Home  »  Domain   »   Panduan Merubah Domain Utama Akun cPanel

Panduan Merubah Domain Utama Akun cPanel

Last Update:

Introduction

Pernahkah anda merasa bosan dengan domain utama yang anda miliki? Pernahkah anda berpikir untuk menjadikan addon domain (domain tambahan) sebagai domain utama? Misalnya sebagai contoh, domain utama adalah domain1.com dan addon domain adalah domaintambahan.com. Apabila iya, maka anda harus menunggu hingga domain utama expired terlebih dahulu. Hingga kemudian anda dapat merubah domain utama akun cPanel.

Apakah Add On Domain Akan Hilang Ketika Domain Utama Expired?

Tidak. Addon domain tidak akan hilang ketika domain utama telah expired. Kecuali addon domain tersebut menggunakan nameserver dari domain utama. Untuk itu, selalu arahkan addon domain ke hosting DomaiNesia terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di Panduan Menambahkan Add-On Domain (Domain Tambahan)

Bagaimana Cara Merubah Domain Utama?

Untuk menjadikan addon domain sebagai domain utama sangatlah mudah. Namun anda memerlukan akses ke WHM. Bagi pemilik Virtual Server yang memiliki akses WHM, anda dapat melakukan perubahan ini sesuai langkah berikut. Jangan khawatir bagi pemilik hosting maupun Virtual Server yang tidak memiliki akses ke WHM. Kami Tim DomaiNesia siap membantu dengan senang hati. Jangan ragu untuk mengirimkan tiket kepada Kami πŸ™‚

Bagi anda yang memiliki akses ke WHM, silahkan lakukan langkah berikut ini,

1. Backup Data

Lakukan backup data dengan cara klik Full Backup pada cPanel. Untuk mengetahui cara backup data, anda dapat membaca Panduan Backup Data di cPanel.

2. Hapus Addon Domain di cPanel

Login ke cPanel terlebih dahulu sesuai dengan email yang dikirim DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Setelah itu pada form pencarian ketikkan β€œaddon domain”. Setelah itu pilih Addon Domain. Maka anda akan diarahkan ke halaman Addon Domain. Hapus addon domain yang ingin anda jadikan domain utama. Misalnya domaintambahan.com (addon domain) akan diubah menjadi domain utama. Maka, silahkan hapus domaintambahan.com.

3. Memodifikasi Akun Sesuai Addon Domain

Silahkan login ke WHM. Setelah itu pilih Account Functions dan klik Modify Account. Pilih domain utama yang telah expired misalnya domain1.com. Kemudian klik Modify. Lalu ganti domain utama tersebut (domain1.com) dengan addon domain yang telah dihapus pada cPanel tadi (domaintambahan.com)

4. Memindahkan Subdirectory Addon Domain

Setelah diubah maka anda dapat memindahkan subdirectory addon domain tadi (domaintambahan.com) ke folder public_html. Hal ini dimaksudkan agar addon domain tadi menjadi domain utama ketika diakses oleh user.

5. Konfigurasi Ulang

Karena domain utama telah berubah, otomatis anda juga harus melakukan konfigurasi ulang mengenai alamat email, FTP dan sebagainya. Anda juga dapat merubah usernamenya. Namun, apabila anda merubah username beserta password maka jangan lupa untuk konfigurasi ulang pada databasenya.

Closing

Anda dapat merubah domain utama akun cPanel dengan addon domain yang ada. Pada saat domain utama telah expired, addon domain masih tetap bertahan. Anda dapat memanfaatkan keberadaan addon domain untuk menjadi domain utama. Namun, untuk melakukan perubahan ini diperlukan akses ke WHM. Bagi anda yang tidak memiliki akses ke WHM, silahkan untuk mengirimkan tiket kepada Tim DomaiNesia. Kami akan dengan senang hati membantu permasalahan anda πŸ™‚


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!