• Home
  • Tips
  • Waspada Penipuan! Begini Cara Mudah Cek Website Penipuan

Waspada Penipuan! Begini Cara Mudah Cek Website Penipuan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Beberapa waktu belakangan ini, sering terdengar berita mengenai penipuan online. Mulai dari informasi lowongan pekerjaan, transaksi jual-beli, hingga pinjaman uang. Memang sih tak bisa kamu kontrol keinginan orang untuk berbuat buruk khususnya melakukan penipuan. Namun dengan kesadaran dan kewaspadaan yang kamu tingkatkan mungkin dapat meminimalkan kamu menjadi korban penipuan online yang entah kapanpun bisa terjadi. Pelaku penipuan online biasanya menggunakan website menjadi sarana utama. Nah, untuk itu penting buat kamu mengetahui cara mudah cek website penipuan. Artikel ini akan memberikanmu informasi lengkap mengenai cara mudah cek website penipuan untuk mengenali website penipuan. Yuk simak dengan seksama!

Sumber: Envato

Apa itu Website Penipuan

Sama halnya dengan pengertian website pada umumnya bahwa website merupakan kumpulan halaman yang berisi berbagai informasi dan diakses melalui internet. Nah, konten yang dimaksud biasanya berupa konten bisnis, pengalaman pribadi, personal branding, dan lain sebagainnya. Website adalah bagian dari kemajuan teknologi internet yang semakin masif.

Berbeda dengan website pada umumnya, website penipuan memuat konten atau informasi yang tidak benar alias palsu. Kamu harus berhati-hati untuk memfilter konten atau informasi dalam sebuah website yang kamu temukan. Minimal kamu memahami bagaimana cara mudah cek website penipuan. 

Memang kemajuan teknologi (dalam hal ini adalah internet) ini ibarat dua sisi mata uang. Internet dapat berdampak positif bagi masyarakat luas namun disisi lain internet bisa juga menjadi bencana bagi masyarakat. Munculnya internet, telah memudahkanmu menjalani hidup. Namun, itu juga membuat masyarakat rentan terhadap bahaya kejahatan dunia maya (internet). 

Sekarang, kamu tidak hanya dapat membeli bahan makanan secara online, tetapi juga berisiko menjadi mangsa jaringan penipuan dan kebohongan yang tersusun rapi. Inilah sebabnya mengapa setiap orang perlu tahu bagaimana cara mudah cek website penipuan.

Menurut Better Business Bureau (BBB) ​​Scam Tracker, ada 48.362 penipuan pada tahun 2018 di Amerika dan 23.439 penipuan telah dilaporkan pada tahun 2019. Dengan jumlah yang meningkat setiap tahun, sangat penting untuk belajar mengenali bentuk-bentuk penipuan ini. Berikut ini adalah beberapa cara mudah cek website penipuan untuk membantumu mengenali website penipuan. 

Sumber: Envato

Cara Mudah Cek Website Penipuan

Ada banyak cara mudah cek website penipuan untuk mengenali website penipuan, beberapa yang terpenting diantaranya akan dikupas tuntas dalam artikel ini

1. Periksa URL Website

Cara mudah cek website penipuan yang pertama adalah mengenai ketelitianmu. Periksa dengan benar URL website yang kamu akses. Dua cara paling mudah mengenai hal ini adalah sebagai berikut

Baca nama domain dengan seksama

Kamu biasanya mendapatkan link atau alamat website kemudian kamu klik link tersebut dan masuklah kamu ke dalam website. Nah, ada baiknya sebelum klik link tersebut, kamu sudah membacanya dengan teliti. 

Cari tahu apakah ada website resmi

Jika kamu mendapati kecurigaan terhadap alamat atau link website tersebut, ada baiknya kamu melakukan validasi selanjutnya dengan mencari apakah ada website resmi terkait alamat tersebut. Kamu akan sangat terbantu dengan melakukan pencarian di google t erkait alamat website tersebut. Jika ada website dengan atas nama yang sama dengan alamat website yang akan kamu akses, kamu patut mencurigainya. 

2. Periksa Sertifikat SSL/TLS

SSL merupakan entitas yang dapat melindungi website dari serangan kejahatan dari luar. Ini dapat di beli melalui penyedia layanan SSL.Pada dasarnya, penyedia layanan SSL juga merupakan penyedia layanan hosting, server, dan domain. Biasanya perusahaan penyedia layanan ini selalu memberikan syarat dan ketentuan untuk bisa berlangganan sehingga website penipuan biasanya tidak menggunakan SSL atau bahkan menggunakan SSL yang tidak valid. 

cara mudah cek website penipuan

Kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara klik gambar gembok pada search bar browser kamu (misal Google Chrome). Jika tertulis connection is secure itu artinya website menggunakan SSL. Namun kamu harus cek juga apakah sertifikat SSL yang digunakan valid atau tidak. Untuk itu klik connection is secure maka akan muncul status SSL valid atau tidak.

3. Cari tahu informasi di kanal lain

Cara mudah cek website penipuan selanjutnya adalah dengan mencari informasi pendukung mengenai nama website yang kamu curigai. Kamu bisa memanfaatkan Google untuk mengetikkan nama website atau perusahaan tersebut. Apa saja informasi yang muncul di sana dapat membantu kamu meyakinkan bahwa website tersebut adalah website yang aman.

4. Gunakan Google Safe Browsing Transparency Report

Jika ragu tentang keamanan sebuah website, buka Google Safe Browsing Transparency Report. Tools ini memungkinkan kamu memasukkan URL untuk memeriksa apakah website tersebut aman untuk dibuka. Tenang, tools yang disediakan oleh Google ini gratis dan dapat digunakan kapanpun!

5. Cek isi konten website

Jika kamu pernah membuat sebuah website, kamu pasti tahu betapa memusingkan membuat konten website. Tentu website yang terpercaya dan profesional telah menyiapkan konten untuk ditampilkan di website dengan sangat baik. Jika konten yang diberikan di website terasa tidak konsisten bahkan terasa janggal, kamu perlu lebih teliti untuk mengeceknya. Bisa jadi itu adalah website penipuan. Beberapa cara mudah cek website penipuan yang berkaitan dengan konten adalah sebagai berikut

Lihat kontak yang tertera

Rekomendasi cara mudah cek website penipuan buat kamu selanjutnya adalah mengetahui apakah website itu sah dengan memverifikasi apakah website tersebut memiliki alamat fisik. Apakah perusahaan memiliki nomor telepon yang terdaftar? Coba kirim email ke alamat email yang disediakan di halaman kontak dan periksa apakah sudah terkirim. Jika kamu benar-benar mengharapkan keamanan, verifikasi bahwa email tersebut bukan email umum (seperti xyz@gmail.com) tetapi email yang disertakan dengan email perusahaan (seperti nama@domainperusahaan.com).

cara mudah cek website penipuan
Sumber: Envato

Cek ejaan dan tata bahasa dalam konten

Ini adalah cara mengenali website penipuan selanjutnya. Sebagian besar perusahaan yang sah pasti selalu berusaha untuk memastikan standar kualitas minimum dalam semua komunikasi yang mengatas namakan mereka. Terlepas dari kesalahan ketik atau typo yang bisa dibilang sangat langka terjadi, sangat tidak mungkin kamu akan menerima informasi dengan kata-kata yang buruk dari Apple atau Microsoft misalnya. Semua komunikasi dari perusahaan yang sah akan memiliki nada yang sesuai dan tidak akan pernah terdengar mengancam atau memaksa, bahkan jika kamu tidak menindaklanjuti ajakan mereka.

Periksa Kebijakan Privasi dalam website tersebut

Sebagian besar negara termasuk Indonesia dan industri memiliki undang-undang dan peraturan privasi data yang mewajibkan website untuk memberi tahu penggunanya bagaimana data dikumpulkan, digunakan, dilindungi, dan disimpan. Proses ini biasanya dicapai dengan menulis dokumen kebijakan privasi dan membuat pengguna membacanya dan menyetujui syarat dan ketentuan. Untuk menghindari penipuan, kamu harus cek bagian ini. Baca hingga selesai dan pastikan semuanya telah kamu mengerti!

Terlepas dari kebijakan privasi, jika kamu menggunakan platform e-commerce, pastikan untuk membaca kebijakan pengiriman dan pengembalian mereka. Jika website tidak memilikinya, atau jika tampilannya tidak bagus, pikirkan kembali keputusan kamu untuk melakukan pembelian dari website yang meragukan tersebut.

6. Perhatikan tanda-tanda adanya Malware

Ciri-ciri website penipuan selanjutnya biasanya dapat berupa munculnya pop-up mencurigakan, dan iklan yang mencoba membujuk kamu untuk mengkliknya. Ini adalah indikasi website jahat yang mendorong kamu untuk mengunduh dan menjalankan beberapa malware di sistem atau komputer kamu. Berhati-hatilah terhadap website yang mengarahkan kamu ke situs lain dengan konten promosi atau ke halaman resmi yang meminta kamu memasukkan informasi sensitif. Selalu berhati-hati saat mengklik iklan apa pun! Nah, itulah beberapa cara untuk mengenali website penipuan.

Penting! Jangan Salah Paham dengan Ekstensi Domain

Jika kamu sering melihat website dengan ekstensi domain .com, jangan berpikir bahwa ekstensi domain hanya .com saja. Ada banyak ekstensi domain yang dijual hingga saat ini. Domainesia merupakan salah satu yang menjual ekstensi domain terlengkap bahkan hingga 80+ pilihan ekstensi domain ada di Domainesia.

Ekstensi domain tidak bisa serta merta menjadi patokan sebuah website baik atau buruk. Tidak selalu yang .com adalah yang baik. Ini hanyalah preferensi pilihan ekstensi domain saja. Jangan curiga dengan ekstensi domain selain .com. Namun jika website tersebut adalah website sekolah, universitas, pemerintah, dan instansi resmi lainnya, kamu perlu cermat melihat ekstensi domain nya.

Instansi tertentu mempunyai persyaratan untuk menggunakan ekstensi domain tertentu (website universitas misalnya yang menggunakan .ac.id) Nah, ini merupakan tips agar kamu tidak salah paham terhadap kredibilitas sebuah website selain dengan cara mudah cek website penipuan yang telah dijelaskan sebelumnya agar kamu mampu mengenali website penipuan.

cara mudah cek website penipuan
Sumber: Envato

Tetaplah Waspada di Dunia Maya! 

Tidak semua perbuatan orang bisa kamu kontrol. Dimanapun kamu berada alangkah lebih baik tetap terus waspada. Tidak hanya di kehidupan nyata sehari-hari, di dunia maya pun kamu harus selalu waspada akan adanya penipuan. Banyak beredar website penipuan dan kamu perlu mengenali website penipuan. Salah satu cara mencegah kamu menjadi korban penipuan di dunia maya adalah dengan mengetahui cara mudah cek website penipuan. Cara mudah cek website penipuan ini diantaranya adalah selalu periksa dengan teliti alamat website, cari informasi di kanal lain, gunakan Google Safe Browsing Transparency Report, cek isi konten, dan cek status SSL. Yuk selalu ingat cara mudah cek website penipuan agar aman dan nyaman dalam berinternet.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah