Home  »  Permulaan   »   Cara Menggunakan Plugin Really Simple SSL

Cara Menggunakan Plugin Really Simple SSL

Last Update:
5/5 (1)


Hi DomaiNesians! Anda pernah bingung kenapa website setelah diinstall SSL namun belum muncul green lock atau tulisan Secure? Hal tersebut bukan berarti anda salah dalam proses instalasi SSL. Kemungkinan website anda masih memiliki mixed content. Hal ini perlu diperbaiki, karena browser akan memberikan segala macam peringatan yang mungkin akan membuat pengunjung anda pergi. Hal ini dikarenakan terdapat tanda “!” yang artinya website tidak aman. Sebagai contoh,

Website ini masih memiliki mixed content. Ciri-cirinya yaitu terdapat tanda”!” . Artinya, website anda sudah terinstall SSL namun belum sempurna. Ada beberapa elemen yang menyebabkan SSL tidak berjalan sempurna sebagaimana mestinya.
cara menggunakan really simple SSL

Jika SSL sudah dilengkapi dengan Green lock dan bertuliskan Secure, artinya website sudah aman. Pada panduan ini akan dijelaskan cara menggunakan plugin really simple SSL.

Apa Itu Mixed Content?

Mixed content terjadi ketika website dimuat melalui koneksi HTTPS yang aman, namun ada beberapa elemen lainnya (seperti gambar, video, stylesheet, script) masih dimuat melalui koneksi HTTP yang tidak aman. Disebut mixed content karena konten HTTP dan HTTPS dimuat untuk menampilkan halaman yang sama, dan permintaan awal diamankan melalui HTTPS. Sebenarnya, SSL sudah terinstall namun belum sempurna. Ada beberapa mixed content yang menyebabkan protokol HTTPS tidak melakukan proses enkripsinya dengan baik. Biasanya, web browser akan menampilkan peringatan untuk menunjukkan kepada pengguna bahwa halaman ini masih merupakan situs website yang tidak aman.

Menggunakan Plugin Really Simple SSL

Bagaimana caranya untuk memperbaiki mixed content pada wordpress? Anda bisa gunakan Plugin Really Simple SSL di WordPress. Memasang plugin Really Simple SSL merupakan salah satu cara yang paling mudah, plugin ini akan memperbaiki mixed content secara otomatis. Berikut ini cara install dan menggunakan plugin really simple SSL pada wordpress.

1. Login Dashboard Admin WordPress

Untuk login ke dashboard admin wordpress umumnya mengakses namadomain.com/wp-admin.

cara menggunakan really simple SSL

2. Install Plugin Really Simple SSL

Setelah login, anda akan diarahkan ke dashboard admin wordpress berikut ini.

3. Memilih Menu Plugins

Silakan pilih menu plugins kemudian add new

cara menggunakan really simple SSL

4. Melakukan Instalasi Plugin Really Simple SSL

Input pencarian dengan ketik Really Simple SSL kemudian klik install now

cara menggunakan really simple SSL

5. Mengaktifkan Plugin Really Simple SSL

Sebelum menggunakan plugin really simple SSL silakan klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin.

6. Konfigurasi Plugin Really Simple SSL

Untuk melakukan konfigurasi silakan Anda klik settings

cara menggunakan really simple SSL

Setelah pilih settings Anda diarahkan ke pengaturan plugin really simple SSL kemudian klik menu Settings kembali, laluenable mixed content fixer kemudian klik Save

Setelah itu pilih menu Configuration, kemudian klik Go ahead, activate SSL!

Jika muncul seperti gambar berikut, artinya proses memperbaiki mixed content telah sukses!

cara menggunakan really simple SSL

Sekarang silakan akses website anda kembali di web browser. Viola! Green lock serta bertuliskan Secure sudah muncul, artinya website sudah aman.

cara menggunakan really simple SSL

Kesimpulan

Pada dasarnya SSL merupakan suatu protokol atau jalur antara website dan web browser. Nah, biasanya jalur tersebut sangat rentan terhadap indikasi pencurian data, website dihack dan tindakan peretasan lainnya. Fungsi dan manfaat utama dari SSL tentu saja melindungi website dari tindakan peretasan atau hacking serta melindungi data penting yang ada di dalam website. Selain itu website yang menggunakan SSL dinilai lebih baik oleh algoritma Google. Efeknya, website Anda akan terlihat lebih terpercaya di mata pengunjung sehingga ranking di mesin pencari dapat meningkat. Apakah anda belum memasang SSL di website? Yuk buruan cek SSL murah DomaiNesia. Jika bingung memilih tipe SSL yang sesuai kebutuhan Anda bisa baca tips memilih SSL Murah DomaiNesia tidak perlu khawatir pemasangan SSL akan dibantu oleh tim support kami.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!