• Home
  • Berita
  • Apa sih Fungsi RAM pada Web Hosting?

Apa sih Fungsi RAM pada Web Hosting?

Oleh Ratna Patria

Sebagai orang yang hidup pada era digital mau tidak mau kita dituntut untuk mengikuti perkembangan yang ada. Pada masa ini industri menuntut sesuatu yang bersifat flexibel dan cepat. Itu sebabnya banyak para pebisnis ataupun seseorang yang memiliki karya mulai berpindah ke platform–platform digital untuk menunjang eksistensinya di industri tersebut.

Saat ini banyak sekali perusahaan penyedia jasa layanan web hosting yang menawarkan berbagai macam fitur menarik untuk menjaring semua orang yang membutuhkan pembuatan website dan lain sebagainya. Dalam membuat website salah satu komponen pentingnya adalah hosting.

Apa itu RAM?

Tentu para millenials sudah familiar dengan istilah hosting ini. Untuk mengingatkan sedikit, hosting adalah tempat penyimpanan file dalam format apapun dari situs website yang akan kamu gunakan.

fungsi ram
Sumber: Pixabay

Hosting sendiri bisa dikatakan sebagai tempat penyimpanan virtual yang bisa disamakan dengan hardisk pada komputer. Kualitas hosting akan mempengaruhi performa dari website jadi kamu harus memiliki pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk membelinya. Lalu apa hubungan hosting dan RAM?

RAM (Random Access Memory) adalah hardware yang memegang peranan yang sangat penting bagi kinerja sebuah PC atau laptop. Seperti namanya RAM atau memory merupakan tempat penyimpanan data yang diakses oleh CPU ( Central Processing Unit). Mengapa disebut random Access? Karena data yang terdapat pada RAM dapat dapat diakses secara acak dengan kecepatan yang sama.

RAM juga memungkinkan untuk menampilkan data yang lebih cepat dari pada hardisk. Mungkin kamu bertanya-tanya apakah fungsi RAM pada komputer sama halnya dengan fungsi RAM pada web hosting. Jawabannya adalah iya. Kedudukan RAM pada web hosting sama dengan pada komputer. Karena memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan file.

Pada web hosting, fungsi RAM bisa sebagai media yang menyimpan berbagai macam perintah yang sedang berlangsung apabila cache sistem pada RAM penuh. Bedanya RAM pada web hosting bersifat virtual artinya tidak dapat dipegang karena tidak ada bentuk fisiknya. Selain itu kapasitas RAM pada web hosting dapat dengan mudah dikalibrasi dengan menggunakan sistem, fitur atau software.

fungsi ram
Sumber: Pixabay

Fungsi RAM

Fungsi RAM yang utama tentu sebagai storage atau tempat penyimpanan data baik itu RAM pada komputer atau Web Hosting. Kapasitas sebuah RAM berbanding lurus dengan kecepatan sebuah situs. Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan maka semakin cepat juga para pengguna internet mengakses situs tersebut. Banyak spesikasi yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sebuah hosting salah satunya adalah kapasitas RAM yang ditawarkan oleh provider tersebut.

Mengapa hal ini menjadi sangat penting? Sebagai pemilik website tentu kamu ingin website tersebut memiliki banyak pengunjung. Pada saat trafik pada website tersebut sedang tinggi artinya banyak pengguna internet yang mengakses website kamu itu berarti lebih banyak lagi memori yang digunakan.

Jika website kamu memiliki RAM yang tidak kompatibel dengan trafik website tersebut maka website tersebut akan berjalan lambat atau bahkan tidak dapat diakses. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan. Kamu bukan hanya akan kehilangan pengunjung namun bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan calon customer.

Perbedaan Penggunaan RAM Pada Perusahaan Hosting

Setiap perusahaan layanan hosting tentu saja memiliki penggunaan memory atau RAM yang berbeda-beda. Biasanya mereka menawarkan beberapa paket hosting yang bisa kamu pilih dan tentu saja dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Perlu diketahui beberapa provider membatasi penggunaan memori untuk jumlah tetap.

Namun, beberapa layanan hosting ada yang menawarkan layanan XGB RAM, misalnya 1 GB. Dalam hal ini untuk mengetahui banyak memori yang tersedia kamu perlu mengetahui total memori yang dialokasikan khususnya untuk server hosting. Informasi tersebut biasanya akan dicantumkan dalam kontrak layanan.

fungsi ram
Sumber: Pixabay

Pertimbangkan RAM Sebelum Membeli Hosting

Itulah sedikit informasi tentang fungsi RAM yang kami yakin istilah tersebut sudah sangat familiar di kalangan masyarakat umum sekalipun. Karena RAM adalah komponen penting, baik itu pada perangkat komputer atau web hosting. Oleh karena itu, RAM adalah salah satu yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli hosting.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


wulan febriolita
September 28, 2020

artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi website kami juga ya di https://jos.co.id/

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!