Home  »  Hosting   »   Panduan Traceroute pada Mac OS

Panduan Traceroute pada Mac OS

Last Update:

Hi DomaiNesians!
Panduan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan traceroute di Mac OS. Masih ingat kan pada panduan sebelumnya dibahas mengenai cara melakukan traceroute di Windows dan Linux? Bagi yang belum membacanya, silahkan kunjungi Panduan Cara Traceroute pada Windows dan Linux. Oke langsung saja. Traceroute berfungsi untuk melacak jalannya paket internet untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Jadi, apabila paket internet putus di tengah jalan, anda dapat memperbaikinya pada titik- titik yang memang bermasalah. Tidak harus melakukan pengecekan satu persatu pada tiap titik. Sebenarnya cara traceroute di Mac OS hampir sama dengan Linux. Yaitu menggunakan perintah tracert di terminal.

Bagaimana Cara Traceroute di Mac OS?

Melakukan traceroute di Mac OS sangatlah mudah. Hampir sama dengan cara melakukan traceroute di sistem operasi Linux. Anda hanya membutuhkan terminal saja untuk mengaksesnya.

1. Ketik Tracert di Terminal

Pertama- tama yang harus anda lakukan yaitu membuka terminal/ console. Kemudian ketikkan perintah sebagai berikut,

Misalnya,

 

2. Trace Complete

Setelah perintah tracert tersebut anda enter, maka akan muncul output sebagai berikut.

Voila! Traceroute berhasil anda lakukan. Apabila terdapat tulisan Trace complete itu tandanya proses pelacakan paket internet sudah selesai dan tidak ada masalah pada setiap rute paketnya.

Closing

Bagaimana DomaiNesians? Cara traceroute di Mac OS sangat mudah bukan. Bahkan hampir sama dengan cara melakukan traceroute di Linux. Hanya butuh perintah tracert dan diikuti dengan nama domain atau alamat IP kemudian enter. Maka perintah traceroute berhasil dijalankan. Anda dapat melacak jalannya paket internet menuju tujuan yang ingin dicapai dengan melalui perintah tracert ini. Apabila mengalami kesulitan silahkan mengirimkan email ke support@domainesia.com atau kirim tiket kepada Kami. Kami siap membantu segala permasalahan anda. Nikmati layanan hosting murah dengan berbagai fitur penting yang didapatkan seperti penggunaan SSD, adanya backup dan restore data harian, bebas pilih lokasi server, serta garansi uang kembali.


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!