• Home
  • Berita
  • 10+ Ide Usaha Jasa yang Paling Diminati dan Menjanjikan!

10+ Ide Usaha Jasa yang Paling Diminati dan Menjanjikan!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Usaha jasa bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis, memiliki keahlian khusus, dan juga memiliki modal yang minim.

Jangan salah, usaha jasa ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan cuan yang menjanjikan. Usaha ini memiliki potensi yang besar apabila dibarengi dengan pemasaran dan pengenalan secara online.

Namun perlu diingat bahwa untuk memiliki usaha yang sukses, maka harus pandai-pandai dalam memilih jenis usaha yang tepat dan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Dengan itu, DomaiNesia akan memberikan 11 rekomendasi ide bisnis jasa yang bisa kamu jadikan pilihan dan pertimbangan selanjutnya. Apa saja contoh usaha jasa tersebut? Simak hingga tuntas ya!

Apa itu Usaha Jasa?

Sebelum beranjak membahas contoh usaha jasa, lebih baik kamu memahami pengertian dari usaha jasa itu sendiri.

Apa itu bisnis jasa? Bisnis jasa adalah usaha yang tidak membutuhkan barang dan juga tempat untuk penyimpanan, sebab yang ditawarkan dan dijual adalah layanan atau jasa.

Jika dalam bisnis penjualan, kamu bisa merasakan bahwa memang ada hal yang bisa dilihat yaitu berupa barang.

Sedangkan jika bisnis jasa yang dirasakan hanya valuenya saja seperti halnya kenyamanan dan kepercayaan. Berikut ada beberapa penjelasan mengenai bisnis jasa menurut para ahli. 

  • Norman : Menurut penjelasan Norman, usaha ini adalah usaha yang melibatkan antara produsen dan juga konsumen yang memiliki nilai akhir yang lebih dari hasil.
  • Philip Kotler : Sedangkan, menurut Philip Kotler, usaha jasa adalah usaha yang menawarkan suatu tindakan yang memang tidak berwujud dan tidak terjadi pemindahan kepemilikan dari produk yang sudah dihasilkan.
  • Djaslim Saladin : Hampir mirip dengan Philip Kotler, menurut Djaslim Saladin usaha ini adalah usaha yang menawarkan tindakan yang tidak ada wujudnya dan juga tidak melakukan pemindahan apapun terhadap konsumen.

Jenis-Jenis Usaha Jasa yang Berpotensi

Ada banyak jenis usaha yang memiliki potensi yang tinggi. Namun tetap pertimbangkan dan sesuaikan dengan keahlian yang kamu punya ya DomaiNesians!

Apa saja jenis dan contoh usaha jasa tersebut? Yuk simak ulasannya sekarang!

Jasa Laundry

Contoh usaha jasa yang pertama yaitu jasa laundry. Bisnis jasa ini sudah menjamur di berbagai sudut kota. Memang bisnis ini sudah lama ada dan bukan bisnis yang baru.

Namun jangan salah karena bisnis laundry tetap menjanjikan dan memiliki potensi yang tinggi. Mengingat kebutuhan banyak orang akan hasil pencucian yang kilat, terjangkau, dan tetap rapi juga semakin tinggi.

Kamu belum memiliki tempat usaha? Tenang karena kamu bisa memulainya dari usaha rumahan. Ada banyak jenis usaha laundry yang bisa kamu coba seperti laundry kiloan, laundry retail, atau laundry koin.

Namun jika kamu ingin memulai bisnis ini lebih baik memilih laundry kiloan, sebab modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar yaitu dengan dua hingga tiga mesin cuci saja.

Ditambah lagi dengan lokasi yang dekat dengan kampus, perkantoran, kawasan kos, dan juga perumahan dijamin kamu akan kebanjiran pelanggan. Mau mencoba jenis usaha jasa ini?

Jasa Pembuatan Website

Contoh usaha jasa berikutnya yaitu pembuatan website. Bisnis jasa ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang ya DomaiNesians!

Sebab ada keahlian khusus yang harus dimiliki. Peluang usaha jasa ini sangat potensial karena semakin meningkatnya kesadaran akan kebutuhan website bagi pemilik bisnis dan juga perusahaan.

Dengan begitu maka angka kebutuhan akan jasa pembuatan website juga semakin tinggi. Apabila kamu memiliki modal seperti keahlian dalam coding, bisa memilih domain terbaik, dan web hosting murah Indonesia maka kamu bisa loh membuka bisnis jasa pembuatan website.

Selain modal tersebut, untuk memulai membuka usaha jasa ini, kamu membutuhkan laptop, jaringan internet, dan keahlian dalam memasarkan jasa yang kamu tawarkan.

Mungkin kamu menyimpulkan bahwa jasa pembuatan website ini memiliki modal yang banyak, namun kamu harus tahu bahwa kamu bisa meraup banyak keuntungan apabila kamu mampu melayani berbagai segmen seperti website pribadi, website perusahaan, hingga toko online sekalipun.

Jenis usaha jasa ini bisa menghasilkan cuan dari ratusan ribu hingga puluhan juta loh! Tertarik mencoba jenis usaha satu ini?

Jasa Titip Produk

Jasa titip produk menjadi ide usaha sampingan yang banyak ditemui pada kota-kota kecil.

Alasannya karena banyak produk yang tidak tersedia disana, maka dari itu munculah jenis usaha jasa satu ini untuk membantu banyak orang untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

Oh iya, bahkan kamu bisa melakukan usaha ini tanpa modal. Lalu dari mana keuntungan akan didapatkan?

Jadi kamu harus mempromosikan pada sosial media apabila kamu membuka jasa titip produk tertentu, dan dari sana kamu akan ‘membelikan’ pelangganmu dan nantinya biaya tersebut akan ditambah dengan uang komisi dari setiap produknya. Biasanya komisinya dari Rp 10.000 hingga Rp 100.000 untuk setiap produknya.

Contoh usaha jasa ini bisa kamu lakukan apabila bepergian ke negara lain, ke kota besar, atau saat event tertentu yang memiliki banyak pilihan brand ternama.

Apakah keuntungan yang didapatkan akan besar? Yups, hal ini bisa terjadi jika kamu gigih dan mampu menawarkan jasamu dengan maksimal.

Bahkan kamu bisa loh mendapatkan pemasukan hingga jutaan rupiah dalam satu kali event saja. Wow cukup fantastis ya keuntungan dari jenis usaha jasa ini! 

Jasa Pemindahan Barang

Jasa pemindahan barang mulai dikenal dan banyak dibutuhkan saat pandemi covid beberapa tahun belakangan ini.

Sebab semua kegiatan yang diharuskan dilakukan hanya dari rumah saja, membuat banyak penghuni kos yang secara mendadak harus mengemasi barangnya dan dikirimkan ke rumah masing-masing.

Disitulah jenis usaha jasa ini banyak dibutuhkan dan mulai dimanfaatkan oleh banyak kelompok masyarakat.

Contoh usaha jasa ini masih bisa kamu coba juga sebab masih banyak yang membuka jasa dikota-kota besar saja. Jadi kamu bisa menentukan niche tertentu yang belum memiliki persaingan yang ketat. 

Jasa Edit Foto dan Video

Rasanya usaha satu ini tidak akan usang oleh zaman karena memang dari tahun ke tahun jasa edit foto dan video memang sangat dibutuhkan.

Apakah kamu memiliki kemampuan dalam pengeditan foto dan video? Jika iya berarti kamu bisa mencoba peluang bisnis jasa satu ini.

Memang semua orang bisa mengedit foto dan video melalui smartphone yang mereka miliki, namun pastinya hasilnya akan kurang maksimal apabila dibandingkan dengan profesional.

usaha jasa
Sumber : envato

Apalagi jika foto atau video yang diperlukan untuk kebutuhan bisnis dan juga pemasaran. Yang pasti video atau foto tersebut harus memiliki kualitas yang baik.

Tahukah kamu jika omzet dari jasa edit foto dan video bisa mencapai angka Rp 7 jutaan per bulannya? Yups, dari pengalaman yang pernah dialami oleh Ade Octa Yudistira sebagai pelaku bisnis jasa ini.

Jasa Cuci Kendaraan

Hampir semua orang pasti pernah menggunakan jasa cuci kendaraan. Banyaknya kendaraan mulai dari sepeda motor hingga mobil, membuat permintaan bisnis jasa ini semakin tinggi.

Apabila kamu ingin mencoba memulai jenis usaha jasa ini berarti kamu harus memiliki beberapa peralatan khusus seperti selang, kompresor, snow tank, dan beberapa alat khusus lainnya.

Kamu bisa membuat beberapa terobosan seperti menghadirkan layanan home service agar menarik calon pelanggan yang tidak memiliki banyak waktu. Omzet jenis usaha jasa ini bisa diangka Rp 1.5 juta untuk setiap bulannya. Apakah kamu memiliki keinginan untuk memulai contoh usaha satu ini? 

Jasa Foto Pernikahan

Semua orang pasti menginginkan momen spesial dalam hidupnya didokumentasikan dan menghasilkan dokumentasi yang berkualitas.

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang fotografi maka kamu bisa untuk mencoba contoh jenis usaha satu ini. Meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar untuk membeli kamera dan beberapa perlengkapan yang lain, namun kamu tetap bisa melakukannya dengan modal yang terbatas misalnya dengan menyewa alat fotografi.

Jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam mengabadikan momen dan juga didukung oleh peralatan yang mumpuni, alhasil hasil yang didapatkan pasti tidak akan mengecewakan.

Dalam membangun bisnis jasa ini kamu harus memiliki strategi yang tepat dalam pemasarannya.

Pertama kamu harus menentukan jenis foto apa yang akan kamu ambil, apakah prewedding atau foto wedding.

Kedua kamu harus mampu bersaing dengan kompetitor dalam hal penawaran harga. Ketiga, harus tepat dalam memilih strategi pemasaran baik melalui media sosial atau dari mulut ke mulut. 

Jasa Wedding Organizer

Sama halnya dengan jasa foto pernikahan, setiap orang pasti juga ingin acara yang dilakukan sekali dalam seumur hidup ini berjalan sesuai dengan rencana dan impian bagi kedua mempelai.

Sumber : envato

Jasa wedding organizer dibutuhkan karena banyaknya mempelai pengantin yang ingin mewujudkan mimpinya dengan pernikahan yang sakral namun menginginkan proses persiapan yang matang. Inilah mengapa peluang penyedia jasa wedding organizer selalu ada dan terbuka bagi siapapun.

Jadi bisnis jasa ini memang sangat menjanjikan dengan omzet yang menggiurkan. Menurut Ketua Umum Himpunan Perusahaan Penata Acara Pernikahan, omzet industri pernikahan bisa menyentuh angka Rp 56 Triliun pada tahun 2019 dan akan diprediksi terus berkembang 20 hingga 30 persen di setiap tahunnya.

Dengan omzet yang besar tersebut, apakah kamu tertarik dengan usaha ini?

Jasa Potong Rambut

Potong rambut dan styling rambut menjadi kebutuhan bagi beberapa kalangan baik dari wanita maupun pria.

Tren dari gaya potong rambut bahkan tidak surut dari perkembangan waktu dan selalu bertambah. Selain membuka salon atau barbershop konvensional, kamu juga harus pintar membaca peluang misalnya dengan membuka jasa potong rambut keliling.

Banyak kegiatan yang membuat seseorang tidak punya waktu untuk mendatangi barbershop dan memilih untuk memanggil jasa potong rambut untuk datang ke kediamannya.

Untuk itu, kamu seharusnya bisa memanfaatkan peluang ini namun keahlian memotong rambut tetap menjadi prioritas utama yang harus kamu miliki ya! Kamu bisa mempromosikan jasamu melalui WhatsApp, membuat akun Instagram, Tiktok, dan beberapa sosial media lain yang bisa kamu manfaatkan.

Jasa Konsultan Bisnis

Apabila kamu memiliki kemampuan dalam bidang bisnis, kamu bisa mencoba usaha ini, sebab saat ini banyak yang membutuhkan jasa ini.

Memang sudah banyak yang terjun dalam usaha jasa ini, namun tidak menutup kemungkinan kamu untuk terjun di bisnis jasa ini juga. Alangkah baiknya kamu membangun bisnis ini secara profesional seperti mengemas portofolio secara meyakinkan dengan tujuan untuk membantu memudahkan promosi nantinya.

Jika kamu membutuhkan inspirasi mengenai jenis usaha jasa ini, kamu bisa mencari melalui YouTube atau buku-buku mengenai bisnis.  

Jasa Membersihkan Rumah

Banyak orang yang sudah sibuk dengan aktivitas dan pekerjaannya yang menjadikan kegiatan untuk membersihkan rumah menjadi terbengkalai sebab tidak ada waktu.

Nah dari sinilah peluang untuk membuka jasa membersihkan rumah bisa kamu manfaatkan. Meskipun sudah ada sejak lama, namun kamu bisa menawarkan jasa ini dengan berbagai inovasi sehingga banyak calon pelanggan yang bisa kamu jaring.

Jika memang tertarik untuk memilih contoh usaha jasa ini, maka kamu harus menyiapkan berbagai alat kebersihan. Jangan coba-coba meremehkan usaha ini ya DomaiNesians! Sebab omzet yang dihasilkan hingga diangka Rp 7 juta per bulannya.

Sumber : envato

Ide Usaha Jasa Apa yang Lebih Cocok untuk Kamu?

Usaha jasa adalah usaha yang bisa dilakukan bahkan tanpa modal, namun keuntungan yang didapatkan bisa berlipat-lipat.

Terdapat 11 jenis bisnis jasa yang potensial di tahun 2022 ini yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlian dan modal yang kamu punya.

Pastikan kamu memilih jenis usaha yang sesuai dengan passion kamu ya DomaiNesians agar kamu lebih senang dan tidak mudah menyerah dalam menjalankannya.

Sebelum memulai berbisnis, kamu harus memperhatikan target pasar dan juga kebutuhan pasar di saat itu. Jadi bisnis jasa mana yang cocok untuk kamu?

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds