• Home
  • Berita
  • Analisis Sentimen Media Sosial: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Analisis Sentimen Media Sosial: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Tetapi, apakah mereka membicarakan kesan positif atau negatif? Istilah ini disebut dengan sentimen media sosial.

analisis sentimen
Sumber: Pexels

Setiap orang mengekspresikan sikap dan perasaannya tentang brandmu di media sosial, bisa berupa mention, komentar ataupun share.

Agar kamu tahu apakah respon mereka negatif atau positif, kamu perlu melakukan analisis sentimen di media sosial.

Apa itu Analisis Sentimen

Analisis sentimen di media sosial adalah cara kamu mengetahui bagaimana respon audiens tentang brandmu di media sosial.

Selain mention, komentar dan share postingan, analisis sentimen juga mempertimbangkan emosi dan opini dari audiens.

Cara ini melibatkan pengumpulan dan analisis informasi yang diekspresikan audiens di media sosial.

Pentingnya Analisis Sentimen

Setelah memposting di media sosial, mendapatkan banyak mention dan komentar mungkin akan terlihat baik. Tetapi kalau komentar yang didapatkan adalah komentar negatif, tentu ini tidak bagus.

Analisis sentimen di media sosial terkadang disebut “penggalian opini” karena kamu harus menggali kata-kata dan konteks untuk memahami opini yang audiensmu ungkapkan. Berikut ini alasan brandmu perlu menganalisis sentimen audiens.

  • Memahami Audiens

Seorang marketer dikatakan melakukan pekerjaan dengan baik ketika mereka dapat memahami audiens mereka. Itu berarti kamu harus memahami bagaimana perasaan audiens tentang brand, postingan dan campaign, bukan hanya berapa banyak audiens yang mention brandmu.

Analisis sentimen di media sosial pada campaign yang sedang berlangsung dapat memberitahumu dengan cepat ketika preferensi dan keinginan pelanggan berubah. Selain itu juga membantu mengetahui perubahan yang diharapkan audiens dari brandmu.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Manfaat selanjutnya adalah untuk meningkatkan layanan dan dukungan untuk pelangganmu.

Ini dapat memberi info ke tim layanan dan dukungan tentang masalah baru yang dihadapi pelanggan kemudian kamu dapat menyiapkan respon dan strategi yang tepat untuk mengatasinya.

Memantau mention dan komentar negatif juga memungkinkan tim kamu untuk menjangkau pelanggan yang mungkin memiliki pengalaman tidak baik dengan brandmu sehingga kamu bisa menanggapi dan menindaklanjuti untuk menyelesaikan keluhan mereka.

  • Menyesuaikan Pesan Brand dan Produk Development

Saat kamu memantau sentimen sosial dari waktu ke waktu, kamu akan memahami bagaimana pesan brandmu dapat mempengaruhi perasaan followers.

Kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang apa yang sebenarnya audiensmu inginkan sehingga kamu bisa mendapatkan strategi bisnis dan pengembangan untuk produk selanjutnya.

Ini juga bisa memberi gambaran lebih jelas tentang pesan yang harus kamu posting di media sosial.

  • Memahami Posisi Bisnis di Niche yang Tepat

Menganalisis sentimen dapat membantu kamu memahami posisi bisnis di niche yang tepat sehingga kamu juga bisa menjangkau audiens dengan pesan yang tepat.

Ini juga bisa membantu memahami bidang bisnis yang unggul untukmu dan hal yang perlu kamu tingkatkan untuk bisnismu.

Misalnya kamu menemukan komentar di media sosial kalau restoranmu memiliki desain interior yang bagus, makanan yang enak dan wifi yang cepat. Tetapi pelanggan di media sosial tidak senang dengan parkir yang sempit dan pelayan yang tidak ramah.

Dengan info ini, kamu dapat meningkatkan pelayanan yang tidak disukai pelanggan dan fokus pada hal yang sudah baik dengan mencap bisnismu sebagai restoran dengan makanan enak dan interior bagus.

  • Krisis Brand di Tahap Awal

Analisis sentimen di media sosial membantu kamu menemukan masalah bandmu sejak dini sehingga kamu bisa merencanakan respon krisis mu untuk meminimalkan atau menghindari sentimen negatif.

analisis sentimen
Sumber: Pexels

Cara Menganalisis Sentimen di Media Sosial

Cara analisis sentimen di media sosial yang paling dasar adalah mengumpulkan data. Di bawah ini kita akan membahas cara yang bisa kamu gunakan untuk membantu proses pengumpulan data lebih cepat, mudah dan akurat.

  • Memantau Mention di Media Sosial

Cara pertama adalah menemukan percakapan audiens tentang brandmu. Tantangannya adalah banyak dari mereka yang tidak selalu mention akun ketika membicarakan brandmu.

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi atau software untuk memantau semua mention media sosialmu, bahkan yang tidak di tag.

  • Analisis sentimen di Mention

Setelah itu, kamu perlu mencari dan membuat list jenis kata-kata yang menunjukkan sentimen positif dan negatif yang mungkin digunakan audiens ketika membicarakan brand, produk atau industri bisnismu.

Contoh kata sentimen positif seperti cinta, luar biasa, hebat, terbaik, sempurna, dan lain-lain. Sedangkan untuk kata negatif contohnya buruk, mengerikan, benci, dan lain-lain.

Cara Meningkatkan Sentimen di Media Sosial

Mungkin cara meningkatkan sentimen di media sosial ini tidak jauh berbeda dengan manfaat sentimen yang sudah dijabarkan sebelumnya. Tetapi kamu wajib mengetahui cara-cara di bawah ini untuk membuat brandmu memiliki citra positif dimata audiens.

  • Mengenali Audiens

Mengenali audiens dapat membantumu mencapai dan mempertahankan sentimen positif dari audiens. Kamu bisa membuat pesan yang tepat untuk mereka untuk campaign selanjutnya dan menghindari mengirim pesan yang membuat audiensmu marah atau kesal.

Perhatikan kebutuhan dan keinginan audiensmu, dengan mendengarkan mereka, maka kamu akan mengetahui cara melibatkan audiens dan meningkatkan sentimen di media sosial.

  • Keterlibatan di Media Sosial

Keterlibatan di media sosial terbagi menjadi dua jenis yaitu keterlibatan reaktif dan proaktif. Keterlibatan reaktif adalah ketika kamu merespon komentar, mention dan pesan langsung di media sosial.

Sedangkan keterlibatan proaktif adalah ketika kamu membuat langkah awal dan terlibat dengan audiens lain. Ini sangat membantu ketika menjalankan campaign atau peluncuran produk tertentu.

Keterlibatan reaktif dan proaktif diperlukan untuk meningkatkan sentimen di media sosial dengan memaksimalkan interaksi positif dan memberikan solusi cepat pada setiap mention negatif.

  • Tunjukkan Kekuatan Band

Analisis sentimen di media sosial bisa digunakan untuk memahami apa yang menurut audiens bagus tentang brandmu. Selain itu kamu juga perlu mempelajari apa yang menurut audiens tidak menarik.

Mainkan kekuatan brandmu untuk memberikan value kepada pelanggan dan followersmu agar mereka tetap setia pada brandmu.

analisis sentimen
Sumber: Pexels

Analisis Sentimen adalah Data yang Berharga

Selain untuk meningkatkan pelayanan dan menjadi ide untuk meningkatkan produk, analisis sentimen di media sosial juga bisa menjadi bagian dari rencana monitoring media sosial.

Setelah kamu mengetahui apa itu sentimen, manfaat dan cara meningkatkannya, diharapkan brandmu bisa lebih banyak memiliki sentimen positif dari para audiens. Selamat menganalisis!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!