Apa itu CDN dan Fungsi CDN6 min read

Apa itu CDN ? Pernahkah Anda mencari tahu apa kegunaan dan fungsi dari CDN? DomaiNesia akan menjelaskan secara detail apa itu CDN dan fungsi CDN untuk website.

apa itu cdn

apa itu cdn

CDN ( Content Delivery Network ) merupakan teknologi terbaru saat ini sebagai bentuk mirroring atau pemantulan content website kita. Dengan memasang CDN pada website, maka content web Anda seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di pantulkan atau di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara di dunia.

Setiap website tentunya memiliki server yang berada pada lokasi tertentu. Apabila visitor mengakses sebuah website, visitor Anda akan diarahkan untuk mengambil konten dari web tersebut dari server dimana web Anda berada.

Baca Juga : Hosting termurah mulai 8 ribu perbulan

Jadi dengan memakai CDN di website Anda artinya content atau isi website Anda (image,css, video, custom script) akan di mirror ke server lain, Misal : Anda memiliki website yang hostingnya berada di Indonesia, otomatis jika ada pengunjung dari Jepang yang mendatangi website Anda
Maka pengunjung website Anda yang berasal dari Jepang tadi akan sangat kesulitan membuka website Anda karena jarak dan speed international connection dari kedua negara yang berbeda. Dan biasanya berakhir dengan request timeout.

oleh sebab itu dengan menggunakan CDN, meskipun server hosting Anda berada di Indonesia, jika terdapat visitor dari Jepang atau negara lain, maka tempat server Anda bukan lagi di Indonesia  yang melakukan response, melainkan server CDN yang berada di Jepang.

Begitu juga bila ada pengunjung yang berasal dari Eropa, server CDN Eropa yg melakukan reponse ke visitor Anda tersebut. Secara otomatis server CDN ini akan merespon dengan server yang terdekat dengan visitor.

Oleh sebab itu dengan pemakaian CDN ini, website Anda akan lebih cepat di buka dari berbagai negara di dunia, dan quota bandwidth Anda di server asal akan sangat minim penggunanya.

Efek lain dari pemakaian CDN ini adalah, website Anda tidak akan membebani resources server shared hosting sebab sangat ringan dan tidak menyebabkan overload di hosting Anda.

Cara kerja CDN secara spesifik: Ketika klien Anda mengunduh suatu halaman website, maka visitor Anda akan mengirim http request ke server yang dituju, dan kemudian server Anda akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diminta oleh visitor untuk di unduh.

Kecepatan mengunduh ini sangat tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah jarak antara letak server dengan visitor website Anda. Jika semakin jauh jarak server ke lokasi visitor, maka jelas akan lama pula respon pengiriman. Begitu juga sebaliknya, semakin dekat jarak antara server dengan visitor, maka semakin cepat waktu untuk mengakses halaman web tersebut.

Fungsi CDN

Fungsi CDN (Content Delivery Network) dalam hal ini yaitu untuk meminimalisir waktu unduh yang dibutuhkan oleh visitor website Anda, sebab CDN merupakan jaringan server yang terletak di berbagai penjuru dunia, oleh sebab itu server yang terdekat dengan visitor akan diprioritaskan untuk mengirimkan berkas yang di inginkan. Fungsi CDN ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan:

1. Mempunyai website yang dapat di buka dari negara manapun dengan sangat cepat.
2. Mempunyai website dengan visitor dari berbagai negara di belahan dunia manapun.
3. Mempunyai web dengan pemakaian resources yang minim tanpa suspend meskipun limitasi provider hosting.
4. Layanan CDN ini baik digunakan untuk webiste corporate atau personal yang ingin konten website, file download dan streaming bisa berjalan lebih lancar dan lebih cepat.
5. Bagi Anda penggiat SEO, atau search engine optimation. Dimana dalam pembuatan PBN (Private Blogging Network) dibutuhkan IP address website yang berbeda-beda.

Sudah dijelaskan diatas bahwa kecepatan saat membuka sebuah website sangat dipengaruhi oleh jarak geografis dari visitor dan server, semakin jauh jarak antara user dan server maka semakin lama sebuah web bisa dibuka dengan sempurna.

CDN service dapat mensingkronisasi website Anda dan meletakkannya pada semua server CDN yang tersebar di seluruh dunia. Jadi jika Anda membuka sebuah web dari Amerika, kita tidak perlu merequest langsung ke server Amerika, sebab sudah ada salinan data website Anda di Singapura, secara otomatis Anda akan diarahkan menuju lokasi CDN yang terdekat yaitu Singapura.

Apa Sih Kelebihan Dari CDN Dibanding Website Tanpa CDN ?

1. Dipastikan mampu mempercepat loading website Anda.
2. Bisa menekan penggunaan bandwith ( sangat berguna bagi Anda yang masih menggunakan bandwith yang terbatas setiap bulan )
3. Mampu menampung banyak traffik yang tinggi ( cocok untuk website yang memiliki berribu ribu perhari )
4. Mampu mengurangi resiko down pada server

Bagi Anda yang saat ini berusaha untuk meningkatkan performa kinerja aplikasi cloud dan media streaming sangat penting untuk mengerti dan mengetahui cara penggunaan CDN atau Content Delivery Network yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan kecepatan akses ke kontent aplikasi atau web media streaming Anda.

Dengan semakin banyaknya online learning dan online streaming, distance learning dan aplikasi perusahaan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, tentunya CDN atau Content Distribution Network sangat berguna untuk ditempatkan di location data center Indonesia agar para pengguna dari Indonesia bisa mengakses aplikasi atau web tersebut lebih cepat dan lancar.

Tujuan dari CDN yaitu untuk memperkecil latency dalam mengakses sebuah konten seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa network latency Internet di Indonesia yang memiliki sebuah aplikasi cloud atau website di Amerika Serikat adalah sebesar 830ms atau hampir 1 detik.
Namun  dengan penempatan server CDN di Indonesia tentunya latency bsia sangat berkurang jauh. Network Latency adalah faktor penilaian kecepatan dan kestabilan akses ke suatu konten di Internet.

Performa web tanpa CDN

Terdapat sebuah penelitian tentang hubungan CDN dengan Kinerja proses sebuah website, dimana penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengurangan latency yang bisa mempercepat akses ke satu website dan sebuah aplikasi dari 18 detik ke 3.79 detik.
Hal ini tentunya sangat berguna untuk para penyedia hosting, dimana website e-commerce asing yang masuk ke Indonesia seperti Lazada, Elevenia, Zalora, dan BerryBenka bisa lebih mudah di akses.

Jenis Blok CDN

Dibawah ini adalah beberapa blok CDN yang wajib Anda ketahui untuk bisa memahami arti CDN yang lebih luas:

Point of Presence (PoP)
PoP CDN adalah server cache dimana secara strategis diletakan pada data center sesuai lokasi para pengguna yang berguna untuk menyampaikan konten ke pengguna di lokasi geografis dimana lokasi data center.
Tujuannya yaitu untuk mengurangi waktu bolak balik akses lokasi dengan mengalihkan akses yang diminta visitor website ke lokasi server di data center terdekat dengan lokasi visitor tersebut.

Server Cache
Server chache berfungsi untuk penyimpanan duplikasi content dari server utama yang akan diakses oleh para visitor website di lokasi tertentu supaya akses tiap halaman website atau aplikasi bisa lebih cepat dan tentunya bisa mengurangi penggunaan bandwidth dari sisi pengguna maupun dari sisi bandwith server hosting.

Kesimpulan:

CDN merupakan salah satu bagian penting dari internet saat ini, dan akan menjadi sangat berguna lagi seiring perkembangan teknologi internet of thing.

Saat ini, banyak perusahaan bekerja keras mencari tahu cara untuk membuat akses website lebih cepat bagi para pengguna. Hal ini merupakan sebuah teknik yang biasa disebut dengan Edge Side Includes (ESI) yang dikembangkan untuk melayani cache terhadap beberapa bagian konten halaman.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar