• Home
  • Tips
  • 11 Ide Wirausaha dengan Modal Kecil

11 Ide Wirausaha dengan Modal Kecil

Oleh Ratna Patria

Adanya kemajuan teknologi membuat peluang untuk berwirausaha semakin mudah.

Apa Itu Wirausaha?

Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri dimana sumber daya dan upaya ditanggung kepada pelaku bisnis (wirausahawan).

Baik dalam bentuk pengenalan produk, cara produksi, hingga mengatur modal dan taktik pemasarannya.

Ide memulai bisnis memang mengasyikkan, tetapi banyak ide juga membutuhkan waktu, uang, dan risiko.

Ide wirausaha dengan modal kecil ini menjadi jalan masuk yang bagus untuk pemula. Siapa pun yang memiliki jadwal yang padat, bisa dan memungkinkan menjalankan usaha bisnis sampingan tanpa harus meninggalkan kegiatan lain.

wirausaha
Sumber: Freepik

Ada cara agar kamu dapat mengurangi banyak modal awal. Berikut adalah contoh ide wirausaha yang bisa kamu mulai sendiri dengan investasi kecil.

Memulai Bisnis Dropship

Dropshipping adalah model wirausaha yang memungkinkan kamu untuk menjual suatu produk tanpa harus menyetok barang fisiknya terlebih dahulu.

Nantinya supplier yang akan mengirimkan produk tersebut setelah pembeli menyelesaikan transaksi.

Dropshipping adalah cara investasi rendah untuk menguji kesesuaian pasar produk dan meluncurkan bisnis sebelum kamu berinvestasi dalam produk sendiri.

Pastikan untuk selalu memesan sampel sendiri untuk memastikan pemasok kamu dapat diandalkan dan kualitas produk sesuai untuk dijual ke pelanggan.

Jasa Desain dan Printing Kaos

T-shirt, topi, phone case, hoodies, rok, tote bag, dan lainnya dapat menjadi kanvas penjualan kamu.

Kamu dapat memikirkan slogan cerdas untuk pengembang atau referensi yang beresonansi dengan suatu komunitas, atau apapun yang sedang trend namun tetap original buatan kamu sendiri.

Pastikan untuk selalu memesan sampel produk (sering ditawarkan dengan harga diskon) untuk memastikan produk kustom kamu terlihat bagus.

Membuat Buku atau Ebook

Kamu bisa membuat buku masak, buku bergambar, buku komik, buku puisi, photobook, buku meja kopi, novel, dan bahkan ebook.

Jika kamu memiliki pengetahuan atau kreativitas, ada berbagai buku orisinal yang bisa kamu bawa ke pasar.

Meluncurkan buku sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang, juga dari blog jika kamu memiliki atau ingin memulainya.

Membuat Produk Digital dan Kursus

Produk digital seperti musik, kursus, dan template termasuk unik dalam daftar ide wirausaha ini. Tidak seperti yang lain, mereka tidak berwujud.

Tidak ada biaya produksi atau pengiriman berulang yang perlu dikhawatirkan, sehingga margin kamu bisa tetap tinggi, sehingga tidak perlu memikirkan lagi bisnis terbaik untuk memulai.

Jika kamu memiliki bakat yang dapat diubah menjadi produk digital, pikirkan untuk mengemasnya menjadi aliran pendapatan baru.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Jasa Percetakan untuk Kartu Ucapan atau Poster

Jika kamu cenderung artistik, kamu dapat melakukan dropship menggunakan model bisnis cetak sesuai permintaan agar orang lain secara fisik memiliki karya kamu.

Pastikan kamu memiliki hak atas konten yang ingin kamu cetak atau menggunakan aset domain publik yang dapat kamu monetisasi dengan bebas.

Menjual Jasa

Menawarkan layanan tidaklah pasif, tetapi ini pasti bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk mendapatkan bisnis wirausaha yang menguntungkan.

Dengan ide bisnis kecil berbasis layanan, “waktu” adalah inventaris dan investasi terbesar kamu.

Penulis, desainer grafis, asisten virtual, konsultan SEO, penyedia layanan kebersihan, pejalan kaki anjing, profesional real estat, dan banyak lagi dapat membangun bisnis berdasarkan keterampilan kita masing-masing.

Ini adalah salah satu peluang terbaik karena dapat diperluas dengan salah satu ide lain di atas untuk menciptakan aliran pendapatan wirausaha tambahan dengan layanan “produksi” melalui barang fisik atau digital.

wirausaha
Sumber: Freepik

Baca Juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet Bagi Pemula

Membuat Butik Pakaian Online

Jika kamu menyukai mode dan membagikan selera fashion secara online, kamu tidak perlu menjadi perancang busana, kamu cukup mengkurasi item dari vendor lain ke toko online kamu sendiri (menggunakan model dropshipping yang telah kita diskusikan sebelumnya).

Gaun, sepatu, pakaian renang, aksesori, dan banyak lagi, kamu dapat membangun merek fashion sendiri, mencontohkannya di foto produk dan pos media sosial kamu, dan membangun followers online sebagai trendsetter.

Menjual Barang-barang Buatan Tangan

Apakah kamu dapat membuat sendiri sabun, lilin, atau tembikar?

Kamu berada dalam posisi unik untuk menemukan ide bisnis online, karena pengembangan dan pengadaan produk benar-benar ada di genggamanmu.

Faktanya, para makers memulai dengan ide bisnis rumahan, menjual di social media, atau kepada teman dan keluarga dari mulut ke mulut.

Setelah beberapa waktu, mereka tumbuh menjadi pemilik bisnis kecil setelah menetapkan permintaan untuk produk mereka.

Menjadi Influencer

Dalam dunia yang saling terhubung saat ini, kemampuan untuk menangkap dan menjaga perhatian orang lain adalah sebuah aset.

Ini adalah bisnis yang bahkan bersedia dibayar oleh banyak bisnis dan yang dapat dikonversi oleh banyak pembuat konten menjadi bisnis dengan berbagai aliran pendapatan.

Menjadi influencer merupakan salah satu contohnya.

Membuat Membership Program

Keanggotaan online ideal untuk wirausahawan dengan komunitas aktif dan terlibat yang mapan.

Mereka bekerja seperti bisnis berbasis langganan pelanggan melakukan pembayaran berulang dengan imbalan produk atau layanan virtual.

Keanggotaan sangat bagus untuk mengelola akses khusus anggota ke konten di situs web, dan bahkan untuk bisnis fisik yang menawarkan sesi terpadu secara online.

Studio yoga, gym, klub, dan sekolah seni adalah beberapa contoh bisnis yang dapat dengan mudah memanfaatkan model bisnis investasi rendah ini.

Kamu juga bisa menghasilkan pendapatan di YouTube dengan membuka YouTube Channel Membership.

Bergabung dalam Program Afiliasi DomaiNesia

Pemasaran afiliasi mengacu pada taktik pemasaran berbasis kinerja di mana bisnis membayar orang, alias afiliasi, untuk mempromosikan dan menjual produk untuk mereka.

Setiap kali afiliasi membawa pelanggan baru, mereka menerima komisi dari bisnis.

Afiliasi dapat mempromosikan produk di blog, akun media sosial, situs web, atau komunitas mereka.

Bagi banyak orang, pemasaran afiliasi adalah usaha sampingan berbiaya rendah yang berubah menjadi wirausaha yang menguntungkan dari waktu ke waktu.

Wirausaha
Sumber: Freepik

Kamu bisa mendapatkan komisi afiliasi DomaiNesia hingga 40% dari penjualan. Hasil komisi sampai dengan 40% bisa diperoleh dari harga hosting atau VM untuk siklus 1 tahun dengan harga normal.

Besaran komisi yang diperoleh didapatkan berdasarkan besaran hosting yang dipilih. Jadi, semakin besar hosting yang dibeli melalui link afiliasi, semakin besar pula komisi yang didapatkan.

Selain itu, DomaiNesians selaku affiliate bisa menyediakan promo hosting 30% selamanya untuk hosting dengan siklus 1 dan 2 tahun.

Ayo, gabung sekarang dan dapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Caranya mudah, ikuti Panduan Mengaktifkan Akun Afiliasi DomaiNesia. Selamat mencoba!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!