• Home
  • Berita
  • Web Scraping adalah Kunci Sukses Bisnis Online, Belajar Dari Sekarang Yuk!

Web Scraping adalah Kunci Sukses Bisnis Online, Belajar Dari Sekarang Yuk!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Web scraping adalah salah satu metode yang sangat berguna di era digital apalagi bagi kamu pelaku bisnis online. Untuk memulai sebuah bisnis biasanya kamu akan melakukan broadcast dan mencari pelanggan. 

Sudah terbayang kan bagaimana ribetnya jika kamu harus mengumpulkan data pelanggan satu persatu secara manual. Dengan web scraping kamu bisa menghemat waktu dan juga tenaga loh! 

Kok bisa? yuk simak penjelasan dari DomaiNesia supaya kamu lebih tahu tentang web scraping dan bahkan kami juga akan membahas teknik web scraping yang bisa kamu guanakan!

Apa itu Web Scraping?

Web scraping adalah sebuah metode yang bisa membantu kamu untuk melakukan riset pasar, riset kompetitor, riset harga, riset berita, dan masih banyak lagi. Singkatnya web scraping adalah ekstraksi website atau pengambilan data dari website. 

Dengan web scraping kamu tidak perlu lagi melakukan riset manual dengan menyebarkan kuesioner dan juga meng-copy daftar kontak dari sebuah direktori web lalu memasukkannya ke excel.

Sumber: Envato

Jadi kamu tetap bisa mengumpulkan ratusan bahkan ribuan data dari sebuah website secara cepat, efisien, dan akurat. Selain itu kamu juga bisa mengunduh seluruh konten dari website kompetitor untuk kebutuhan analisis lebih lanjut. 

Bagaimana? Menarik kan? Untuk itu yuk lanjut memahami alasan web scraping itu perlu pada kesuksesan bisnis.

Mengapa Web Scraping itu Perlu?

Sebenarnya jika membahas alasan web scraping adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis itu cukup banyak. Apalagi dengan berkembangnya dunia digital maka berkembang juga big data yang jumlahnya sudah tidak dapat dihitung lagi. 

Web scraping adalah solusi dari itu semua karena kamu akan dipermudah dalam analisis sebuah data dan metode ini akan membantu proses pengumpulan data tanpa terlewat sedikitpun. 

Jika data yang akan kamu kumpulkan berjumlah sangat besar maka kamu bisa menyerahkan hal tersebut kepada server atau bisa disebut dengan automation. 

Dengan data yang lengkap maka akan mempermudah kamu dalam mencari informasi demografis pelanggan seperti umur, jenis kelamin, dan data penting lainnya. Hasil analisis kamu tadi bisa menjadi masukkan positif untuk membantu kamu dalam membuat keputusan dan tujuan bisnis. 

Selain untuk menganalisis data pelanggan, kamu juga bisa melakukan pengumpulan data kompetitor. Terlepas dari apa bisnis yang kamu miliki, kamu tetap harus memperhatikan bagaimana cara kerja kompetitormu sehingga kamu bisa memanfaatkan celah yang ada. 

Jika kamu harus membandingkan kompetitormu secara manual bisa memakan banyak waktu dan tenaga juga pastinya jadi web scarping adalah solusinya. Beda cerita lagi jika bisnis yang kamu punya sudah berjalan. 

Maka metode ini sangat berguna untuk melakukan brand monitoring. Sehingga kamu bisa semakin meningkatkan kualitas produk atau bahkan kualitas layanan dari bisnis kamu. 

Kamu tau Google kan? Google menjadi salah satu perusahaan yang melakukan metode ini karena search engine mereka akan selalu melakukan web scraping setiap harinya untuk memeriksa dan membandingkan semua website yang beredar di internet agar Google bisa menentukan ranking website yang akan ditampilkan pada laman pencarian.

Dasar Web Scraping

Secara sederhana web scraping adalah metode riset yang memiliki dua bagian yaitu web crawler dan web scraper. Apa itu? Web crawler adalah kecerdasan buatan yang menjelajahi internet untuk menelusuri konten dengan mengikuti tautan. 

Sedangkan web scraper adalah tools khusus yang dirancang untuk mengekstrak data dari suatu halaman website secara akurat dan cepat. 

Bagian penting dari web scraper adalah pencarian data yang digunakan untuk menemukan data yang ingin kamu ekstrak dari file HTML.

Sumber: Envato

Teknik dari Web Scraping

Web scraping adalah metode riset yang memiliki beberapa teknik yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari teknik sederhana hingga menggunakan code untuk menjalankannya secara otomatis dengan perintah-perintah tertentu. 

Berikut kami rangkum teknik-teknik dari web scraping yang harus kamu tahu.

Menggunakan Regex

Regex atau Regular Expresion adalah sebuah syntax yang mendefinisikan sebuah pola pencarian sehingga dapat membantu kita untuk melakukan pencocokan dan juga pencarian sebuah data. 

Jadi kamu bisa memanfaatkan regex untuk mencari dan menemukan tipe data tertentu yang kamu butuhkan dalam file-file yang menunjang website tersebut. 

Teknik ini sangat fleksibel karena konsistensi syntax yang kompatibel dengan semua bahasa pemrograman.

Parsing HTML

Parsing HTML ini adalah teknik dimana kamu akan mengirimkan request kepada server yang menyimpan data dari website yang ingin kamu ekstrak. Selanjutnya kamu ​​dapat mengekstraksi text, links, dan data. 

Teknik ini dapat digunakan pada web statis maupun dinamis dengan performa dalam menyalin data yang cukup cepat. Namun tidak semua website bisa mennggunakan teknik ini karena kebanyakan website sudah menggunakan beberapa proteksi untuk mencegahnya. 

Parsing DOM

Document object model atau DOM adalah struktur dari halaman setiap website yang ditulis menggunakan HTML. 

Di dalam DOM termuat beberapa hal seperti style, konten, dan struktur file XML. Untuk itu kamu bisa melakukan web scraping dengan memanfaatkan DOM tersebut.

Menggunakan XPath

XML Path Language atau lebih dikenal dengan XPath adalah query yang berjalan pada file XML. 

Dalam penyusunannya, XML biasanya disusun dengan struktur pohon sehingga XPath bisa digunakan untuk menavigasi struktur dokumen dengan memilih nodes berdasarkan parameter yang dibutuhkan.

Menggunakan Google Sheet

Kamu pasti mengenal Google Sheet sebagai tools untuk membuat spreedshet saja. Kalau kamu berpikir seperti itu, berarti kamu salah! 

Ternyata Google Sheet juga bisa diguanakn untuk web scraping dan bahkan teknik ini menjadi yang paling populer digunakan. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur IMPORTXML dengan mengcopy expression XPath dan disalin pada command IMPORTXML.

5 Rekomendasi Web Scraping Tools 

Dari beberapa teknik di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa tools rekomendasi dari DomaiNesia. 

Tools ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau bisnis online yang sudah cukup besar untuk menentukan dan merancang strategi bisnis. Berikut tools yang bisa kamu manfaatkan.

Scrapy

Scrapy adalah salah satu framework Python yang digunakan untuk web scraping dengan skala yang besar. Beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan yaitu untuk mengekstrak data dari sebuah website, kemudian akan diproses, dan disimpan sesuai dengan format yang kamu inginkan seperti JSON, CSV, hingga XML. 

Scrapy bisa menghandle beberapa pekerjaan yang berulang seperti mencari link pada suatu halaman, mengidentifikasi perbedaan antara link internal dan eksternal, lalu menuju ke halaman lainnya. 

Meskipun Scrapy tidak sempurna namun framework ini cukup membantu memudahkan untuk web crawling.

Data Scraper

Jika Scrapy bisa menyimpan format menggunakan ekstensi JSON, CSV, hingga XML, Data Scrapper bisa menyimpan dalam format CSV dan XML. 

Kamu bisa mencoba tools ini dengan web scraping sebanyak 500 halaman gratis tanpa bayar sedikitpun. Jika kamu ingin menambah halaman, maka kamu harus upgrade ke premium.

Octoparse

Tools selanjutnya untuk web scrapping yaitu Octoparse. Tools ini dikenal cukup kuat dan memiliki performa yang cukup mumpuni untuk pekerja lepas atau bahkan perusahaan besar. 

Keunggulan Octoparse dibandingkan tools yang lain yaitu kemampuannya untuk mengektrak website bebasis AJAX, Javascript, hingga Cookie sekalipun. 

Parsehub

Parsehub menjadi salah satu tools yang cukup fleksibel karena kemampuannya yang bisa berjalan di beberapa OS seperti Windows, Linux, bahkan Mac OS sekalipun. 

Parsehub memiliki teknologi machine learning yang digunakan untuk membaca, menganalisis, dan mengubah dokumen web menjadi data bisnis yang relevan. Namun Parsehub merupakan tools yang berbayar.

Mozenda

Tools terakhir yang kami rekomendasikan yaitu Mozzenda. Mozenda merupakan tools web scraping berbasis cloud yang memiliki performa maksimal namun cara kerjanya sederhana. 

Bisa berjalan di berbagai OS, Mozenda juga bisa mengekspor data dalam ekstensi JSON, CSV, TSV, hingga XML.

web scraping
Sumber: Envato

Manfaat Web Scraping

Web scraping adalah metode yang bisa membantu kamu dalam membangun bisnis online. Banyak hal yang bisa kamu manfaatkan dengan menggunakan web scraping. Untuk itu akan kami jelaskan gambaran yang akan kamu dapatkan jika menggunakan web scraping ini.

Mengoptimasi produk

Sebagai seorang pelanggan, pasti sebelum membeli suatu produk kamu akan melihat ulasan dari produk tersebut terlebih dahulu. Ternyata ulasan produk sangat berpengaruh pada keputusan calon pembeli untuk mempertimbangkan produk kamu. 

Maka dari itu, kamu dapat melakukan analisis apa yang calon pelanggan kamu pikirkan tentang produk kamu agar sesuai dengan harapan mereka. 

Web scraping adalah salah satu caranya, karena kamu dapat dengan mudah untuk mengumpulkan data yang jumlahnya cukup besar lalu data tersebut akan dianalisis untuk menghasilkan apa yang kamu inginkan.  

Keputusan dalam berinvestasi

Web scraping adalah cara untuk menentukan keputusan dalam investasi. Kenapa? 

Karena metode ini digunakan untuk mengumpulkan data alternatif dalam menghindari resiko kegagalan berinvestasi dan hal ini bisa membantu dalam mendeteksi risiko yang tidak terduga dan peluang yang lebih potensial. 

Cara efektif untuk menguji dan mencari tahu history dari produk yang akan kamu investasikan yaitu dengan melakukan analisis data history. 

Hal ini bisa mengungkap keberhasilan dan kegagalan yang terjadi di masa lalu sehingga kamu bisa mempertimbangkan keputusan sebelum berinvestasi.

Pemantauan Produk

Pada bisnis online yang semakin kompetitif ini, reputasi dari produk kamu adalah kunci utama. Hal ini berguna untuk mengamati penilaian pasar terhadap produk kamu. 

Jika selama ini kamu masih menemukan kesulitan dalam menentukan harga produk, web scraping adalah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. 

Pada dasarnya pelanggan akan mau membayar berapapun jika produk yang kamu miliki dinilai sesuai dengan harapan mereka. 

Dengan web scraping kamu bisa memantau dan menilai bagaimana produkmu di pasaran dan kamu dapat dengan mudah menentukan harga yang akan kamu tawarkan.

Target Personal

Web scraping adalah cara untuk memudahkan kamu dalam menentukan cara apa yang akan kamu lakukan untuk melakukan promosi dan target personal yang akan kamu tuju. 

Biasanya data yang bisa kamu dapatkan dari web scraping berupa pendidikan calon pelanggan, perusahaan, jabatan mereka, jenis kelamin, dan masih banyak lagi. Dengan data tersebut kamu dapat menentukan strategi promosi yang efektif dan relevan.

Memonitor pesaing

Di masa pandemi seperti saat ini, tidak sedikit pelaku bisnis online juga merasakan imbas dengan menurunnya penjualan. Terlebih lagi dalam pasar digital sudah banyak pesaing dan hal itu membuat ruang digital menjadi makain sempit. 

Untuk itu kamu bisa mengumpulkan data pesaing kamu seperti cara mereka bekerja, produk yang mereka tawarkan, dan bahkan cara mereka mengolah produk tersebut. 

Web scraping adalah solusi untuk mendapatkan informasi tersebut sehingga kamu dapat menyusun strategi bisnis dan melakukan perubahan.

web scraping
Sumber: Envato

Sudah Siap Menggunakan Web Scraping?

Web scraping adalah metode yang dapat kamu gunakan untuk menyusun strategi, menentukan harga, dan memantau produk kamu di pasaran. 

Web scraping adalah metode yang dinilai cukup penting di dalam bisnis online. Dengan web scraping kamu dapat mempermudah mengumpulkan data dalam jumlah yang cukup besar dengan waktu yang singkat. 

Bagaimana setelah kamu sudah tau mengenai web scraping dan bahkan kami juga merekomendasikan tools yang bisa kamu coba, apakah tertarik menggunakannya? 

Tidak hanya menerapkan web scraping saja yang menjadi kunci kesuksesan bisnis, SEO juga berperan penting. 

SEO yang berkualitas dan cepat pasti membutuhkan hosting yang tepat. Untuk itu DomaiNesia menyediakan layanan hosting yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan optimasi SEO kamu.

Tunggu apa lagi? Yuk mulai berlangganan layanan hosting dari DomaiNesia!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!