• Home
  • Berita
  • Apa Pentingnya Secure Site Seal Pada SSL Dalam Suatu Website

Apa Pentingnya Secure Site Seal Pada SSL Dalam Suatu Website

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Secure Site Seal – Adanya Secure Site Seal sebagai penanda bahwa website yang diakses sudah terlindungi oleh SSL adalah salah satu hal pendukung yang penting. Selain sebagai penanda bahwa website terlindungi, Secure Site Seal juga akan menambah kepercayaan user yang mengakses website.

Misalnya kamu memiliki toko online, kemudian semua transaksi mulai dari penambahan produk hingga pembayaran. Pastinya bagi seorang user atau pelanggan, akan berpikir apakah membayar via website ini akan aman dan terekam jejaknya. Nah untuk menambah kepercayaan pelanggan, Secure Site Seal salah satu caranya. Umumnya Secure Site Seal akan ditampilkan di halaman home pada suatu website.

Pengertian Secure Site Seal Pada SSL

Secure Site Seal adalah segel keamanan yang diletakkan pada suatu website sebagai penanda bahwa website tersebut memiliki perlindungan SSL (Secure Socket Layer). Segel keamanan yang ditampilan biasanya berupa gambar dan detail informasi sertifikat SSL yang dipasang. Mulai dari jenis SSL hingga otoritas sertifikat SSL.

Secure Site Seal akan disediakan oleh provider SSL dan dapat kamu tambahkan pada website tanpa biaya alias gratis. Suatu website yang memasang Secure Site Seal berarti bahwa website tersebut memiliki sertifikat SSL yang telah terverifikasi oleh Certificate Authority.

Sumber : Elements Envato

Certificate Authority atau dikenal dengan CA adalah organisasi yang dipercaya untuk melakukan verifikasi terhadap sertifikat digital pada suatu website. Tujuan dari verifikasi tersebut untuk memastikan bahwa website aman digunakan untuk pengguna website. Begitu pula dengan pemilik website akan mendapatkan kepercayaan dari pengguna bahwa suatu website tersebut bukan website yang abal-abal. Ketahui lebih dalam tentang Certificate Authority melalui artikel Yuk, Mengenal Certificate Authority (CA).

Tipe Secure Site Seal Pada SSL

Berdasarkan sifatnya, terdapat 2 tipe Secure Site Seal pada SSL yaitu :

Secure Site Seal Statis. Merupakan tipe segel keamanan website yang berupa gambar dimana gambar tersebut tidak bisa menampilan detail informasi mengenai sertifikat SSL. Maksudnya adalah ketika gambar segel keamanan di-klik, tidak akan menampikan semua informasi sertifikat SSL yang terpasang pada website (Non-clickable).

Jadi bentuk segel keamanan hanya berupa gambar saja. Biasanya segel keamanan jenis ini ditemukan pada website yang memasang sertifikat SSL berjenis Domain Validation (DV).

Secure Site Seal Dinamis. Berbeda dengan sebelumnya, tipe segel keamanan ini berupa gambar dimana gambar tersebut bisa menampilan detail informasi mengenai sertifikat SSL secara lengkap. Ketika gambar segel keamanan di-klik, maka akan muncul semua informasi sertifikat SSL yang dipasang. Segel keamanan jenis ini biasanya digunakan pada website dengan tingkat traffic pengunjung yang tinggi, seperti e-commerce, website perbankan, dan sebagainya. Tidak kepercayaan antara segel keamanan statis dan dinamis tentunya juga berbeda.

Segel keamanan yang bersifat dinamis akan lebih dipercaya oleh pengunjung website karena sertifikat SSL tervalidasi oleh Certificate Authority (CA) dengan jelas. Segel keamanan dinamis biasanya ditemukan pada website yang menggunakan sertifikat SSL jenis Organization Validation (OV) dan Extended Validation (EV). Salah satu contoh bentuk segel keamanan dinamis adalah halaman client milik MyDomaiNesia.

secure site seal

Ketika segel keamanan Digicert Verified di-klik, akan menampilkan detail informasi sertifikat SSL yang digunakan.

Pentingnya Secure Site Seal

“Yang penting kan saya sudah pasang SSL untuk website. Jadi tidak perlu khawatir lagi terhadap kerentanan keamanan website. Buat apa memasang segel keamanan lagi?”

Pernyataan diatas memang betul DomaiNesians. Dari sisi teknis keamanan website pun sudah tidak ada masalah karena sudah terpasang SSL.

Namun, dari sisi kepercayaan pengunjung website, akan lebih baik jika menampilkan segel keamanan SSL pada website. Adapun apa saja pentingnya segel keamanan pada website antara lain :

Meningkatkan Kepercayaan dan Transaksi
Pengunjung website akan lebih mempercayai situs yang memiliki segel situs web yang ditampikan dengan jelas. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang mengungkapkan bahwa lebih dari 60% pengunjung lebih memilih domain atau toko online yang menampilkan segel keamanan.

Sumber : Elements Envato

Memiliki Kesan Pertama Aman Pada Website
Ikon gembok website pada address bar sering diabaikan oleh pengunjung website. Hal ini karena memang tidak banyak orang yang mengetahui apa maksud ikon gembok tersebut. Nah, salah satu cara memberikan kesan pertama bahwa website yang diakses aman adalah melalui ditampilkannya segel keamanan. Saat pengunjung mengklik segel situs, pengunjung dapat melihat informasi sertifikat SSL secara detail.

Sumber : Elements Envato

Segera Pasang SSL Untuk Keamanan Websitemu!

Salah satu target utama dalam suatu website adalah pengunjung website. Apabila banyak pengunjung yang mengakses website, itu artinya website telah sukses dibuat. Oleh karena itu, sebisa mungkin pemilik website harus memberikan yang terbaik untuk pengunjung website seperti, menunjukkan bahwa website sudah terlindungi oleh SSL sehingga semua transaksi dan data yang berjalan di website dalam keadaan aman.

Kamu memiliki website yang belum memasang SSL dan divalidasi oleh Certificate Authority ternama? Langsung saja pilih SSL murah DomaiNesia. Terdapat berbagai jenis sertifikat SSL yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga : Tips Memilih SSL Murah DomaiNesia

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds