• Home
  • Berita
  • Raup Banyak Cuan dengan Kode Referral, Apa itu Kode Referral?

Raup Banyak Cuan dengan Kode Referral, Apa itu Kode Referral?

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Apa itu Kode Referral – Dalam bersosial media, apakah kamu sering menemukan teman atau influencer yang membagikan kode khusus di akun miliknya? Yups, banyak dari influencer yang membagikan kode untuk tersebut melalui Instagram, YouTube, Tiktok, dan juga Facebook.

Apa itu kode referral? Kode unik tersebut bernama kode referral. Kode referral adalah kode yang bisa mendatangkan banyak keuntungan loh DomaiNesian! Mulai dari mendapatkan komisi dan juga diskon dalam pembelian.

Tentu untuk mendapatkan keuntungan maka kamu harus paham bagaimana cara mendapatkan kode referral tersebut.

Lantas, apa itu kode referral? bagaimana cara mendapatkan kode referral? Sabar dulu ya! Sebab kamu harus menyimak artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan seputar apa itu kode referral.

Sudah siap untuk membahas apa itu kode referral? Yuk simak penjelasannya!

Apa itu Kode Referral?

Kode referral adalah sebuah kode yang terdiri atas huruf, simbol, angka, dan kombinasi dari semuanya.

Lalu apa kegunaan dari kode referral? Secara umum, kode referral adalah strategi marketing yang banyak digunakan perusahaan atau organisasi guna mengajak orang lain untuk bergabung dalam suatu program atau membeli produk yang ditawarkan.

Kode referral ini biasanya bisa berupa link, jika link tersebut dibuka maka pengguna bisa diarahkan untuk melakukan aktivitas tertentu, misalnya untuk membuka halaman, mengunduh aplikasi, membeli produk, dan masih banyak yang lain.

Strategi marketing ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang baru saja dibangun atau brand yang memiliki produk baru.

Nah si pemilik kode referral ini bisa membagikan tautan tersebut melalui sosial media untuk mendapatkan keuntungan misalnya mendapatkan potongan harga, cashback pembelian, produk gratis, dan juga komisi.

apa itu kode referral
Sumber : envato

Saat kamu menggunakan e-commerce dan akan melakukan check out barang maka kamu bisa menyisipkan kode tersebut yang biasanya berupa potongan harga yang bisa langsung kamu gunakan.

Tentu dengan strategi seperti itu akan mendatangkan pelanggan dan berdampak baik terhadap penjualan juga.

Selain dalam e-commerce, ada juga kode referral yang bisa kamu promosikan kepada seseorang yang akan mendaftar ke sebuah aplikasi dan nanti si pemilik kode ini akan mendapatkan komisi.

Semakin banyak orang yang diajak maka semakin banyak juga komisi yang akan didapatkan.

Lalu apa bedanya dengan kode promo? Kode promo dan kode referral adalah dua hal yang berbeda.

Sebab kode promo berasal dari perusahaan sedangkan kode referral adalah kode yang memang dibuat juga dari perusahaan dan dibagikan kepada pengguna yang akan memanfaatkannya.

Nah si penggunanya inilah yang akan menawarkan kode referral yang dia dapatkan atau biasa dikenal dengan referral marketing.

Bisa dibilang, promosi kode referral adalah peluang kerja online tanpa modal yang bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. 

Apa Keuntungan Kode Referral Bagi Pengusaha?

Kode referral adalah kode yang juga membawa banyak keuntungan bagi perusahaan sebab perusahaan tersebut dapat mempromosikan produknya dengan cara yang mudah. Apa keuntungan lain yang akan didapatkan?

Meningkatkan kepercayaan konsumen

Keuntungan kode referral adalah dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Menurut penelitian yang dilakukan, barang yang direkomendasikan orang lain dan memiliki penilaian yang bagus lebih dipercaya oleh konsumen.

Sebab sudah tahu bagaimana kualitas produk secara jelas dan detail. Sehingga marketing menggunakan kode referral adalah jalan yang bagus bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kepercayaan konsumen.

Sumber : envato

Nama dari perusahaan lebih dikenal

Nama perusahaan yang banyak dikenal orang adalah keinginan dari setiap perusahaan bukan? 

Semakin banyak orang yang mempromosikan produk atau layanan dari suatu perusahaan, maka nama dari perusahaan dan domain tersebut menjadi lebih dikenal banyak orang.

Dengan marketing referral ini, membuat perusahaan lebih efektif loh dalam melakukan promosi.

Alasannya karena kode referral ini dimiliki oleh perorangan yang menyebabkan si pemilik kode referral dapat mempromosikan dari berbagai kanal yang mereka miliki baik secara global maupun personal.

Hal tersebut sangat efektif jika memang sebelumnya ada banyak kanal dan cara promosi yang belum dijangkau oleh perusahaan.

Meningkatkan penjualan

Jika nama perusahaan sudah dikenal banyak orang dan menimbulkan kepercayaan pelanggan terhadap produk tersebut, otomatis akan meningkatkan penjualan produk.

Apakah kamu sering melihat influencer yang mempromosikan produk dengan melakukan review produk?

Cara tersebut efektif loh dalam meningkatkan penjualan.

Sebab banyak orang yang akan mengerti produk secara detail dan juga mengetahui kekurangan dan kelebihan produk yang dimiliki secara langsung melalui video review yang jelas.

Dengan begitu, maka banyak orang yang akan tergiur dan melakukan pembelian produk.

Sumber : envato

Konten promosi menjadi beragam

Kode referral adalah cara yang bisa dilakukan perusahaan apabila merasa cara promosi mereka yang monoton dan kurang diminati pelanggan.

Seseorang yang memiliki kode referral maka seperti ‘dipaksa’ untuk mempromosikan produk dengan berbagai cara menarik agar mendapatkan komisi yang menguntungkan.

Nah pasti kamu banyak melihat kan promosi produk melalui video Tiktok, Reels Instagram, video Youtube, dan tulisan artikel. Itulah beragam konten promosi yang menguntungkan bagi perusahaan.

Apa Keuntungan Kode Referral Bagi Konsumen?

Berikut beberapa keuntungan apabila kamu menggunakan kode referral, antara lain :

Mendapatkan komisi tanpa modal

Keuntungan kode referral adalah kamu bisa mendapatkan pemasukan berupa komisi tanpa mengeluarkan modal.

Komisi ini bisa didapatkan jika kamu berhasil mempromosikan produk dan menarik calon pelanggan agar membeli produk atau layanan.

Selain itu, apabila kamu berhasil membuat seseorang mendaftar layanan maka kamu juga akan mendapatkan komisi.

Contoh kode referral ini dimanfaatkan banyak perusahaan besar seperti DomaiNesia provider hosting Indonesia, Shopee, Bibit, TikTok, Bank Jago, dan banyak layanan yang lain.

Banyaknya komisi ini bergantung dengan perjanjian awal dari perusahaan, bisa 10%, 20,%, namun jika kamu mengikuti program milik DomaiNesia maka kamu bisa mendapatkan hingga 40% loh!

Mendapatkan potongan harga

Siapa sih yang tidak tergiur dengan potongan harga, pasti semua akan tergiur apalagi potongan yang ditawarkan cukup besar.

Nah, kode referral adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan potongan harga. Potongan harga disini biasanya berkisar dari 5% – 10%.

Sumber : envato

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Referral Ini?

Setelah mengetahui dan memahami apa itu kode referral, kali ini DomaiNesia akan memberitahu kamu bagaimana cara buat kode referral menggunakan afiliasi DomaiNesia.

Sebelum lanjut ke pembahasan cara mendapatkan kode referral, kita akan membahas sedikit apa itu afiliasi DomaiNesia.

Afiliasi Domainesia adalah program yang terbuka untuk siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal hanya menggunakan internet.

Bahkan kamu bisa mendapatkan komisi hingga 40% loh! Yuk ikutan! Balik lagi ke cara mendapatkan kode referral, berikut caranya.

Buka halaman Afiliasi DomaiNesia

Langkah pertama dalam cara buat kode referral yaitu kamu harus membuka laman afiliasi DomaiNesia terlebih dahulu.

Jika sudah terbuka jangan lupa untuk Login akun milikmu pada tombol bagian kanan atas ya! Jika kamu belum memiliki akun DomaiNesia, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Klik Aktifkan Akun Afiliasi

Apabila kamu sudah berhasil melakukan Login akun, maka cara buat kode referral berikutnya yaitu kamu bisa klik tombol hijau yang bertuliskan Aktifkan Akun Afiliasi.

Jika berhasil maka kamu akan diarahkan menuju halaman akun DomaiNesia milik kamu.

Pilih Affiliates pada menu Benefits Menu

Pada menu sebelah kiri, kamu akan melihat Benefits Menu dan pada sub menu, kamu bisa pilih Affiliates.

Disana kamu bisa menemukan Your Unique Referral Link yang bisa kamu copy dan bagikan melalui sosial media milikmu! Semudah itu kan untuk cara buat kode referral ini.

Atau kamu ingin mengkustomisasi sendiri kode yang akan kamu bagikan? Tentu saja bisa dong! Tinggal klik Add New Cupon Code dan tambahkan nama kupon yang nantinya akan kamu tawarkan sesuai dengan keinginan.

Jangan khawatir, sebab komisi yang akan kamu dapatkan tetap 40% dari penjualan yang berhasil dilakukan. Sangat mudah bukan cara mendapatkan kode referral?

Jadi Sudah Pahamkan Apa itu Kode Referral? Yuk Manfaatkan Sekarang!

Apa itu kode referral? Sudah bisa menjawabkan kamu apa itu kode referral? Yups, kode referral adalah kumpulan dari angka, huruf, dan simbol yang biasanya dikombinasikan.

Kode ini memiliki banyak keuntungan baik dari sisi perusahaan dan juga pelanggan yang menggunakannya.

Bahkan kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar tanpa mengeluarkan modal sedikitpun.

Kok bisa? Ya karena kamu tinggal mempromosikannya menggunakan berbagai cara baik melalui video, gambar, atau tulisan yang tujuannya jelas untuk menjaring pembeli.

Keuntungan yang didapatkan nantinya cukup besar loh! Bahkan bisa diangka 40% bila kamu menggunakan kode referral dari program DomaiNesia.

Tanpa dipungut biaya sepeser pun kamu bisa mengikuti program affiliasinya.

Hanya dengan mendaftar, mengaktifkan akun afiliasi, dan boom kamu sudah bisa meraup banyak keuntungan dari sana. Tunggu apalagi? Yuk gabung Afiliasi DomaiNesia sekarang untuk meraup banyak keuntungan tanpa modal!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds