• Home
  • Tips
  • 10 Rekomendasi Project Management Tools Terbaik

10 Rekomendasi Project Management Tools Terbaik

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, untuk melakukan banyak project dan terhubung dengan banyak orang bukan lagi menjadi kendala. Ada banyak platform yang disebut dengan Project Management Tools yang fungsinya untuk mengatur sebuah proyek agar tercatat dengan baik, mengatur berbagai proyek dalam satu waktu, mengerjakan atau memberikan tugas, dan berkolaborasi dengan banyak orang.

Project management tools ini biasa digunakan untuk melihat perkembangan dan progress dari proyek yang sedang dikerjakan. Dan tak hanya proyek biasa, tools ini juga biasa digunakan oleh perusahaan atau freelancer untuk terhubung dengan karyawan atau client nya.

Project management tools
Sumber: Freepik

10 Rekomendasi Project Management Tools

Project.co

Project.co adalah project management tool yang menghubungkan tim kamu dan client dalam satu wadah. Masing-masing pekerjaan bisa di atur dalam project.co ini. Misalnya mengatur di discussion feed, notes, tasks, team, dan juga payment. Kamu juga bisa merekam durasi waktu pada setiap proyek.

Selain itu di Project.co ini terdapat calender, scheduller, dan Kanban View – yang memberikan tampilan ideal saat melakukan pekerjaan. Untuk menggunakan Project.co, bisa secara gratis yang dibatasi untuk 5 project aktif dan 5 internal user. Sedangkan untuk berbayar, dimulai dengan harga $7 setiap bulannya.

Toggl Plan

Toggle Plan adalah Project Management Tools yang efektif untuk tugas-tugas yang pemrosesannya otomatis dengan tampilan visual yang komplit. Jika kamu dan timmu sering berkolaborasi dengan departemen atau divisi lain dalam sebuah project, maka Toggl Plan menjadi pilihan tepat untuk Project Management Tools kamu. Selain itu, Toggl Plan bisa digunakan secara gratis untuk project tanpa ada batasan, selama anggota tim terdiri dari 5 orang.

nTask

Software selanjutnya yang juga menawarkan fitur yang cukup lengkap untuk management project ada nTask, Program mendukung multiple project atau tugas dalam satu waktu.

Pengguna jua bisa memilih ketua project, budget, membuat pemberitahuan, dan juga time tracking. Penggunaan nTask ini bisa gratis untuk Basic Users. Atau juga bisa berbayar, mulai dari harga $2,99 per pengguna/ per bulan.

Teamwork

Teamwork adalah project management software dan platform kolaborasi yang membantu untuk bekerja secara remote bersama tim dan tetap terorganisir serta produktif. Masing-masing project mengizinkan kamu untuk upload file, menyelesaikan tugas dan membuat deadline, serta chat dengan anggota tim lainnya.

Dengan berfokus pada informasi project, kamu bisa mengurangi miskomunikasi satu sama lain. Teamwork bisa digunakan gratis namun terbatas hanya untuk 2 project dan 5 anggota tim. Untuk versi berbayar dimulai dari harga $9 per pengguna/ per bulan.

Freedcamp

Project Management tools selanjutnya ada Freedcamp yang didesain khusus untuk penggunaan personal dan profesional. Setiap project dalam Freedcamp punya tugas-tugasnya tersendiri, pengingat, files, diskusi, waktu, melihat progress, dan juga kalender.

Pada dashboard aplikasi ini, tampilannya berupa apa yang tim sedang lakukan, seperti aktivitas, project, dan tugas. Penggunaan aplikasi ini gratis selamanya, dan jika ingin mendapat fitur tambahan bisa menggunakan langganan, dengan harga dimulai dari $1,49 per pengguna per bulan.

Project management tools
Sumber: Freepik

Asana

Asana adalah salah satu project management tools yang cukup populer dan digunakan oleh jutaan orang di 192 negara. Selain mempunyai tampilan yang bersih dan user-friendly, terdapat fitur yang sangat membantu dan cukup lengkap di Asana.

Misalnya seperti kamu bisa membuat papan project dan memvisualisasikan tahapannya, membuat laporan, melacak tugas, dan juga memantau tugas mana yang belum selesai.

Untuk pengguna gratis, kamu akan mendapat project tanpa batas untuk tim yang terdiri dari 15 orang. Untuk mendapatkan fitur tambahan, kamu bisa menjadi pengguna berbayar, dengan harga mulai dari $10,99 per pengguna/ per bulan.

Wrike

Wrike menjadi salah satu pilihan project management tools untuk tim yang ingin mengkostumisasi workflow nya sendiri. Tidak hanya itu dengan Wrike kamu bisa mengedit, merevisi project, membuat layer kalender, serta dapat diakses secara mobile.

Kamu juga bisa menambahkan komentar pada video ataupun dokumen. Penggunaan dari Wrike ini gratis untuk 5 anggota tim, dan berbayar jika lebih dari 5 anggota. Harganya dimulai dari $9.80 per pengguna per bulan.

Paymo

Untuk kamu yang lebih sering bekerja sendiri, Paymo versi gratis bisa kamu coba. Platform ini memang dirancang untuk project skala kecil maupun freelancer.

Dengan Paymo, kamu ada fitur tracking billable hours dan invoice. Dengan fitur tracking finansial, Paymo juga bisa mengorganisir timeline pada project, membuat to do list, dan bisa melakukan multiple project dalam satu waktu.

Todoist

Todoist adalah aplikasi simbel tetapi cukup powerfull untuk membuat to-do-lists mu menjadi semakin interaktif. Dengan Todoist, kamu bisa membuat prioritas tugas yang harus didahulukan, berkolaborasi dengan team, membuat pengingat, dan sebagainya.

Setiap item di Todoist juga bisa dikategorikan menjadi project yang berbeda, sehingga membuat project semakin simpel dan mudah dimengerti. Todoist tersedia versi gratis, tetapi untuk mendapat fitur tambahan, harganya dimulai dari $3 per pengguna per bulan.

Trello

Project Management Tools yang terakhir adalah Trello. Trello merupakan aplikasi project management yang cukup populer dan banyak digunakan saat ini.

Dengan fitur drag-and-drop, trello bisa dengan mudah mengatur workflow hingga selesai. Selain itu terdapat fitur lainnya seperti memberi nama pada card, mengatur tampilan warna, memberi label, deadlines, melampirkan file, hingga upload dokumen yang diperlukan.

Trello bisa digunakan secara gratis dan tidak ada batasan untuk untuk personal board, cards, dan list, dengan maksimal 10 tim boards. Sedangkan untuk mendapatkan fitur tambahan, kamu bisa menggunakan versi berbayar dengan harga $9,99 per pengguna/ per bulan.

Project management tools
Sumber: Freepik

Membantu Kamu Tetap Produktif

Ada banyak platform project management yang saat ini beredar. Semua platform dan tools punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting, kamu tahu bagaimana cara kerja dari masing-masing platform dan pilih yang paling nyaman untuk kamu.

Pada dasarnya, tools ini dibuat untuk memudahkan manusia untuk mengelola tugas dan proyek yang sedang dikerjakan. Sekarang, pilih tools mu dan ayo kembali produktif!

Ratna Patria

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!