• Home
  • Permulaan
  • Cara Custom Subdomain ke Blogger Melalui Client Area

Cara Custom Subdomain ke Blogger Melalui Client Area

Oleh Mutiara Auliya

Hi DomaiNesians! Pada panduan ini akan dibahas tentang cara custom subdomain ke blogger, lebih tepatnya mengenai bagaimana cara melakukan custom domain blogger menggunakan subdomain pada halaman MyDomaiNesia. Pada panduan sebelumnya, kita sudah mempelajari Cara Custom Domain Utama ke Blogger dan Cara Custom Subdomain di Cpanel. Lalu apa perbedaan pada panduan kali ini? Perbedaannya ada pada DNS Host Record Management yang digunakan dan record apa saja yang perlu dimasukkan. Pada panduan sebelumnya kita melakukan setting pada Zone Editor cpanel, maka saat ini akan kita coba setting pada DNS Host Record Management bawaan dari domain yang kamu miliki di dashboard MyDomaiNesia. Untuk mempermudah memahami settingan subdomain, silakan baca panduan mengenai MyDomaiNesia dan Membuat Subdomain di MyDomaiNesia terlebih dahulu. Untuk langkah-langkah settingnya langsung saja yuk kita ikuti panduan berikut ya.

Tahap Persiapan

  1. Pertama silakan login ke MyDomaiNesia kamu menggunakan login pada email yang dikirim saat pertama kali mendaftar.
  2. Pastikan domainnya sudah aktif. Kamu dapat melihat status domain yang ada di layanan kamu pada tab Domains.
  3. Pastikan DNS Host Record Management kamu sudah aktif dan paham cara menggunakannya, jika belum silakan baca panduan Cara Setting DNS terlebih dahulu.

Custom Subdomain ke Blogger

Adapun cara custom subdomain ke blogger yaitu,

1. Setting Subdomain pada Dashboard Blogger

Pertama silakan login pada ke halaman blogger.com, dan masukkan email dan password kamu. Untuk melakukan custom domain ke blogger, klik pada tab Settings dan cek pada bagian Publishing. Silakan klik tulisan custom domain.

Kemudian masukkan nama subdomain yang diinginkan untuk subdomain, misalkan catatan.websitesaya.net. Lalu klik Save

Pasti nanti muncul error seperti tampilan berikut. Jangan panik ya! Hal tersebut dikarenakan domain kamu belum dapat diverifikasi oleh pihak blogger. Untuk verifikasinya dengan menambahkan record unik yang dilampirkan oleh blogger kamu terlebih dahulu.

Bagaimana cara menambahkan record tersebut? Sebelumnya kita simpan dulu record unik dari google agar mempermudah dalam setting custom domain nantinya. Contoh record pada panduan kali ini adalah:

Pada kolom kiri nanti akan kita isikan pada bagian hostname, sedang kolom kanan akan kita isikan ke address/value pada DNS Manager domain.

2. Login ke MyDomaiNesia

Silakan buka MyDomaiNesia, lalu  masukkan username dan password kamu. Jika lupa passwordnya tenang, kamu dapat reset password dari dengan klik link lupa password pada halaman yang sama.

3. Memilih Domain

Setelah masuk ke dashboard MyDomaiNesia kamu, silahkan klik Domains. Kemudian pilih domain yang ingin kita setting ke blogger, dengan cara klik nama domain tersebut.

4. Masuk DNS Manager

Setelah memilih domain yang kita inginkan, berikutnya silakan klik tab DNS Management.Dalam DNS Management kamu bisa mengelola DNS record sesuai dengan kebutuhan.

5. Menambahkan Record dari Blogger

Langkah selanjutnya yaitu menambahkan CNAME Record di MyDomaiNesia kamu. Masukkan record unik dari google dan pastikan untuk memilih tipe CNAME Record, seperti contoh pada gambar di bawah. Silakan tambahkan DNS record dan klik Save Changes.

Setelah itu, jangan lupa masukkan host unik dan record unik dan klik Save Changes.

6. Memasukkan Kembali Subdomain/ URL Pihak Ketiga

Setelah selesai, silakan ditunggu beberapa saat sampai settingan CNAME tadi terpropagasi dengan baik dan dapat diverifikasi oleh pihak google maksimal 30 menit. Setelah itu coba reload browser atau coba tuliskan subdomain kembali dan klik Save.

Maka, error tidak akan lagi muncul. Itu artinya, custom domain sudah berhasil. Agar alamat blogger bisa langsung terarah, silakan aktifkan Redirect domain. 

Pastikan settingan dapat disimpan dengan baik, jika belum artinya Google belum dapat melakukan verifikasi domain anda dan memerlukan waktu lebih lama sampai dapat disimpan.

7. Melakukan Pengecekan

Jika sudah dapat disimpan, silakan lakukan pengecekan dengan mengakses nama subdomain kamu ya.

Kesimpulan

Custom subdomain ke blogger dapat dengan mudah dilakukan melalui Client Area DomaiNesia. Cukup dengan menambahkan CNAME dari google dan blogger kamu akan dapat diakses dengan subdomain yang kamu inginkan. Dengan custom domain, sekarang web kamu terlihat lebih lebih profesional. Hal ini juga bisa menjadi branding untuk website kamu. Jika mendapati kesulitan saat melakukan custom domain, jangan ragu untuk menghubungi tim support kami via live chat atau tiket 😀

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!