• Home
  • Berita
  • Mau Punya Bisnis Sendiri? Coba 11 Bisnis Online Tanpa Modal!

Mau Punya Bisnis Sendiri? Coba 11 Bisnis Online Tanpa Modal!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Memiliki bisnis sendiri adalah impian banyak orang. Coba bayangkan saja kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan menjalankan bisnismu tadi. Bahkan kamu bisa melakukannya dimana saja. Nah, pada masa pandemi seperti saat ini, mendorong orang untuk membatasi aktivitas yang dilakukan, salah satunya yaitu membatasi pertemuan langsung atau tatap muka. 

Maka dari itu, semua kini dilakukan secara online termasuk bisnis. Pada pembahasan kali ini DomaiNesia akan memberikan beberapa contoh bisnis online tanpa modal yang bisa langsung kamu coba! Yuk simak sampai akhir untuk mengetahui peluang bisnis online!

Baca juga: 11 Ide Wirausaha dengan Modal Kecil

11 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Dengan membangun bisnis online tanpa modal, bukan berarti kamu tidak menyediakan apa-apa sama sekali ya! Kamu tetap membutuhkan beberapa perlengkapan seperti handphone, laptop, dan jaringan internet. Kamu bisa memulai bisnis online jika kamu sudah memenuhi beberapa kriteria seperti memiliki skill yang mumpuni, kemauan yang kuat, dan juga cukup pengalaman.

bisnis online tanpa modal
Sumber: Envato

Ide-ide bisnis online tanpa modal ini tentu dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin punya pendapatan tambahan dari rumah. Kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membangun bisnis seperti menyewa ruko, membayar karyawan, dan masih banyak lagi. Nah untuk itu, DomaiNesia akan memberikan beberapa peluang bisnis online yang bisa menambah penghasilan kamu. 

1. Menyediakan jasa titip atau jastip

Kamu pasti sering mendengar jasa titip atau jastip saat kamu bermain sosial media? Jadi jastip adalah sebuah jasa yang menawarkan pembelian barang di suatu tempat guna mendapatkan keuntungan dari setiap harga barang titipan. Jastip termasuk peluang bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba loh! Tujuan dari jastip sendiri yaitu untuk membantu orang-orang membeli produk di luar jangkauannya. 

Misalnya seperti ini, di daerah A tidak terdapat store Uniqlo lalu kamu membuka jastip karena kamu akan berpergian ke kota B, pasti kamu akan mempromosikan dan menawarkan jasa mu tadi untuk membeli barang titipan orang. 

Nah disini kamu tidak memerlukan modal karena kamu akan membelikan produk sesuai keinginan pembeli yang sudah mengirimkan uangnya kepada kamu. Biasanya harga yang dibayarkan pembeli akan lebih mahal daripada harga aslinya karena sudah termasuk harga jasa titip tadi dengan rata-rata komisi sebesar Rp 12.000 per produknya.

2. Menjadi seorang influencer

Influencer adalah orang-orang yang mampu mengubah cara berpikir maupun cara bertindak orang di sekitarnya dengan kapasitas yang dimiliki. Biasanya mereka akan mempengaruhi kamu melalui postingan pada sosial media. Semakin maraknya bisnis kecil yang muncul, maka membuka peluang bisnis online tanpa modal dengan menjadi seorang influencer. Bagaimana orang bisa dijadikan sebagai influencer? 

Yang pasti mereka memiliki pengikut yang banyak, memiliki likes dan komen pada postingan yang banyak juga, serta mampu menarik perhatian orang yang melihatnya. Untuk membantu kamu menjadi seorang influencer, ada beberapa platform yang bisa kamu coba seperti SociaBuzz atau BuzzoHero. Nah bagaimana apakah kamu tertarik dengan peluang bisnis online tanpa modal satu ini? 

3. Melakukan dropshipping

Peluang bisnis online tanpa modal berikutnya yaitu dengan melakukan dropshipping. Tidak seperti reseller yang mengharuskan kamu untuk membeli produk terlebih dahulu baru menjualnya, pekerjaan yang dilakukan dropshipper dinilai cukup mudah. Bekerja sama dengan penjual, lalu kamu akan menaikkan harga dari harga aslinya tadi, lalu kamu meminta penjual untuk mengirimkan barangnya langsung kepada pembeli mu tadi. 

Sangat simpel kan? Kamu tidak usah mengeluarkan modal sepeserpun, yang kamu butuhkan hanyalah memasarkan produk tersebut. Ada beberapa platform bisnis online tanpa modal sebagai dropshipper seperti Shopee, Yuk Dropship, dan Sahabat Dropshipper. 

bisnis online tanpa modal
Sumber: Envato

4. Menjadi penulis lepas

Menjadi penulis freelance bisa menjadi peluang bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba. Tidak perlu mengeluarkan modal hanya membutuhkan laptop dan keahlian, kamu bisa menjadi seorang penulis lepas. Ada banyak hal yang bisa kamu coba untuk mengambil peluang bisnis online tanpa modal menjadi penulis lepas seperti:

  • Menulis artikel di koran, blog (SEO), atau majalah digital.
  • Mereview buku, produk, tempat wisata, hingga hotel.
  • Branding produk atau perusahaan.
  • Menulis buku permintaan perusahaan atau organisasi nonprofit.

Baca juga: Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

5. Menulis blog atau menjadi blogger

Kok bisa menulis blog menjadi peluang bisnis online tanpa modal? Yups, menjadi seorang blogger termasuk bisnis online yang bisa dilakukan karena kamu bisa mendapatkan uang dari tulisanmu. Gimana caranya? 

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog yaitu dengan mengikuti Google Adsense, membuat konten yang menarik dan bermanfaat sehingga dapat menaikkan traffic blog, menjual produk mu sendiri, afiliasi, dan masih banyak lagi cara yang bisa kamu manfaatkan. Tidak kalah menarik kan? Yuk coba menjadi blogger untuk memanfaatkan bisnis online tanpa modal!

6. Membuka jasa desain grafis

Peluang bisnis online tanpa modal selanjutnya yaitu membuka jasa desain grafis. Mengingat banyaknya bisnis yang bermunculan, maka semakin besar juga peluang untuk menjadi desain grafis, kok bisa? Karena banyak dari pemilik bisnis yang tidak memiliki kemampuan untuk membuat desain konten, logo, dan masih banyak lagi. Jika kamu sudah memiliki skill yang tinggi serta memiliki portofolio yang mumpuni, tidak ada salahnya untuk kamu bisa mencobanya. 

Apalagi peluang ini bisa kamu lakukan hanya dari rumah saja. Melalui platform Sribu.com yang menjadi platform freelance desain grafis terbesar di Indonesia. Selain itu kamu bisa menawarkan jasamu secara personal dengan meningkatkan reputasimu terlebih dahulu dengan membuat portofolio. Tertarik mencobanya?  

7. Membuka jasa untuk pembuatan website

Jika kamu memiliki skill yang tinggi dalam hal coding, maka kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis online tanpa modal satu ini. Peluang yang dijanjikan ternyata cukup besar loh! Karena banyak orang yang sudah menyadari pentingnya website namun mereka tidak bisa menciptakan sendiri website tersebut. 

Ini lah peluang bagi kamu yang jago coding! Kamu bisa menawarkan jasamu secara personal atau bisa melalui berbagai iklan sosial media. Nah untuk memulai bisnis ini kamu harus memiliki portofolio dan skill yang cukup agar calon pembeli mu lebih percaya kepada kamu.

bisnis online tanpa modal
Sumber: Envato

8. Berjualan template website

Selain kamu bisa membuka jasa pembuatan website, kamu juga bisa memanfaatkan keahlian codingmu dengan berjualan template website yang menarik. Peluang bisnis online tanpa modal ini bisa kamu coba karena peluang yang dimiliki ini cukup menjanjikan. Sebut saja WordPress yang menjadi platform pembuatan website paling populer, sayangnya tema default yang ditawarkan terlalu polos dan kadang tidak sesuai dengan kebutuhan terutama jika digunakan untuk bisnis. 

Banyak orang yang mencari solusi lain yaitu dengan membeli atau memasang tema. Untuk menjual tema yang sudah kamu buat tadi, bisa melalui marketplace seperti Themeforest atau Templatemonster. Namun jika menggunakan marketplace tersebut, tema milikmu harus bisa bersaing di pasar luar negeri.  

9. Bisnis online melalui sosial media

Aktivitas setiap orang yang semakin sibuk, membuat orang tersebut membutuhkan hal yang cepat dan efektif bukan? Nah disinilah peran dari sosial media dibutuhkan. Siapa yang tidak menggunakan sosial media? Pasti sebagian besar orang di Indonesia memiliki sosial media dan bahkan sosial media bahkan menjadi sebuah kebutuhan. Sosial media bahkan bisa membantu kamu loh untuk memudahkan berbagai urusan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membeli bahan makanan segar, membeli keperluan rumah tangga, membeli makanan, dan masih banyak lagi. 

Hal ini lah yang bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis online. Seperti contohnya pada beberapa kota besar terdapat aplikasi bernama HappyFresh dan juga SayurBox yang dapat membantu kamu memperoleh sayur dan beberapa produk makanan segar hanya dengan memilih secara online lalu dikirimkan langsung sampai depan rumahmu. Tertarik untuk membuka toko online?

Baca juga: Pentingnya 5+ Jenis Iklan Online Ini Untuk Menaikkan Cuan Dalam Bisnismu!

10. Menjual kerajinan tangan

Banyak orang yang suka dengan kerajinan tangan, apalagi memiliki bentuk dan motif yang unik. Jangan remehkan peluang bisnis online tanpa modal satu ini, karena meskipun hanya kerajinan tangan namun harga pemasarannya tergolong tinggi sesuai dengan keunikan dari produk tersebut. Tidak sedikit orang yang mau merogoh kocek dalam hanya untuk membeli kerajinan tangan aja loh! Apalagi jika kerajinan tanganmu tadi bisa di custom sesuai keinginan, dijamin makin laris deh! 

Contoh kerajinan tangan disini bisa berupa tas rajut, wadah tisu, anyaman, keramik, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk memasarkan produk mu juga ya pada sosial media agar jangkauan target pasar mu semakin luas. Perlu diingat, sebelum memulai bisnis ini sebaiknya kamu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan calon pembeli mu. 

11. Membuka kursus online

Pembelajaran jarak jauh saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Salah satu peluang usaha online tanpa modal yang terakhir yaitu membuka kursus online. Kursus online adalah program pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan melalui cara digital secara online. Baik itu kursus pelajaran, bahasa, musik, dan masih banyak lagi.

bisnis online tanpa modal
Sumber: Envato

Untuk membuka kursus online, kamu bisa loh membuat website sendiri untuk LMS (Learning Management System). Tidak bisa coding? Tenang, saat ini WordPress memiliki plugin untuk itu. Dengan kemampuan untuk mengelola kursus, membuat kelas, hingga manajemen pembayaran. Setelah kamu sudah membuat website tadi, kamu harus memilih hosting terbaik agar website mu berjalan dengan maksimal.

Jadi Mau Coba Peluang Bisnis Online Tanpa Modal?

Itulah tadi beberapa contoh peluang bisnis online tanpa modal yang bisa kamu manfaatkan di tahun 2022 ini. Bagaimana? Ada yang tertarik? Untuk memulai bisnis online ini kamu harus melakukan beberapa riset untuk menentukan bisnis online mana yang akan kamu pilih, selain itu kamu juga harus memperhatikan kemampuan dan skill yang kamu juga ya supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!