• Home
  • Berita
  • 7 Rekomendasi Website Template Video Terbaik dan Menarik

7 Rekomendasi Website Template Video Terbaik dan Menarik

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Seperti yang kita tahu bahwa konten video marketing sangat berpengaruh dalam pemasaran sebuah bisnis. Namun, pembuatan video marketing ini sendiri memang tidaklah mudah. Sehingga penggunaan beberapa tools untuk membuat video marketing akan sangat membantu. Dan berikut ini rekomendasi website template video terbaik yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Website Template Video Terbaik

Tidak semua orang memiliki skill untuk membuat video marketing. Keterbatasan itulah yang mengharuskan beberapa perusahaan menyewa videographer profesional dengan modal besar.

Namun, sebenarnya kamu juga bisa melakukannya secara mandiri karena saat ini sudah banyak sekali website yang menyediakan template video. Bagi kamu yang tertarik mencobanya, simak yuk beberapa rekomendasi website template video terbaik berikut:

1. Canva

Template video
Sumber: Canva

Website template video gratis yang pertama adalah Canva. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan platform Canva ini, bukan?

Pasalnya, penggunaan Canva ini memang sangat populer di kalangan para video editor maupun foto.

Selain mudah untuk digunakan, Canva juga menyediakan jutaan template video secara gratis yang sudah siap pakai.

Hal tersebut tentu akan memudahkan kamu membuat aneka macam video atau foto konten promosi produk bisnis.

Pilihan template video di Canva tergolong lengkap dan menyediakan banyak kategori seperti untukĀ  bisnis kuliner, fashion, produk, dan lain-lain.

Kamu juga bisa mengatur ukuran atau size template video sesuai dengan platform media sosialnya seperti Facebook, Instagram dan Twitter, hingga untuk bagian outro serta intro YouTube.

Jadi, tema dan konsep video marketing yang kamu inginkan bisa dibuat dengan mudah di Canva, karena telah menyediakan berbagai template dengan warna dan ukuran.

2. Biteable

Template video
Sumber: Biteable

Saat mengunjungi website Biteable, kamu akan menemukan banyak karakter animasi yang mendominasi dari berbagai template video.

Sama seperti Canva, Biteable adalah salah satu rekomendasi website template video gratis yang bisa kamu gunakan dengan memilih sesuai topik dan tema.

Umumnya, tema atau konsep video promosi bisnis yang dibuat oleh creator terlihat serius dan membosankan. Tapi di Biteable, kamu bisa sedikit lebih ekspresif dengan ragam warna yang disediakan di template video mereka.

Website ini juga menyediakan berbagai jenis video yang dibagi menjadi beberapa kategori agar memudahkanmu menyesuaikan dengan kebutuhan.

Pilihan template video pada website Biteable terdiri dari Business, Animated, Corporate, Educational, YouTube, Instagram hingga pembuat intro sekaligus outro video.

3. Videvo

Template video
Sumber: Videvo

Selanjutnya ada website Videvo di mana tak hanya sekadar menawarkan koleksi template video saja , tetapi juga segudang klip motion graphics yang dibuat oleh komunitas penggunanya.

Beberapa konten yang telah disediakan pada menu library Videvo memiliki dua jenis lisensi hak cipta, yaitu Videvo Standard License dan Creative Commons 3.0 License.

Sebelumnya perlu kamu perhatikan bahwa Video yang terdaftar dalam Videvo Standard License bisa diunduh dan digunakan secara bebas, asalkan video tersebut harus diunduh melalui Videvo saja.

Dan yang terdaftar dalam Creative Commons 3.0 License bisa diunduh dan digunakan secara bebas, tetapi harus memberikan kredit ke pembuatnya.

4. Editorsdepot

Template video
Sumber: Editorsdepot

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah Editorsdepot. Pada website template video kali ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyesuaikan penggunaannya.

Pasalnya, bisa langsung pilih template dari aplikasi video editing yang digunakan, seperti After Effects, Blender, Sony Vegas, atau Cinema4D.

Kalau sudah memiliki video mentahannya, cukup edit dan tambahkan intro atau outro yang telah disediakan website ini.

Intro atau outro video yang telah disediakan terdiri dari 2D dan 3D sehingga semakin banyak pilihan jenis konten.

Tak hanya itu saja, Editorsdepot juga menyediakan template video tipografi dengan pilihan yang menarik.

Itu yang menjadi keunggulan website template video Editorsdepot di mana memiliki kualitas tipografi yang sangat unggul.

5. Rocketstock

Template video
Sumber: Rocketstock

Perlu kamu tahu bahwa Rocketstock adalah turunan dari website penyedia stok foto, Shutterstock. Jadi, tidak perlu lagi mengkhawatirkan kualitas template video yang tersedia di Rocketstock.

Rocketstock juga masuk daftar rekomendasi website template video gratis, khususnya dengan fitur after effect.

Walaupun bisa diakses dan digunakan secara gratis, namun template video Rocketstock semuanya tergolong berkualitas premium dan profesional.

Website template video ini sangat cocok untuk digunakan sebagai konten marketing atau untuk keperluan branding.

Tak hanya itu saja, semua karakter template video dari Rocketstock sangat mudah untuk dimodifikasi, didesain ulang dan diintegrasikan dalam video buatan. Dengan kata lain, website yang satu ini sangat user friendly.

6. Videezy

Template video
Sumber: Videezy

Konten video marketing biasanya akan dibagikan tidak hanya ke media sosial saja tetapi juga YouTube.

Dan solusi terbaik untuk membuat video marketing yang juga bisa diunggah ke YouTube ini menggunakan Videezy.

Pasalnya, Videezy telah menyediakan ribuan template video marketing khusus untuk format YouTube, iklan TV, bahkan hingga channel broadcasting lainnya.

Apabila menggunakan Videezy, kamu juga akan mendapatkan banyak template video berkualitas dengan gambar menarik.

Pada Videezy ini terdapat banyak video dari berbagai kelompok, ratusan filter efek, dan ragam footage.

Lebih menariknya, salah satu jenis footage yang disediakan oleh Videezy adalah perekaman menggunakan drone.

7. Velosofy

Sumber: Velosofy

Terakhir, khusus bagi kamu yang ingin membuat video dengan efek cinema 4D, sony vegas, after effects, adobe premiere maupun blender bisa gunakan website Velosofy.

Website Velosofy ini mempunyai bermacam-macam template video yang unik. Umumnya, banyak digunakan oleh perusahaan yang mengedepankan konsep minimalisme atau tidak banyak menampilkan ornamen dalam tampilan video-videonya.

Jadi, template video khas Velosofy pun memang cenderung lebih sederhana, minimalis, tetapi memiliki warna-warni cerah.

Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan dari Velosofy ini adalah proses navigasi dan download yang sangat mudah karena dibuat dengan sederhana.

Penggunaannya sendiri kamu tidak terlalu membutuhkan banyak tutorial, karena dapat dengan mudah menguasai proses editing video di Velosofy.

Tips Membuat Video Marketing

1. Fokus Pada Isi Video Konten Untuk Promosi

Seperti yang kamu ketahui bahwa melalui platform media sosial, bisnis atau merek yang sedang kamu jalankan dapat menjangkau audiens lebih luas secara langsung.

Jadi, apabila ingin video promosi bisnis milikmu ditonton oleh audiens, sebaiknya buat yang tak hanya sekadar fokus pada merek saja tetapi juga perhatikan isi ceritanya.

Video yang murni berfokus pada merek, atau mendorong penjualan, kemungkinan besar akan diabaikan karena audiens merasa bosan.

Konten video marketing terbaik adalah menampilkan sebuah cerita yang sedang dibicarakan atau tren di kalangan masyarakat.

Semakin menarik cerita yang dikemas untuk konten video promosi, maka semakin besar kemungkinan audiens akan memahami apa yang ditawarkan oleh bisnis milikmu.

2. Gunakan Beberapa Detik Pertama Dengan Bijak

Kemudian, perlu kamu pahami dulu bahwa pada 8,5 detik awal sebuah video promosi, audiens akan memperhatikan dengan rinci.

Jika menarik mereka akan melanjutkannya sampai habis, dan bila tidak maka konten video promosi yang kamu buat bisa diabaikan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menciptakan sebuah cerita menarik pada konten video marketing. Sehingga audiens secara instan tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang produk atau layanan apa yang ditawarkan oleh bisnismu.

Pada detik-detik opening sebuah video marketing, kamu harus memberikan penjelasan tentang isi video dan memberikan keyakinan kepada audiens.

Membuat Hook Video

Salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian adalah dengan membuat hook di bagian awal video marketing.

Hook adalah sendiri adalah beberapa potongan video pratinjau yang nantinya akan dimunculkan pada bagian isi.

Sederhananya, hook adalah potongan video yang menarik perhatian sehingga audiens ingin membeli produk atau layanan milikmu.

Buat Gambar Thumbnail Yang Menarik

Selain itu, pastikan juga untuk membuat thumbnail video yang menarik agar audiens lebih bersemangat dan penasaran dengan isi videonya.

Saat membuat thumbnail, hindari menggunakan gambar dengan kualitas yang buram. Thumbnail yang bagus dapat menampilkan gambaran isi video dengan menarik.

3. Sertakan Call to Action (CTA)

Saat membuat video, pastikan untuk mengoptimalkan konten dengan call to action (CTA). Hal ini tidak melulu tentang membuat kalimat yang mengarah ke penjualan atau pendaftaran, tetapi CTA pada video bisa seperti:

  • Mengajak audiens untuk subscribe atau berlangganan ke channel bisnis.
  • Mengajak audiens untuk memberikan like atau follow halaman bisnis.
  • Bagikan video ke teman-temanmu.
  • Mengajak audiens untuk memberikan komen di videonya.
  • Mengajak audiens untuk melihat konten lainnya.

4. Berkolaborasi Dengan Merek Dan Influencer Lain

Sekitar 90% orang saat ini mempercayai rekomendasi rekan dibandingkan iklan bisnis.

Ketika seorang influencer terpercaya merekomendasikan produk tertentu, hal itu bisa berdampak sangat besar bagi audiens.

Pakai Template Video Gratis Sekarang!

Itulah beberapa rekomendasi website template video gratis yang bisa digunakan. Selain gratis, template video di atas juga menyediakan berbagai ukuran dan warna sehingga bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Yuk, segera percantik konten marketing milikmu dengan download template video gratis.

Meskipun bisa menggunakan template video saat proses editing, tetapi dalam pembuatannya sendiri tentu harus ada beberapa hal yang diperhatikan. Seperti isi konten videonya, pembuatan thumbnail, hook, hingga melakukan kolaborasi dengan influencer.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!