Cara Membuat VPN di Cloud VPS

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Membuat VPN – Pernahkah kamu mendengar istilah VPN atau Virtual Private Network? Mungkin kamu pernah menggunakan VPN saat ingin membuka akses website yang diblokir atau mencari koneksi internet yang aman. Nah, pada panduan kali ini akan membahas mengenai cara membuat VPN di Cloud VPS. Di Cloud VPS DomaiNesia, kamu bisa membuat VPN sendiri. Cukup dengan menggunakan OpenVPN Access Server.

Tahap Persiapan

  1. Memiliki Cloud VPS. Karena panduan cara membuat VPN kali ini digunakan untuk Cloud VPS. Maka kamu harus memiliki Cloud VPS terlebih dahulu. Jika belum punya, langsung saja order Cloud VPS terbaik di Indonesia.
  2. Memiliki Akses Root Cloud VPS. Untuk cara membuat VPN di Cloud VPS, kamu harus memiliki akses root Cloud VPS.
  3. Pastikan Cloud VPS Running. Sebelum melakukan cara membuat VPS, kamu harus memastikan bahwa Cloud VPS dalam keadaan aktif atau running. Di Cloud VPS DomaiNesia, status Cloud VPS dapat dilihat pada dashboard Cloud VPS. Apabila status running itu artinya Cloud VPS sudah berjalan. Atau kamu juga bisa jalankan perintah berikut.

    Maka akan muncul hasil seperti gambar di bawah ini.
  4. Melakukan Update CentOS. Agar proses cara membuat VPN dapat berjalan lancar dan menghindari adanya error silahkan update CentOS terlebih dahulu dengan menjalankan perintah :

Cara Membuat VPN di Cloud VPS

Dengan menggunakan OpenVPN Access Server di Cloud VPS, kamu akan secara langsung akan membuat VPN. Tidak perlu melakukan konfigurasi yang rumit. Hanya dimulai dengan mengakses SSH Cloud VPS kemudian install OpenVPN Access Server dan yang terakhir install OpenVPN Connect. Yuk, langsung saja untuk cara membuat VPN di Cloud VPS adapun langkah-lahkahnya sebagai berikut.

Catatan : Panduan ini ditujukan untuk penggunaan VPN pribadi, jika Cloud VPS digunakan untuk VPN public dan menggunakan sumber daya yang berlebih maka akan ada tindakan dari tim kami sesuai TOS.

1. Mengakses Root Dengan SSH

Langkah pertama pada cara membuat VPN di Cloud VPS yang pertama adalah mengakses root Cloud VPS menggunakan SSH. Apabila kamu menggunakan Cloud VPS DomaiNesia, kamu cukup membuka dashboard Cloud VPS melalui halaman MyDomaiNesia.


Setelah itu silahkan masuk ke menu Services dan pilih Cloud VPS. Mengakses SSH pada Cloud VPS tergantung sistem operasi yang digunakan. Jika kamu menggunakan Linux kamu bisa langusng menggunakan Terminal. Namun jika kamu menggunakan Windows, kamu harus menginstall PuTTy terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti panduan Cara Remote Cloud VPS.

2. Install OpenVPN Access Server di CentOS

Setelah berhasil masuk SSH, langkah cara membuat VPS selanjutnya adalah melakukan instalasi OpenVPN Access Server di Cloud VPS CentOS. Pertama- tama kamu harus menambahkan repository dari OpenVPN Accesss Server terlebih dahulu dengan command berikut.

Apabila kamu sudah menambahkan repository OpenVPN Access Server, silahkah langsung saja install OpenVPN Access Server dengan menjalankan perintah di bawah ini.

Tunggu proses hingga selesai ya DomaiNesians.

3. Membuat Akun Interface OpenVPN

Langkah ketiga pada cara membuat VPN selanjutnya adalah membuat akun agar kamu dapat mengakses interface OpenVPN Access Server. Dengan interface OpenVPN Access Server, kamu dapat dengan mudah melakukan konfigurasi VPN. Username default untuk login adalah dengan menggunakan openvpn. Maka dari itu untuk mempermudah konfigurasi kamu bisa gunakan username default saja. Lalu kamu harus melakukan konfigurasi password untuk username, dengan menjalankan perintah di bawah ini.

Kamu bisa mengisi password OpenVPN Access Server sesuai yang kamu inginkan.

4. Mengakses Interface OpenVPN Access Server

Step cara membuat VPN selanjutnya adalah mengakses interface OpenVPN Access Server. Untuk mengaksesnya kamu bisa akses url Admin UI yang dapat kamu lihat saat menjalankan perintah yum -y install openvpn-as tadi. Silahkan copy URL Admin UI kemudian paste ke web browser maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
cara membuat vpn
Kamu bisa login dengan menggunakan username openvpn dan password yang telah dikonfigurasi pada step sebelumnya. Lalu klik Sign in.

Apabila kamu mengakses halaman admin OpenVPN Access Server untuk pertama kalinya akan ditampilkan halaman License Agreement, silakan klik Agree.

Yeay! Install OpenVPN Access Server di Cloud VPS telah berhasil dilakukan. Lalu kamu akan melihat halaman Dashboard Admin. Pada Dashboard Admin kamu bisa melakukan konfigurasi VPN dengan mudah.

5. Menghubungkan VPN ke Cloud VPS

Setelah VPN telah dibuat di OpenVPN Access Server, langkah terakhir pada panduan cara membuat VPN kali ini adalah menghubungkan VPN ke Cloud VPS dengan menggunakan OpenVPN Connect. Kamu bisa copy URL Client UI yang dapat kamu lihat saat menjalankan perintah yum -y install openvpn-as tadi.

Kemudian paste ke web browser, tampilan brower akan berubah menjadi halaman login OpenVPN Access Server.

Setelah itu masukkan username dan password OpenVPN Access Server tadi. Pada panduan kali ini menggunakan username dafult openvpn. Lalu, silahkan download OpenVPN Connect sesuai dengan sistem operasi device.

Kemudian kamu bisa buka software OpenVPN Connect di device, dan tambahkan VPN yang tadi dibuat dengan cara klik ikon plus seperti gambar di bawah ini.
Setelah itu, pilih tab URL dan isikan URL Client UI pada kolom URL. Jika sudah klik Next.


Maka dari OpenVPN akan memberikan konfirmasi, kamu bisa langsung klik Accept. Selanjutnya kamu harus mengisi username dan password agar bisa menghubungkan VPN ke Cloud VPS. Kamu bisa mengisi username dan password sesuai dengan keinginan. Pada kolom Profile Name dan Port bisa kamu kosongi saja serta dilanjutkan klik Import.


Lalu dari OpenVPN akan memberikan konfirmasi lagi, kamu bisa langsung klik Accept. Yeay! kamu telah berhasil menghubungkan VPN dengan Cloud VPS. Kamu akan berada di dashboard koneksi VPN seperti gambar di bawah ini.


Untuk testing apakah VPN yang kamu buat sudah terhubung dengan Cloud VPS, silahkan buka google.com kemudian tulis What is my ip pada kolom pencarian. Apabila IP yang muncul adalah IP Cloud VPS, itu artinya kamu telah berhasil menyelesaikan panduan cara membuat VPN di Cloud VPS.

Kesimpulan

Nah dengan adanya OpenVPS Access Server ini, cara membuat VPN sendiri lebih jadi mudah. Kamu tidak perlu konfigurasi dengan rumit. Kamu bisa lakukan mulai dari install OpenVPS Access Server di Cloud VPS hingga menghubungkan VPN ke Cloud VPS. Jadi buat kamu yang ingin membuat VPN sendiri, langsung saja ikuti panduan diatas ya DomaiNesians.

Baca Juga : Belajar Konfigurasi CentOS 7 Pada Cloud VPS 

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!