Home  »  Hosting   »   Cara Install Yarn di Hosting

Cara Install Yarn di Hosting

Last Update:

cara install yarn di hosting

Apa itu Yarn?

Yarn adalah suatu package manager buatan Facebook untuk sistem yang akan dibuat. Belum pernah mendengar package manager? Package manager adalah suatu paket instalasi, update, configure dan remove software. Jadi jika melakukan instalasi menggunakan package manager, kamu tidak perlu melakukan konfigurasi secara terpisah. Kamu hanya perlu memasukkan perintah tertentu seperti add ataupun install. Cara install Yarn di Hosting juga sangatlah mudah untuk pemula.

cara install yarn di hosting

Dengan Yarn, kamu bisa menggunakan dan membagikan kode yang kamu buat dengan developer lain di seluruh dunia. Dikutip dari Yarnpkg, Yarn di klaim lebih cepat, aman dan terpercaya. Jika ada masalah, kamu bisa melaporkan masalah tersebut dan berkontribusi dengan developer lainnya. Beberapa kode tersebut disebarluaskan melalui media yang biasa disebut “package” atau “module”. Setiap package berisi semua code yang dibagikan (disebut package.json). Sebenarnya yarn ini fungsinya hampir mirip dengan npm. Masih ingat apa itu npm? Npm adalah package manager untuk JavaScript yang biasa digunakan untuk melakukan beberapa instalasi software seperti Node.js, Express.js, dan sebagainya.

Apa Beda Yarn dan npm ?

Sebenarnya Yarn dan npm adalah sama-sama Javascript package manager. Dikutip dari KeyCDN, perbedaan Yarn dan npm terletak pada cara instalasi, kecepatan, security serta adanya lock file.

Instalasi Package Manager

Kamu harus melakukan instalasi npm secara berurutan. Artinya kamu tidak bisa melakukan langkah selanjutnya jika langkah sebelumnya belum selesai. Berbeda dengan Yarn, kamu bisa melakukan beberapa instalasi dalam satu waktu. Hal tersebut tentu saja lebih fleksibel dan lebih cepat.

Kecepatan

Yarn selalu lebih cepat jika dibandingkan dengan npm yang memiliki versi dibawah 5.0. Dikutip dari percobaan Scott Logic, Yarn masih lebih cepat jika dibandingkan dengan npm 4 dan 5.

Security

Yarn dianggap lebih aman dan secure daripada npm. Hal ini disebabkan Yarn hanya menjalankan package dari file yarn.lock atau package.json. Sedangkan npm menjalankan kode sistem dari berbagai dependensi. Selain itu, Yarn juga memberikan checksum sebelum melakukan instalasi.

Lock File

Yarn memiliki yarn.lock file untuk memudahkan user dalam menambahkan modul baru.

Cara Install Yarn di Hosting

Kamu bisa mengikuti step by step cara install Yarn di Hosting berikut ini.

1. Akses SSH ke Hosting

Untuk melakukan instalasi Yarn, kamu perlu akses ke server Hosting via SSH menggunakan Terminal atau Software PuTTy. Buat kamu pengguna Linux atau Mac, bisa menggunakan terminal. Buat kamu pengguna Windows, bisa menggunakan Software PuTTy. Apabila anda belum mengetahui caranya, silahkan baca di Panduan Cara Akses SSH. Silahkan tulis perintah berikut di Terminal/ PuTTy. Perlu diingat bahwa SSH hanya bisa dilakukan minimal Paket Hosting Super.

ssh username@controlpanelURL –p 64000

2. Install Yarn di Hosting

Untuk melakukan instalasi Yarn, silahkan tulis command berikut ini.

npm i yarn-install

cara install yarn di hosting

Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, jangan lupa aktifkan file yarn-install.js dengan perintah,

./node_modules/yarn-install/bin/yarn-install.js

3. Menambah Package Aplikasi

Oke, sekarang Yarn sudah berhasil terinstall. Lalu bagaimana cara menambah aplikasi pada Yarn? Kita tahu Yarn adalah package manager. Package manager adalah suatu paket instalasi, update, configure dan remove package software/aplikasi. Jadi, tentu saja kamu bisa menambahkan package/ modul di hosting dengan mudah melalui Yarn. Tulis perintah berikut ini,

yarn add nama package

Untuk daftar aplikasi bisa kamu cari di https://yarnpkg.com/en/packages.

cara install yarn di hosting

Sebagai contoh, pada panduan kali ini akan melakukan instalasi express.js menggunakan Yarn. Adapun caranya,

yarn add express

Untuk mengaktifkan express.js, silahkan tulis,

./node_modules/yarn-install/bin/yarn-install.js add express

4. Menghapus Package Aplikasi

Untuk menghapus package, silahkan tulis perintah berikut,

./node_modules/yarn-install/bin/yarn-install.js remove nama package

Misalnya: ./node_modules/yarn-install/bin/yarn-install.js remove express

Perbandingan Kecepatan Yarn dan NPM

Untuk membandingkan kecepatan Yarn dan NPM kamu bisa melakukan percobaan dengan menuliskan perintah berikut,

time npm install express

Perintah berikut untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan NPM untuk melakukan instalasi package express.js

Setelah itu, coba lakukan percobaan untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan Yarn untuk melakukan instalasi express.js.

time ./node_modules/yarn-install/bin/yarn-install.js add express

Dari hasil percobaan tadi, maka didapatkan kesimpulan bahwa Yarn memiliki kecepatan lebih dibandingkan NPM.

Kesimpulan

Terdapat beberapa package manager yang bisa kamu pilih antara lain NPM ataupun Yarn. Dari masing-masing package manager tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dari segi kecepatan, Yarn memang lebih unggul jika dibandingkan dengan npm yang memiliki versi dibawah 5.0. Cara install Yarn di Hosting juga lebih mudah karena bisa melakukan beberapa instalasi dalam satu waktu. Pengen punya hosting murah dengan kualitas terbaik? Coba ikuti Tips Memilih Hosting untuk Pemula agar kamu lebih tahu bagaimana hosting yang pas untuk kamu!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!