• Home
  • Berita
  • Referral Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Referral Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Strategi pemasaran memang ada banyak pilihan, salah satunya dengan melakukan referral marketing. Ini jadi strategi paling efektif karena mampu menjangkau konsumen baru lebih banyak sekaligus memperkenalkan produk bisnismu. Namun, apa sebenarnya itu referral marketing dan penting bagi kemajuan bisnis?

Apa itu Referral Marketing?

Referral marketing adalah metode mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui sebuah rujukan yang biasanya disampaikan dari mulut ke mulut. 

Ini adalah strategi komprehensif untuk mendorong pelanggan agar bersemangat memberikan referral jaringan ke bisnis. 

Referral marketing dan Word of Mouth (WOM) memang tampaknya serupa, padahal sebenarnya sangatlah berbeda. Perbedaan utama dari strategi pemasaran tersebut adalah referral marketing cara pemasaran yang dilakukan secara disengaja.

referral marketing
Sumber: Envato

Contoh sederhananya adalah saat bisnis sengaja mulai campaign atau kampanye tertentu, kemudian akan lebih memilih membagikan referral marketing agar mampu mendorong pelanggan mereka untuk memberi tahu teman-teman mereka tentang perusahaan. 

Baca juga: Apa Itu Strategi Bisnis dan 5 Keunggulan Kompetitif

7 Contoh Referral Marketing

1. Dropbox

Program referral marketing Dropbox adalah salah satu contoh yang paling terkenal. Seperti kita tahu Dropbox ini merupakan perusahaan penyimpanan online paling terkenal yang memiliki campaign referral marketing dengan menawarkan 500MB gratis khusus yang berhasil mengajak teman. 

Dalam contoh program referral marketing satu ini, pelanggan mendapatkan lebih banyak ruang di akun Dropbox jika berhasil mengundang teman atau anggota keluarga lainnya. 

Penawaran tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi para pengguna baru dan lama. Melalui metode ini ternyata Dropbox berhasil meningkatkan jumlah pendaftaran hingga 60%. 

2. Harry’s

Dalam sebuah posting di blog Tim Ferriss, Jeff raider salah satu pendiri Harry yaitu perusahaan grooming menjelaskan langkah demi langkah bagaimana mereka menggunakan referral marketing untuk memperoleh lebih dari 100.000 email sebagai persiapan peluncuran bisnis. 

Dalam pelaksanaan referral marketing ini, Harry membuat situs mikro dua halaman yang memberikan produk berbeda kepada calon pelanggan tergantung pada berapa banyak teman yang akan mereka referensikan.

3. eJuices

eJuices adalah salah satu distributor rokok elektrik online terbesar di dunia. Billy Wilson sang pendiri, telah memulai perusahaan setelah bertemu dengan mitra bisnisnya Paul Davey. 

Awalnya memulai perusahaan ini dengan menjual vape di toko ritel, tetapi memutuskan untuk memindahkan perusahaan secara online.

Agar bisa mengembangkan perusahaan, akhirnya mereka mencari channel marketing yang berbeda. Hingga mencoba berpartisipasi dalam pameran dagang, menjual produk di dalam toko dan bahkan membangun situs website sendiri. Tetapi pertumbuhan eksponensial sejati datang ketika mulai menggunakan strategi referral marketing

4. Google-For-Work

Seperti yang kita tahu bahwa Google sangat bermanfaat jika digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya kamu bisa mencari berbagai informasi melalui Google. 

Ketika perusahaan besar seperti Google ini ingin menggunakan program referral marketing untuk mempromosikan produk, mereka juga lebih dulu membicarakan apakah efektif kedepannya. 

Google For Work menyediakan program referral satu arah, di mana setiap rekomendasi, maka seorang perujuk akan mendapatkan uang tunai sebesar $15.

5. ReadyTalk

ReadyTalk, penyedia layanan konferensi video dan audio, awalnya mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam program pemasaran advokat agar bisa terus mengelola pelanggan terbaik bisnis mereka. Namun, akhirnya program referral marketing ini dapat membantu ReadyTalk untuk mendapatkan penghargaan.

referral marketing
Sumber: Envato

6. Tesla

Sebuah perusahaan mobil listrik terkenal yaitu Tesla telah mengubah program referral mereka selama bertahun-tahun untuk mencerminkan basis pelanggannya sudah terus tumbuh seiring berjalannya waktu. 

Awalnya, mereka menawarkan pelanggan seribu dolar untuk merujuk teman, namun telah berubah sejak strategi tersebut memberikan pemilik Tesla ide lain. 

Di mana nantinya yang berhasil mengajak banyak orang dalam program referral marketing ini dan telah memenuhi syarat akan mendapatkan hadiah lebih besar termasuk baterai eksklusif. 

Lebih menguntungkannya lagi dari program ini adalah kamu juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan Model X atau Model S gratis jika berhasil mengajak lebih dari dua puluh orang. 

Beberapa hadiah dari program referral tersebut termasuk undangan ke pesta eksklusif dan kesempatan untuk membeli beberapa produk edisi khusus yang tidak tersedia untuk umum.

Program referral marketing Tesla mencerminkan seberapa banyak pengujian yang perlu dilakukan saat membuat kampanye agar bisa melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak.

7. PayPal

Program referral PayPal ini sebenarnya terinspirasi dari campaign Dropbox yang sukses. PayPal menggunakan sarana IM, blog, dan email untuk menyebarkan berita tentang campaign referral dan mendapat peningkatan harian sebesar 7-10 persen di awal 2000-an. 

PayPal akhirnya mulai membayar orang untuk mengundang teman-teman mereka. Dan sejak saat itu banyak sekali  pengguna yang mulai ikut dalam program referral marketing ini, sehingga memungkinkan Paypal untuk mendapatkan basis pelanggan yang kuat sampai lebih dari ratusan juta anggota.

Jenis-Jenis Referral Marketing 

  1. One Way Incentives

Ini adalah sebuah sistem dengan memberikan reward untuk setiap aktivitas promosi produk yang dilakukan. Reward ini bisa diberikan kepada pemberi maupun penerima referral

  1. Two Way Incentives

Jenis referral marketing yang kedua adalah sebuah sistem di mana akan memberikan reward bagi referrer dan referred sekaligus. Jadi, sederhana bisa sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. 

  1. Milestone Reward

Jenis referral marketing yang ketiga menggunakan sistem untuk mendorong referrer agar membagikan rekomendasi secara berkala. Tujuan pemberian rekomendasi secara berkala tersebut agar mampu mencapai level aktivitas maksimal hingga mendapatkan hadiah. 

  1. Leaderboard Reward

Jenis yang terakhir adalah leaderboard reward di mana nantinya akan menawarkan reward dengan berbasis peringkat. Sederhananya, pihak referrer akan melakukan aktivitas referral sampai mendapatkan poin yang terakumulasi, lalu dihitung menjadi sebuah ranking.

Apabila referrer berhasil mencapai target yang telah ditentukan dari perusahaan, maka akan ada beberapa hadiah yang diberikan sesuai dengan banyaknya referred.

Sumber: Envato

Apa Pentingnya Referral Marketing?

Setiap jenis bisnis bisa mendapatkan referral bagaimanapun caranya. Baik itu dari mulut ke mulut atau melalui sebuah program dalam produk. Referral marketing ini memang terbilang cukup penting dalam bisnis, karena beberapa alasan berikut:

1. Adanya Hasil yang Nyata

Salah satu alasan terbesar mengapa referral marketing efektif dilakukan karena karena memberikan hasil yang nyata pada bisnis. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sandler Sales Institute, referral marketing pertama kali diperkenalkan secara pribadi kepada seseorang dan sukses memberikan hasil nyata pada bisnis sebanyak 80 persen. 

2. Membangun Kepercayaan Inheren

Referral marketing juga memiliki Return on Investment (ROI) yang tinggi karena menawarkan kepercayaan. Bagi banyak orang, salah satu hal pertama yang mereka pertimbangkan sebelum melakukan pembelian adalah apakah mempercayai orang atau bisnis tersebut atau tidak. 

Jika perusahaan itu telah direkomendasikan kepada mereka oleh seseorang yang dikenal dan dipercayai, tentu saja mereka akan merasa aman. Hal ini terutama sangat berlaku dalam industri perdagangan medis. 

Awalnya referral marketing ini merupakan sebuah rekomendasi yang disampaikan dari mulut ke mulut saja, namun seiring berkembangnya dunia teknologi ternyata juga bisa dilakukan secara online, terutama di media sosial. 

3. Lebih Hemat Biaya untuk Melakukan Pemasaran

Seperti disebutkan di atas, referral marketing ini memiliki jumlah ROI yang tinggi. Sehingga menggunakan referral marketing juga dapat menghemat anggaran pemasaran secara keseluruhan. 

Jika bisnis direkomendasikan kepada seseorang, maka perujuk atau referrer telah melakukan banyak kerja keras saat pemasaran bisnis. 

Dengan mendorong klien untuk menggunakan referral yang telah diberikan, maka kamu akan terus dapat  membangun kepercayaan dan mengembangkan channel marketing dengan biaya sedikit. 

Pada dasarnya, kunci untuk referral marketing ini adalah menyediakan layanan dan produk yang sangat baik sehingga membuat orang ingin menggunakan penawaran tersebut. 

Baca juga: Referral Program: Rahasia Usaha Rintisan Tingkatkan Penjualan

Sumber: Envato

Sudah Siap Gunakan Referral Marketing untuk Bisnismu?

Itulah penjelasan dari referral marketing, di mana metode mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui sebuah rujukan yang biasanya disampaikan dari mulut ke mulut. 

Metode ini dapat memanfaatkan peran dari pelanggan untuk merekomendasikan produk ke konsumen baru. Kamu juga harus mempersiapkan sistem reward, milestone reward, giveaway, dan juga email referral.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, program ini terbilang cukup efektif dan mampu menarik konsumen baru dalam bisnis. 

Namun, jika kamu berbisnis referral marketing sendiri sebenarnya cukup untuk meningkatkan bisnis. Jadi sangat dibutuhkan beberapa cara lainnya untuk bisa menentukan strategi bisnis yang baik. Cobalah untuk membuat konten program referral marketing di media sosial. 

Selain itu, pastikan juga kamu tetap memaksimalkan pemasaran bisnis dari beberapa channel lain seperti promosi media sosial, blog, dan lainnya. Yuk, coba terapkan program referral marketing untuk bisnismu sendiri.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!