• Home
  • Tips
  • Weebly vs WordPress, Mana yang Lebih Baik?

Weebly vs WordPress, Mana yang Lebih Baik?

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Di bawah ini akan dibahas berbagai fungsi website builder dari sisi kemudahan pengguna, fleksibilitas, support, harga, e-commerce, blog dan SEO Weebly vs WordPress.

Weebly vs WordPress
Sumber: Pexels

Perbedaan Weebly dan WordPress

Weebly adalah sebuah website builder yang menyediakan semua fitur dan tools untuk membuat website dari hosting, pendaftaran domain, SSL certification, template dan support.

Tetapi kamu tidak bisa mengkustomisasi elemen di postingan ataupun halaman website dan mengubah kode dasarnya.

Content Management System (CMS) seperti WordPress lebih banyak memberikan kamu fleksibilitas.

Kamu dapat mengkustom tampilan website, mengedit kode bahkan memilih hosting sendiri.

Dengan kebebasan memilih hosting pribadi, kamu bisa membuat website yang lebih besar dan kompleks.

Baca Juga : Cara Membuat Website Mudah Bagi Pemula

Kemudahan Pengguna Weebly vs WordPress

Kamu dapat menentukan mana yang lebih mudah digunakan dari dashboard.

Kamu akan membuat dan mengelola konten, menganalisis kinerja website, menginstall dan mengelola tema dan add-on serta berbagai kegiatan mengenai website di sini.

Weebly bisa digunakan oleh siapapun tanpa perlu memahami coding karena pembelian domain dan pemasangan SSL certification bisa dalam satu klik saja.

Kamu bisa menginstal template website dan membuat konten dengan drag-drop setiap elemen desain. Kamu juga bisa menambahkan HTML, CSS dan Javascript ke halaman website.

Berbeda dengan Weebly, WordPress tidak menyediakan hosting, domain dan SSL certification, sehingga kamu perlu memakai pihak ketiga.

Desain dan konten di WordPress relatif sama seperti Weebly. WordPress menyediakan lebih banyak tema dan penginstalannya bisa dilakukan langsung di dashboard.

WordPress memiliki banyak plugin yang bisa meningkatkan fungsionalitas website, tetapi kamu harus meluangkan sedikit waktu dan uang untuk mendownload, membeli, mengelola dan memperbarui plugin tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Blog Pribadi Bagi Pemula

Fleksibilitas Weebly vs WordPress

Walaupun kamu bisa menambahkan HTML, CSS dan Javascript untuk mendesain websitemu, tetapi kamu tidak bisa mengubah coding dasar pada Weebly.

Weebly menawarkan lebih dari 100 add-ons, tetapi WordPress memiliki 55.000 plugin gratis untuk website.

WordPress bersifat open-source sehingga kamu bisa mengedit coding dasarnya.

Support Weebly vs WordPress

Ketika kamu membuat dan mengelola website pasti akan menemukan pertanyaan atau informasi dari user, desainer dan developer yang lebih berpengalaman.

Sebaiknya kamu memilih platform website builder dengan tim support yang bagus untuk kemudahan saat membuat dan mengelola website.

Weebly memiliki tim support khusus melalui email, live chat dan telepon. Support untuk live chat dan telepon terbatas untuk pelanggan di Amerika Serikat saja.

Kalau kamu tidak bisa menghubungi tim support, kamu bisa menemukan jawabanmu di Weebly Support Center yang berisi lebih dari 300 artikel tentang e-commerce sampai email marketing.

Weebly vs WordPress
Sumber: Pexels

WordPress tidak memiliki tim support khusus, tetapi kamu bisa bergabung dalam komunitas globalnya.

Kamu bisa menjangkau komunitas WordPress melalui forum, Slack dan event seperti WordCamp.

Codex WordPress dibuat oleh para developer WordPress yang berisi utas pertanyaan dan informasi mengenai cara menginstall WordPress hingga membuat plugin khusus.

Harga Weebly vs WordPress

Weebly menyediakan pembuat website versi gratis yang bisa digunakan untuk membuat website bisnis, e-commerce dan blog yang sudah termasuk SSL certification, komponen desain dan blog, statistik website dan masih banyak lagi.

Tetapi kalau menggunakan Weebly, kamu harus menggunakan subdomain Weebly sehingga URL websitemu menjadi example.weebly.com.

Kamu bisa memilih paket premium $6 per bulan untuk mendapatkan domain khusus dan support iklan.

Kalau ingin bebas iklan, kamu harus upgrade ke paket profesional seharga $12 per bulan. Harga tersebut dibayarkan per tahun.

Paket profesional menawarkan domain gratis satu tahun pertama, unlimited storage dan fungsionalitas yang lebih canggih. Harga ekstensi aplikasi premium di Weebly bervariasi dari $5 sampai $50 per bulan.

Pada WordPress, kamu harus membayar hosting dan domain tersendiri. Harga hosting WordPress berkisar $3 sampai $35 per bulan dan pendaftaran domain biasanya antara $10 hingga $15 per tahun.

Tema premium mulai dari $60 sampai $200, begitu juga plugin premium untuk menambah fungsionalitas websitemu dari harga satuan dolar sampai ratusan dollar.

Baca Juga : Cara Buat Website Gratis Bagi Pemula 100% Mudah!

E-Commerce Pada Weebly vs WordPress

Paket gratis Weebly menawarkan fitur dasar e-commerce termasuk keranjang belanja, inventaris, kupon, voucher dan kalkulator pajak otomatis.

Untuk paket yang lebih tinggi, kamu bisa mendapatkan fitur yang lebih canggih termasuk ulasan barang, label pengiriman dan email pelanggan.

Kamu bisa mendownload atau membeli add-on e-commerce yang kamu butuhkan termasuk add-on tabel harga, pengiriman dan pop up voucher.

WordPress tidak memiliki fitur e-commerce bawaan, tetapi ada plugin WooCommerce.

WooCommerce menawarkan banyak fitur termasuk peringkat dan ulasan produk, filter produk, pembayaran built-in dan akun pelanggan.

Untuk mengubah desain dan menambahkan fungsionalitas toko, kamu bisa mendownload tema dan plugin lain.

Blog Weebly vs WordPress

Pada Weebly kamu bisa mengedit template blog gratis untuk menyesuaikan tampilan blogmu menggunakan editor drag-and-drop.

Kamu bisa dengan mudah membuat konten, menandai dan mengkategorikan postingan, mengaktifkan komentar, menyesuaikan sidebar dan membagikan postinganmu di media sosial.

Nilai plus Weebly, kamu bisa menyesuaikan HTML dan CSS website untuk mengubah desain blog dan website.

Dengan WordPress, kamu bisa membuat website dalam bahasamu, menentukan aturan dan izin user, memilih konten untuk publik atau pribadi, serta mengamankan postingan dan halaman website dengan password.

Fitur canggih dan ribuan pilihan desain memudahkan kamu untuk membuat blog yang lebih kompleks ke websitemu atau mengelola blog dengan banyak konten.

SEO Weebly vs WordPress

Di Weebly, kamu bisa membuat judul, meta deskripsi dan kustom URL. Kamu juga bisa menggunakan salah satu template untuk tampilan responsif di smartphone. Weebly tidak memiliki fitur dan ekstensi SEO.

WordPress lebih banyak menawarkan fitur dan tools untuk membuat website yang ramah SEO.

WordPress memungkinkan kamu menyesuaikan alt tag, meta deskripsi, heading, URL khusus dan tema yang responsif untuk mendesain websitemu.

Kamu bisa mengedit bagian coding manapun untuk mengoptimalkan SEO atau mengunduh plugin SEO seperti Yoast SEO, WP Rocket dan Redirection.

Weebly vs WordPress
Sumber: Pexels

Weebly vs WordPress, Mana Yang Lebih Baik?

Dalam memilih pembuat website yang cocok untuk bisnismu, kamu membutuhkan pertimbangan yang cermat mengenai berbagai fungsi dari Weebly vs WordPress yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

Fungsi tersebut meliputi kemudahan pengguna, fleksibilitas, tim support, harga, e-commerce, blog dan SEO agar websitemu bisa berjalan maksimal.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu bisa menentukan website builder yang tepat untuk membuat websitemu. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!