Home  »  Reseller   »   Panduan Mengelola Website Untuk Reseller Domain TLD

Panduan Mengelola Website Untuk Reseller Domain TLD

Last Update:

website reseller domain

Introduction

Hi DomaiNesians! Dengan menjadi reseller domain TLD di DomaiNesia anda tidak perlu pusing- pusing untuk memikirkan biaya pembuatan website sebagai sarana berjualan. Anda tidak perlu membuang uang untuk membuat website/ toko online sebagai sarana untuk berjualan domain kepada orang lain. Di DomaiNesia, anda akan mendapatkan website reseller domain secara GRATIS! Yaa gratis tanpa dipungut biaya apapun khusus untuk reseller domain TLD. Anda hanya tinggal melakukan berbagai pengaturan/ setting agar website reseller domain disesuaikan dengan keinginan anda. Anda bisa mengatur mata uang yang digunakan, mengatur harga domain, mengatur domain apa saja yang dijual, melakukan branding website, menyesuaikan konten, sinkronisasi API, branding name server, mengatur notifikasi email dan sebagainya. Jika mengerti bahasa pemrograman, anda bisa melakukan kustomisasi lebih.

toko online reseller domain

Bagaimana Cara Setting Website Reseller Domain TLD?

1. Login Kontrol Panel Reseller Domain TLD

Silahkan buka web browser kemudian masuk ke https://dash.domainesia.com/manage/. Lalu masukkan email dan password ketika anda melakukan pendaftaran kemarin. Kemudian klik Login. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman dashboard reseller domain TLD.
toko online reseller domain

 

2. Menentukan Mata Uang

Pada step kedua ini yang harus anda lakukan yaitu menentukan mata uang. Silahkan pilih Settings lalu klik General. Pada kolom Selling Currency, pilih mata uang yang digunakan.

3. Sinkronisasi API

Anda juga bisa melakukan sinkronisasi API kontrol panel reseller domain TLD ke WHMCS atau website lainnya menggunakan Rest API. Silahkan klik API lalu pilih Add an API Key untuk menambahkan IP Addressnya.

Kemudian masukkan IP Address dari WHMCS atau website. Jika sudah selesai silahkan klik Add API Key seperti gambar di bawah ini.

4. Branding Alamat URL Website

Anda juga bisa mengganti alamat URL website lho! Silahkan klik Branding Setting. Kemudian anda dapat mengubah logo, favicon, melihat alamat URL dashboard kontrol panel reseller domain TLD dan mengganti alamat URL yang akan diakses oleh customer. Untuk mengganti URL website, silahkan klik Add Domain. Lalu masukkan URL yang diinginkan dan jangan lupa di save. Jika sudah selesai, biasanya akan muncul pada kolom Custom URL. Agar custom URL menjadi URL default, silahkan klik Default URL disamping URL yang telah anda custom.

Setelah URL yang diinginkan menjadi default, sekarang saatnya tambahkan CNAME pada DNS Management (DNS Zone Manager). Adapun caranya silahkan masuk ke client area (https://my.domainesia.com) kemudian klik Domains. Lalu klik Addons dan pilih DNS Zone Manager. Pada bagian Host Name silahkan tulis nama depan dari URL website yang ditambahkan. Misalnya URL website : https://dash.websitesaya.net. Maka silahkan tulis “dash” pada kolom Host Name. Pada Record Type, silahkan pilih CNAME (Alias). Pada kolom Address, tulis URL asli website sebelum dicustom. Jika sudah, jangan lupa klik Save Changes.

Dan sekarang coba buka alamat custom URL yang telah diatur tadi dan lihat apa yang terjadi. Website reseller domain anda telah berhasil custom url 😀

5. Memasukkan Alamat Sosial Media

Sosial media memang tidak dapat terlepas dari kesuksesan suatu usaha. Anda dapat memasukkan alamat social media toko domain di sini. Silahkan klik Modify untuk menambahkan alamat social media. Terdapat facebook, twitter, linkedin, instagram maupun youtube.
toko online reseller domain
Setelah anda tambahkan, silahkan cek pada bagian footer (bawah). Logo social media dari toko anda telah tampak dan dapat langsung di klik
toko online reseller domain

6. Mengubah Konten Website

Nah, kemudian anda dapat mengubah konten yang ada didalamnya. Terdapat beberapa menu yang dapat anda kustomisasi dan disesuaikan dengan keinginan. Terdapat beberapa menu Home, Buy Domain dan sebagainya yang dapat anda ubah.
toko online reseller domain
Pada bagian Web Content, anda dapat menemukan menu- menu tersebut. Silahkan klik salah satu menu. Misalnya, anda ingin mengubah menu About Us.
toko online reseller domain
Silahkan tulis sesuai keinginan. Sesuaikan dengan toko anda. Setelah itu silahkan klik Update.
toko online reseller domain
Lalu buka alamat URL tadi dan seketika konten web (toko online) telah berubah.
toko online reseller domain

7. Mengubah HTML dan CSS

Apabila anda memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman, anda juga dapat mengubahnya pada bagian Advance Web Layout. Anda dapat mengubah main layout maupun CSS nya.
toko online reseller domain

8. Branding Name Server

Anda dapat mengatur nama dari name server yang akan dituju. Caranya yaitu klik Settings kemudian klik Branding Name Server. Klik Use Fully-Branded Name Servers dan beri tanda centang pada tulisan “I have created Child Name Server records with all the IP addresses stated below” dan beri tanda centang juga pada “I have created A records with the set of IP addresses”. Pada bagian bawah, silahkan isi dengan name server sesuai keinginan.

Setelah itu, ada 3 hal yang harus anda lakukan.
Pertama, setting child name server. Untuk melakukan setting child name server silahkan ikuti panduan Cara Setting Child Name Server. Silahkan masukkan satu per satu sesuai IP Address yang tertera pada gambar di atas.
Kedua, setting A Record. Untuk melakukan setting A Record, silahkan ikuti panduan cara Setting DNS Zone Manager. Masukkan keempat IP Address satu per satu.

Ketiga, silahkan setting Name Server menjadi default Name Server. Caranya, silahkan klik Default Nameserver lalu isi dengan name server yang tadi diatur pada saat Branding Name Server. Jangan lupa klik Save.

9. Mengatur Harga Domain

Sekarang saatnya memilih domain dan mengatur harga domain. Silahkan klik Manage Products & Pricing.

Untuk memilih domain yang ingin disediakan, silahkan klik Manage TLDs. Kemudian pilih ekstensi domain yang diinginkan dan pilih ketersediaan domain. Pilih domain apa saja yang ingin dijual. Adapun keterangannya:
Sell : Dijual
No New Orders : Tidak ada perpanjangan domain
Do Not Sell : Domain tidak dijual

Untuk mengatur harga domain, silahkan klik Manage Prices. Kemudian pilih domain yang ingin diatur harganya. Silahkan klik gambar “pensil” untuk mengatur harga domain yang dipilih.

Kemudian anda akan diarahkan ke halaman Domain Pricing Customer. Silahkan atur harga domain dari mulai registrasi (pendaftaran), renewal (perpanjangan domain), transfer domain ataupun restore sesuai keinginan. Jika sudah selesai, silahkan klik Update Pricing.

10. Mengatur Email Notifikasi

Bagaimana cara memberitahu customer reseller domain anda? Yaps, anda bisa mengatur email notifikasi pada menu Email Notifications. Ada beragam email notifikasi yang bisa anda pilih.

Closing

Bagi anda yang tidak mau ribet dan tidak ingin mengeluarkan biaya lagi untuk berjualan domain, Kami menyediakan Shopping Cart/ website reseller domain yang dapat anda pergunakan. Tentunya ketika anda telah menjadi reseller domain TLD di DomaiNesia ya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang reseller domain silahkan kunjung reseller domain DomaiNesia. Apabila ada pertanyaan silahkan hubungi tim support Kami. Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!