• Home
  • Tips
  • Menjadi Wirausaha: Tantangan dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Menjadi Wirausaha: Tantangan dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Jika dibandingkan dengan beberapa waktu yang lalu, banyak term wirausaha saat ini semakin lebih sering terdengar dan menjadi bahasan dari masyarakat. Ya, cukup banyak masyarakat yang ingin menjadi seorang wirausaha. Salah satu faktor yang mendasari adalah tingginya tingkat persaingan yang harus dihadapi ketika hendak mencari pekerjaan yang baru.

Bisa dikatakan jika wirausaha adalah jalan yang paling realistis untuk mendapatkan pekerjaan baru yang selain sesuai passion, juga didasarkan pada kemampuan diri sendiri. Terlebih, jika ternyata mayoritas pekerjaan yang tersedia memberikan syarat yang terlalu tinggi untuk dipenuhi.

menjadi wirausaha
Sumber: Freepik

Tentu, dunia wirausaha bukanlah dunia yang mudah untuk dijalankan. Seseorang yang sukses menjadi seorang wirausaha pasti sudah mengalami pahit manis roda bisnis yang ia kelola. Oleh karenanya, jika kamu ingin menjadi wirausaha, maka kamu harus memahami beberapa seluk beluk terkait wirausaha secara umum. 

Apa yang Disebut Dengan Wirausaha?

Berbincang tentang pengertian wirausaha, tidak ada pembahasan tunggal mengenai term ini. Secara singkat, wirausaha merupakan sebuah kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan secara mandiri. Artinya, sumber daya serta kegiatan bisnis yang dilakukan dibebankan pada pelaku usaha tersebut, seperti cara produksi, penyusunan operasi, pemasaran dan lainnya.

Dalam pendapat yang lain, menurut Borges (1993), wirausaha merupakan seseorang yang dengan dirinya sendiri melakukan pengelolaan, pengorganisasian, dan juga berani menanggung berbagai risiko yang timbul dari usaha menciptakan peluang usaha dan bisnis yang baru.

Dari beberapa pengertian di atas, bisa disimpulkan jika titik berat wirausaha adalah pada perjuangan diri sendiri. Oleh karenanya, guna menjadi seorang wirausaha yang berhasil, seseorang nantinya harus memiliki mental dan kemampuan yang kuat.

Kenapa Banyak Orang yang Ingin Menjadi Seorang Wirausaha?

Sebagaimana disinggung di atas, term wirausaha saat ini semakin sering terdengar dan menjadi bahasan umum ketika membahas tentang kondisi ekonomi. Selain itu, jika dilihat, ada lebih banyak orang yang ingin menjadi wirausaha saat ini dibandingkan dengan beberapa waktu yang lalu.

Meskipun ada tantangan yang harus dihadapi selama menjadi seorang wirausaha, ada beberapa alasan kenapa cukup banyak orang yang ingin menekuni jalan bisnis ini. Beberapa alasan kenapa banyak orang yang ingin menjadi wirausaha adalah sebagai berikut:

Bayangan kebebasan

Banyak orang yang memberikan kesan jika bekerja pada perusahaan orang lain akan memberikan tekanan pada kehidupan mereka. Keharusan menaati jadwal, menyelesaikan deadline hingga adanya sanksi pada setiap pelanggaran membuat bekerja seolah tidak terasa nyaman dan justru menakutkan.

Di sisi lain, banyak orang yang berkeinginan bisa bekerja dengan lebih santai serta sesuai dengan passion mereka di bidang tertentu. Bayangan kebebasan tersebut bisa diwujudkan jika seseorang tadi memiliki usaha yang dikelola sendiri. Hal inilah yang menjadikan cukup banyak orang tergerak untuk menjadi wirausaha.

Suka mengambil risiko

Ada cukup banyak orang yang sering merasa tertantang dengan risiko yang harus mereka hadapi. Umumnya, mereka merasa bahwa hidup akan terasa lebih menyenangkan jika ada tantangan dan mereka bisa menaklukkannya.

Nah, alasan di atas juga menjadi sebab kenapa banyak orang yang terjun dan menjadi wirausaha. Sebagaimana diketahui, dunia wirausaha adalah dunia yang penuh dengan tantangan dan juga risiko yang datang tanpa terduga.

menjadi wirausaha
Sumber: Freepik

Mengejar passion

Diantara alasan kenapa seseorang terjun ke dunia wirausaha, passion juga termasuk salah satu alasan utama yang cukup esensial. Cukup banyak orang yang mengatakan bahwa mereka pernah bekerja di suatu perusahaan yang tidak sesuai dengan passion. Hasilnya, meskipun berusaha beradaptasi, tetapi mereka tidak bisa menikmati pekerjaan tersebut.

Bagi kalangan yang menganggap bahwa pekerjaan adalah bentuk kenikmatan, maka passion adalah hal yang sangat penting. Bekerja dengan passion meskipun hasilnya cenderung fluktuatif tentu dirasa lebih menyenangkan. Dengan menjadi wirausaha, mereka tentu bebas memilih ide bisnis apa yang sesuai dengan passion mereka.

Mengagumi wirausaha lain

Tidak jarang jika seseorang menjadi wirausaha karena terinspirasi dari wirausaha lain. Adanya gambaran menyenangkan dari kesuksesan orang lain ketika menjadi wirausaha bisa jadi pelecut semangat untuk menekuni bisnis ini. 

Selain itu, ada gambaran yang lebih menyenangkan di mana ketika sukses, seorang wirausaha bisa memberikan inspirasi untuk orang lain demi kehidupan yang lebih baik. Gambaran semacam ini juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang akhirnya berkeinginan untuk menjadi seorang wirausaha.

Mendambakan keberhasilan finansial

Tidak dimungkiri jika keinginan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak menjadi alasan kenapa seseorang menjadi wirausaha. Hal ini dikarenakan adanya pandangan jika gaji selama bekerja di perusahaan ditentukan oleh pihak perusahaan di mana bisa jadi jumlahnya tidak sesuai dengan keinginan.

Di sisi lain ada gambaran jika pendapatan wirausaha bisa mencapai angka yang tidak terbatas sesuai dengan performa diri sendiri. Gambaran inilah yang mendorong banyak orang berusaha mengeluarkan ide kreatif mereka dengan aneka inovasi dan menjadi wirausaha.

Beberapa poin di atas menjadi alasan umum kenapa banyak orang yang ingin menjadi wirausaha. Terlepas dari alasan tersebut, tentu menjadi wirausaha bisa dijadikan salah satu jalan yang menarik untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang cenderung lebih besar. 

Karakteristik Utama Dalam Wirausaha

Berbincang tentang wirausaha, ada beberapa karakteristik utama dalam dunia ini yang perlu diketahui. Karakteristik ini tentu saja bisa menjadi gambaran umum seperti apa dunia wirausaha yang sesungguhnya.

Adapun beberapa karakteristik utama dalam wirausaha yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Adanya keberanian dalam mengambil keputusan dan menanggung risiko yang kemungkinan terjadi
  • Memiliki daya untuk melakukan inovasi dan kreasi baru yang tinggi
  • Bisa berpikir jangka panjang
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang cenderung tinggi
  • Adanya semangat serta kemauan yang cenderung kuat
  • Bisa melakukan analisis tentang berbagai hal dengan cepat dan tepat
  • Cenderung memiliki sifat hemat dan jauh dari sifat konsumtif.

Tentu saja, karakteristik di atas bukanlah hal yang mutlak. Artinya, seseorang dengan karakteristik yang berbeda tetap saja bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses. Hanya saja, karakteristik tersebut adalah gambaran umum dari seorang wirausaha.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog Bagi Pemula

Tahapan Untuk Menjadi Wirausaha

Telah disinggung sebelumnya bahwa wirausaha adalah sebuah proses panjang dengan beragam intrik dan risiko yang harus dikendalikan. Oleh karenanya, untuk menjadi seorang wirausaha, kamu harus memahami gambaran dari tahapan-tahapan wirausaha.

Gambaran dari tahapan ini nantinya bisa dijadikan acuan untuk memulai peran baru sebagai seorang wirausaha. Tidak hanya itu, dengan pemahaman terkait tahapan tersebut nantinya seorang wirausaha akan memiliki mental yang lebih baik serta solusi yang tepat ketika ia berada dalam masalah.

Adapun beberapa tahapan yang penting diketahui guna menjadi seorang wirausaha yang sukses adalah sebagai berikut:

Membangun ide

Bagi seorang wirausaha, ide adalah segalanya. Ide bisa muncul kapan saja dan di mana saja secara tidak terduga. Banyak ide emas tidak sengaja ditemukan dan akhirnya menjadi media meraih kesuksesan.

Namun, ketika berkeinginan untuk menjadi seorang wirausaha, kamu harus membangun ide tersebut. Artinya, ketika kamu mendapatkan suatu ide, maka carilah beragam penunjang untuk memastikan jika ide tersebut bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang baru yang bukan hanya menguntungkan, juga cenderung unik di mata masyarakat pada umumnya.

Perencanaan wirausaha

Perencanaan merupakan tahapan yang paling penting dalam dunia wirausaha. Cukup banyak usaha wirausaha yang akhirnya gagal dan tidak berlanjut karena perencanaan yang kurang matang. Bisa jadi, seseorang hanya mencoba-coba untuk menjadi wirausaha karena terpengaruh orang lain atau terhimpit keadaan.

Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha, maka persiapkan ide bisnis dengan sangat baik dan matang. Persiapan mungkin saja memakan cukup banyak waktu. Namun, hal tersebut tentu tidak akan menjadi masalah ketika persiapan dilakukan guna menjalankan bisnis dengan lebih stabil dan mengatasi risiko yang muncul.

Tidak hanya itu, perencanaan juga bisa menjadi step to do dalam menjalankan bisnis. Dengan perencanaan yang baik ,nantinya kamu akan mengetahui apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan. 

Pelaksanaan kegiatan wirausaha

Setelah perencanaan dirasa cukup dan mencakup semua aspek yang diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah implementasi dari rencana atau pelaksanaan. Hanya saja, sebelum menjalankan ide wirausaha, pastikan jika kamu tidak memiliki masalah keuangan. Hal ini penting karena modal adalah fondasi untuk bisnis yang stabil.

Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan wirausaha, ada beragam hal yang harus dilakukan mulai dari pencarian bahan baku, pembuatan produk, pemasaran dan lainnya. Tentu, langkah tersebut disesuaikan dengan ide wirausaha yang kamu jalankan.

Kontrol kegiatan wirausaha

Jika ide wirausaha yang kamu canangkan sudah berjalan dan sudah ada hasil yang dicapai, maka kontrol pada kegiatan wirausaha adalah hal yang penting dilakukan. Kontrol ini adalah langkah manajemen agar masalah yang mengganggu bisa diminimalkan.

Tidak hanya itu, manajemen kontrol yang baik umumnya akan berpengaruh pada stabilitas dari ide wirausaha yang dijalankan. Tidak jarang bahwa seorang wirausaha harus melakukan inovasi di tengah perjalanan usaha demi mendapatkan atensi yang lebih tinggi dari target konsumen atau untuk menghadapi persaingan pasar.

Beberapa hal di atas merupakan tahapan secara umum bagaimana dunia seorang wirausaha bekerja. Tentu, dalam kenyataannya, bisa jadi ada hal-hal yang lebih rumit untuk dihadapi. Namun, sebagaimana prinsip wirausaha, kamu harus berani untuk memikul risikonya.

menjadi wirausaha
Sumber: Freepik

Tantangan yang Harus Dihadapi Wirausaha

Dunia wirausaha adalah dunia yang tidak lepas dari tantangan. Oleh karenanya, sebelum memutuskan terjun menjadi wirausaha, seseorang harus siap dan berani menghadapi berbagai tantangan yang barangkali terjadi tanpa diduga sebelumnya.

Tanggung jawab yang besar menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Ada cukup banyak tanggung jawab seorang wirausaha ketika memainkan peran mereka. Misalnya, keharusan untuk memastikan bisnis tetap survive ataupun menyediakan gaji bagi pekerja yang turut dalam bisnis mereka.

Selain itu, ada pula tanggung jawab mengenai risiko kegagalan. Tidak dimungkiri bahwa ada risiko gagal dari usaha yang dilakukan. Risiko tersebut tentu akan bertambah besar terutama jika seorang wirausaha melibatkan pihak lain dalam pembiayaan awal bisnis yang dijalankan.

Tantangan lain yang dihadapi oleh seorang wirausaha adalah banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Pada tahap perintisan bisnis, tentu kamu sebagai seorang wirausaha akan dihadapkan dengan beragam pekerjaan, apalagi jika tidak memiliki pekerja. Tanpa tekad yang kuat, bisa jadi ide wirausaha yang sudah dirancang tidak bisa terlaksana.

Lebih dari itu, seorang wirausaha harus siap menghadapi tantangan dalam hal persaingan. Ada banyak wirausaha dengan bisnis yang sama sehingga menjadi batu sandungan ketika hendak mengembangkan bisnis. Oleh karenanya, seorang wirausaha harus mampu melakukan inovasi sebagai strategi agar bisnis yang mereka jalankan tetap bisa menghadapi persaingan tersebut.

Kesalahan Umum Wirausaha yang Harus Dihindari

Sebagaimana diketahui, ada banyak contoh wirausaha yang gagal dan akhirnya usaha mereka gulung tikar. Oleh karenanya, sebelum terjun secara langsung dan menggeluti dunia wirausaha, ada beberapa kesalahan umum seorang wirausaha yang harus dihindari.

Beberapa kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

Meremehkan perencanaan 

Banyak wirausaha yang memegang prinsip asal usaha jalan ketika memulai bisnis. Mereka tampak percaya diri dan menganggap masalah yang datang di tengah bisnis bisa diatasi dengan baik. Padahal, hal semacam ini adalah kesalahan.

Tanpa perencanaan yang baik, manajemen konflik dalam wirausaha akan menjadi buruk. Tidak hanya itu, seorang wirausaha bisa jadi akan bingung menentukan langkah lanjutan karena tidak memiliki blue print yang jelas. 

Mencoba melakukan semua pekerjaan sendirian

Memang, wirausaha dimulai dari kemauan pribadi. Hanya saja, dalam perjalanannya, penting bagi wirausaha untuk melibatkan beberapa pihak lain guna mendapatkan support. 

Nah, salah satu kesalahan umum yang dilakukan wirausaha adalah mereka menjalankan semua pekerjaan sendiri dan menganggap diri mereka mampu. Padahal, dengan konsep kerja tersebut, ada energi yang harus dibagi dan terkuras sehingga mereka tidak akan fokus.

Oleh karenanya, penting untuk memikirkan mitra bisnis. Minimal, ada beberapa pekerjaan yang diserahkan pada pihak tertentu agar lekas selesai.

Memilih mitra yang salah

Kemitraan adalah strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang dimulai secara wirausaha. Hanya saja, seringkali seorang wirausaha memilih mitra bisnis yang salah. Umumnya, kesalahan terjadi karena tidak ada pertimbangan kriteria mitra bisnis yang diajak.

Perlu diketahui, bahwa mitra yang salah nantinya bisa menjadi beban. Bukan bisnis yang berkembang sesuai rencana, bisa jadi bisnis wirausaha yang dijalankan hanya akan mendapatkan tambahan masalah.

Tidak melakukan survey

Survey untuk pelanggan potensial sebenarnya masuk dalam tahapan perencanaan. Tujuan utama dari survey ini adalah untuk menilai apakah ide bisnis yang hendak dijalankan sesuai dengan kebutuhan target pasar, terutama di lokasi bisnis tersebut.

Hanya saja, banyak wirausaha yang menganggap remeh hal ini. Mereka tidak melakukan survey dan menganggap bahwa pasar akan terbentuk seiring berjalannya waktu. Efek dari tindakan ini adalah bisnis wirausaha yang nantinya cenderung susah untuk berkembang.

Tidak melakukan inovasi

Sebagaimana diketahui, inovasi adalah salah satu prinsip dasar dari wirausaha. Namun, cukup sering ditemukan bahwa seorang wirausaha cenderung enggan melakukan inovasi. Mereka hanya meniru persis produk orang lain atau menganggap produk mereka sudah maksimal.

menjadi wirausaha
Sumber: Freepik

Pendapat semacam ini tentu saja salah. Tanpa inovasi, ada risiko tinggi yang mengancam, terlebih di tengah persaingan bisnis yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Bisa disimpulkan bahwa menjadi wirausaha adalah salah satu solusi untuk menggerakkan roda ekonomi bagi individu. Hanya saja, menjadi wirausaha bukanlah dunia yang mudah untuk ditaklukan sehingga perlu mental yang kuat dan persiapan yang matang saat hendak terjun ke dalamnya.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet Bagi Pemula

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!