• Home
  • Berita
  • Yuk Intip Panduan Terbaru dan Terlengkap Cara Membuat Artikel

Yuk Intip Panduan Terbaru dan Terlengkap Cara Membuat Artikel

Oleh Argadahana

Berpikir dan berkhayal adalah sebuah aktivitas tanpa batas. Artinya, kamu dapat memikirkan apapun tanpa ada orang yang melarang dan mengetahui selama itu hanya dalam bentuk pikiran. Banyak orang yang sebenarnya ingin menuliskan hal-hal yang mereka pikirkan menjadi sebuah karya agar selalu terpacu dalam pikiran positif, salah satunya dalam bentuk tulisan.

Artikel adalah contoh karya tulisan yang cukup sederhana untuk dibuat. Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin menuliskan buah pikiranmu dalam bentuk tulisan, silahkan terus membaca pembahasan mengenai cara membuat artikel berikut ini. Kamu akan disuguhkan dengan panduan terbaru dan terlengkap cara membuat artikel. Yuk simak hingga akhir!

cara membuat artikel
Sumber: Envato

Mengenal Artikel

Sebelum kamu belajar mengenai cara membuat artikel yang baik dan benar, perlu dan memang wajib hukumnya buat kamu mengenal lebih dalam mengenai apa itu artikel. Pada pembahasan dibawah ini kamu bakal mendapatkan insight terkait pembahasan mengenai artikel mulai dari pengertiannya hingga seperti apa struktur dari artikel.  

Apa itu Artikel 

Artikel merupakan karangan atau tulisan yang berisi fakta disertai dengan opini penulis. Jumlah kata yang menyusun sebuah artikel dapat bervariasi. Untuk artikel yang tergolong pendek, biasanya terdiri dari 400-500 kata sedangkan untuk artikel panjang, mengutip dari Matthew Royse melalui Medium, terdiri dari 1500 hingga 3000 kata bahkan lebih. Selain untuk menuangkan opini dari penulis, tentunya artikel merupakan sumber wawasan bagi pembacanya. Di era online saat ini terkadang artikel yang kamu buat kan di publikasi di internet akan menjadi artikel yang viral.

Ciri-ciri Artikel Berkualitas

Faktual dan Informatif

Sebuah artikel bukanlah tulisan fiksi. Dalam sebuah artikel selalu tersaji data dan rujukan referensi yang kredibel. Selain faktual, artikel juga bersifat informatif sehingga kamu sebagai pembaca akan mendapatkan insight yang dapat menambah pengetahuan.

Mengandung Opini

Setiap orang tentu memiliki pendapat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Berangkat dari itu, maka sebuah artikel tentu akan memiliki sifat yang relatif subjektif. Ini berarti mungkin saja ada pembaca yang tidak sependaoat dengan sebagian ataupun seluruh isi artikel. Hal ini dapat terjadi karena artikel selalu mengandung opini penulisnya.

Singkat, Padat, dan Jelas

Artikel tidak akan sepanjang cerpen yang tersusun hingga 10.000 kata. Tentu ini berkaitan dengan ciri artikel yang pertama yaitu informatif. Untuk dapat dengan mudah dicerna oleh pembaca, tulisan harus singkat, padat, dan jelas sehingga tidak bertele-tele. To the point lah!

Struktur Artikel

  • Pernyataan pembuka, dalam penulisan artikel kamu harus memulainya dengan sebuah pijakan pembahasan menggunakan argumen atau pendapat yang kamu lontarkan. 
  • Argumentasi, ini berisi pembahasan dan bisa jadi jawaban atas pernyataan pembuka. Dalam struktur ini tentunya akan di dukung dengan data dan fakta yang berasal dari sumber yang kredibel.
  • Reiterasi pernyataan, Bagian ini memuat pernyataan dari penulis yang berusaha untuk merangkum dari keseluruhan hal yang telah dibahas dalam bagian argumentasi. 

Cara Membuat Artikel

Pembahasan pada bagian ini merupakan hal yang paling menarik. Setelah mengetahui mengenai apa itu artikel, pastinya kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat artikel yang benar. Pembahasan dibawah ini akan menjawab pertanyaanmu itu. Yuk, simak pembahasan cara membuat artikel yang baik dan benar berikut ini:

Pilih Topik

Cara membuat artikel yang benar yang pertama adalah dengan menentukan topik terlebih dahulu. Kamu bisa memilih topik dengan preferensi yang kamu tentukan sendiri. Kamu bisa memilih topik berdasarkan trend yang ada atau topik sendiri dengan ide yang kamu miliki. Bisa dibilang dalam memilih topik ini, ide merupakan hal paling krusial bagi penulis.

Penulis (terutama pemula) tidak percaya diri dengan ide yang mereka punya bahkan cenderung minder dengan artikel-artikel yang telah ditulis oleh penulis yang lebih berpengalaman. Jika penulis telah terjebak dengan masalah ini, biasanya akan berdampak pada hasil tulisan yang kurang maksimal. 

Bagian ini merupakan tahap yang penting sehingga kamu perlu mempersiapkannya dengan baik. Jika muncul perasaan minder tadi, kamu tak perlu khawatir. Tetaplah menulis! Apa yang kamu anggap “buruk” tidak serta merta dianggap buruk oleh orang lain.

Baca juga : Beli VPS murah Indonesia

cara membuat artikel
Sumber: Envato

Baca Beberapa Referensi

Setelah menentukan topik, cara membuat artikel selanjutnya adalah dengan mencari dan membaca beberapa referensi yang kredibel. Pada tahap ini kamu cukup membaca saja. Jika kamu tidak ingin kehilangan referensi ini, kamu bisa simpan atau mencatatnya. Bagian ini cukup penting bagi kamu saat akan menulis artikel sebagai competitive analyst untuk memberikan gambaran agar kelengkapan konten artikel yang kamu buat dapat “bersaing” dengan artikel populer sejenis. Kalau kamu tidak terlalu mementingkan tingkat kepopuleran artikelmu, setidaknya langkah ini bisa membantu memberikan referensi untukmu.  

Memunculkan Garis Besar dan Kerangka

Cara membuat artikel yang baik dan benar selanjutnya adalah memunculkan garis besar dan kerangka artikel. Kamu bisa mulai menulis poin-poin yang akan kamu tulis. Alangkah lebih baik jika poin-poin ditulis secara urut berdasarkan urutan pembahasan yang kamu inginkan. Dengan menuliskannya secara urut, ini akan memudahkan dalam melakukan bridging terhadap pembasan satu dan lainnya dalam satu artikel. 

Susun Draft Sesuai Kerangka

Dari kerangka atau garis besar yang telah kamu susun, kamu bisa mulai menuliskan draft konten pada setiap poin. Pada tahap cara membuat artikel yang benar  inilah sebenarnya kamu mulai menulis dan menuangkan gagasan yang kamu miliki. Kamu bisa leluasa menulis sebanyak mungkin (yang penting) sebelum masuk dalam tahap koreksi. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kamu juga bisa mulai menuliskan opini terhadap pembahasanmu. Tak lupa silahkan berikan data atau fakta untuk mendukung opini yang telah kamu berikan.

Dukung Dengan Referensi yang Kredibel

Untuk menciptakan kepercayaan pembaca terhadap hasil tulisanmu, cara membuat artikel yang penting untuk kamu ingat adalah dengan memberikan informasi rujukan atau referensi yang “kredibel”. Parameter kredibel memang tidak bisa mutlak, namun kamu bisa mengantisipasinya dengan selalu berhati-hati dan membaca sampai tuntas referensi yang kamu gunakan. Jika referensi mu adalah sebuah website, kamu bisa memperhatikan ciri-ciri website penipuan agar terhindar dari sumber yang tidak kredibel.

Koreksi Susunan Kata

Jika seluruh poin-poin telah kamu dukung dengan draft konten, maka saatnya kamu bisa mulai mengatur agar pilihan kata sesuai EYD dan susunan kalimat match. Kamu bisa menggunakan KBBI online jika membutuhkan bantuan dalam mengoreksi kata dalam Bahasa Indonesia. Dengan susunan kata dan kalimat yang padu, artikel kamu akan lebih mudah dipahami dan mendapatkan impression yang baik oleh para pembaca.   

Baca Ulang Artikel

Tahap akhir cara membuat artikel yang benar adalah membaca ulang draft artikel yang telah kamu buat. Pastikan lagi urutan pembahasan telah padu dan “enak” untuk dibaca. Pada tahap ini tak lupa juga lakukan pengecekan terhadap jumlah kata dalam seluruh tulisanmu agar jumlahnya ideal.

Baca juga : Tempat beli hosting

Buat Judul

Paling terakhir dalam tahap cara membuat artikel yang benar adalah buat judul artikel. Pada dasarnya, judul artikel merupakan gambaran dari seluruh pembahasan dalam artikel. Maka dari itu pembuatan judul alangkah lebih baiknya kamu lakukan diakhir penulisan agar mampu mencangkup keseluruhan artikel yang telah dibuat.

cara membuat artikel
Sumber: Envato

Peran Penting Artikel untuk SEO

Artikel memiliki peran penting dalam SEO (Search Engine Optimization) karena dapat membantu meningkatkan visibilitas website dalam hasil pencarian mesin pencari. Artikel yang berkualitas dan dioptimalkan dengan baik dapat memberikan konten yang bermanfaat dan relevan bagi pembaca, menyertakan kata kunci yang relevan, menambah jumlah backlink, membuat website lebih interaktif dan menjaga konten website tetap up-to-date.

Hal ini akan memberikan sinyal positif pada mesin pencari bahwa website tersebut aktif dan up-to-date, sehingga dapat meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian. Namun, perlu diingat bahwa artikel hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor yang dipertimbangkan oleh mesin pencari dalam menentukan peringkat website dalam hasil pencarian. kamu juga harus tahu cara cek domain

Artikel Berkualitas Mampu Menaikan Ranking SEO

Artikel yang memiliki kualitas baik sangat penting untuk meningkatkan peringkat SEO karena dapat membuat website lebih relevan dan bermanfaat bagi pembaca, yang dapat memberikan sinyal positif pada mesin pencari.Artikel yang berkualitas dapat membantu meningkatkan peringkat SEO website dengan beberapa cara, diantaranya:

  1. Menyediakan konten yang bermanfaat dan relevan: Artikel yang menyajikan informasi yang bermanfaat dan relevan bagi pembaca akan dianggap sebagai konten yang berkualitas oleh mesin pencari, yang dapat meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian.
  2. Menyertakan kata kunci yang relevan: Artikel yang menyertakan kata kunci yang relevan dapat membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi topik yang dibahas dalam website, yang dapat meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian.
  3. Mengoptimalkan meta tag: Artikel yang dioptimalkan dengan baik dapat membuat website lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, dengan menyertakan meta tag yang sesuai dan deskripsi yang menarik.
  4. Menambah jumlah backlink: Artikel yang berkualitas dapat di-share dan dibagikan oleh pembaca, yang dapat menambah jumlah backlink ke website. Backlink dari website lain yang berkualitas dapat meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian.
  5. Membuat website menjadi lebih interaktif: Artikel yang ditulis dengan baik dapat membuat website lebih interaktif dan menyenangkan untuk dikunjungi, yang dapat meningkatkan tingkat pengembalian pengunjung ke website.
  6. Menjaga konten website tetap up-to-date: Artikel yang diupdate secara berkala dapat memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa website tersebut aktif dan up-to-date, yang dapat meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian.

Secara umum, artikel yang berkualitas dan dioptimalkan dengan baik dapat membantu meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian mesin pencari, sehingga meningkatkan visibilitas website dan membuat website lebih mudah ditemukan oleh target audiens.

cara membuat artikel
Sumber: Envato

Terus Produktif dengan Menuangkan Ide dalam Artikel

Berkarya adalah salah satu aktivitas menghabiskan waktu yang positif. Salah satu bentuk karya yang mudah untuk kamu implementasikan adalah karya tulis, salah satu contohnya adalah artikel. Cara membuat artikel tidaklah sulit asalkan kamu telah menentukan topik yang akan kamu bahas.

Setelah kamu memiliki topik pembahasan maka cara membuat artikel yang benar selanjutnya adalah dengan membaca beberapa referensi, memunculkan garis besar pembahasan, membuat draft tulisan berdasarkan poin-poin garis besar, mengoreksi susunan kata, membaca ulang artikel, dan yang terakhir adalah membuat judul. Mudah bukan? Yuk, terus produktif dengan menuangkan ide dalam artikel!

Argadahana

Here to share stories about marketing, communication, and business related to tech industries. Feel free to hit me up on my social accounts.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds