Home  »  Virtual Server   »   Cara Install OS di VPS

Cara Install OS di VPS

Last Update:

Hi DomaiNesians! Pada panduan ini akan dijelaskan tentang cara install OS di VPS. Salah satu perbedaan Hosting dan Virtual Private Server yaitu pemilihan OS yang digunakan. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan Hosting dan VPS, silahkan baca Apa Perbedaan Hosting dan VPS. Di Hosting, kamu tidak dapat memilih sistem operasi mana yang digunakan. Hosting yang bagus, biasanya akan menggunakan sistem operasi CloudLinux yang memiliki performa dan efisiensi tinggi. Sedangkan VPS atau biasa disebut Virtual Server, kamu bebas menggunakan sistem operasi (OS) yang digunakan. DomaiNesia menyediakan berbagai OS yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian bahkan custom ISO. Mengapa Semua OS Berbasis Linux? Perlu diketahui sistem operasi yang digunakan pada VPS biasanya berbasis Unix/ Linux. Dikutip dari w3Techs, sebanyak 68,2% website di dunia menggunakan Unix sebagai sistem operasi servernya. Kemudian disusul dengan Windows sebesar 31,8%.

Cara Install OS di VPS

Ada 2 cara install OS di VPS yaitu melalui halaman order VPS Murah (pada saat pertama kali kamu melakukan order VPS) dan melalui halaman client area DomaiNesia (my.domainesia.com).

Melalui Halaman Order VPS

Memilih sistem operasi pada VPS sebenarnya dapat kamu lakukan pada saat pertama kali order VPS di halaman https://www.domainesia.com/vm/. Setelah memilih paket VPS, silahkan klik Pesan. Kemudian pilih siklus, tulis hostname dan password, lalu pilih Operating System yang ingin digunakan. Kamu bisa pilih sistem operasi Ubuntu, Debian dan CentOS dengan berbagai versi. Kamu juga bisa menggunakan OS berbayar seperti CloudLinux yang ada di Hosting. Untuk mengetahui cara order VPS, silahkan baca Cara Order VPS Murah.

cara install OS di VPS

Melalui Halaman Client Area DomaiNesia

Cara install OS di VPS yang selanjutnya adalah melalui halaman client area DomaiNesia. Adapun langkahnya yaitu,

1. Login Client Area DomaiNesia (my.domainesia.com)

Buka https://my.domainesia.com pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

cara install OS di VPS

2. Memilih VPS

Setelah itu kamu akan diarahkan ke dashboard client area. Pada client area, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang dibeli. Untuk melakukan instalasi OS di VPS, silahkan klik Services. Pada bagian VM, silahkan pilih VM (VPS) yang ingin dilakukan instalasi OS.

cara install OS di VPS

3. Memilih Menu OS Reinstall

Tunggu sebentar maka akan diarahkan ke halaman dashboard VM. Arahkan pada kolom VM Management dan pilih menu OS Reinstall.

cara install OS di VPS

4. Memilih Sistem Operasi Yang Digunakan

Kemudian pilih OS yang kamu inginkan. Terdapat 4 sistem operasi Linux yang bisa dipilih seperti Ubuntu, CentOS, Fedora serta Debian. Kemudian pilih versi OS yang kamu mau.

cara install OS di VPS

5. Memasukkan Password

Setelah itu, silahkan tulis password baru VPS dan jangan lupa tulis ulang password. Pastikan kamu ikuti Tips Cara Agar Password Tidak Mudah Ditebak.

cara install OS di VPS

6. Reinstall OS di VPS

Jika sudah, silahkan klik Reinstall. Tunggu sebentar hingga proses reinstall selesai. Terdapat command box yang bertuliskan “The OS reinstall process has been started in the background”, lalu klik OK. Tunggu hingga proses loading selesai. Jika sudah, silahkan lakukan SSH untuk bisa masuk ke VPS. Untuk melakukan SSH ke VPS, kamu bisa baca Cara Akses SSH ke VPS.

Kesimpulan

Bagaimana? Cara install OS di VPS mudah kan? Di VPS, kamu bisa memilih sistem operasi yang kamu inginkan. Agar terbiasa dengan command Linux, kamu bisa baca 10 Perintah Linux Yang Harus Kamu Tahu. Untuk pengelolaan VPS, kamu bisa juga lho menambahkan Addons cPanel. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia ya! Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!