• Home
  • Berita
  • Lebih Pilih Mana : Perbedaan SSD dan NVME

Lebih Pilih Mana : Perbedaan SSD dan NVME

Oleh Mila Rosyida

Pernahkah kamu mendengar istilah SSD atau NVME? Umumnya SSD dan NVME biasa kamu temukan ketika membeli laptop, hosting, Cloud VPS dan PC. Baik SSD maupun NVME memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan.

Lantas apa perbedaan SSD dan NVME? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari SSD dan NVME? Yuk, langsung saja kenal lebih dalam detail penjelasan mengenai perbedaan SSD dan NVME berikut ini!

Apa itu SSD ?

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, yang pada dasarnya digunakan untuk media penyimpanan dan booting pada komputer kamu.

SSD merupakan solusi keterbatasan kinerja dari HDD (Hard Disk Drive) dimana penyimpanan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan pendahulunya namun jauh lebih powerful. Solid State Drive berbentuk seperti chip memori yang biasa ditemukan pada flash disk.

Alih-alih menyimpan data dalam piringan fisik, SSD menyimpan data dalam modul penyimpanan flash sebagai bit 1 dan 0. Terdapat dua jenis SSD yaitu SATA dan NVMe.

Kedua jenis ini memiliki perbedaan pada teknologi penyimpanan dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Pengertian SSD SATA

SSD SATA atau Serial-ATA adalah jenis SSD yang menggunakan interface yang sama seperti hard drive.

Jenis SSD ini paling banyak peminatnya, sebab dengan harga yang relatif murah kamu sudah bisa mendapatkan bandwidth tiga hingga empat kali lipat dibandingkan dengan hard drive spinning disk.

Drive SATA memerlukan 2 kabel SATA agar berfungsi. Kabel pertama digunakan untuk mentransfer data ke motherboard, dan kabel satunya digunakan untuk mendapat daya ke PSU (unit catu daya).

Kabel yang dimiliki SATA pun tidak menimbulkan masalah ketika harus bekerja dengan komputer. Ditambah lagi seiring tahun berganti, semakin bertambah pula kecepatan yang dimiliki oleh SATA.

Peningkatan kecepatan SATA ini memungkinkan hard drive berbasis disk menjadi lebih cepat sekaligus membuka jalan bagi solid state untuk merevolusi kecepatan hard drive di tahun-tahun berikutnya.

Pengertian SSD NVME 

NVME adalah singkatan dari Non-Volatile Memory Express. SSD jenis ini memungkinkan memori kilat untuk beroperasi sebagai SSD secara langsung melalui soket PCIe.

Penyimpanan ini memanfaatkan bus PCIe yang memiliki kecepatan transfer hingga 20 Gbps yang jauh lebih cepat dibandingkan SSD SATA. NVMe memiliki jenis memori yang mirip dengan RAM, hanya saja data di dalamnya tidak akan terhapus ketika kamu mematikan komputer atau laptop.

Jenis SSD NVMe merupakan metode antarmuka dengan penyimpanan yang menggantikan spesifikasi AHCI (Advanced Host Controller Interface) sebelumnya.

Baca Juga : Mengenal Apa itu NVMe dan Mengapa Itu Penting Untuk Bisnis

NVMe dirancang dari bawah ke atas untuk mengakomodasi SSD modern sebagai lawan dari AHCI, yang dibuat untuk mengakomodasi drive platter lama (HDD) di masa lalu. SSD NVMe memiliki performa yang jauh lebih besar dibandingkan SSD SATA. 

Sekarang hosting dan Cloud VPS domaiNesia sudah menggunakan SSD jenis NVME. Pastinya dengan hadirnya NVME pada penyimpanan hosting dan Cloud VPS DomaiNesia memberikan 3X Replikasi Data dengan 100% data uptime, performa tertinggi, stabilitas maksimal, dan proteksi dari korupsi data.

Beli VPS Murah

Perbandingan keunggulan SSD SATA dan SSD NVME 

Berdasarkan pembahasan sebelumya, secara general kamu dapat mengetahui bahwa SSD NVMe memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan SSD SATA.

Terdapat 4 parameter yang menjadi perbedaan SSD dan NVME di masing-masing kelebihan. Keempat parameter tersebut meliputi kecepatan, harga, suhu, dan ukuran.

Dengan membandingkan 4 parameter tersebut, nantinya kamu dapat menyimpulkan seberapa baik NVME dibandingkan dengan SSD biasa.

Berikut perbandingan keunggulan antara SSD SATA dan SSD NVME : 

perbedaan ssd dan nvme

Perbandingan kelemahan SSD SATA dan SSD NVME

Keunggulan yang dimiliki SSD SATA dan SSD NVME tidak membuat keduanya menjadi penyimpanan tanpa celah.

Sedangkan perbandingan kelemahan masing-masing penyimpanan tiga parameter perbedaan SSD dan NVME.

Ketiga parameter tersebut meliputi kecepatan, tampilan, dan efisiensi.

Berikut ini adalah perbedaan kelemahan pada SSD dan NVME : 

Jadi, Masih Ragu Untuk Memilih Storage Hosting dan VPS?

Tenang saja, dari perbedaan SSD dan NVME sisi kecepatan NVME memang lebih unggul dari pada SSD SATA. Untuk itulah mengapa hosting dan Cloud VPS DomaiNesia sudah menggunakannya.

Teknologi Cloud Storage berbasis NVMe SSD DomaiNesia mampu melakukan 3X replikasi data, memberikan 100% data uptime, performa tertinggi, stabilitas maksimal, dan proteksi dari korupsi data.

Buat kamu yang ingin membuat website, langsung saja beli hosting dan VPS Indonesia dari DomaiNesia.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds