai banyak domain lalu mau menambahkan di cPanel web hosting Kamu maka caranya sangat gampang yaitu menggunakan fitur Addon Domains yang terdapat di cPanel.

Baca Juga : Domain Murah mulai Rp. 17.000

Tip Membuat Addon Domains

Pengertian Addon Domain secara bahasa adalah Addon yang berarti menambah. Yang berarti Addon Domain adalah sebuah upaya untuk menambahkan domain yang sebelumnya sudah ada ke cPanel. Berikut ini tip membuat addon domains atau menambahkan domain pada cPanel untuk pemula, antara lain :

1.Untuk membuat addon domains di cPanel, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah Anda sudah mempunyai akses ke akun hosting Kamu di cPanel.

2.Mendapatkan fitur addon domains. Setelah masuk ke cPanel dengan terlebih dahulu login. Langkah berikutnya mencari fitur addon domains. Dengan cara mengetikkan kata “addon” di menu SEARCH cPanel yang terdapat di halaman bagian atas.  Kemudian klik pencarian. Maka dalam waktu singkat pada kolom Domain akan tampak menu Addon Domains. Lalu klik fitur Addon Domains.

3.Tampaklah halaman pokok Addon Domains beserta kolom-kolom kosong yang harus Anda isi sesuai kebutuhan. Untuk kolom New Domain Name maka Anda bisa mengisinya dengan nama domain yang mau Kamu tambahkan. Kemudian pada kolom Subdomain, Kamu dapat mengisinya dengan secara manual maupun otomatis. Unuk kolom domain root terisi secara otomatis. Contoh pengisian : public_html/domainKamu.com.

Untuk bagian opsional Create an FTP account associated with this Addon Domain, Anda bisa mencentangnya atau tidak. Apabila Kamu mengelola domain dan sub secara sendirian maka Anda tak perlu mencentangnya. Namun apabila domain yang sudah ditambahkan tersebut yang mengelola orang lain maka Anda bisa memberikan centang.

4.Melakukan pengaturan Addon Domain

Setelah Kamu memasukkan segala data di kolom yang kosong secara akurat dan permintaan maka selanjutnya klik menu Add Domain. Dalam hitungan beberapa menit akan tampak menu folder dan pengaturan yang sudah sukses dibuat. Jika domain Anda berada di DomaiNesia maka pengaturan addon domain sangat mudah dilakukan.

5.Setelah melakukan cara di atas semuanya pada dasarnya Kamu sudah sukses menambahkan domain atau membuat addon domain ke cPanel. Sekarang Kamu telah bisa melakukan upload file web ke sub folder baru hasil addon domain.

6.Untuk melihat hasil pembuatan addon domains, berikutnya  Kamu dapat melihat penampakannya di menu Modify Addon Domain yang berada di bagian bawah menu utama Addon Domains. Ada beberapa menu yang bisa Kamu lihat dan gunakan di sana, antara lain : Bagian Addon Domain untuk menyaksikan segala domain yang sudah Kamu tambahkan. Lalu ada  Document Root yang berisi sub folder yang langsung diarahkan ke file manager cPanel. Kemudian ada Subdomain yang berisi nama subdomain secara otomatis dan lain sebagainya. Selain itu, tak kalah penting ada menu Actions yang berguna untuk menghapus addon domain yang sudah dibuat.

Demikianlah tip membuat addon domains yang sangat mudah dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Keterampilan ini merupakan keahlian dasar yang harus dikuasai oleh pemilik website dan blog untuk mengembangkan website dan blog lebih berkembang lagi.  Dengan melakukan pembuatan addon domains di hosting yang sama maka Anda tak perlu lagi membikin akun hosting lagi bagi domain yang baru. Mudah-mudahan apa yang saya utarakan bermanfaat bagi Anda semuanya. Selamat bekerja!

Baca Juga : Hosting Indonesia Termurah

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!