• Home
  • Tips
  • 8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Oleh Mila Rosyida

Semakin canggih dunia teknologi, ternyata memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan fantastis dengan cara praktis. Kini, hanya dengan menggunakan platform media sosial saja kamu bisa mendapatkan uang, lho. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Instagram?

Cara mendapatkan uang dari Instagram

Sebelum masuk pada pembahasan utama, perlu kamu pahami dulu bahwa Instagram adalah platform media sosial gratis untuk berbagi foto dan video yang dilengkapi beberapa fitur populer.

Tidak hanya populer lagi, hampir orang dari berbagai kalangan menggunakan Instagram dengan berbagai macam tujuan. Mulai dari sebagai media hiburan, motivasi, hingga bisnis.

Aplikasi ini juga telah tersedia di iPhone maupun Android sehingga banyak orang dapat mengunggah foto atau video dengan mudah. Para pengguna juga bisa mengakses Instagram di mana saja dan kapan saja asal terhubung ke internet.

cara mendapatkan uang dari instagram
Sumber : Elements Envato

Selain berbagi foto maupun video, pengguna juga dapat melihat, mengomentari, dan menyukai postingan yang dibagikan oleh teman-teman mereka di Instagram.

Namun tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja, aplikasi yang satu ini juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula.

Bagi kamu yang tertarik mencobanya, berikut beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram berikut ini.

1. Membuat sponsored post

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang pertama adalah mendapatkan sponsor untuk konten gambar atau video yang kamu unggah.

Membuat sponsored post adalah cara utama paling efektif bagi pengguna Instagram untuk bisa mendapatkan uang dari akun media sosial. .

Sebagai contoh, jika bekerja sama dengan salah satu perusahaan perlengkapan rumah tertentu, berarti kamu harus membuat sponsored post yang menyertakan produk mereka di dalam gambar atau penjelasan di dalam caption.

“Lalu, bagaimana mendapatkan sponsored post di Instagram?”

Umumnya, memang perusahaan-perusahaan yang akan menghubungi kamu untuk membuat konten promosi tentang produk mereka. Tetapi tidak ada salahnya, jika kamu yang memulainya terlebih dahulu dengan beberapa tips berikut:

Cari layanan

Lakukan penawaran ke perusahaan yang mungkin membutuhkan jasa promosi dengan menggunakan konten-konten milikmu.

Sebelum menawarkannya, pastikan bahwa konten yang kamu buat memiliki topik atau tema yang sama dengan perusahaan tersebut.

Buatlah konten yang otentik

Kemudian pastikan juga bahwa konten yang kamu buat untuk dipromosikan bisa memberikan kepercayaan kepada banyak orang.

Sehingga mereka tergerak untuk merekomendasikannya lagi kepada orang lain.

Ingatlah bahwa sponsored post ini juga memiliki standar kebenaran yang sama dengan periklanan lainnya. Selain itu, pastikan untuk menyertakan deskripsi lengkap pada setiap sponsored post.

2. Mengubah akun Instagram jadi business account

Selanjutnya, cara mendapatkan uang dari Instagram juga bisa dengan ubah status akun Instagram menjadi business account Ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram dengan mudah karena dapat membantu mengembangkan bisnis.

Sebelum fitur Instagram business account ini diluncurkan, satu-satunya cara agar followers bisa melihat produk-produk yang kamu jual hanya dengan mengklik tautan situs web di profil akun pribadi.

Namun, kini bisa menjadi lebih mudah karena kehadiran business account, sehingga tombol kontak sudah secara otomatis muncul di profil.

Cara tersebut ternyata mempermudah para pengguna Instagram untuk menghubungimu. Mereka bisa mengirim email, melakukan panggilan telepon, mengirim pesan SMS, bahkan mencari lokasi toko. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan hashtag dan gambar yang relevan dengan bisnis milikmu.

Kamu juga harus bisa mengoptimalkan penggunaan business account di Instagram dengan mengunggah konten foto atau video berkualitas tinggi dan membuat hashtag unik agar bisa menjadi pembeda bisnismu dengan kompetitor.

Umumnya, ketika menjalankan sebuah bisnis kamu perlu melakukan riset pasar bukan? Namun, dengan business account ini, kamu bisa lebih mudah mempelajari target audiens melalui fitur Instagram Insight.

Sederhananya, dengan fitur Instagram Insight tersebut kamu bisa melihat berapa banyak audiens yang tertarik pada postingan konten, serta statistik tentang rentang usia hingga jenis kelamin.

3. Menjual barang preloved

Tak hanya menjual produk baru, kamu juga bisa tawarkan berbagai macam pakaian dan aksesoris preloved tau barang bekas yang masih memiliki kualitas cukup baik. Ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal.

Cara memulai bisnis ini di Instagram pun cukup mudah, kamu bisa mengunggah foto-foto pakaian yang menarik dan berikan keterangan di deskripsi secara rinci.

Keterangan yang perlu kamu tulis di bagian caption seperti merek, ukuran, kondisi, dan lama pemakaian pada setiap item. Apabila kamu ingin menjual satu item secara khusus, tautkan di bio Instagram.

4. Menggunakan fitur Badges

Badges merupakan fitur terbaru dari aplikasi Instagram di mana para pengguna dapat membayar dan mendukung content creator saat sedang melakukan Instagram Live.

Bagi kamu yang tertarik dengan cara ini, nantinya pihak Instagram akan mengizinkan content creator yang telah memenuhi syarat di platform untuk mengajukan fitur baru tersebut.

Apabila sudah diterima atau mendapatkan izin, penonton atau followers bisa membeli Badges selama streaming secara langsung.

Badges sendiri tersedia dalam tiga level berbeda yaitu seharga 0.99 dolar AS atau setara 14.058, 1.99 dolar AS setara Rp28.259, dan 4.99 dolar AS stara Rp70.862. Cukup menguntungkan bukan?

5. Monetisasi video dengan menggunakan Instagram Ads

Cara mendapatkan uang dari Instagram lainnya yaitu bekerja sama dengan merek atau brand tertentu membuat video untuk iklan menggunakan Instagram Ads.

Kamu bisa buka pengaturan akun creator dan aktifkan opsi monetisasi untuk iklan video in-stream. Kemudian, posting video seperti biasa.

Jumlah yang kamu peroleh bergantung pada jumlah viewers video. Kamu akan menerima 55 persen dari pendapatan yang dihasilkan per view dan pembayaran dikeluarkan setiap bulan.

Namun, kamu tidak akan mendapatkan bayaran apabila video tidak memenuhi persyaratan. Misalnya, durasi video kurang dari minimal 2 menit. Jadi, Instagram hanya merekomendasikan untuk video dengan durasi 2 hingga 4 menit saja.

Sumber : Elements Envato

6. Membuka jasa admin untuk kelola akun instagram

Penggunaan media sosial saat ini memang sangat berpengaruh pada kemajuan sebuah bisnis. Pasalnya melalui media sosial seperti Instagram banyak pelaku bisnis lebih mudah memperkenalkan atau mempromosikan produk dan layanan yang dijual.

Oleh sebab itulah, akun instagram untuk bisnis sangat perlu dikelola dengan serius. Namun, sayangnya belum banyak orang yang mampu melakukan hal tersebut dengan baik.

Melihat kondisi seperti itu, menjadi seorang admin adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula.

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang media sosial, bisa coba tawarkan jasa admin Instagram untuk pebisnis yang membutuhkannya.

Umumnya, memang masih banyak sekali bisnis-bisnis kecil saat ini mengalami kendala karena keterbatasan mereka dalam mengelola Instagram.

Apalagi melonjaknya order bisnis, terkadang menimbulkan kesulitan mengurus penjualan produk sekaligus promosi secara bersamaan.

7. Membuka jasa titip

Membuka jasa titip bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram paling tepat khusus buat kamu yang hobi berjalan-jalan ke luar negeri atau melihat-lihat barang di toko.

Membuka jasa titip atau yang lebih dikenal sebagai jastip ini berarti kamu membantu para konsumen untuk membelikan produk sesuai permintaan atau titipan.

Cara memulainya pun cukup mudah, foto beberapa produk di toko tertentu dan kemudian tawarkan kepada followers di Instagram.

Apabila banyak calon konsumen yang tertarik, kamu bisa membeli produk tersebut untuk mereka. Dalam menjalankan bisnis ini kamu perlu tahu bahwa harga yang tawarkan ke konsumen juga harus mencakup biaya jasa untukmu.

Walaupun memang barang yang dibeli dari jastip akan lebih mahal. Namun, konsumen tetap menginginkannya karena selain lebih praktis, biasanya biaya jasa yang diminta juga tidak terlalu tinggi. Kamu pun juga tidak perlu mengantri lama di toko hingga berebutan dengan orang lain.

8. Membuat video review produk

Terakhir adalah membuat video review produk tertentu. Namun, sebelum memulai bisnis Instagram yang satu ini ada baiknya melakukan riset untuk mengetahui review atau ulasan produk dari orang lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah memilih produk dan bisa memberikan rekomendasi tepat untuk audiens.

Adanya review produk ini ternyata dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam melakukan transaksi. Dengan begitu, jadi seorang product reviewer adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram yang juga menguntungkan.

Sumber : Elements Envato

Melakukan pekerjaan product reviewer sendiri cukup mudah, kamu cukup melakukan review produk-produk yang disukai.

Kemudian, jika mampu melakukannya dengan baik dan menarik perhatian banyak konsumen, ada kemungkinan perusahaan produk tersebut mau melakukan kerja sama lebih lanjut denganmu. Cukup menguntungkan bukan?

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram seperti membuat sponsored post, monetisasi video dengan menggunakan Instagram Ads, menggunakan fitur Badges, membuka jasa admin dan jasa titip. Tak lupa, kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan Instagram dengan mengubah status menjadi business account. Melalui business account kamu akan lebih mudah melihat perkembangan target audiens, hingga melakukan pengecekan apakah konten-konten dibuat menarik atau tidak.

Baca Juga : 15 Website Penghasil Uang Tambahan Terbaik, Auto Cuan!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


iwan
March 12, 2022

Raih profit setiap saat dengan berdagang dibroker forex terbaik di asia. ( forex, Bitcoin, Saham) kelebihan trading di Meefx : 1. Bonus 5 usd, tanpa melakukan deposit 2. 0 biaya swap 3. 0 komisi 4. deposit minimal 5 usd 5. deposit dan penarikan dapat menggunakan bank lokal indonesia 6. 45 USD \ Lot Rebate untuk mitra -------------------------------------- Info lengkap langsung kunjungi website kami: https://meefxid.org

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!