• Home
  • Berita
  • Wajib Tahu Shopify Sebagai Platform Pembuatan Toko Online

Wajib Tahu Shopify Sebagai Platform Pembuatan Toko Online

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.

Kamu sedang mencari-cari sebuah software maupun aplikasi yang mampu dipakai sebagai shopping cart. Jawabannya sangat mudah dan bisa pakai Shopify. Aplikasi Shopify sudah banyak dikenal sebagai platform jualan online yang berkualitas. Hanya dalam waktu singkat, pengguna akan dapat membuat dan mengembangkan toko online sendiri.

Proses promosi dan penjualan dapat berlangsung lebih cepat. Shopify ini cocok bagi banyak orang yang berniat membangun sebuah toko online pribadi maupun startup. Semua harga produk Shopify ditawarkan secara terjangkau dan memiliki tampilan interface yang ramah pengguna.

Bahkan, kamu dapat berhemat banyak dalam pembuatan toko online, karena hanya perlu bayar murah setiap bulannya. Walaupun memang berkualitas baik, namun kualitasnya belum bisa dikatakan sebagai yang terbaik. Masih berlaku prinsip ekonomi, ada harga ada barang. Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut tentang Shopify, lanjutkan saja membaca pembahasan ini.

Pengertian Shopify

Shopify adalah sebuah platform komersial yang dapat dipakai siapa saja dan ada akun yang bisa didaftarkan secara gratis. Platform tersebut dapat langsung dipakai untuk mendirikan sebuah toko online maupun menjual berbagai produk.

Wajib Tahu Shopify Sebagai Platform Pembuatan Toko Online

Penjual juga masih dapat menjual produk via Shopify POS. Platform komersial Shopify kini sudah menjadi sebuah platform yang bersifat internasional dan dipakai oleh perusahaan dari berbagai macam skala.

Mekanisme Kerja Shopify

Apapun segmen usaha yang dimiliki, Shopify bisa menjadi solusi yang tepat dalam menjual produk. Seorang desainer baju dapat mulai menjual baju hasil desain langsung dengan bantuan Shopify. Ini akan menjadi terobosan hemat yang memungkinkan pendirian bisnis baru menjadi semakin berkembang tumbuh.

Faktanya kini ada ribuan pengusaha yang tergabung di Shopify dan ini tersebar di banyak negara. Platform ini benar-benar sangat menolong para pebisnis tersebut dalam menjual berbagai macam produk mereka. Kamu yang berniat membangun sebuah bisnis baru dapat mulai menggunakan layanan Shopify dan pilih segmen yang tepat sesuai apa yang kamu jual.

Tersedia banyak pilihan jenis produk maupun layanan yang bisa pebisnis jual melalui platform Shopify. Kamu penasaran dengan jenis dari produk dan layanan apa saja yang tersedia di Shopify, maka dapat dilihat berikut.

  1. Produk Fisik

Segmen pertama yang paling terkenal diperdagangkan melalui shopify berupa produk fisik. Produk jenis ini bisa berupa handmade maupun hasil produksi pabrik. Bisa juga berupa produk dropship ke customer. Beberapa contoh dari produk fisik yang biasa beredar adalah perhiasan, pakaian, peralatan kesehatan, hadiah, dan lain sebagainya.

  1. Produk Digital

Produk kedua yang dapat ditawarkan melalui shopify yakni produk digital. Misalkan saja ebook, template Microsoft Office, audio book, file download, dan lain-lain. Saat ini ada banyak sekali produk digital yang bisa ditawarkan oleh para pebisnis maupun startup melalui Shopify.

  1. Membership

Jenis produk ketiga yang biasa ditawarkan melalui Shopify adalah membership. Beberapa produk yang dimaksud adalah subscription box, membership dari sebuah kursus studio, dan berbagai macam bisnis yang memiliki membership lainnya.

 

  1. Konsultasi dan Layanan

Segmen ketiga yang dapat ditawarkan melalui Shopify berupa layanan dan konsultasi. Segmen ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki keterampilan ahli dalam suatu bidang dan berminat menjadi konsultan. Jenis produk yang dikeluarkan bisa berupa layanan seperti pelatihan.

  1. Tiket

Ada banyak jenis usaha yang juga menawarkan produk berupa tiket. Biasanya sebagian besar dari produk ini dikeluarkan oleh perusahaan travel maupun tour.

  1. Kelas dan Pembelajaran

Bahkan sekarang ada banyak sekali perusahaan berbasis pendidikan online yang baru saja dibuka di Shopify. Beberapa customer ada banyak yang membeli produk berupa buku pelajaran, materi kelas, maupun seminar.

  1. Rental

Jenis produk yang terakhir sedang ditawarkan berupa rental. Perusahaan yang berkaitan tentang rental contohnya adalah mobil, baju, dan lain sebagainya. Kamu bisa pilih platform yang sesuai dengan jenis usaha yang didirikan.

Pastinya kamu akan bisa menemukan salah satu jenis produk dalam kategori yang sudah disebutkan. Perlu untuk membaca seluruh persyaratan dan ketentuan yang berlaku sebelum menggunakan platform ini. Hal tersebut akan berkaitan dengan legalitas secara hukum yang diperbolehkan untuk diperdagangkan.

Beberapa Paket Shopify

Ada banyak sekali produk paket yang bisa dipakai oleh pelanggan Shopify. Beberapa dari paket tersebut adalah Shopify Plus, Shopify Lite, Shopify POS, dan lain sebagainya. Macam-macam dari produk tersebut akan dijelaskan secara singkat, diantaranya:

 

Beberapa Paket Shopify

  1. Shopify Plus

Shopify Plus adalah sebuah platform e-commerce yang diperuntukan kepada perusahaan besar atau perusahaan yang sudah berkembang. Ada banyak fitur Advance yang ditawarkan kepada pengguna paket ini. Seluruh penggunanya juga menjadi customer prioritas bagi tim support Shopify. Paket ini bisa digunakan dengan harga yang paling tinggi dibandingkan paket lain.

  1. Shopify Lite

Paket kedua yang banyak digunakan oleh pebisnis pemula adalah Shopify Lite. Paket ini memperbolehkan pengguna layanan untuk menjual berbagai macam foto yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ada beberapa fitur dari paket ini yang ditawarkan oleh penggunanya, seperti chat, pengiriman invoice, dan lain sebagainya.

  1. Shopify POS

Shopify POS adalah aplikasi yang memperbolehkan seluruh pelanggan Shopify untuk menjual produk secara offline. Kamu akan bisa membuka sebuah toko maupun pop-up shop dengan menggunakan layanan ini. Sangat mungkin melakukan transaksi dengan menggunakan berbagai macam gadget via aplikasi POS.

Cara Set up Toko Online dengan Shopify

Kamu yang sudah memiliki akun dan berlangganan paket di Shopify, perlu melakukan set up dulu sebelum dipakai menjadi sebuah toko online. Sebagai langkah pertama lakukan pengaturan kamu bisa mencoba 14 hari paket trial. Seluruh langkah demi memiliki toko online dengan bantuan Shopify dapat diikuti berikut.

Shopify adalah

 

 

 

  1. Registrasi Akun

langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan registrasi dengan mengunjungi website resmi Shopify. Dapat coba memasukkan URL shopify.com dan mencoba paket free trial. Langkah-langkahnya:

  • Masukkan alamat email kamu ke dalam kolom khusus di sebelah kiri tombol yang bertuliskan start free trial.
  • Klik pada tombol start free trial dan masukkan nama yang unik untuk toko online kamu di internet. Selain dari nama toko, maka Shopify akan menanyakan tentang detail informasi lainnya dan kamu harus mengisi semua itu sampai selesai. Beberapa data informasi lain yang biasa ditanyakan adalah nama, alamat, negara, dan nomor kontak.

Kamu juga akan ditanyakan mengenai produk apa yang dijual dan apa yang ingin didapatkan dari penjualan. Apabila kamu sedang mencoba-coba, dapat menggunakan opsi I am just playing around yang mana opsi tersebut terletak di dalam do you have products? Sisanya kamu bisa saja memilih i’m not sure yang ada di dalam opsi what will you sell?

  • Pilih I’m done.

  1. Mulai Melakukan Setting Toko Online

Setelah selesai melakukan registrasi akun, kamu perlu secara langsung melakukan pengaturan terhadap toko online. Ada beberapa pengaturan yang bisa dilakukan dalam rangka membuat kustomisasi, upload produk, melakukan setting transaksi dan shipping.

  1. Pilih Layout atau Tema

Shopify sudah menyediakan tema khusus sendiri dan setiap penggunanya dapat memilih tema yang sesuai. Setiap tema yang disediakan sudah mendapatkan jaminan berupa support dari seluruh tim desainer Shopify.

Pengguna bisa menikmati tema yang ada tanpa harus menerapkan coding. Ini sangat berguna bagi pebisnis pemula yang kurang memahami tentang coding. Jika kamu sudah ingin beralih dari paket free trial menjadi paket premium, Shopify akan menghujani kamu dengan berbagai fitur modifikasi yang lebih canggih.

Ada batasan mengenai modifikasi desain dari tema yang sudah disediakan oleh Shopify. Apalagi jika hanya memiliki skill yang berkaitan dengan akses html maupun CSS. Bagi kamu yang memiliki skill untuk membuat coding, tidak perlu diragukan lagi proses memodifikasi bisa menjadi lebih fleksibel dan kompleks daripada tema yang sudah disediakan.

Jadi tunggu apa lagi, segera ikuti langkah dalam memilih tema yang tepat untuk toko online kamu. Beberapa langkah memilih tema:

  • Memilih berbagai macam tema toko online melalui Shopify, setidaknya ada lebih dari 70 jenis tema yang bisa dipilih dalam alamat URL tersebut. Dapat pilih tema yang gratis dan bagus sesuai keperluan toko online.
  • Cek secara fungsionalitas dan juga review. Tidak semua tema yang kamu sukai akan mampu menampilkan informasi yang berharga buat toko online kamu. Perlu melihat seluruh fitur responsif dengan cara melihat demo atau membaca dari review orang yang sudah menggunakan tema tersebut.
  • Cara mencoba sebuah tema tidak perlu langsung mengaplikasikan dalam toko online kamu. Bisa dengan cara melihat melalui view demo. Cara ini jauh lebih efektif untuk membandingkan antara tema yang satu dengan tema yang lain secara cepat.

Baca juga : cara membuat daftar isi

  1. Mengedit Settings Shopify

Sebagian besar tema yang tersedia, bisa kamu otak-atik dan rubah guna menampilkan pemandangan yang berbeda terhadap toko online. Kamu bisa membuat tampilan toko online yang unik hanya dengan melakukan sedikit perubahan dan modifikasi, sehingga bisa dibedakan dari tampilan toko online lainnya. Beberapa fitur yang disediakan pada masing-masing tema:

  • Upload logo toko online.
  • Upload slide pada bagian home page.
  • Menambahkan item fungsi tertentu dalam halaman produk.
  • Mengubah skema warna.
  • Memilih font.
  1. Menambah Produk pada Toko Online

Hal paling penting yang harus kamu ketahui adalah bagaimana cara menambahkan produk pada akun Shopify yang sudah dibuat. Seluruh langkahnya yakni:

  • Pilih menu dengan tulisan Products.
  • Tambahkan menu berupa Add a Product yang terletak di bagian tengah tampilan yang muncul di PC kamu.
  • Isi seluruh detail yang diperlukan dalam pembuatan deskripsi produk kamu.
  • Perlu menggunakan SEO dalam membuat deskripsi suatu produk maupun nama, sehingga memudahkan pencarian konsumen yang membutuhkan produk kamu.
  • Sisanya kamu hanya perlu melakukan selfie produk setelah selesai dengan seluruh pengisian terhadap produk yang dijual.
Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Mora Namami
August 12, 2021

poin "To the Point!" disana dijelaskan bahwa "Pastikan konten yang kamu buat selalu ringkas, padat, jelas dan to the point langsung ke intinya ya! Jangan sampai pengunjung malas buat baca karena konten yang bertele-tele! Itu juga jadi salah satu inti cara mudah agar website muncul di halaman pertama Google" sedangkan ilmu yang saya dapatkan dari rekan rekan saya yang mungkin sudah ahli dibidang tersebut berkata kepada saya bahwa setiap konten yang kita buat minimal 500 kata, jadi mana yang benar? kalau misalkan minimal 500 kata dengan bahasa yang tidak bertele tele mungkin itu hal yang tepat, karena di website yang saya kelola, saya mendapatkan 2000 lebih pengunjung karena saya menulis 700-900 kata perArtikel, Semoga membantu

Tribunshitpost
August 9, 2021

kunci utama salah satu nya adalah seo biar orang lain memudahkan kita untuk mencari situs kita

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!