• Home
  • Berita
  • Kenali 4P dalam Extended Marketing Mix

Kenali 4P dalam Extended Marketing Mix

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hai DomaiNesians! Setiap struktur marketing pastinya harus memiliki strategi yang bagus. Nah, strategi ini memiliki beberapa konsep, tapi kebanyakan marketer menggunakan marketing mix.

Extended Marketing mix ini terdiri dari empat unsur, yaitu 4P: Product, Pricing, Placement, dan promotion.

Hanya saja marketing Mix ini hanya menjelaskan fondasi dasar mengenai produk dalam bentuk jasa dalam pemasaran. Sehingga tidak cocok digunakan untuk produk yang berupa jasa.

Extended Marketing Mix
Sumber: Freepik

Oleh sebab itulah muncul istilah Extended Marketing Mix yang memberikan tambahan unsur agar strategi marketing Mix ini bisa digunakan tidak hanya di produk barang, tetapi juga jasa.

Extended Marketing Mix vs Marketing Mix

Marketing Mix ini membantu bisnis untuk membuat keputusan dalam merancang strategi marketing dan aktivitasnya.

Seperti yang sudah dijelaskan, ada empat pilar (unsur dalam marketing Mix. Berikut ini penjelasan masing-masing unsur.

  1. Product (produk), yaitu barang yang dijual oleh perusahaan
  2. Place (lokasi), yaitu tempat barang tersebut dijual. Untuk place ini bisa online seperti menggunakan website atau offline yaitu seperti toko biasa.
  3. Price (harga), yaitu berapa nilai uang yang dibutuhkan untuk membeli produk yang kamu jual. Tentu saja harus mengikuti oleh aturan industri dan melihat kompetitor yang ada.
  4. Promotion (promosi), yaitu metode apa yang akan kamu gunakan untuk menarik pembeli. Misalnya dengan menggunakan iklan, merekrut public relations, dan berbagai cara lainnya yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan target pasar.

Marketing mix ini berjalan bersamaan. Jadi misalnya, sebuah produk itu membutuhkan harga, tempat untuk menjual, dan promosi untuk menjangkau audience.

Promosi juga membutuhkan produk, tempat, dan harga untuk membuat efektivitas pesan yang disampaikan.

Sedangkan extended marketing mix ini hanyalah versi lebih banyak dari marketing mix yang asli. Jadi jika marketing mix ada empat unsur, maka extended marketing mix ada tambahan 3 unsur.

Extended marketing mix ini hadir saat para marketer sadar jika marketing mix yang digunakan sudah ketinggalan zaman.

Apa itu Extended Marketing Mix

Extended marketing mix ini menjelaskan tiga unsur ‘P’ tambahan dalam marketing mix. Jadi total keseluruhan unsur menjadi tujuh.

Tiga unsur tambahan tersebut adalah People, Process, dan Physical Evidence. Sehingga marketing mix menjadi metode marketing yang lebih kompleks.

Berikut ini penjelasan ketiga unsur tambahan dari extended marketing mix.

  1. People (orang), menjelaskan orang-orang yang ada di balik layar perusahaan. Tidak penting tugasnya, orang yang bekerja untuk produk sama pentingnya dengan customer. Mereka mewakili perusahaan dan mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan ke customer.
  2. Process (proses), mengidentifikasi bagaimana ekspektasi customer. Pastinya dalam bisnis customer berharap agar perusahaan bisa memenuhi ekspektasi mereka. Tentu saja dibutuhkan proses agar customer mendapat pengalaman positif ketika membeli produk. Untuk itu, sangat penting membuat Standard Operating Procedures (SOPs) untuk memperkuat proses tersebut.
  3. Physical Evidence (bukti fisik), walaupun perusahaan bergerak dibidang jasa, bukti fisik perusahaan menjadi aspek yang melengkapi extended marketing mix ini. Bukti fisik ini adalah aspek yang digunakan perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor dan menyenangkan pelanggan. Misalnya penggunaan materi promosi.
Extended Marketing Mix
Sumber: Freepik

Sama seperti marketing mix pada umumnya, extended marketing mix juga bekerja sebagaimana mestinya. Hanya saja ada tambahan untuk 3P lagi.

Alurnya kira-kira People di perusahaan harus mengikuti Process yang ada, sesuai dengan Physical Evidence yang sudah dibuat.

Process juga bisa digunakan untuk menentukan tugas dari People dan Physical Evidence.

Kedua marketing memiliki persamaan yaitu penggunaan marketing mix. Perusahaan membutuhkan People yang tepat untuk mengeksekusi Promotion dari Product (service).

Dan juga dengan extended marketing mix akan membantu menentukan strategi perusahaan yang tepat kedepannya.

Pentingnya Marketing Mix

Marketing mix adalah bagian dari dasar struktur marketing.

Jika kamu baru saja memulai merencanakan bisnis, gunakan strategi ini untuk menyusun budgeting marketing.

Setiap unsur terutama Price dan Promotion membantu kamu untuk mengalokasikan perencanaan finansial dan keuangan perusahaan.

Misalnya kamu sudah menentukan harga produk, kamu akan melihat berapa besar keuntungan yang didapat setelah mengurangi biaya promosi dan pengeluaran lainnya.

Sehingga keuntungan bisnis bisa dioptimalkan.

Marketing mix membantu kamu membuat perencanaan secara matang dan memantau pergerakan perusahaan. Tentu saja, setiap perusahaan ingin mendapatkan keuntungan.

Dan dengan menggunakan marketing mix, perusahaan akan memiliki pandangan yang jelas mengenai target dan tujuan yang akan dicapai.

Extended Marketing Mix
Sumber: Freepik

Tertarik Menerapkan Extended Marketing Mix?

Setelah mengetahui extend marketing mix apakah kamu tertarik untuk menerapkannya?

Sebenarnya strategi ini tidak hanya digunakan untuk perusahaan besar seperti startup, bahkan perusahaan atau bisnis kecil pun juga bisa.

Jika kamu kesulitan dalam merencanakan strategi yang sukses, yang bisa meningkatkan penjualan, dan mendapat banyak keuntungan, kamu bisa menggunakan unsur 7P di atas.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!