Panduan Faktur Pajak

Oleh Mutiara Auliya

Hi DomaiNesians! Sekarang kamu bisa minta faktur pajak di DomaiNesia lho. Apa itu faktur pajak? Jadi buat kamu yang punya usaha dan menggunakan layanan di DomaiNesia, kamu akan mendapatkan keringanan untuk membayar pajak. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan faktur pajak dari DomaiNesia ini. Faktur pajak ini nanti dapat digunakan untuk mengurangi beban pajak yang harus kamu bayarkan ke negara. Bagaimana caranya? Yuk ikuti panduan faktur pajak berikut ini.

Apa itu Faktur Pajak?

Faktur pajak adalah bukti bahwa penghasilan kita sudah dipotong pajak. Dikutip dari Online-Pajak, faktur pajak adalah bukti pungutan pajak Pengusaha Kena Pajak (PKP), yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP).
Ketika PKP menjual suatu barang atau jasa kena pajak, ia harus menerbitkan faktur pajak sebagai tanda bukti dirinya telah memungut pajak dari orang yang telah membeli barang/ jasa kena pajak tersebut.

Dimana PKP (Pengusaha Kena Pajak) adalah bisnis/ perusahaan/ pengusaha yang melakukan penyerahan barang/ jasa kena pajak yang dikenai PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Faktur pajak harus dibuat oleh PKP untuk setiap penyerahan barang/ jasa kena pajak.

Fungsi dan Manfaat Faktur Pajak

Dengan faktur pajak, maka PKP memiliki bukti bahwa PKP telah melakukan penyetoran, pemungutan hingga pelaporan SPT.

panduan faktur pajak

Setiap bulan pengusaha (DomaiNesia) akan menerima penghasilan. Nah dari penghasilan itu harus dipotong pajak. Faktur pajak adalah bukti bahwa penghasilan kita sudah dipotong pajak. Dan jika kamu sebagai pengusaha, agar mendapatkan pengurangan pembayaran pajak, kamu bisa meminta faktur pajak ini kepada DomaiNesia. Semakin banyak kamu mendapatkan pajak masukan, maka semakin sedikit pula kamu harus bayar pajak ke negara.

Jenis Faktur Pajak

Ada beberapa jenis faktur pajak seperti:

  1. Faktur Pajak Keluaran : faktur pajak yang dibuat oleh PKP saat melakukan penjualan barang’ jasa kena pajak.

    Contoh kasus: DomaiNesia menjual produk ke customer. Sehingga DomaiNesia harus mengeluarkan faktur pajak.

  2. Faktur Pajak Masukan : faktur pajak yang didapatkan oleh PKP ketika melakukan pembelian terhadap barang/ jasa kena pajak.

    Contoh kasus: Customer memiliki usaha dan membeli layanan domain dan hosting di DomaiNesia. Maka customer akan mendapatkan faktur pajak yang diterbitkan oleh DomaiNesia

  3. Faktur Pajak Pengganti : penggantian atas faktur pajak yang telah terbit sebelumny dikarenakan ada kesalahan pengisian, kecuali kesalahan pengisian NPWP.
  4. Faktur Pajak Gabungan : faktur pajak yang dibuat oleh PKP meliputi seluruh penyerahan yang dilakukan kepada pembeli barang/ jasa kena pajak yang sama selama 1 bulan kalender
  5. Faktur Pajak Digunggung: faktur pajak yang tidak diisi dengan identitas pembeli, nama, dan tandatangan penjual yang hanya boleh dibuat oleh PKP Pedagang Eceran.
  6. Faktur Pajak Cacat : faktur pajak yang tidak diisi secara lengkap, jelas, benar, dan/atau tidak ditandatangani termasuk juga kesalahan dalam pengisian kode dan nomor seri.
  7. Faktur Pajak Batal : faktur pajak yang dibatalkan dikarenakan adanya pembatalan transaksi. Pembatalan juga harus dilakukan ketika ada kesalahan pengisian NPWP dalam faktur pajak.

Bagaimana Mendapatkan Faktur Pajak DomaiNesia?

Jadi jika kamu seorang pengusaha/ wiraswasta dimana kamu harus membayar pajak tiap bulan, lebih baik minta faktur pajak ke DomaiNesia ya. Agar kamu bisa dapat pengurangan beban pajak ke negara.
Berikut ini panduan faktur pajak DomaiNesia yang dapat kamu ikuti,

1. Tahap Persiapan

Yang perlu kamu siapkan yaitu,

  • Nomor Invoice ketika transaksi di DomaiNesia
  • Scan/ Foto NPWP (format JPG, PNG atau PDF dengan ukuran 5 MB)

2. Mengisi Permintaan Faktur Pajak Transaksi

Silakan buka https://www.domainesia.com/faktur/ kemudian isi form dengan menuliskan No Invoice dan klik Browse, lalu lampirkan scan/ foto NPWP. Kemudian klik Kirim.

panduan faktur pajak

DomaiNesia akan menerbitkan faktur pajak dengan inovice maksimal 3 bulan ke belakang dari tanggal sekarang

3. Tunggu Email dari Tim FO DomaiNesia

Penerbitan faktur pajak oleh DomaiNesia akan diproses maksimal 2 hari kerja. Silakan tunggu email atau tiket dariDept. Keuangan PT Delta Neva Angkasa. Tim FO DomaiNesia akan melakukan pengecekan berkas terlebih dahulu lalu mengirimkan faktur pajak melalui email/ tiket.

Kesimpulan

Panduan faktur pajak ini dapat kamu ikuti dan kamu pelajari ya. Jika kamu pengusaha dan harus membayar pajak kepada negara, sebaiknya kamu mengirimkan permintaan penerbitan faktur pajak ini kepada DomaiNesia. Faktur pajak dari DomaiNesia ini akan mengurangi beban pajak yang harus kamu bayarkan. Pajak. Kita, Untuk Kita!

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!