• Home
  • Berita
  • Bagaimana Cara Benchmark VPS? Ikuti 4 Cara Ini!

Bagaimana Cara Benchmark VPS? Ikuti 4 Cara Ini!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Benchmark VPS – Pernah mendengar VPS? VPS atau Virtual Private Server adalah salah satu server virtual yang memiliki sumber daya dedicated, dan khusus disediakan untuk pengguna tertentu.

VPS sering diterapkan di berbagai produk digital yang hadir saat ini. Namun, biasanya sebagain besar VPS digunakan untuk mendukung performa dari sebuah website

Mengapa harus didukung performanya? Sebagai pengguna, pasti kamu akan kesal jika harus mengakses website yang lemot dan susah di akses, iya kan?

Maka dari itu, VPS hadir untuk menangani masalah tersebut. Karena dari pengertiannya VPS merupakan sumber daya yang dedicated, maka sumber daya yang digunakan terfokus untuk produk tersebut saja.

Jika kamu ingin menggunakan VPS pada website kamu, gunakan VPS Terbaik DomaiNesia saja ya!

Pengertian Benchmark

Apa itu benchmark? Jadi, jika diartikan dari segi bahasa Benchmark adalah kosakata dalam bahasa inggris yang artinya sebuah patokan atau tolak ukur dari sebuah hal.

Benchmark digunakan untuk membandingkan antara satu hal dengan beberapa hal lain yang memiliki kemiripan atau hal-hal yang serupa. Dengan adanya tolak ukur tersebut, membuat sebuah hal pasti memiliki standar general yang diketahui oleh masyarakat.

benchmark vps
sumber : elements envato

Lantas, apa itu benchmark VPS? Benchmark VPN adalah suatu cara untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja dari sebuah sistem.

Dari teknik benchmarking ini, VPS akan memberikan pemahaman mendalam tentang kemampuan dan keterbatasannya dalam menangani beban kerja yang berbeda-beda.

Terkadang Benchmark VPN juga dibutuhkan untuk mengetahui spesifikasi lengkap server yang digunakan seperti jenis processor, RAM, Bandwith, memori dan sebagainya.

Ingin tahu bagaimana cara benchmark VPS? Yuk pahami dan terapkan 4 caranya di bawah ini:

4 Cara Benchmark VPS

Berikut merupakan cara benchmark VPS dengan berbagai cara yang ditawarkan oleh Linux agar dapat memudahkan kamu untuk melakukan benchmark.

Pertama-tama, kamu harus memiliki tools untuk melakukan SSH dan memiliki akses root pada perangkat kamu.

Setelah itu kamu siap untuk melakukan benchmark VPS.

Benchmark VPS menggunakan Nech.sh

Gunakan tools SSH kamu atau Terminal, kemudian ketik username dan password Root kamu. Kemudian jalankan script di bawah ini :

Selanjutnya, kamu akan melihat benchmark dari VPS Linux telah ditampilkan.

Benchmark VPS menggunakan Bench.sh

Gunakan tools SSH kamu, kemudian ketik username dan password Root kamu. Kemudian jalankan script di bawah ini :

Benchmark VPS menggunakan GeekBench

Gunakan tools SSH kamu, kemudian ketik username dan password Root kamu. Kemudian jalankan script di bawah ini :

Selanjutnya klik enter. Lalu ketik command berikut dan klik enter.

Setelah itu ketik command :

Tunggu hingga proses selesai.

Apakah Penting Melakukan Benchmark VPS?

Jawabannya adalah penting! Dalam berbagai konteks, benchmark dengan VPS ini dianggap penting bagi optimalisasi kinerja yang akan dilakukan di linux, terutama untuk untuk keperluan bisnis atau proyek yang memiliki skala cukup besar.

Alasan-alasan mengapa benchmark dengan VPS ini penting yaitu dapat menjadi evaluasi kinerja yang dilakukan oleh linux. Terkadang ketika kita mengerjakan proyek menggunakan VPS, tanpa disadari terdapat hal-hal yang kurang optimal, seperti kecepatan dalam mentransfer data.

Nah, dengan benchmark VPS kamu bisa mengoptimalisasikan hal tersebut agar lebih baik.

Dengan Benchmark VPS pula, kamu bisa tahu bagaimana konfigurasi serta spesifikasi yang cocok dengan kondisi proyek yang sedang kamu kerjakan saat ini.

Beli VPS Murah

Dengan memiliki konfigurasi serta spesifikasi yang pas, maka VPS akan bekerja lebih optimal dalam melakukan proses-proses bisnis yang dibutuhkan.

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan uji stabilitas dan keandalan dengan benchmark VPS. Dengan kamu mengetahui hal tersebut, maka kamu bisa mengerti apakah VPS yang digunakan saat ini sudah cukup stabil, atau sudah dapat diandalkan dalam melakukan proses-proses bisnis yang dibutuhkan. 

Terakhir, kamu juga dapat mengidentifikasi titik-titik lemah atau biasa dikenal sebagai bottleneck yang ada pada sistem. Benchmark VPS ini akan membantu mengidentifikasi titik-titik lemah dalam kinerja sistem yang sudah berlangsung. Dengan adanya hal ini memungkinkan kamu untuk fokus pada memperbaiki area tertentu yang berpotensi menjadi penghambat bagi kinerja VPS secara keseluruhan.

Jadi, apakah kamu sudah paham terkait benchmark VPS? Selanjutnya, jangan lupa terapkan cara di atas untuk meningkatkan kinerja VPS yang kamu gunakan ya!

Baca Juga : Tutorial Mudah Cek Disk Space VPS

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds