Panduan Membuat Subdomain Domain ID

cara membuat subdomain domain id

“Min, domain dan hosting saya terpisah. Saya membeli DOMAIN ID di DomaiNesia sedangkan Hostingnya saya beli di tempat lain. Apakah saya bisa membuat subdomain di DOMAIN ID saya? Bagaimana cara membuat subdomain DOMAIN ID ?”
Jawabannya, BISA!

Hi DomaiNesians! Gimana kabarnya? Akhir akhir ini sering ada pertanyaan nih dari customer tentang cara membuat subdomain DOMAIN ID .Jangan khawatir, caranya cukup mudah kok. Hampir sama seperti panduan sebelumnya tentang Cara Membuat Subdomain di Kontrol Panel Domain (khusus untuk DOMAIN TLD seperti .com, .net. dan sebagainya). Bagi anda yang membeli DOMAIN ID dan Hosting di DomaiNesia, anda juga dapat membuat Subdomain Melalui cPanel. Lalu, bagaimana jika saya hanya membeli DOMAIN ID di DomaiNesia? Tenang saja. Anda dapat membuat subdomain DOMAIN ID melalui Client Area Domain ID (http://myid.domainesia.com/)

Bagaimana Cara Membuat Subdomain DOMAIN ID ?

Caranya cukup simpel dan cukup mudah. Anda dapat melakukannya sambil menikmati secangkir teh hangat dan pisang goreng di sore hari *halah 😃. Apa saja yang dibutuhkan? Anda hanya membutuhkan email dan password DOMAIN ID saja kok. Hal tersebut berguna untuk login ke http://myid.domainesia.com/. Mau tahu lebih lengkapnya? Silahkan ikuti panduan berikut ini,

Step1- Login Kontrol Panel DOMAIN ID

Langkah pertama yaitu silahkan buka http://myid.domainesia.com/ melalui web browser. Anda akan diarahkan ke halaman Kontrol Panel DOMAIN ID. Setelah itu, klik tab Login lalu pilih Customer.
cara membuat subdomain domain idKemudian, tulis email serta password akun anda. Lalu klik Sign in. Maka anda akan segera di arahkan ke Kontrol Panel DOMAIN ID.
cara membuat subdomain domain id

Step2- Mengarahkan Nameserver

Nah, apabila email dan password yang anda masukkan benar maka akan langsung diarahkan ke halaman Kontrol Panel DOMAIN ID. Nah di dalam halaman ini terdapat beberapa nama domain yang anda beli. Pilih nama domain yang akan dibuat subdomainnya. Kemudian klik nama domain tersebut.
cara membuat subdomain domain idKemudian akan muncul pop up di bawah nama domain tersebut. Silahkan klik Manage. Hal ini bertujuan karena untuk membuat subdomain anda harus melakukan manage DNS terlebih dahulu.
cara membuat subdomain domain idNamun sebelum melakukan Manage DNS, anda harus memastikan bahwa nameserver telah benar. Pada bagian Nameserver pastikan Nameserver untuk DOMAIN ID yaitu:

Apabila belum, silahkan klik Edit. Lalu tambahkan Nameserver seperti gambar berikut.
cara membuat subdomain domain id

Step3- Manage DNS

Setelah nameserver diatur dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah melakukan Manage DNS. Pada bagian Addons Services terdapat 2 pilihan yaitu Managed DNS dan Domain Forwarding. Untuk mengatur DNS apabila statusnya belum “active” atau belum hijau silahkan klik activate terlebih dahulu. Jika status Managed DNS telah “active” (berwarna hijau) maka silahkan klik manage.
cara membuat subdomain domain idKemudian silahkan klik Add New Record untuk menambahkan subdomain.
cara membuat subdomain domain idNah di sinilah subdomain dapat dibuat pada DOMAIN ID yang anda miliki. Tentukan dahulu nama subdomain yang ingin dibuat sebagai contoh blog.namadomainsaya.id atau yang lain. Kemudian pada kolom domain, silahkan isi dengan subdomain yang diinginkan. Tulis nama depannya saja misalnya “blog”. Lalu pada TTL dan Class biarkan default saja. Kemudian pada kolom Record Type silahkan pilih “A”. Kemudian pada kolom IP or Hostname silahkan tulis IP dari hosting/ server yang anda miliki. Setelah semua selesai maka klik Save.
cara membuat subdomain domain idSilahkan tunggu sebentar. Voila! Subdomain telah berhasil dibuat.

Closing

Bagaimana? Anda telah mengetahui cara membuat subdomain DOMAIN ID sekarang. Mudah bukan? Prinsipnya hampir sama ya DomaiNesians. Anda hanya perlu mengarahkan nameserver terlebih dahulu kemudian melakukan “manage DNS”. Yaitu dengan menambahkan record yang baru. Tulis subdomain yang diinginkan beserta IP hosting dan subdomain pada DOMAIN ID telah sukses dibuat! DomaiNesia merupakan penyedia domain murah dan hosting terbaik di Indonesia. Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi Kami! Terima kasih telah menggunakan layanan DomaiNesia! 💐

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles