• Home
  • Berita
  • Bahasa Pemrograman Rust, Kini Support di Hosting DomaiNesia

Bahasa Pemrograman Rust, Kini Support di Hosting DomaiNesia

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Semakin banyaknya jenis bahasa pemrograman untuk membuat website saat ini, memacu provider-provider hosting berupaya untuk mengoptimalkan variasi bahasa pemrograman yang bisa support di hosting. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Begitu pula dengan DomaiNesia. Banyak pelanggan yang menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda- beda, mulai dari GoLang, Python, PHP, Perl, Ruby, hingga Rust. Rust merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat diminati oleh programmer. Sebenarnya bahasa pemrograman Rust itu seperti apa sih? Kelebihan apa yang dipunyai bahasa pemrograman Rust hingga bisa menarik hati para programmer?

Apa itu Rust?

Rust adalah salah satu bagian dari bahasa pemrogrman yang banyak digunakan dan digemari oleh para programmer. Hal itu dibuktikan dengan survey yang dilakukan oleh Stack Overflow bahwa bahasa pemrograman Rust menjadi bahasa pemrograman favorit selama 5 tahun belakangan ini. Bahasa pemrograman Rust juga termasuk jenis bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose. Maksudnya yaitu Rust dapat diaplikasikan dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari untuk membuat website, membuat aplikasi, hingga menganalisis data.


Bahasa pemrograman Rust pertama kali diciptakan oleh Graydon Hoare dalam suatu project Mozilla pada tahun 2006 dan mulai dipublikasikan di tahun 2010. Rust dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman C/C++ dan memiliki tujuan untu memperbaiki struktur multi-core supaya menjadi lebih efisien dan aman. Rust juga dianggap sebagai solusi permasalahan efisiensi performa dan keamaan pada bahasa pemrograman C++. Saat ini, bahasa pemrograman Rust sudah menjadi bagian dari bahasa pemrograman utama di Mozilla. Salah satu produk Mozilla yang menerapkan Rust yaitu Firefox. Namun , banyak perusahaan yang mulai menggunakan Rust untuk membuat aplikasi. Misalnya adalah Dropbox.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Rust

Dengan banyaknya programmer yang menggunakan Rust, itu artinya ada beberapa kelebihan Rust yang menarik perhatian programmer. Nah, berikut ini adalah kelebihan yang ada pada Rust, antara lain :

Memiliki Performa Yang Efisien

Performa yang dimiliki bahasa pemrograman Rust hampir sama efisiensiny aseperti bahasa pemrograman C. Hal ini dikarenakan Rust berbasis bahasa pemrograman C. Tidak hanya itu, Rust juga memiliki kinerja yang cepat dan hemat memori, serta mudah diintegrasikan dengan bahasa pemrograman yang lain.

Sumber : freepik

Memiliki Keamanan Yang Dapat Dipercaya

Rust memberikan jaminan keamanan yang tinggi pada memori. Rust memiliki sistem keamanan untuk mendeteksi kode. Ketika programmer tersebut menulis kode yang terindikasi tidak aman, nantinya Rust secara default akan mengubah barisan kode tersebut menjadi aman.

Sumber : freepik

Memiliki Dokumentasi Yang Lengkap

Rust menyediakan dokumentasi yang mudah untuk dilakukan. Mulai dari instalasi, pengenalan tentang fungsi dan syntax Rust. Sehingga mudah dipahami oleh banyak orang.

Sumber : freepik

Sekarang, Rust Support di Hosting DomaiNesia

Yeay! Buat kamu yang punya website dengan bahasa pemrograman Rust, jangan khawatir. Sekarang, Hosting di DomaiNesia sudah support Rust lho… Yang harus kamu lakukan adalah melakukan instalasi Rust di Hosting dan menguploadnya. Kamu bisa memilih Paket Hosting Monster agar Rust bisa berjalan dengan lancar di hosting. Nah, sedangkan buat kamu pengguna GoLang, kamu juga bisa install GoLang di hosting DomaiNesia. Silahkan baca panduan Cara Install GoLang di Hosting.

Untuk melakukan instalasi Rust di Hosting, silahkan baca Cara Install Rust di Hosting

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!