• Home
  • Email
  • Cara Mencegah Email Spam Masuk Ke Email

Cara Mencegah Email Spam Masuk Ke Email

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Cara Mencegah Email Spam Masuk ke Email – Sekarang ini, pengiriman email sudah menjadi kebutuhan di semua kalangan. Karena memang pengiriman menggunakan email ini dianggap efektif dan efisien. Tanpa harus mengeluarkan uang dan buang- buang tenaga, pesan bisa sampai ke penerima dengan cepat. Namun, tidak semua email merupakan email yang baik. Maksudnya ada beberapa email yang digunakan untuk kepentingan yang merugikan masyarakat. Itulah yang dinamakan email spam. Kebanyakan email spam sangat merugikan. Mulai dari berkurangnya kapasitas inbox email sehingga susah untuk menemukan email penting, hingga tampilan email yang tidak nyaman dipandang mata.

Apa sih Email Spam itu ?

Email Spam atau pesan sampah adalah email yang dikirimkan kepada orang lain secara acak dan terus menerus dengan tujuan tertentu. Seperti saat kamu mendapatkan pesan SMS dari orang tidak dikenal yang berisikan pesan seperti promosi, undian, penawaran, hingga penipuan. Ketika kamu mendapatkan email spam, tentunya kamu akan merasa tidak nyaman atau merasa terganggu dan bisa mengurangi kapasitas inbox email. Kamu bisa mendapatkan email spam dari spammer di seluruh dunia. Sekarang ini, email spam juga digunakan untuk cyber attack seperti menyebarkan virus, malware. Itu akan terjadi secara instan saat kamu membuka email spam.

Macam-macam Email Spam

Beberapa jenis email spam yang harus kamu ketahui antara lain :

1. Email Promosi

Email spam yang bertujuan untuk melakukan promosi baik produk maupun jasa. Melalui email spam ini spammer berharap bahwa orang-orang mengenal produk yang mereka tawarkan. Biasanya email promosi dilakukan oleh usaha-usaha yang baru memulai usaha.

2. Email Undian

Email undian adalah email yang berisi perihal undian. Bisa berupa email undian hadiah atau yang lain. Misalnya “Selamat! Kamu baru saja mendapatkan hadiah undian bulanan dari X sebesar Y rupiah!”. Kalau tidak hati-hati, kamu bisa terjebak ke dalam email spam undian ini. Jika spammer memiliki kepentingan yang jahat, mereka akan menyuruh kamu untuk mengirimkan informasi pribadi dan kamu akan sukarela mengirimkan informasi itu.

3. Email Penawaran

Email penawaran yang dikirimkan biasanya tawaran hutang dengan bunga kecil atau tawaran kredit. Selain itu juga bisa tawaran suatu produk tertentu yang menarik perhatian pembaca email.

4. Email Penipuan

Email spam untuk tujuan penipuan banyak ditemukan. Modus penipuan yang dilakukan juga sangat beragam. Misalnya meminta uang, biaya tambahan sesuatu. Hal- hal seperti itu pastinya sangat mengganggu.

5. Email Phising

Contoh dari email spam phising ini misalnya spammer mengirimkan email yang berisi bahwa kamu sebagai penerima email telah memenangkan hadiah. Nah, di dalam email tersebut disisipkan link atau URL ke situs tertentu dan kamu disuruh untuk melakukan login. Ketika URL tersebut diakses dan kamu mulai login, maka spammer mengetahui informasi akun login kamu secata otomatis.

Dari mana Spammer Mendapatkan Email ?

Biasanya spammer mendapatkan email dari :

  • Saat menulis alamat email kamu di dalam Website yang bisa diakses oleh publik. Misalnya website pribadi, sosial media
  • Saat kamu berlangganan berbagai majalah online dan kamu setuju pada agreement tanpa dibaca terlebih dahulu. Pada agreement terdapat pernyataan bahwa kamu setuju untuk menerima email promosi
  • Saat kamu menerima dan membuka email dari orang yang tidak dikenal yang emailnya memiliki format HTML
  • Keamanan pada browser kamu disetting untuk menerima cookies dan controls

Cara mencegah Email Spam masuk ke email

Kamu bisa lakukan beberapa cara mencegah email spam masuk ke email dengan cara :

  • Memiliki alternatif alamat email lain. Paling tidak kamu harus punya 2 sampai 3 alamat email
  • Kamu bisa membuat alamat email yang sulit ditebak oleh spammer
  • Kamu bisa tandai email misterius yang diduga sebagai email spam dan laporkan spam
  • Jangan tulis alamat email kamu di website dan sosial yang bisa diakses oleh publik
  • Budayakan membaca Terms & Conditions ketika saat ingin berlangganan. Jika ada tawaran untuk promosi melalui email, kamu bisa hindari.
  • Hindari pengggunaan autoresponder. Dengan autoresponder, spammer akan mengetahui bahwa email spam yang dikirim sampai ke alamat email yang benar, sehingga dia akan terus mengirimi spam ke alamat email kamu.
  • Jangan sembarangan melakukan klik link, gambar atau attachment yang kamu terima dari orang yang tidak dikenal.

Kesimpulan

Jika kamu ingin mencegah email spam masuk ke email, kamu bisa lakukan beberapa cara yang sudah dijelaskan tadi. Mulai dari memiliki alternatif alamat email hingga tidak sembarangan membuka atau mengakses link yang dikirimkan melalui email. Segera lakukan cara mencegah email spam masuk ke email, sebelum email kamu dipenuhi dnegan email spam.

Baca Juga: Penyebab Email Spam Masuk ke Folder Spam

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!