• Home
  • Berita
  • Second Level Domain: Pengertian, Kegunaan, dan Aplikasinya

Second Level Domain: Pengertian, Kegunaan, dan Aplikasinya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat akan mengakses sebuah website maka kamu harus menuliskan alamat website pada mesin pencarian. Alamat ini disebut dengan domain. Mana yang dikatakan sebuah domain? Dalam contoh ini yang disebut sebagai domain adalah www.domainesia.com. Satu kerangka domain terdiri dari tiga komponen yaitu subdomain, Second Level Domain atau biasa disebut dengan SLD, dan juga Top Level Domain atau TLD. Dari contoh domain di atas, yang disebut sebagai SLD adalah domainesia sedangkan .com adalah TLD. Namun pada artikel kali ini, kita akan membahas Second Level Domain lebih jauh. Simak penjelasanya!

Apa itu Domain?

Sebelum membahas Second Level Domain, ada baiknya kita membahas pengertian domain terlebih dahulu. Domain adalah nama unik yang digunakan untuk membuka halaman website. Domain bisa juga disebut sebagai nama unik yang dimiliki oleh website. Saat membuka website, pasti kamu akan menuliskan nama domain pada mesin pencarian. Seperti yang dibahas sebelumnya di atas, bahwa domain terdiri dari 3 komponen pembentuknya yaitu subdomain, SLD, dan TLD. Gimana sudah paham kan apa itu domain? Yuk beralih ke pembahasan selanjutnya.

second level domain
Sumber: Freepik

Baca juga: Top 9 Domain Unik Sebagai Alternatif Domain COM Yang Semakin Menipis Ketersediaannya

Mengapa Second Level Domain itu Penting?

Keberadaan SLD ternyata bisa mempengaruhi kredibilitas dan juga performa website loh. Kira-kira apa saja alasan SLD ini penting?

1. Memberikan kesan pertama kepada pengunjung

Alasan pertama dari keberadaan second level domain adalah bisa memberikan kesan pertama kepada pengunjung website. Ibarat seperti nama domain, second level domain adalah fokus utama yang akan dilihat oleh pengunjung dan yang akan diingat. Maka dari itu, membangun SLD yang mudah diingat sangat penting untuk memberikan kesan pertama. Selain sebagai kesan pertama, SLD bisa dijadikan sebagai identitas sebuah website untuk menandakan isi dari website tersebut. Dari domain www.softcookies.com  kamu bisa melihat bahwa contoh second level domain sebagai gambaran dari bisnis yang ditawarkan yaitu menjual soft cookies. 

2. Mempengaruhi performa SEO

Keberadaan SLD juga mempengaruhi performa SEO. Mengapa bisa mempengaruhi SEO? Sebab saat mencari informasi pada mesin pencarian, pengunjung akan memasukkan alamat website. Maka dari itu, banyak pemilik website yang menambahkan keyword pencarian pada domain yang mereka gunakan. Contoh domain yang menggunakan keyword adalah www.batumalangrafting.com

3. Meningkatkan branding website

Sama dengan pembahasan sebelumnya bahwa second level domain adalah identitas dari sebuah bisnis. Jadi dengan keberadaan SLD kamu bisa memanfaatkannya sebagai branding website yang mudah diingat oleh pengunjung. 

4. Bisa dijadikan sebagai pedoman untuk email profesional

Penggunaan email bisnis bisa diambil dari domain yang kamu gunakan. Misalnya dari nama domain www.domainesia.com maka email bisnis yang akan digunakan oleh setiap karyawan dan tim di dalamnya akan menggunakan email dengan akhiran domainesia.com. Misalnya nama karyawan doni maka email bisnis yang akan didapatkan yaitu doni@domainesia.com. Dengan nama email yang sama dengan nama domain maka kesan profesional semakin terlihat.

Contoh Second Level Domain

Berikut ini ada beberapa contoh second level domain yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. 

1. Domainesia.com

Pertama, Contoh Second Level Domain adalah domainesia.com. Domainesia menggunakan nama brand pada SLD nya. Jadi kamu juga bisa menambahkan nama brand, merek dagang, atau perusahaan ke dalam domain milikmu.

second level domain
Sumber: Freepik

2. Batumalangrafting.com

Contoh Second Level Domain kali ini dimiliki oleh Batu Rafting. Pada SLD nya, Batu Rafting menambahkan keyword mengenai lokasi. Dengan menambahkan lokasi pada nama domain, bisa memudahkan kamu dalam menjaring target audiens secara spesifik. Menambahkan keyword juga bisa memudahkan pengunjung untuk mencari tahu dimana lokasi dari produk atau layanan yang ditawarkan hanya dari membaca nama domain saja. Selain itu, menambahkan lokasi pada second level domain ternyata berpengaruh terhadap local SEO. Local SEO adalah rank website yang dilihat dari halaman teratas pencarian local.  

Itulah beberapa contoh Second Level Domain yang bisa kamu terapkan. Dari contoh tersebut bisa kamu jadikan inspirasi, namun dengan memperhatikan tips menentukan SLD pada pembahasan berikutnya!

Baca juga: Pengaruh dan Kelebihan Domain ID Bagi Website Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui!

Tips Menentukan Second Level Domain

SLD memang berpengaruh terhadap performa dan juga branding dari website. Untuk itu, kamu harus menentukan nama level domain terbaik dengan memperhatikan tips berikut ini.

1. Pilih nama yang mudah untuk diingat

Tips pertama yang harus kamu lakukan yaitu memilih nama yang mudah dibaca sekaligus mudah untuk diingat. Pasti kamu pernah menemukan domain yang panjang, sulit untuk dibaca, bahkan diingatkan? Untuk itu, hindari penggunaan nama atau kalimat yang sulit untuk diingat. Apalagi jika nama domain susah, bisa meningkatkan resiko typo dan pengunjung tidak berhasil mengakses website milikmu. Salah satu yang bisa kamu terapkan yaitu memilih nama domain untuk sehingga akan selalu membekas pada ingatan pengunjung. Contoh Second Level Domain dengan nama unik dan mencerminkan brandnya yaitu CNN, Twitter, Instagram, Facebook, dan masih banyak yang lain.

2. Kemas pilihan nama dengan singkat

Setelah berhasil menemukan nama domain yang unik, kamu harus mengemasnya dengan singkat dan bertele-tele. Dengan pemilihan nama yang unik dan singkat, otomatis memudahkan pengunjung dalam mengingat nama domain. Kamu bisa menggabungkan beberapa kata dan jika merasa terlalu panjang kamu bisa mengurangi salah satu kata tanpa menghilangkan maknanya.

3. Hindari penggunaan angka dan karakter

Penggunaan angka dan karakter khusus jelas akan mempersulit pengunjung untuk mengingat dan menuliskan nama domain. Jadi gunakan nama domain yang hanya mengandung huruf saja agar mudah untuk diketikkan oleh pengunjung. 

4. Sisipkan keyword atau nama brand

Menyisipkan keyword tertentu seperti nama brand, lokasi, atau gambaran dari layanan dan produk yang dijual. Menyisipkan SLD dengan keyword tertentu bisa meningkatkan kredibilitas website, apalagi jika diikuti dengan email bisnis yang sama. Tetapi tetap harus diperhatikan bahwa tambahan keyword tetap mudah diingat dan dikemas secara singkat.

5. Lengkapi dengan TLD yang sesuai

Jika SLD sudah terbentuk, maka tips berikutnya yang harus kamu perhatikan yaitu penggunaan TLD yang sesuai dengan tujuan website. Misalnya, dalam domain bisnis kamu bisa melengkapi SLD dengan TLD .com.

second level domain
Sumber: Freepik

6. Daftarkan SLD dalam kurun waktu yang lama

Tips terakhir yaitu jangan lupa untuk mendaftarkan nama domain dalam durasi yang panjang. Jangan sampai kamu sudah susah memilih nama domain dan merangkai nya, namun tiba-tiba domain sudah tidak bisa digunakan lagi karena durasi yang sudah melewati masa aktif. Maka dari itu, pikirkan untuk memilih durasi SLD yang panjang untuk menghindari permasalahan tersebut.

Meningkatkan Identitas dan Kepercayaan Website dengan Domain ID

Memadukan second level domain dengan TLD Indonesia dapat memberikan banyak manfaat bagi website kamu. Kombinasi tersebut dapat meningkatkan identitas dan kepercayaan pengunjung terhadap website kamu, serta membantu meningkatkan visibilitas dan traffic dari website kamu.

Dengan memilih second level domain yang relevan dengan bisnis atau topik website kamu dan memadukannya dengan TLD “id”, kamu dapat menunjukkan bahwa website kamu memiliki keterkaitan dengan Indonesia dan berasal dari sumber yang terpercaya.

Selain itu, memilih second level domain yang tepat juga dapat memperkuat branding bisnis atau website kamu. Misalnya, jika kamu memiliki toko online yang menjual produk Indonesia, kamu bisa memilih second level domain “beli-produk.indonesia.id” atau “produk-asli.indonesia.id” untuk menunjukkan bahwa website kamu berkaitan dengan produk Indonesia yang asli dan berkualitas.

Dalam memilih second level domain, pastikan kamu mengikuti aturan yang ditetapkan oleh PANDI agar domain kamu tidak ditolak atau diblokir. Beberapa aturan tersebut meliputi tidak mengandung unsur yang melanggar hukum dan kesusilaan, tidak melanggar hak kekayaan intelektual orang lain, serta tidak bertentangan dengan ketentuan PANDI.

Mulai Tentukan Second Level Domain yang Kamu Gunakan!

Penggunaan SLD yang tepat akan berdampak positif terhadap keberadaan website. Maka dari itu gunakan SLD yang tepat agar kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal. Nah untuk menentukan SLD terbaik kamu harus memperhatikan beberapa hal mulai dari pemilihan nama yang mudah diimgat, kemas nama domain sesingkat mungkin, tambahkan keyword tertentu, hindari penggunaan angka dan karakter, lengkapi dengan TLD yang sesuai, dan jangan lupa untuk mendaftarkannya dalam kurun waktu yang lama.

second level domain
Sumber: Envato

Jika sudah menemukan SLD yang sesuai, pastinya kamu akan mendaftarkannya ke penyedia layanan domain. Jangan salah pilih penyedia layanan domain ya agar performa website tetap ngebut! Untuk itu, layanan domain DomaiNesia adalah pilihan terbaik untuk kamu! Kemudahan dan keuntungan berlimpah akan kamu dapatkan apabila menggunakannya, seperti.

  • Harga yang terjangkau.
  • Gratis perpanjang durasi domain.
  • Pilihan ekstensi domain yang berlimpah.
  • Fitur domain yang lengkap.
  • Sudah terakreditasi PANDI (Pengelola Nama Domain di Indonesia) yang menjadikannya layanan domain terpercaya.
  • Bantuan layanan 24/7 dengan arahan yang mudah untuk dimengerti.

Banyak kan keuntungan yang bisa kamu dapatkan! Jadi, beli domain murah Domainesia dan percayakan segala kebutuhan domainmu kepada kami!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds