• Home
  • Berita
  • Ingin Mengenal HTML5? Berikut Perbedaan HTML Dan HTML5

Ingin Mengenal HTML5? Berikut Perbedaan HTML Dan HTML5

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Banyak sekali istilah-istilah yang digunakan dalam dunia website. Mungkin kamu pernah mendengar atau bagi yang berhubungan dengan dunia web sudah sangat familiar dengan istilah “markup” . Untuk pemula kamu mungkin akan bertanya-tanya apa itu “markup”. Kali ini kami akan membahas salah satu bahasa markup yang paling sering digunakan dalam pembuatan website.

Semua elemen yang berada di platform digital terus dikembangkan untuk menunjang kebutuhan industri dan mengikuti kemajuan teknologi tentunya. Hal ini juga terjadi pada salah satu bahasa pemrograman HTML Kami akan mengulas tentang perbedaan HTML dan HTML5. Tanpa berlama-lama lagi, yuk cari tahu sebenarnya apa sih perbedaan HTML dan HTML5 itu?

Apa itu HTML?

HTML adalah HyperText Markup Language. Jika kamu adalah seorang web programmer tentu kamu sudah sangat tahu. Sebagian besar orang berasumsi jika HTML adalah sebuah bahasa pemrograman, perlu kamu ketahui jika web HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman.

perbedaan HTML dan HTML5
Sumber: Pixabay

Bahasa tersebut ditulis dalam format HTML, format tersebut ditulis diantara bracket yang berpasangan dengan penutup dengan bracket . Web browser akan membaca HTML untuk kemudian dirender menjadi format visual yang ditampilkan.

File HTML akan berisi informasi yang menjelaskan mengenai struktur dari sebuah halaman secara semantik lengkap dengan penkamu untuk presentasi, itulah mengapa HTML disebut sebagai bahasa markup dan bukan bahasa pemrograman.

Apa itu HTML5 ?

Seperti namanya tentu kita bisa mengetahui jika HTML5 adalah versi ke 5 dari pengembangan HTML yang digunakan oleh para web developer sebagai struktur dasar dalam dunia triple W.

HTML5 adalah versi yang lebih powerfull dari pendahulunya yaitu HTML 4 yang telah distandarisasi sejak 1997. Tujuan dikembangkannya bahasa markup ini tentu saja untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan meningkatkan dukungan terhadap struktur bahasa yang digunakan untuk file multimedia modern.

Namun tetap mempertahankan struktur bahasa yang mudah dipahami dan dapat dimengerti oleh berbagai mesin dan perangkat lainnya.

Perbedaan HTML dan HTML5

Penanganan Error

Sebuah halaman website pada web browser tidak terlihat sama tampilannya pada semua browser. Hal tersebut adalah hal yang biasa. Penyebabnya adalah kode HTML tersebut yang kurang sempurna untuk web browser tersebut. Karena kesalahan pada saat menulis HTML tidak dapat dihindari.

Pada HTML5 terdapat penanganan error yang lebih baik dari pendahulunya. Hal ini tentu saja dapat sangat memudahkan kinerja web developer dalam pembuatan algoritma parsing. Dengan kata lain versi baru dari HTML ini bisa membantu menangani kode HTML yang tidak sempurna.

perbedaan HTML dan HTML5
Sumber: Pixabay

Kemudahan untuk Membuat Aplikasi Web

Sebagaimana kita ketahui sebelum HTML5 dirilis hampir semua website bersifat statis karena HTML verse terdahulu tidak memiliki fitur bawaaan yang bisa mendukung konten yang dinamis seperti, audio, video dan animasi. Untuk membuatnya web developer masih bergantung kepada platform seperti flash dan JavaScript.

Setelah dikembangkannya HTML ke versi HTML5 banyak website yang kerjanya menyerupai aplikasi, sebagai contoh: YouTube dan Twitter. Semua itu berkat HTML5 yang menggantikan kinerja Flash dan JavaScript. HTML5 juga bisa membantu membuat konten dinamis bekerja lebih lancar.

Kompatibel dengan lebih Banyak Browser

Saat ini banyak sekali web browser yang tersedia baik itu pada PC, laptop bahkan sampai perangkat mobile. Tentu saja web browser tersebut masih bisa membaca website dengan kode HTML versi lama.

Namun tidak semua web browser bisa melakukannya. Dengan HTML5 website yang dibuat telah dioptimalkan untuk bisa baca oleh semua web browser yang tersedia saat ini.

Penyimpanan Informasi Secara Lokal

Semua versi pendahulu HTML5 tentu saja memungkinkan untuk menyimpan informasi pengguna website. Hal ini sangat diperlukan terutama untuk website yang memiliki konten interaktif. Namun sebagaimana telah diketahui jika penyimpanan dengan sistem cookies tidak dapat menampung data dalam jumlah banyak.

Pada HTML5 cara penyimpanan informasi telah dikembangkan dengan objek “localstorage” yang menggantikan cookies pada HTML pendahulunya dengan sistem penyimpanan lokal browser pengguna internet.

Menjalankan JavaScript di Web Browser

Pada HTML versi sebelumnya kode JavaScript hanya bisa dijalankan pada thread antarmuka browser. Hal ini menyebabkan konten interaktif pada halaman tidak dapat berfungsi hingga halaman tersebut selesai dimuat.

Menariknya HTML5 hadir dengan JS Worker API yang memungkinkan JavaScript berjalan pada thread yang terpisah. Dengan demikian pengguna browser tetap dapat berinteraksi pada halaman tersebut.

perbedaan HTML dan HTML5
Sumber: Pixabay

Demikian beberapa perbedaan HTML dan HTML5 dan tentu saja masih ada perbedaan-perbedaan lainnya. HTML5 adalah versi perbaikan dari pendahulunya yang bisa mengakomodasi hampir semua kebutuhan kamu dalam mendevelop sebuah website. Selamat mencoba.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!