Panduan Siklus Domain ID

Hi DomaiNesians!
Tahukah anda bahwa domain juga punya siklus? Yaps, siklus yang dilalui oleh domain dinamakan siklus domain. Domain memiliki siklus layaknya makhluk hidup lho. Domain ID dapat berstatus aktif, auto renewal period, redemption period serta pending delete. Apa sih perbedaan dari 4 siklus domain ID tersebut? Yuk intip yuk agar anda lebih jelas ๐Ÿ˜€

1.Aktif

Domain akan berstatus aktif ketika anda telah melakukan pembayaran sesuai invoice. Serta melengkapi persyaratan upload dokumen untuk domain ID. Untuk mengetahui cara upload dokumen aktivasi domain ID silahkan baca Panduan Upload Dokumen. Nah, setelah selesai melengkapi persyaratan yang diminta, secara otomatis domain anda akan berstatus aktif. Masa aktif domain ini tergantung durasi yang anda pilih ya DomaiNesians ๐Ÿ™‚ Bisa 1 tahun atau 2 tahun tergantung kebutuhan saja.

2.Auto Renewal Period

Setelah masa aktif domain ID telah habis maka domain akan kadaluarsa (expired). Nah, anda sudah tidak dapat menggunakan domain ini kecuali anda melakukan perpanjang domain. Siklus ini disebut dengan Auto Renewal Period. Adapun masa Auto Renewal Period ini yaitu 35 hari setelah tanggal domain expired. Perlu diingat bahwa dalam periode 35 hari ini, domain masih bisa diperpanjang. Jadi, apabila domain ID anda masuk ke dalam siklus ini, segera lakukan perpanjang domain!

3.Redemption Period

Yes, domain juga memiliki Redemption Period. Udah kayak judul film- film aja ya redemption wkwk ๐Ÿ˜€ Redemption Period untuk siklus domain ini yaitu 30 hari dari tanggal berakhir masa Auto Renewal Period. Pada masa ini, domain tidak dapat diakses dan telah di hapus oleh sistem. Domain hanya dapat diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses โ€œrestoreโ€ dengan tambahan biaya denda.ย Bagaimana caranya? Anda dapat mengirimkan surat permohonan restore ke DomaiNesia.

4.Pending Delete

Nah, setelah melalui Masa Redemption Period, domain anda akan mengalami masa Pending Delete. Masa Pending Delete yaitu 7 hari dari tanggal berakhir masa redemption period. Nah, apabila domain .ID telah memasuki masa ini maka anda harus bersiap- siap untuk kehilangan domain ๐Ÿ™ Anda tidak dapat melakukan perpanjangan domain lagi. Domain tersebut akan tersedia setelah masa 7 hari pending delete berakhir. Anda dapat memperoleh domain ID ini seperti awal mula order domain baru. Yaitu harus melalui beberapa tahapan seperti melakukan order domain di https://www.domainesia.com/domain/ terlebih dahulu, kemudian melakukan upload dokumen persyaratan domain .ID.

Masih Bingung?

Jangan bingung ya DomaiNesians ๐Ÿ™‚ Jadi begini, ketika anda sudah selesai melakukan order domain ID dan mengupload dokumen syarat aktivasi maka domain anda telah berstatus AKTIF. Domain memiliki masa kadaluarsa (expired) tergantung durasi pada saat pemesanan domain di awal dulu. Nah setelah domain expired maka akan memasuki Masa Auto Renewal Period. Pada masa ini, anda harus melakukan perpanjangan domain. Ingat! Masa Auto Renewal Period hanya 35 hari. Untuk itu segera lakukan perpanjangan domain! Setelah itu, domain anda akan memasuki Masa Redemption Period. Pada masa ini, domain sudah tidak dapat diakses dan diperpanjang. Namun, anda dapat melakukan restore domain untuk mengembalikan domain. Tentunya ditambah dengan biaya denda. Terakhir, apabila domain tidak ada perpanjangan ataupun tidak ada restore sama sekali maka domain akan masuk ke Masa Pending Delete selama 7 hari. Artinya, domain sudah tidak dapat dikembalikan lagi atau akan dihapus. Anda dapat memperoleh domain yang sama persis dengan melakukan order domain baru.

Tanggal berakhir domain (sesuai durasi) + 35 hari auto renew period + 30 redemption period + 7 hari pending delete

Ayo segera perpanjang domain! Jangan sampai domain telah expired (kadaluarsa), anda baru melakukan perpanjang domain! Anda bisa kok melakukan perpanjang domain secara otomatis. Bingung caranya? Silahkan baca Panduan Perpanjang Masa Aktif Domain Secara Otomatis. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghungi Tim Support Kami melalui kirim tiket, melalui email support@domainesia.com, atau via chat. Salam DomaiNesia!ย ๐Ÿ˜Š

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles