Home  »  Permulaan   »   Panduan Pencairan Komisi Afiliasi

Panduan Pencairan Komisi Afiliasi

Last Update:

cara pencairan komisi afiliasi

“Kak, saya ikut program afiliasi DomaiNesia. Nah, gimana ya cara pencairan komisi afiliasi nya?”

Hi DomaiNesians! Pada udah ikutan program afiliasi DomaiNesia? Yaps, DomaiNesia menyediakan program afiliasi khusus untuk anda yang ingin mendapatkan pendapatan lebih hanya dengan merekomendasikan DomaiNesia kepada orang lain. Kok bisa? Bisa dong. Jadi, anda harus mengaktifkan akun afiliasi terlebih dahulu di DomaiNesia. Setelah itu, anda akan mendapatkan alamat afiliasi. Alamat afiliasi ini dapat berupa suatu link atau banner. Ketika orang lain membuka link dan membeli produk hosting atau paket hosting di DomaiNesia, maka anda akan mendapat keuntungan dari pembayaran tersebut. Metode pencairan komisi afiliasi dapat dilakukan dengan didepositkan ke akun anda di DomaiNesia atau ditransfer langsung ke rekening bank sesuai dengan permintaan. Untuk lebih tahu cara mengaktifkan akun afiliasi dan berapa komisi yang didapat, silahkan baca Cara Mengaktifkan Akun Afiliasi DomaiNesia.

Berapa Minimal Total Saldo Yang Dapat Dicairkan?

Dengan mengaktifkan program afiliasi, anda akan mendapatkan hasil komisi sampai dengan 30% dari produk hosting yang dibeli. Untuk lebih jelasnya silahkan buka di https://www.domainesia.com/afiliasi/. Adapun pencairan komisi afiliasi dapat dilakukan ketika minimal saldo anda sebesar Rp 100.000,00. Komisi dapat dicairkan setelah melewati masa delay selama 30 hari (terhitung sejak tagihan lunas). Apabila telah melebihi saldo minimal, maka komisi dapat ditransfer ke rekening bank atau langsung deposit ke akun anda.

Bagaimana Cara Pencairan Komisi Afiliasi?

Ada beberapa kondisi yang perlu anda ketahui dari mulai akun aktif sampai dengan melakukan pencairan komisi afiliasi. Perlu diingat, komisi afiliasi berlaku untuk setiap pembelian baru hosting, paket hosting, atau VM dengan siklus berapapun. Komisi afiliasi tidak berlaku untuk pendaftaran domain, pendaftaran SSL dan tidak berlaku juga untuk perpanjangan layanan apa pun.

1. Komisi dapat dicairkan melalui 2 cara

Komisi afiliasi dapat dicairkan melalui 2 cara yaitu,
Pertama, menambah saldo di akun DomaiNesia (Add to Deposit). Komisi akan didepositkan ke akun anda di DomaiNesia. Deposit  atau saldo tersebut dapat digunakan untuk membayar invoice/tagihan di DomaiNesia. Jadi, apabila anda ingin order hosting, perpanjang hosting atau domain tidak usah membayar lagi.
Kedua, transfer bank sesuai nomor rekening (Bank Transfer). Komisi dapat ditransfer langsung ke rekening bank sesuai dengan permintaan.

2. Pencairan Komisi Afiliasi Dicairkan Setiap 1 Bulan Sekali

Pencairan komisi afiliasi akan kami cairkan setiap satu bulan sekali. Proses pencairan komisi afiliasi dilakukan setiap tanggal 5 di bulan selanjutnya dengan estimasi 1×24 jam. Sebagai contoh, apabila pada Desember 2018 saldo afiliasi Anda Rp150.000 dan Anda mengaktifkan mode Automatic Withdrawal maka komisi afiliasi Anda akan dicairkan pada tanggal 5 Januari 2019.

3. Dapat Dicairkan Secara Otomatis Tiap Bulan

Terdapat 2 mode penarikan (Withdrawal mode) yaitu Automatic dan On hold. Pelanggan diharuskan mengaktifkan mode Automatic Withdrawal agar pencairan komisi afiliasi dapat dilakukan tiap bulan. Apabila pelanggan mengaktifkan mode On hold (tidak mengaktifkan mode Automatic), maka komisi afiliasi akan diakumulasikan hingga mode Automatic Withdrawal diaktifkan.

4. Pencairan Komisi Afiliasi Dikenakan Potongan Pajak Sesuai PPh 21 atau PPh 23

Nah, sekarang ini DomaiNesia sudah termasuk PKP atau Pengusaha Kena Pajak. Dikutip dari Online Pajak, PKP adalah pengusaha/bisnis/perusahaan yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP) yang dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) berdasarkan Undang-undang Pajak Pertambahan Nilai (UU PPN) 1984 dan perubahannya. Nah, pencairan komisi afiliasi akan dikenakan potongan pajak sesuai dengan PPh 21 atau PPh 23 dengan detail sebagai berikut,

Personal:
Memiliki NPWP: Tarif PPh 2.5%
Tidak Memiliki NPWP: Tarif 3%
Badan/ Perusahaan:
Memiliki NPWP: Tarif PPh 2%
Tidak Memiliki NPWP: Tarif 4%

Perlu diingat bahwa komisi yang ditransfer adalah nilai bersih setelah dikurangi potongan pajak ya.

5. Pencairan Berupa Deposit Tidak Terkena PPh

Tadi sudah kami jelaskan terdapat 2 cara pencairan pencairan komisi afiliasi yaitu Add to Deposit dan Bank Transfer. Bagi customer yang menginginkan komisi masuk ke saldo DomaiNesia atau menjadi deposit DomaiNesia, anda tidak akan dikenakan PPh. Namun, bagi anda yang memilih transfer langsung ke rekening bank, maka akan dikenakan PPh.

Beberapa Kondisi Afiliasi DomaiNesia

Mengenai afiliasi DomaiNesia, agar tidak bingung silahkan baca perhatikan gambar- gambar ini:

Akun Afiliasi Telah Aktif

Apabila halaman afiliasi mirip seperti gambar dibawah ini, itu menandakan bahwa akun afiliasi anda telah aktif. Nah, yang harus dilakukan yaitu rajin- rajinlah untuk menyebarkan alamat afiliasi unik kepada teman- teman anda. Semakin banyak produk hosting yang dibeli orang lain melalui alamat afiliasi anda, maka semakin banyak komisi yang akan didapat. Oiya, Kami juga memberikan saldo awal sebesar Rp 20.000,00 kepada anda yang telah mengaktifkan akun afiliasi DomaiNesia 🙂
pencairan komisi afiliasi

Pada bagian “Your Unique Referral Link“, silahkan copy alamat URL tersebut kemudian membagikannya kepada orang lain. Nah ketika orang lain tersebut membeli produk DomaiNesia melalui link tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi penjualan. Oiya, anda juga bisa membuat kode promo sendiri untuk menarik pembeli pada bagian “Coupon Code“. Untuk melihat panduan membuat kupon, silahkan baca Panduan Afiliasi DomaiNesia.

pencairan komisi afiliasi

Anda bisa memberikan diskon HOSTING dan VPS sebesar 20% kepada orang lain melalui kode kupon.

pencairan komisi afiliasi

Anda juga bisa melacak penjualan melalui afiliasi ini pada bagian “Your refferals“, misalnya tanggal mendaftar, produk yang dibeli, komisi, jumlah yang dibayarkan dan status.

Status Pending

Apabila halaman afiliasi anda seperti gambar berikut maka selamat anda telah memiliki pengunjung dan pendaftar. Total pengunjung merupakan jumlah pengunjung yang mengunjungi website DomaiNesia melalui alamat afiliasi unik anda. Total pendaftar merupakan jumlah masyarakat yang membeli paket hosting atau hosting melalui alamat afiliasi unik yang anda miliki. Namun, di sini masih berstatus pending. Itu artinya, bahwa pendaftar masih belum melunasi invoicenya.

Status Aktif

Nah sekarang status telah aktif. Itu berarti, invoice layanan yang dibeli orang lain melalui link afiliasi unik tersebut sudah dibayar dan sudah aktif. Komisi afiliasi akan masuk ke saldo anda namun masih dalam posisi ditahan. Komisi akan masuk ke saldo anda dan dapat dicairkan setelah melewati masa delay selama 30 hari.

Catatan:

Pada bagian description, terdapat istilah:

  • Full Commision : artinya semua afiliasi yang berupa kupon atau link milik anda sepenuhnya. Sehingga komisi yang akan didapatkan, full untuk anda.
  • Half Commision (50:50) between owner of affiliate link and affiliate coupon (you) : artinya komisi dibagi dua antara pemilik afiliasi link A dan afiliasi kupon B. Terdapat tulisan you, yang artinya itu adalah metode afiliasi yang anda pakai.
  • Half Commision (50:50) between owner of affiliate link (you) and affiliate coupon : artinya komisi dibagi dua antara pemilik afiliasi link A dan afiliasi kupon B. Terdapat tulisan you, yang artinya itu adalah metode afiliasi yang anda pakai.

Komisi Siap Dicairkan

Apabila sudah melewati masa delay selama 30 hari, maka komisi yang ditahan akan masuk ke saldo. Dan tentu saja akan ditambahkan dengan saldo sebelumnya. Apabila telah berada pada posisi ini, komisi siap untuk dicairkan. Untuk mencairkan komisi, silahkan klik tombol Request Withdrawal.
pencairan komisi afiliasi
Setelah diklik, nantinya anda akan menemuni form seperti berikut ini. Nah, form ini harus anda isi ya. Terdapat 2 tipe pencairan komisi afiliasi yaitu dimasukkan ke deposit atau langsung ditransfer ke bank. Nah, pencairan komisi afiliasi akan dikenakan potongan pajak sesuai dengan PPh 21 atau PPh 23. Untuk itu, jangan lupa silakan masukkan NPWP perorangan/ perusahaan. Untuk masalah pencairan komisi afiliasi, nanti akan dibahas lebih lanjut di bawah ya.
pencairan komisi afiliasi

Komisi Belum Dapat Dicairkan

Oiya perlu diingat bahwa komisi hanya dapat dicairkan ketika saldo anda lebih dari Rp 100.000,00 dan sudah melewati masa delay 30 hari (terhitung sejak tagihan lunas). Dan satu lagi, komisi dapat dicairkan hanya dengan melakukan klik tombol Request Withdrawal. Jadi, ketika tombol tersebut tidak anda jumpai, itu berarti anda belum dapat mencairkan komisi. Mungkin disebabkan beberapa hal seperti saldo belum mencukupi batas minimal atau belum melewati masa delay 30 hari. Misalnya:
Sebelum masa delay 30 hari : komisi belum dapat dicairkan karena saldo belum mencukupi (Rp 95.000,00) dan komisi masih dalam posisi ditahan (Rp 10.000,00)
Setelah masa delay 30 hari: komisi sudah dapat dicairkan. Karena komisi yang ditahan telah ditambah ke saldo. Sehingga saldo anda berjumlah Rp 10.000,00 + Rp 95.000,00= Rp 105.000,00.

pencairan komisi afiliasi

Ya, Saya Ingin Mencairkan Komisi!

Setelah mengetahui beberapa kondisi seperti diatas, maka sekarang anda tahu kapan harus mencairkan komisi. Adapun langkahnya yaitu,

1. Pastikan Saldo Telah Mencukupi

Pastikan saldo telah mencukupi (minimal Rp 100.000,00) dan komisi telah melewati masa delay 30 hari.

2. Klik Request Withdrawal

Untuk mencairkan komisi afiliasi, silakan klik tombol Request Withdrawal. Setelah itu, anda harus mengisi beberapa form guna pencairan komisi afiliasi.

pencairan komisi afiliasi

3. Mengisi Form Pencairan Afiliasi

Nah, kemudian akan diarahkan ke Tax Withdrawal Form. Terdapat beberapa hal yang harus anda pilih dan harus anda isi agar dapat mencairkan komisi afiliasi.

Withdrawal Type: Tipe pencairan komisi afiliasi. Silakan pilh Add to Deposit untuk menambahkan komisi afiliasi menjadi deposit/ saldo di DomaiNesia. Silakan pilih Bank Transfer agar komisi dapat ditransfer sesuai nomor rekening. Apabila anda memilih Bank Transfer, silakan tambahkan nomor rekening. Komisi dapat ditransfer langsung ke rekening bank sesuai dengan permintaan.

Account Type: Tipe akun afiliasi. Silakan pilih Personaljika afiliasi ini milik perorangan. Silakan pilih Organization/Corporationjika milik badan/ perusahaan.

Do you have Tax Identification Number (NPWP)?: Ini berkaitan dengan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Silakan pilih Yes, jika anda memiliki NPWP. Kemudian silakan klik Telusuri, lalu upload gambar gambar/ foto NPWP yang anda miliki. Maksimal ukuran file 5 MB. Silakan pilih No, jika anda tidak memiliki NPWP. Ingat, NPWP ini akan berpengaruh pada potongan pajak yang akan dikenakan ya!

Withdrawal mode: Mode/ cara pencairan afiliasi. Terdapat 2 mode yaitu Automatic dan Onhold. Silakan pilih Automatic, jika pencairan komisi afiliasi ingin dicairkan setiap bulan. Sistem kami akan otomatis mengirimkan komisi secara otomatis. Silakan pilih On Hold, jika tidak ingin dicairkan setiap bulan (tertahan). Komisi afiliasi akan diakumulasikan hingga mode Automatic Withdrawal diaktifkan.

Setelah itu, silakan klik Submit.

pencairan komisi afiliasi

4. Status Pencairan Komisi Afiliasi

Setelah Tax Withdrawal Form, sekarang saatnya cek status pencairan/ penarikan komisi afiliasi. Silakan klik Withdrawal Status. Pastikan posisi sudah Auto Withdrawal ya!

pencairan komisi afiliasi

Jika posisi masih On Hold, maka waktu dimana anda dapat memperoleh komisi afiliasi belum bisa ditentukan. Jadi, silakan aktifkan mode Auto withdrawal terlebih dahulu dengan cara klik pada bagian On hold dan pastikan warnanya sudah hijau.

pencairan afiliasi

Metode Pencarian Komisi Add to Deposit

Setelah mengaktifkan Auto Withdrawal, anda akan mendapatkan informasi potongan pajak yang dikenakan. Potongan pajak yang dikenakan ini berdasarkan data yang anda masukkan tadi. Berapa total komisi yang akan anda dapatkan? Coba cek tulisan You’ll receive in total of. Nah itulah total komisi yang akan anda dapatkan. Selain itu terdapat tulisan You’ll automatically get paid yang merupakan waktu dimana anda dapat memperoleh komisi afiliasi baik dalam bentuk saldo/deposit DomaiNesia ataupun transfer bank. Proses pencairan komisi afiliasi dilakukan setiap tanggal 5 di bulan selanjutnya dengan estimasi 1×24 jam. Jadi, silakan ditunggu!

Metode Pencarian Komisi Add to Deposit

Nah nanti sebelum tanggal 5, akan ada status Being withdrawal processed. Artinya, komisi afiliasi kamu sudah di proses Tim Kami. Silakan tunggu tanggal 5 agar dapat dicairkan ya.

5. Komisi Sudah Cair

Silakan ditunggu hingga waktu yang telah ditentukan. Yeah komisi sudah cair deh 😀

Closing

Cara pencairan komisi afiliasi di DomaiNesia sangat mudah. Adapun kunci sukses dalam memperoleh pundi- pundi uang melalui program afiliasi ini yaitu perbanyak koneksi dan jangan malu untuk mengiklankan alamat afiliasi unik anda. Tenang, Kami memiliki berbagai cara dalam mengiklankan/ membagikan alamat URL afiliasi terebut. Pertama, secara langsung dapat anda berikan link afiliasi kepada orang lain. Kedua, Kami memiliki banner dengan berbagai ukuran dan berbagai model yang dapat anda sisipkan pada website. Ketika orang lain melakukan klik pada alamat afiliasi ataupun banner maka tinggal selangkah lagi anda mendapatkan komisi. Nah ketika orang lain membeli layanan hosting/ paket hosting melalui link afiliasi maka komisi tersebut sudah ditangan anda. Metode pencairan komisi afiliasi dapat dilakukan dengan didepositkan ke akun anda di DomaiNesia atau ditransfer langsung ke rekening bank sesuai dengan permintaan. Untuk mengetahui berapa keuntungan yang akan anda dapatkan silahkan cek Afiliasi DomaiNesia. Apabila ada pertanyaan silahkan hubungi Tim Support kami 🙂


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!