• Home
  • Berita
  • 15 Website Penghasil Uang Tambahan Terbaik, Auto Cuan!

15 Website Penghasil Uang Tambahan Terbaik, Auto Cuan!

Oleh Ratna Patria

Ingin dapat penghasilan tambahan yang mudah dan minim modal awal? Gampang banget! Kamu tinggal akses website penghasil uang yang akan kami rekomendasikan kali ini.

Sebelumnya kamu hanya perlu siapkan perangkat seperti komputer/laptop atau smartphone dan koneksi internet yang stabil. 

Dalam rekomendasi kami nanti ada web penghasil uang yang mana kamu hanya perlu mengisi kuesioner atau menjadi reviewer, lho!

Website penghasil uang
Sumber: Envato

Walau begitu, tidak menutup kemungkinan ada website penghasil uang yang mana kamu mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuan atau bidang kompetensi kamu. 

Ada yang khusus untuk designer, fotografer, pemilik website retail, guru, freelancer, dan lain sebagainya. Nah, kami juga akan membahas beberapa di antaranya yang wajib kamu tahu.

Pokoknya, baca artikel ini sampai habis ya!

Website Penghasil Uang Tambahan yang Wajib Dicoba!

Berikut ini kami rangkum 15 web penghasil uang terpercaya yang bisa kamu pertimbangkan supaya auto cuan.

1. Toluna

Kalau kamu ingin mencoba mendapatkan uang tambahan dikala waktu senggang, mungkin kamu bisa mengisi survei online yang toluna tawarkan. 

Toluna sudah dipercaya oleh jutaan orang di beberapa negara sebagai website penghasil uang dengan mengisi survei dari brand-brand terkenal yang berbeda setiap harinya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa menggunakan  web penghasil uang ini adalah mendaftarkan akun dengan mengisi data pribadi basic seperti nama, nomor telepon, dan alamat email. 

Setelah berhasil masuk ke halaman dashboard website penghasil uang ini, kamu bisa bebas memilih survei yang ingin kamu isi. 

Rata-rata setiap survei membutuhkan waktu pengisian sekitar 15-20 menit dan nantinya kamu akan mendapatkan reward berupa poin antara 1.000-50.000 poin setiap harinya. 

Poin-poin tersebut bisa kamu tukar ke dalam bentuk uang yang masuk ke rekening PayPal atau voucher belanja.

2. Google Opinion Rewards

Walaupun bukan berupa website, tapi kami selipkan ke dalam daftar web penghasil uang karena Google Opinion Rewards menjadi tempat survei online yang terbukti memberikan uang sungguhan. 

Kamu hanya perlu luangkan waktu sekitar 5-10 menit untuk mengisi survei yang Google berikan dalam jangka waktu tertentu. 

Jadi kamu tidak bisa memilih survey secara bebas karena Google akan menyediakan survei berdasarkan profil masing-masing responden.

Google Rewards menyediakan berbagai jenis survei dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda yang mana menentukan besaran uang yang bisa kamu dapatkan. 

Dilansir dari website resmi Google, kamu bisa mendapatkan uang antara Rp1.500-Rp15.000 untuk setiap surveinya. 

Uang tersebut akan tersimpan dalam Google Play Balance yang bisa kamu gunakan untuk membeli aplikasi. 

Tapi ingat, uang yang kamu dapatkan punya masa berlaku hingga 12 bulan saja. Jadi segera belanjakan uang apabila sudah memenuhi target harga aplikasi yang ingin kamu beli.

3. YouGov

Mau tahu web penghasil uang dengan mengisi survei lainnya? Berarti kamu juga harus coba website bernama YouGov ini. 

YouGov menyediakan banyak pilihan survei yang bisa kamu jawab kapanpun dan dimanapun. 

Tema surveinya pun bermacam-macam, mulai dari survei pendapat tentang brand tertentu hingga berita-berita terbaru.

Setiap survei akan diberi imbalan berupa poin YouGov yang nantinya bisa ditukarkan menjadi poin AirAsia BIG atau hadiah lain. 

Seperti saldo via PayPal, kartu prabayar, voucher belanja di Zalora dan Tokopedia, serta pulsa isi ulang. 

Hanya dengan meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikan satu survei, kamu bisa berkesempatan mendapatkan poin maksimal 400 poin. 

Pendaftaran akun baru pun tergolong mudah dan 100% gratis! Jadi YouGov adalah website penghasil uang yang recommended untuk kamu coba.

4. Qmee

Sederhana namun efektif. Itulah kesan yang Qmee berusaha tonjolkan sebagai salah satu website penghasil uang yang juga menyediakan berbagai survei online. 

Jika dilihat sekilas, cara kerja Qmee mirip seperti Google Opinion Rewards, yaitu menyediakan survei yang paling sesuai dengan masing-masing profil responden.

Tapi, keunikan Qmee ada di pilihan cara menghasilkan uang lewat blog browsing dan belanja online melalui browser favorit. 

Iya, web penghasil uang ini benar-benar membuat kamu hanya perlu browsing beragam situs favorit! 

Kamu tinggal daftar akun Qmee, lalu install extension web, dan lakukan browsing seperti biasa. 

Extension itu akan menampilkan rekomendasi halaman web yang jika kamu klik maka bisa bernilai uang. 

Sistem komisi pada website penghasil uang ini adalah dengan pemberian saldo PayPal, redeem gift card, atau bahkan saldo Qmee yang nantinya akan disumbangkan ke partner donasi Qmee.

5. Validately by UserZoom

Validately merupakan website penghasil uang selanjutnya yang mengharuskan kamu untuk menjadi seorang tester atau penguji website. 

Kamu harus menguji dan menilai performa atau desain prototype website klien. 

Hasil pengujian tadi harus kamu kirimkan ke pihak Validately untuk selanjutnya klien review apakah hasil pengujian website sudah memenuhi keinginan mereka atau belum. 

Pertama-tama, kamu harus mendaftarkan akun dan mengisi beberapa survei awal. 

Jika akun berhasil diverifikasi oleh pihak Validately, maka kamu sudah bisa mulai memilih jenis pengujian sesuai keinginan. 

Bagi kamu yang paham prosedur pengujian website, Validately adalah web penghasil uang yang bisa diandalkan.

Tiap hasil pengujian pun akan diberi harga yang cukup menggiurkan karena untuk model tes sederhana selama 10-15 menit, kamu bisa mendapatkan $10. 

Jika kamu mengikuti tes dengan cara live interview bersama klien selama 30-60 menit, kamu akan dibayar sekitar $40-$70. 

Semua jenis pembayaran akan dilakukan via Paypal dalam kurun waktu maksimal 7 hari setelah pengumpulan hasil tes.

Website penghasil uang
Sumber: Envato

6. UserTesting

UserTesting adalah web penghasil uang setiap hari yang mana kamu hanya perlu menguji sekaligus mereview berbagai jenis website. 

Cukup dengan meluangkan waktu sekitar 20 menit untuk mereview masing-masing website. Nantinya kamu akan mendapatkan saldo PayPal sebesar $10. 

Tapi kamu juga bisa mendapatkan komisi $4 untuk setiap kali mengerjakan tes selama 5 menit.

Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar melalui pengujian website secara live bersama pihak UserTesting sambil menyalakan webcam dan microphone perangkat digital. 

Apabila proses testing berjalan lancar dan sesuai keinginan UserTesting, maka kamu bisa mendapatkan uang sekitar $30-$120. Lumayan banget bukan?

Tak jarang kamu juga akan diminta untuk mengakses sebuah aplikasi atau website lalu menyelesaikan beberapa tugas yang pihak UserTesting berikan. 

Setelah itu, kamu perlu melaporkan pengalaman atau kesan saat menggunakan aplikasi atau website tersebut. 

Menurut kami, sistem website penghasil uang UserTesting ini tidak terlalu sulit untuk pemula gunakan.

7. Swagbucks

Kamu suka bermain game atau menonton video random? Daripada kamu melakukannya secara cuma-cuma, mending kamu memainkannya melalui web penghasil uang Swagbucks ini. 

Di sana, kamu bisa memainkan berbagai jenis game, video iklan dari berbagai niche, hingga mengisi survei sederhana. 

Untuk bisa menjadi member di website penghasil uang itu, kamu juga harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun Swagbucks.

Jenis komisi yang mereka berikan dalam bentuk poin SB yang nantinya bisa dikonversi ke dalam saldo PayPal, gift card Amazon, Walmart dan lain-lain. 

Kamu harus mengumpulkan poin SB minimal 500 SB untuk bisa ditukar menjadi gift card Amazon sebesar $5 dan 1000 SB untuk ditukar menjadi $10 saldo PayPal. 

Swagbucks jadi web penghasil uang terbaik yang menawarkan komisi besar untuk setiap kali kamu mengisi beberapa survei setiap hari.

8. Clickworker

Sejak tahun 2005, Clickworker sudah dipercaya oleh jutaan orang di seluruh dunia sebagai web penghasil uang yang mudah dan cepat. 

Clickworker menjadi platform handal dalam menyediakan berbagai pekerjaan sederhana atau micro job yang bervariasi. 

Mulai dari survei, web research, menguji coba aplikasi, copyediting, proofreading, bahkan mengambil foto dan merekam video tertentu.

Komisi yang Clickworker sediakan berupa saldo uang dalam satuan Euro yang akan masuk ke dalam akun PayPal kamu. 

Untuk bisa menjadi member website penghasil uang ini, kamu harus mendaftarkan akun dan melengkapi profil biodata secara lengkap. 

Baru setelah itu kamu bisa mempersiapkan berbagai asesmen yang setiap harinya akan muncul di halaman akun Clickworker kamu.

9. Fiverr

Selain rekomendasi web penghasil uang di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa cara mendapatkan uang dari internet melalui website freelance. 

Salah satu situs freelance andalan banyak freelancer adalah Fiverr.

Fiverr akan membantu freelancer untuk bisa memamerkan hasil karya atau pekerjaan terbaiknya agar bisa menarik banyak pelanggan. 

Pastikan bahwa kamu buat akun terlebih dahulu, melengkapi biodata diri, dan membuat portofolio terbaik. 

Bagi kamu yang punya skill dalam menulis artikel, membuat desain, fotografi, berpengalaman menjadi virtual assistant, mengelola media sosial, dan menulis review suatu produk, Fiverr adalah pilihan website penghasil uang terbaik. 

Karena Fiverr adalah website penghasil uang yang memiliki sistem “dari freelancer untuk freelancer”, kamu bisa mematok harga sesuai kategori performa kerja kamu. 

Mulai dari kategori basic sekitar $5 sampai kategori expert yang mana kamu bisa mematok harga jasa mulai dari $25.

10. Upwork

Jika berbicara tentang website freelance maka tak afdol jika tidak menyebutkan Upwork. 

Walaupun baru didirikan pada tahun 2015, Upwork menjadi situs freelance yang memiliki anggota freelancer terbanyak di dunia. 

Hal inilah yang membuat Upwork juga diandalkan menjadi web penghasil uang terbaik untuk para freelancer. 

Berbeda dengan Fiverr yang menawarkan jasa, kamu harus mencari lowongan pekerjaan secara manual dan apply CV atau portofolio melalui dashboard website utamanya. 

Dengan begitu, jumlah pendapatan yang bisa kamu dapatkan relatif bervariasi sesuai tarif yang dipasang oleh para pemasang lowongan kerja. 

Tapi meskipun demikian, Upwork adalah situs freelancer sekaligus website penghasil uang yang menjanjikan dan terbuka lebar untuk siapapun.

Website penghasil uang
Sumber: Envato

11. Udemy

Dewasa ini, karir sebagai tutor online menjadi pilihan pekerjaan yang menjanjikan. 

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan mobilitas kegiatan dilakukan secara jarak jauh. 

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang tutor, maka platform kursus Udemy bisa menjadi pilihan web penghasil uang yang wajib dicoba.

Udemy memungkinkan siapapun bisa membuat kursus online untuk berbagai macam bidang ilmu. 

Sesaat setelah mendaftarkan diri menjadi tutor dan melengkapi identitas diri, kamu bisa mematok harga kelas kursus sesuai ketentuan Udemy, mulai dari Rp100.000-Rp1.000.000. 

Tentunya kesuksesan penggunaan Udemy sebagai website penghasil uang tambahan ditentukan oleh kualitas pembelajaran dan resolusi video. 

Jadi persiapkan materi kursus dengan baik serta gunakan perangkat perekam dan alat pendukung lain agar kamu bisa mengajar dengan nyaman.

12. Superprof

Selain Udemy, kamu juga bisa menjadi tutor online melalui platform kursus Superprof. 

Website freelancer yang juga berpeluang menjadi web penghasil uang sampingan ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan kursus privat kepada pelajar-pelajar tertentu. 

Caranya, buatlah iklan personal branding semenarik mungkin agar para pelajar bisa tahu apakah kamu adalah tutor impian mereka. 

Iklan tersebut juga bisa kamu tambahkan besaran tarif kursus yang berguna dalam pertimbangan para pelajar untuk memilih kamu. 

Jika strategi iklan kamu berhasil dan kualitas mengajar kamu diakui, kamu akan mudah menemukan pelajar dan berkesempatan menghasilkan pendapatan hingga lebih dari Rp7.000.000. 

Mendapatkan uang tambahan dari menjadi tutor melalui website penghasil uang tak pernah semudah ini berkat Superprof.

13. Adobe Stock

Apabila kamu punya hobi dalam bidang fotografi dan kebanyakan foto jepretan kamu menganggur di dalam kamera, mending coba upload foto-foto tersebut ke situs Adobe Stock. 

Sudah banyak fotografer mempercayakan Adobe Stock sebagai website penghasil uang yang juga sekaligus meningkatkan personal branding mereka sebagai fotografer.

Harga jual karya foto melalui Adobe Stock juga relatif kompetitif karena untuk setiap pengunduhan foto atau video oleh konsumen, kamu bisa mendapatkan komisi mulai dari $1-$25. 

Sangat menggiurkan bukan? Jika tertarik untuk menggunakan Adobe Stock sebagai referensi web penghasil uang tambahan, pastikan kamu mendaftar ke situs Adobe Stock menggunakan akun Adobe ID.

14. Shutterstock

Shutterstock juga tak mau ketinggalan untuk menjadi web penghasil uang terbaik. Disana kamu bisa menjual beragam koleksi foto, video, ilustrasi vektor, dan bahkan musik dengan harga jual yang bikin cuan. 

Yah, meskipun komisi yang akan kontributor dapatkan lebih rendah daripada ketika menggunakan Adobe Stock. 

Pasalnya untuk setiap koleksi karya kamu yang konsumen download, kamu akan mendapatkan imbalan antara $0.25-$0.38. 

Tapi itu berlaku untuk satu kali download sehingga apabila foto dan konten fotografi kamu berkali-kali didownload oleh konsumen maka kamu bisa mendapatkan uang tambahan dalam jumlah yang menjanjikan. 

Apalagi jangkauan konsumen Shutterstock lebih luas dan mengglobal daripada Adobe Stock.

15. TripAdvisor

Usaha mendapatkan uang tambahan yang mudah melalui web penghasil uang juga bisa kamu lakukan dengan mengikuti program afiliasi dari TripAdvisor. 

Caranya, kamu pasang iklan atau cantumkan link yang merujuk pada website utama TripAdvisor pada website atau media sosial kamu. 

Lalu kamu akan mendapatkan komisi sebesar $0,15-$0,75 untuk setiap klikan audiens website atau sosial media. 

Alasan kenapa kamu harus bergabung ke dalam program afiliasi TripAdvisor sebagai pilihan website penghasil uang adalah bahwa kamu akan mendapatkan komisi walaupun audiens tidak melakukan transaksi di TripAdvisor. 

Hanya dengan audiens menekan iklan atau link yang kamu pasang di website atau media sosial, kamu sudah bisa mendapatkan uang tambahan secara cara mudah. Tertarik untuk ikut program afiliasi?

Website penghasil uang
Sumber: Envato

Mana Web Penghasil Uang yang Wajib Kamu Coba?

Sekarang, di dunia ini tidak ada hal yang mustahil ada dan terjadi, salah satunya adalah keberagaman cara mendapatkan uang dari website penghasil uang pada artikel ini. 

Perlu kami ingatkan kembali bahwa web penghasil uang di atas tidak akan langsung membuat kamu mendapatkan imbalan uang untuk setiap tugas yang dikerjakan. 

Tapi kalau kamu mau bersabar dan konsisten melakukannya dalam jangka waktu panjang, uang akan mengalir ke rekening dan dompet tanpa kamu sadari.

Semangat cari cuan tambahan sebanyak-banyaknya, ya! Dan sampai bertemu lagi di artikel blog DomaiNesia lainnya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!