Home  »  Hosting   »   Cara Menggunakan SFTP

Cara Menggunakan SFTP

Last Update:

Hi DomaiNesians!
Untuk urusan upload dan download file website, tentunya anda sudah tidak asing dengan istilah FTP atau File Transfer Protocol. FTP merupakan salah satu protokol internet yang berguna untuk melakukan proses upload dan download file antara FTP Client dan FTP Server. Namun, tahukah anda masih terdapat protokol lain yang lebih “secure” atau aman dibandingkan dengan FTP? Suatu protokol internet yang menggunakan teknik enkripsi pada setiap proses pertukaran datanya? Jawabannya, ada. Protokol tersebut bernama SFTP (Secure File Transfer Protocol). Berikut akan dijelaskan cara menggunakan SFTP step by step.

Apa itu SFTP?

SFTP atau Secure File Transfer Protocol merupakan salah satu protokol internet yang berfungsi untuk melakukan proses upload dan download file website dengan lebih aman. Mengapa lebih aman? Karena SFTP merupakan kombinasi dari FTP dan SCP. SCP yang merupakan singkatan dari Secure Copy berfungsi untuk proses transfer data dengan menggunakan protokol SSH. Sehingga, proses upload dan download file website antara FTP server dan FTP client menjadi lebih aman karena koneksi yang terenkripsi. Oiya karena menggunakan protokol SSH untuk lalu lintas transfer file, maka pastikan hosting anda telah support akses SSH! Bagi anda yang menggunakan hosting di DomaiNesia, akses SSH dapat dinikmati pada Paket Hosting Super keatas.

Apa Perbedaan FTP dengan SFTP?

FTP menggunakan port 21 dan tidak melalui protokol SSH dalam proses transfer datanya. Sedangkan SFTP menggabungkan FTP dengan SCP. Sehingga lebih aman karena proses transfer datanya melalui koneksi yang terenkripsi. Port yang digunakan SFTP yaitu port 22.

Bagaimana Cara Menggunakan SFTP?

1. Memilih Akun FTP

Adapun cara menggunakan SFTP sangatlah mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu login ke cPanel melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Setelah itu pada form pencarian ketikkan “FTP Account”. Kemudian pilih FTP Accounts.
cara menggunakan sftp
Setelah itu silahkan scroll ke bawah. Pada bagian Special FTP Accounts, pilih akun FTP yang anda inginkan. Kemudian klik Configure FTP Client.
cara menggunakan sftp

2. Konfigurasi FTP Client

Setelah memilih akun FTP, hal yang harus anda lakukan yaitu konfigurasi FTP Client. Setelah anda klik Configure FTP Client maka akan muncul seperti gambar. Terdapat FTP username, FTP server serta FTP port apabila anda memerlukan setting secara manual. Untuk memilih SFTP, maka pada kolom Configuration Files pilih FTP Client yang anda inginkan. Anda dapat memilih FileZilla, CoreFTP ataupun Cyberduck. Namun, pada panduan kali ini akan menggunakan FileZilla. Maka dari itu, silahkan klik SFTP Configuration File.
cara menggunakan sftp
Silahkan tunggu sebentar hingga proses download file .xml selesai. File ini nantinya akan di import pada FTP Client yang telah anda pilih tadi.
cara menggunakan sftp

3. Buka FTP Client (FileZilla)

Pada step ini, anda diminta untuk melakukan import file .xml ke FileZilla. Pertama- tama silahkan buka FileZilla terlebih dahulu. Lalu pilih Menu File. Kemudian klik Import. Pilih file .xml yang telah di download tadi. Setelah itu klik OK.

4. Melakukan Auto Connect to Host

Setelah proses import file .xml berhasil maka sekarang anda tinggal melakukan Auto Connect to Host. Klik icon Open the Site Manager.
cara menggunakan sftp
Pastikan pada kolom Host diisi nama domain. Dengan protokol yang digunakan adalah SFTP dan port 64000. Setelah itu klik Connect. Lalu masukkan password FTP. Setelah itu klik OK.
cara menggunakan sftp

5. Upload dan Download File

Voila! Anda telah berhasil menggunakan SFTP. Anda dapat melakukan transfer data/ file dengan aman sekarang. Untuk melakukan proses upload dan download file website silahkan membaca Panduan Upload dan Download File Website Melalui FileZilla.
cara menggunakan sftp

Closing

SFTP merupakan salah satu protokol yang berguna untuk proses upload download file website dengan aman karena koneksinya terenkripsi. Adapun cara menggunakan SFTP di DomaiNesia sangat mudah. Sama halnya seperti FTP, anda dapat menggunakan FTP Client ataupun web browser. Oiya, pastikan hosting anda telah support SSH sebelum melakukan koneksi dengan SFTP. Di DomaiNesia, akses SSH didapatkan bagi anda yang memiliki Hosting Super keatas. Untuk melihat paket hosting apa saja yang Kami tawarkan, silahkan kunjungi Paket Hosting Murah DomaiNesia.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!