• Home
  • Berita
  • Pentingnya dan Tips Menggunakan Insight Instagram Untuk Bisnismu

Pentingnya dan Tips Menggunakan Insight Instagram Untuk Bisnismu

Oleh Mila Rosyida

Insight Instagram adalah fitur yaang membantu untuk memahami kinerja konten dan karakteristik follower bisnismu.

Insight Instagram menyediakan informasi yang sangat detail tentang kinerja konten, seperti jumlah tampilan, jumlah interaksi, dan jumlah pengikut baru.

Dengan menggunakan instagram insight ini tentunya akan meningkatkan strategi bisnismu.

Inilah tips-tips menggunakan Instagram Insight yang bisa membantu bisnis mu untuk melambung lebih jauh dan menambah cuan, langsung saja baca artikel berikut ini!

Pengertian Insight Instagram

Insight Instagram adalah fitur yang disediakan oleh Instagram untuk kamu yang memiliki akun bisnis agar dapat melakukan analisis, perencanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran.

Fitur ini dapat membantu kamu untuk memahami kinerja konten kamu dan karakteristik pengikut kamu. Insight Instagram menyediakan informasi yang sangat detail tentang kinerja konten, seperti jumlah tampilan, jumlah interaksi, dan jumlah pengikut baru.

Selain itu, fitur ini juga memberikan informasi tentang karakteristik pengikut, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan waktu online. Insight Instagram juga dapat membantu kamu untuk memahami bagaimana pengikut kamu berinteraksi dengan konten kamu.

Fitur ini dapat memberikan informasi tentang jumlah orang yang menyukai, mengomentari, dan menyimpan konten kamu. Selain itu, kamu juga dapat melihat bagaimana pengikut kamu menemukan konten kamu dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten tersebut. 

insight instagram
Sumber : envato

Jika kamu ingin menggunakan Insight Instagram, kamu harus mengubah akun Instagram kamu dari akun pribadi menjadi akun bisnis.

Setelah itu, kamu dapat mengakses fitur ini dengan memilih menu “Insights” pada akun Instagram kamu. Insight Instagram adalah fitur bawaan dari platform Instagram yang tersedia secara gratis.

Melalui penggunaan fitur ini, kamu dapat meningkatkan kinerja pemasaran kamu di Instagram dan memahami lebih baik tentang pengikut kamu.

Fitur Insight Instagram

Berikut ini beberapa fitur Insight Instagram yang perlu kamu ketahui untuk mengembangkan bisnismu, antara lain :

Activity

Pada fitur “Activity”, kamu dapat melihat berapa banyak interaksi yang terjadi pada akun kamu. Kamu juga dapat mengetahui informasi tentang berapa banyak akun yang telah dijangkau oleh postingan kamu.

Di dalam fitur “Activity” ini  terdapat dua sub-menu yaitu “Interactions” dan “Discovery”. Pada sub-menu “Interactions” berfungsi untuk memberikan informasi tentang jumlah interaksi yang terjadi pada akun kamu, seperti jumlah like, komentar, dan simpan.

Sedangkan sub-menu “Discovery” memberikan informasi tentang berapa banyak akun yang telah dijangkau oleh postingan kamu dan bagaimana akun tersebut menemukan postingan kamu. 

Interactions

Seperti yang telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya, fitur “Interactions”, merupakan sub-menu dari fitur “Activity” yang berfungsi untuk melihat jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu dalam seminggu.

Fitur ini dapat membantu kamu untuk memahami tingkat keterlibatan pengikut kamu dengan konten kamu. Pada fitur “Interactions”, kamu dapat membandingkan data yang dikumpulkan selama tujuh hari dalam seminggu.

Misalnya, pada hari Senin engagement akun kamu tinggi, sedangkan pada hari rabu engagementnya lebih rendah, dan seterusnya. Interactions dapat membantu kamu untuk memahami tren keterlibatan pengikut kamu dan memperbaiki strategi pemasaran kamu di Instagram.

Selain itu, kamu juga dapat menemukan alasan sekaligus solusi untuk meningkatkan konten dan mengetahui waktu-waktu terbaik untuk promosi.

Sumber : envato

Discovery

Fitur “Discovery” adalah sub-menu dari fitur “Activity” yang berfungsi agar kamu dapat melihat informasi tentang bagaimana pengikut kamu menemukan konten kamu di Instagram.

Fitur ini dapat membantu kamu untuk memahami bagaimana konten kamu ditemukan oleh pengikut baru dan bagaimana kamu dapat meningkatkan visibilitas konten kamu di Instagram. 

Discovery menggunakan matriks marketing, yaitu reach dan impression, untuk menampilkan performa akun dalam digital marketing. Melalui matriks ini, kamu dapat membandingkan antara reach dan impression.

Lebih sederhananya, reach mengacu pada jumlah orang yang melihat konten/iklan kamu, sedangkan impression fokus pada seberapa sering konten/iklan kamu ditampilkan kepada audiens secara keseluruhan.

Misalnya, jika kamu beriklan dan mendapatkan 100.000 reach dan 150.000 impressions, berarti ada 100.000 orang yang melihat iklan kita lebih dari satu kali, dan iklan tersebut muncul secara keseluruhan sebanyak 150.000 kali di hadapan audiens.

Semakin tinggi impression yang ditunjukkan, kemungkinan besar konten/iklan kamu sangat menarik dan bolak-balik dilihat orang. Sebaliknya, jika impression rendah, bisa jadi konten/iklan kamu kurang menarik untuk orang lain.

Interactions dan Discovery di masing-masing postingan

Selain di tab Insights umum, kamu juga bisa memeriksa Interactions dan Discovery untuk konten solo. Caranya sangat mudah, tinggal klik “View Insights” di setiap konten yang ingin kamu tinjau.

Pada bagian Interactions, kamu akan menemukan berbagai data menarik, seperti jumlah berapa kali konten kamu dibagikan ulang, berapa banyak likes dan komentar yang diterima, serta simpanan gambar.

Selain itu, kamu juga dapat melihat aktivitas audiens setelah mereka melihat postingan, termasuk berapa banyak orang yang mengecek profil kamu setelah melihat konten kamu.

Sementara itu, di bagian Discovery, kamu akan mendapatkan informasi berharga lainnya. Kamu dapat mengetahui berapa banyak akun yang telah melihat konten atau iklan kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan persentase audiens yang tidak mengikuti akun kamu dan seberapa banyak followers baru yang datang setelah melihat konten kamu.

Impressions di bagian Discovery akan membantu kamu melihat data dari mana orang menemukan konten atau iklan kamu, apakah dari tagar, feeds, atau profil.

Idealnya, dari data yang ada, persentase audiens yang melihat konten atau iklan kamu tapi tidak mengikuti akun kamu akan tinggi. Meskipun demikian, jangan khawatir, karena kamu dapat menganalisis persentase ini untuk memahami lebih dalam.

Cobalah perhatikan konten mana yang berhasil membuat orang-orang mulai mengikuti akun kamu setelah melihat postingan. Melalui informasi tersebut, kamu dapat dengan mudah memperbaiki strategi media sosial bisnis kamu.

Sebagai contoh, jika banyak audiens datang karena tagar yang digunakan, pastikan untuk menyertakan tagar yang memiliki performa tinggi dalam postingan-postingan berikutnya.

Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan pengelolaan akun media sosial kamu secara keseluruhan.

Content

Melalui fitur “Content”, kamu dapat melihat informasi tentang kinerja konten yang telah diunggah di akun Instagram kamu. Fitur ini dapat membantu kamu untuk memahami konten mana yang paling efektif dalam menarik perhatian pengikut kamu dan bagaimana kamu dapat meningkatkan kinerja konten kamu di Instagram.

Salah satu informasi yang disajikan adalah jumlah akun yang telah melihat postingan kamu. Sehingga, kamu dapat mengetahui seberapa besar jangkauan dari konten yang kamu bagikan.

Tak hanya itu, fitur ini juga memberikan informasi lain yang sangat bermanfaat. Kamu dapat melihat berapa banyak orang yang telah membagikan postingan kamu, baik itu dalam feed atau story mereka.

Melalui data ini, kamu dapat memahami seberapa menarik dan berbagi-nilai konten kamu bagi audiens, serta sejauh mana konten kamu menyebar di antara mereka.

Selain itu, fitur “Content” juga memberikan insight instagram tentang jumlah akun yang menyimpan postingan kamu. Jika banyak orang menyimpan konten kamu, itu dapat menjadi indikator bahwa konten kamu dianggap berharga dan ingin diakses kembali oleh audiens.

Hal ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi jenis konten yang paling menarik perhatian dan menimbulkan minat di antara audiens.

Menggunakan keseluruhan informasi yang tersedia dalam fitur “Content,” kamu dapat mengukur efektivitas strategi media sosialmu, memahami bagaimana konten kamu diterima oleh audiens, dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik konten kamu.

Keseluruhan hal tersebut dapat membantu kamu mengoptimalkan kehadiran bisnis kamu di dunia digital dan mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

Feed post

Fitur “Feed post” memungkinkan kamu untuk dapat melihat informasi penting terkait konten setelah mengubah profil kamu ke versi bisnis. Kamu memiliki akses ke data dalam dua tahun terakhir untuk dianalisis.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak dapat melihat data lama jika akun kamu masih dalam versi personal sebelumnya.

Melalui fitur “Feed post” ini, data konten akan diurutkan berdasarkan performanya, sehingga kamu dapat dengan mudah melihat konten mana yang paling sukses dan populer di antara audiens kamu.

Tambahan yang menarik adalah kemampuan untuk memfilter Insight Instagram berdasarkan kategori, seperti keseluruhan postingan, foto, video, atau postingan carousel.

Sehingga, kamu dapat lebih fokus dan mendalam dalam menganalisis performa konten yang kamu unggah sesuai dengan jenisnya.

Di dalam Feed Posts, kamu akan menemukan data yang sangat spesifik terkait performa suatu konten. Berikut adalah beberapa poin yang bisa kamu temukan:

  • Calls : Informasi tentang berapa banyak akun yang memencet tombol telepon di profil setelah melihat postingan kamu. Hal ini berguna untuk mengetahui seberapa efektif konten/iklan kamu dalam mendorong interaksi melalui panggilan telepon.
  • Comments : Jumlah komentar yang diterima oleh suatu postingan. Melalui data komentar ini, kamu dapat melihat seberapa banyak konten kamu memicu response dari audiens, dan memberikan indikasi tentang seberapa interaktifnya konten kamu.
  • Emails : Jumlah audiens yang mengklik tombol email setelah melihat konten kamu. Data ini memberikan gambaran seberapa berhasil kamu dalam mengarahkan audiens untuk menghubungi kamu melalui email.
  • Engagement : Informasi tentang jumlah audiens yang menyukai, berkomentar, dan menyimpan postingan kamu. Engagement merupakan indikator penting tentang seberapa menarik dan relevan konten kamu bagi audiens.
  • Follows : Jumlah audiens yang memutuskan untuk mengikuti akun kamu setelah melihat postingan kamu. Angka ini menggambarkan seberapa efektif konten kamu dalam menarik audiens baru.
  • Get Directions : Jumlah audiens yang menekan tombol “Get Directions” setelah melihat konten kamu. Informasi ini membantu kamu dalam mengetahui seberapa banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi lokasi fisik bisnis kamu setelah melihat postingan.
  • Impressions dan Views : Total jumlah penayangan postingan kamu. Data ini memberikan gambaran tentang seberapa banyak orang yang telah melihat konten kamu.
  • Likes : Total jumlah like yang diterima oleh suatu konten. Likes adalah salah satu bentuk umpan balik positif dari audiens dan dapat mengindikasikan tingkat kepuasan terhadap konten kamu.
  • Profile Visits : Jumlah total profil kamu dibuka oleh audiens setelah melihat konten kamu. Data ini membantu kamu memahami seberapa banyak orang yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang akun kamu setelah melihat konten atau iklan kamu.
  • Reach : Informasi tentang jumlah pengunjung yang melihat konten kamu. Reach mengindikasikan seberapa luas jangkauan konten kamu di antara audiens.
  • Saved : Jumlah audiens yang menyimpan postingan kamu. Data ini memberikan gambaran tentang seberapa banyak orang yang ingin menyimpan konten kamu untuk dilihat kembali di kemudian hari.
  • Texts : Jumlah audiens yang mengirim SMS setelah melihat konten kamu. Data ini membantu kamu dalam melihat seberapa efektif konten kamu dalam memicu interaksi melalui pesan teks.
  • Website Clicks : Jumlah pengunjung yang mengklik tautan web setelah melihat postingan kamu. Informasi ini penting untuk mengukur seberapa banyak orang yang diarahkan ke situs web atau halaman lain melalui postingan kamu.

Stories

Insight Instagram yang ditampilkan di Stories sebenarnya mirip dengan yang ada di Feed Posts. Namun, Stories memberikan kamu fleksibilitas untuk mengatur tampilan data dalam jangka waktu yang berbeda: 24 jam, 7 hari, dan 14 hari.

Hal ini memungkinkanmu untuk melihat performa Storiesmu dalam rentang waktu yang lebih terfokus. Berikut adalah detail insight instagram yang bisa kamu temukan untuk Stories:

  • Back: Informasi tentang berapa kali pengunjung memencet layar untuk melihat kembali foto atau video sebelumnya yang kamu unggah di Stories. Angka ini menunjukkan seberapa menarik konten kamu sehingga audiens ingin melihatnya lagi.
  • Calls: Jumlah audiens yang memencet tombol panggilan di profil kamu setelah melihat Stories. Data ini membantu kamu dalam menilai seberapa efektif konten Stories kamu dalam mendorong interaksi melalui panggilan telepon.
  • Emails: Jumlah audiens yang memencet tombol email di profil kamu setelah melihat Stories. Hal ini memberikan gambaran seberapa berhasil kamu dalam mengarahkan audiens untuk menghubungi kamu melalui email.
  • Excited: Jumlah pencetan layar sebelum audiens meninggalkan Stories kamu. Data ini bisa mengindikasikan seberapa menarik konten kamu dan seberapa lama audiens tertarik untuk melihat Stories sampai akhir.
  • Follows: Jumlah akun yang memutuskan untuk mengikuti akun kamu setelah melihat Stories kamu. Angka ini menunjukkan seberapa efektif Stories kamu dalam menarik audiens baru.
  • Forwards: Jumlah pencetan layar yang dilakukan audiens untuk melihat Stories selanjutnya. Data ini bisa memberikan gambaran seberapa menarik konten kamu bagi audiens.
  • Get Directions: Jumlah audiens yang memencet tombol “Get Directions” di profil kamu setelah melihat Stories. Data ini membantu kamu dalam mengetahui seberapa banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi lokasi fisik bisnis kamu setelah melihat Stories.
  • Impressions: Total penayangan Stories. Angka ini memberikan gambaran tentang seberapa banyak orang yang telah melihat Stories kamu.
  • Link Opens: Berapa kali link yang tersemat di Stories dibuka oleh audiens. Data ini penting untuk mengukur seberapa banyak orang yang diarahkan ke situs web atau halaman lain melalui Stories kamu.
  • Next Story: Jumlah audiens yang langsung melompat ke Stories akun lain. 
  • Profile Visits: Jumlah kunjungan ke profil kamu setelah audiens melihat Stories. Informasi ini membantu kamu memahami seberapa banyak orang yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang akun kamu setelah melihat Stories.
  • Reach: Total audiens yang membuka Stories. Data ini menunjukkan seberapa luas jangkauan Stories kamu di antara audiens.
  • Replies: Jumlah balasan yang diterima dari Stories. Angka ini menunjukkan seberapa interaktif dan menimbulkan respon konten kamu.
  • Texts: Jumlah akun yang mengirim SMS setelah melihat Stories. Data ini membantu kamu dalam melihat seberapa efektif Stories kamu dalam memicu interaksi melalui pesan teks.
  • Website Clicks: Jumlah pengunjung yang mengklik tautan web setelah melihat Stories. Informasi ini penting untuk mengukur seberapa banyak orang yang diarahkan ke situs web atau halaman lain melalui Stories kamu. Data-data tersebut dapat kamu gunakan sebagai bahan evaluasi konten Stories. Persentase yang tinggi pada Back, Replies, Calls/Emails/Texts, Follows, dan Link Opens menunjukkan bahwa akun kamu memiliki tingkat interaksi yang bagus dan konten kamu dinikmati oleh audiens. Begitu juga dengan persentase rendah pada Exited, Forwards, dan Next Story, yang menunjukkan bahwa konten kamu berhasil menarik perhatian dan menahan audiens untuk melihat lebih lama.

Promotion

Promotion adalah fitur yang berguna untuk memantau performa dari postingan feed atau story yang kamu iklankan. Meskipun data yang disajikan tidak sebanyak pada Feed Post dan stories, namun fitur ini tetap memberikan informasi penting yang membantu dalam analisis. Berikut adalah detail data yang ditampilkan pada promotion:

  • Audience Demographic : Data ini mencakup informasi tentang gender, usia, dan lokasi akses iklan. Melalui informasi ini, kamu dapat memahami profil audiens yang paling sering merespons iklan kamu, sehingga kamu dapat menyesuaikan strategi target dan segmentasi iklan lebih efektif.
  • Engagement : Engagement adalah akumulasi dari jumlah komentar, like, dan menyimpan postingan. Data ini memberikan gambaran tentang seberapa banyak interaksi yang dihasilkan dari iklan kamu, sehingga kamu dapat melihat sejauh mana iklan berhasil menarik perhatian dan keterlibatan audiens.
  • Impression : Impression adalah total jumlah penayangan postingan konten iklan kamu. Angka ini memberikan gambaran tentang seberapa banyak iklan kamu dilihat oleh audiens.
  • Reach : Reach adalah jumlah akun yang melihat postingan konten iklan kamu. Data ini membantu kamu memahami seberapa luas jangkauan iklan kamu di antara audiens.
  • Profile Visit : Profile Visit adalah jumlah akun yang mengunjungi profil kamu setelah melihat postingan iklan. Informasi ini membantu kamu memahami seberapa banyak orang yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang akun kamu setelah melihat iklan.

Insights dari fitur “Promotion” ini dapat kamu gunakan untuk mengevaluasi performa iklan yang kamu jalankan. Sehingga, kamu dapat menghindari pengeluaran yang berlebihan untuk iklan yang tidak memberikan performa yang diharapkan.

Melalui analisis yang baik, kamu dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan mengalokasikan anggaran secara cerdas untuk mencapai hasil yang lebih baik dari kampanye iklan kamu. Jadi, kamu tidak akan asal mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan performa konten yang kurang memuaskan.

Audience

Fitur “Audience” dalam Insight Instagram memungkinkan kamu untuk memahami audiens dengan lebih baik dan membandingkan pertumbuhannya setiap pekan. Di sini, kamu dapat melihat data tentang lokasi audiens berdasarkan kota dan negara, serta informasi tentang gender dan rentang usia.

Selain itu, Insight Instagram juga menampilkan data tentang waktu ketika audiens paling aktif di Instagram. Melalui keseluruhan data tersebut, kamu dapat merencanakan konten yang lebih relevan, menyesuaikan bahasa dengan audiens, dan mengatur waktu posting terbaik untuk mendapatkan performa maksimal.

Jika kamu dapat memanfaatkan Insight Instagram secara optimal, kamu berkemungkinan untuk bisa lebih efektif dalam berinteraksi dengan audiens dan meningkatkan performa konten di platform Instagram.

Tips Menggunakan Insight Instagram

Bagi para pengguna Instagram, insight instagram adalah sebuah fitur yang sungguh luar biasa. Jika kamu dapat menggunakan insight instagram ini secara efektif, kamu dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik konten atau iklan kamu.

Berikut adalah beberapa tips menggunakan insight instagram saat kamu mengembangkan profil Instagram kamu: 

Hitung reach atau jangkauan 

Dalam memanfaatkan fitur “Accounts Reached” pada Instagram dengan lebih baik, kamu dapat menggali lebih dalam pada beberapa insight penting yang disediakan di dalamnya yaitu :

  • Top post : Informasi ini akan menunjukkan postingan mana yang berhasil mencapai jumlah audiens terbanyak. Jika kamu memahami jenis konten yang mendapat sambutan audiens yang luas, kamu bisa menyesuaikan strategi konten untuk menarik lebih banyak perhatian dari audiens kamu.
  • Top Stories : Bagian ini menampilkan postingan Instagram Stories yang memiliki jangkauan tertinggi. Pada Stories, kamu memiliki kesempatan untuk menampilkan momen-momen menarik secara singkat, dan dengan mengetahui Stories mana yang paling banyak dilihat, kamu dapat mengoptimalkan cara bercerita dan meningkatkan keterlibatan audiens.
  • Top IGTV Videos : Insight ini memberikan informasi tentang video IGTV yang memiliki jangkauan paling luas. Jika kamu dapat memahami preferensi audiens terhadap jenis konten tertentu, kamu bisa menciptakan video IGTV yang lebih menarik dan relevan.
  • Impressions : Informasi ini menunjukkan berapa kali postingan kamu telah dilihat. Memantau jumlah tayangan dapat membantu kamu mengukur popularitas konten kamu dan mengidentifikasi konten-konten yang perlu lebih diperhatikan.
  • Profile Activity : Bagian ini menyajikan data tentang kunjungan profil, aktivitas klik situs web, dan aktivitas lainnya. Melalui data ini,  kamu dapat mengarahkan audiens kamu ke sumber daya yang relevan dan meningkatkan kesempatan konversi.

Lacak profile visits dan followers

Di halaman “Accounts Reached”, terdapat bagian yang disebut “Account Activity” dimana kamu dapat dengan mudah melihat jumlah kunjungan profil. Angka ini menunjukkan seberapa sering profil kamu telah dilihat oleh audiens.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengetahui seberapa efektif profil kamu dalam menarik minat orang lain untuk mengikuti akun kamu. Caranya cukup sederhana, yakni dengan membagi jumlah pengikut saat ini dengan jumlah pengunjung profil.

Melalui cara ini, kamu akan mendapatkan angka yang menunjukkan “conversion rate” dari pengunjung profil menjadi pengikut. Jika kamu ingin meningkatkan pemahaman ini lebih lanjut, sangat disarankan untuk terus memantau angka “conversion rate” ini dari waktu ke waktu.

Dengan melakukan pemantauan rutin, kamu dapat mengetahui apakah profil kamu semakin menarik minat dan berhasil menggaet lebih banyak pengikut, atau sebaliknya, apakah ada penurunan dalam “conversion rate”.

Sumber : envato

Informasi ini sangat berharga untuk mengukur keberhasilan strategi dan konten yang kamu bagikan. Jika kamu dapat mengetahui apa yang berfungsi dan apa yang tidak, kamu akan lebih mudah dalam melakukan penyesuaian yang tepat guna terus meningkatkan daya tarik dan keefektifan profil kamu di platform ini.

Tentukan website clicks

Pada halaman “Accounts Reached”, kamu juga dapat menemukan informasi mengenai Tap Situs Web di bagian “Profile Activity”.

Tap Situs Web ini adalah data yang menunjukkan berapa kali audiens kamu telah mengklik tautan apa pun yang kamu sertakan dalam profil bisnis kamu.

Melalui insight ini, kamu dapat memperoleh gambaran seberapa efektif tautan-tautan tersebut dalam mengarahkan audiens ke situs web kamu atau halaman lain yang ingin kamu promosikan.

Informasi ini sangat berharga karena dapat membantu kamu dalam memahami tingkat ketertarikan audiens terhadap konten yang kamu bagikan atau tautan yang kamu berikan. 

Lacak interaksi konten

Jika kamu ingin melihat kinerja konten kamu terkait keterlibatan audiens, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, navigasikan kembali ke bagian Ikhtisar insight pada akun kamu.

Selanjutnya, ketuk opsi yang disebut “Accounts Engaged”. Setelah itu, akan muncul halaman khusus yang memberikan informasi tentang bagaimana konten kamu berperforma dalam hal keterlibatan audiens.

Di halaman “Accounts Engaged” ini, metrik-metrik akan dikelompokkan berdasarkan jenis konten. Ada beberapa metrik penting yang perlu kamu perhatikan. Pertama adalah “Like”, yang mencerminkan jumlah audiens yang menyukai postingan kamu.

Kemudian, ada “Comments” yang menunjukkan berapa banyak komentar yang muncul di postingan kamu. Selanjutnya, ada “Saves,” yang menyoroti jumlah audiens atau akun unik yang menyimpan postingan kamu.

Melalui informasi ini, kamu dapat mengetahui sejauh mana konten kamu berhasil menarik perhatian dan interaksi dari pengikut kamu. Jika salah satu dari angka-angka tersebut menunjukkan angka yang rendah, itu menjadi pertanda penting untuk mengevaluasi kembali strategi konten di platform Instagram. 

Lacak followers kamu

Dalam melihat informasi lebih detail tentang pengikut kamu, arahkan kursor kembali ke bagian “Insight Overview” di akun kamu. Kemudian, klik opsi yang bertuliskan “Total Followers”. 

Melalui cara ini, kamu akan diarahkan ke halaman yang disebut “Followers Details”. Di halaman ini, kamu akan menemukan data yang sangat berharga terkait pengikut kamu.

Informasi yang ditampilkan mencakup jumlah pengikut baru yang berhasil kamu dapatkan selama seminggu terakhir, dan juga jumlah pengikut yang kamu kehilangan dalam periode waktu yang sama.

Selain itu, halaman ini juga menunjukkan waktu rata-rata dalam sehari ketika pengikut kamu menggunakan Instagram.

Informasi ini dapat sangat bermanfaat dalam merencanakan postingan kamu. Jika kamu mengetahui waktu rata-rata saat pengikut kamu aktif menggunakan platform, kamu dapat menyesuaikan jadwal posting konten untuk mencapai lebih banyak audiens yang aktif. 

Pelajari tindakan apa yang dilakukan pada postingan kamu

Melihat insight atau statistik untuk suatu postingan di Instagram, dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama adalah mengunjungi profil kamu.

Kemudian, pilih postingan yang ingin kamu telusuri insightnya, lalu klik “See insight” di bawah gambar postingan tersebut.

Di bagian “Profile Activity” kamu akan menemukan informasi tentang berapa banyak tindakan yang diambil oleh audiens pada profil kamu setelah melihat postingan tersebut.

Tindakan-tindakan ini mencakup hal-hal seperti kunjungan ke profil kamu, mengklik tautan situs web kamu, atau mengikuti akun kamu.

insight instagram
Sumber : envato

Gunakan “Reach” untuk melihat di mana posting kamu muncul di feed

Bagian “Reach” pada insight Instagram memiliki informasi penting tentang seberapa luasnya dampak postingan kamu. Reach menunjukkan berapa kali postingan kamu telah dilihat atau ditemukan oleh audiens.

Selain itu, bagian ini juga memberikan informasi berapa banyak akun yang belum mengikuti kamu saat mereka pertama kali melihat postingan tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa bagian “reach” mencakup metrik yang disebut “Impression”. Impression menunjukkan seberapa sering postingan kamu ditemukan dari berbagai tempat di Instagram, seperti di feed beranda audiens, hasil pencarian, profil kamu sendiri, tag lokasi, atau melalui tagar tertentu.

Selain itu, insight dari reach juga memberikan data tentang jumlah akun unik yang telah melihat postingan kamu.

Artinya, informasi ini mencerminkan seberapa banyak orang yang sebenarnya telah melihat postingan kamu, tanpa memperhitungkan tayangan ganda dari orang yang sama.

Lihat Story Insight Instagram

Pengguna Instagram yang memiliki profil bisnis memiliki akses untuk melihat insight atau statistik tentang Cerita singkat yang mereka bagikan.

Jika kamu ingin melihat story insight kamu, langkah pertama adalah kembali ke bagian “Insight” pada akun kamu. Setelah itu, gulir ke bawah hingga kamu menemukan bagian yang bernama “Content You Shared” di halaman “Insights Overview”.

Lanjutkan dengan menggulir ke bawah lagi hingga kamu sampai pada bagian yang disebut “Stories” Di sini, kamu akan dapat melihat informasi statistik untuk cerita-cerita yang sudah berakhir dan juga cerita yang masih aktif atau belum kedaluwarsa.

Selanjutnya, kamu dapat menjelajahi insight instagram yang lebih spesifik tentang story kamu. Informasi ini akan memberikan pandangan mendalam tentang kinerja story kamu, termasuk jumlah tampilan, respons dari audiens, dan lainnya.

Dengan memahami insight instagram ini, kamu dapat mengevaluasi seberapa menarik dan efektif cerita-cerita kamu, serta dapat membuat perbaikan untuk mencapai lebih banyak audiens dan meningkatkan keterlibatan pengikut kamu.

Pengen dapat cuan dari Instagram? Ikuti 8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram pada artikel ini!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds