• Home
  • Tips
  • 10+ Cara Cek Backlink Domain Penting untuk Pantau Perkembangan Trafik Website

10+ Cara Cek Backlink Domain Penting untuk Pantau Perkembangan Trafik Website

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
cara cek backlink

Cara cek backlink Paling gampang – Backlink kini menjadi metode paling mutakhir dalam meningkatkan SEO di mesin pencarian. Fakta tersebut sudah dirilis melalui banyak sekali platform pencarian marketing yang terkenal bahwa Google Ranking sangat dipengaruhi oleh link.

Hampir terdapat 50 hasil yang menyatakan paling tidak ada satu link eksternal guna membuat suatu website menjadi banyak diklik pengguna internet. Ketika backlink ini jumlahnya lebih dari satu, maka besar kemungkinan untuk meningkatkan pencarian di mesin Google.

Hanya saja sekarang algoritma Google menambahkan logika terhadap website mana yang dianggap asli dan juga yang artifisial. Berkat algoritma ini, memperbesar kemungkinan pencari informasi untuk mendapatkan konten yang berkualitas sesuai yang pengguna cari.

Ada banyak sekali website yang dahulu berada di urutan nomor satu mulai tersingkir akibat algoritma tersebut. Faktor algoritma inilah yang menghantarkan Wikipedia selalu menjadi peringkat pertama ketika seseorang perlu mencari suatu informasi.

Cara Cek Backlink Paling Mudah

Ketika kamu membahas tentang bagaimana cara terbaik dalam cek backlink, maka kamu perlu melihat seluruh daftarnya di sini. Ada banyak sekali pilihan untuk melakukan cek backlink, tetapi hasilnya ada yang kurang akurat. Hasil yang kurang akurat bisa membuat bagian manager pengelola website memberikan keputusan yang salah dalam memperbaiki isi kontennya. Jika ingin pakai website yang akurat dalam melakukan cek backlink, bisa segera dilihat berikut.

Cek backlink paling mudah gratis

MOZ

Website MOZ yang memiliki domain berupa Moz.com ini sudah banyak dipakai oleh SEO specialist dalam mencari informasi cek backlink. Informasi ini tentu akan sangat berguna setiap kali akan membuat suatu konten. Software yang ada di dalam website MOZ ini mampu menunjukkan jumlah backlink secara akurat, sehingga kemampuan algoritma mengantarkan Moz menjadi market leader.

Kamu yang sudah terbiasa dalam dunia pembuatan konten website, pasti sudah paham juga mengenai istilah Domain Authority atau DA. Istilah DA ini dipakai ketika akan mencari parameter utama yang membuat ada banyak pengguna internet datang ke sebuah website yang berkualitas melalui backlink. Tentu saja ini bukan acuan yang sembarangan yang membuat DA menjadi salah satu acuan penting yang harus diketahui dalam pengelolaan SEO website.

Bahkan MOZ sendiri terus melakukan update terhadap algoritmanya demi terus mengikuti perkembangan algoritma Google. Website itu sendiri berani memberikan pernyataan bahwa nilai DA menjadi acuan paling akurat guna prediksi peringkat suatu domain dalam Google. Uniknya lagi penggunanya tidak perlu melakukan login ketika akan menggunakannya. Hanya saja memang data yang lengkap baru bisa diakses, bila pengguna tadi memasukkan email aktifnya. Guna mendapatkan data super lengkap, maka diharuskan berlangganan dengan membayarkan sejumlah harga.

cek-backlink-ahrefs

Ahrefs

Cara cek backlink berikutnya adalah menggunakan Ahrefs. Cara ini dianggap menjadi yang paling baik. Kamu bisa menggunakan versi cek backlink yang premium dan free version. Seperti biasa, akses atas free version ini sangat terbatas. Kamu yang ingin terus menggunakan cek backlink menggunakan platform ini bisa coba untuk berlangganan versi premium-nya. Jadi memang website ini memaksa kita mengeluarkan uang lebih guna mendapatkan data yang lengkap. Situs ini sendiri memiliki algoritma yang sangat baik dalam menilai algoritma Google yang berhubungan dengan peringkat website di mesin pencarian tersebut.

Fitur milik Ahrefs yang banyak peminatnya adalah Domain Rank (DR). Fitur tersebut memberikan hasil berupa nilai acuan yang akurat dan bisa dipakai guna menggantikan fungsi PageRank di Google. Fitur ini memungkinkan pemilik website mengetahui adanya backlink yang dapat diikuti oleh robot atau tidak.

Baca juga : cara cek PA DA banyak website

SEMrush

Cek backlink berikutnya yang juga dianggap akurat adalah SEMrush. Cek backlink ini memungkinkan untuk marketer memanfaatkan fitur SEOquake-nya yang otomatis. Kegunaan dari SEOquake ini adalah dapat membantu pemilik website mengetahui jumlah backlink halaman dan backlink domain secara otomatis tanpa harus mengecek satu per satu.

Hal yang perlu dilakukan untuk menggunakan SEMrush ini adalah menginstal bagian ekstensi dari SEMrush di browser. SEO metrics ini akan langsung muncul dalam tautan SERP Google secara otomatis. Walaupun memang sekarang ini penggunaan SEMrush kurang populer untuk versi cek backlink yang berbayarnya. Namun dalam versi gratisnya ada banyak orang yang bisa memanfaatkan cek backlink dan mereka merasa puas.

Alexa

Kamu yang ingin mengetahui performa dari kompetitor juga bisa menggunakan Alexa. Pengecekan yang dilakukan dengan memanfaatkan cek backlink Alexa dapat mengantarkan penggunanya mengetahui backlink website yang berkualitas bila dibandingkan kompetitor. Dengan informasi yang diberikan setelah pakai cek backlink Alexa, kamu jadi bisa merencanakan pembangunan backlink yang baru dengan selalu memperhatikan perkembangan kompetitor juga.

Analisa backlink kompetitor juga bisa kamu terapkan untuk memahami bagaimana konten mereka berkembang, sehingga langsung berpengaruh terhadap peringkatnya. Kamu bisa meniru langkah kompetitor supaya bisa jadi lebih baik ke depannya.

Openlinkprofiler.org

Cek backlink yang disediakan secara gratis adalah Openlinkprofiler.org. Bahkan tidak hanya memberikan informasi berupa website penggunanya, melainkan juga kompetitor. Ini akan mempermudah kamu dalam mengecek kompetitor secara online dan gaya informasi yang diberikan tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tools cek backlink lainnya. Versi gratisnya juga memiliki batasan jumlah penggunaan. Kamu tidak akan bisa memanfaatkan fitur dalam tools cek backlink ini dengan leluasa. Paling tidak dalam satu hari pengguna versi gratis hanya dapat menggunakan sebanyak 5 kali. Jika ingin menggunakan lagi, bisa dilakukan hari berikutnya. Jika kamu masih dalam tahapan awal mengelola website, disarankan memanfaatkan tools yang satu ini.

SEO SpyGlass

Tools yang satu ini bisa kamu pakai gratis juga setiap kali cek backlink. Sistem penggunaan yang ditawarkan dari SEO SpyGlass ini unik dan mirip dengan desktop aplikasi. Jadi berbeda dibandingkan dengan tool cek backlink lainnya yang menggunakan sistem website. Kamu akan bisa mengecek tautan yang mengarah kepada website yang dikelola. Ini berguna untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas backlink yang mengarahkan ke website kamu. Sekarang tools ini mampu menjelajahi paling tidak 7,1 miliar halaman setiap harinya. Kecepatan pendeteksian tersebut jauh di atas Ahrefs dan Majestic sebagai cek backlink ternama.

Hal yang perlu kamu waspadai dari sebuah backlink adalah spam backlink. Backlink tersebut dapat membuat penilaian buruk terhadap website yang sedang kamu kelola bila mengarah ke tempat website kamu. Tools ini memungkinkan kamu mengetahui email dari pemilik website yang dianggap sebagai spam backlink. Kamu bisa membandingkan profil backlink yang kamu pakai dengan kompetitor. Tak tanggung-tanggung cek backlink yang satu ini dapat memberikan nilai SEO dari setiap backlink kompetitor.

SmallSEOTools

Tidak hanya sebagai website yang bisa dipakai mendeteksi plagiarism suatu konten, maka SMallSEOTools juga berguna untuk mengetahui cek backlink. Didalamnya terdapat fitur cek DA dan PA sari suatu website. Kamu bisa menggunakannya secara gratis melalui websitenya langsung. Kamu bisa menggunakan cek backlink yang satu ini sepuasnya, karena memang disediakan gratis. Website satu ini mendapatkan penghasilan dari iklan. Jadi bisa disediakan secara gratis dan recommended bagi orang yang sedang pertama kali membangun website.

Majestic

Website yang satu ini berguna sebagai tool cek backlink di website sendiri dan kompetitor. Ada banyak sekali internet marketer yang mengarahkan penggunaan Majestic dalam memeriksa backlink. Hasilnya juga sama akuratnya dengan sebagian tools website backlink lainnya. Hasilnya mencantumkan trust flow dan citation flow yang lengkap. Beberapa fitur yang disediakan selain trust flow dan citation flow yakni visibility flow, topical trust flow, flow metric scores, dan lain-lain. Fitur visibility flow memungkinkan kamu untuk mengecek link style editorial yang cocok dan memiliki trust flow tinggi.

Sedangkan topical trust flow menunjukkan tentang bagaimana sebuah topik bisa relevan terhadap sebuah halaman website. Tools ini akan memuat sampai 800 kategori dari beberapa situs terbaik. Ini benar-benar bisa membuat penggunanya jadi paham tentang hubungan topik dan websitenya. Fitur terakhir yang menjadi kelebihan Majestic adalah adanya fitur yang menunjukkan tentang data yang menampilkan nilai berbeda yang memberikan dampak pada konten yang ada di website kamu. Kamu jadi bisa menganalisa dengan detail tentang pentingnya keseimbangan menjaga setiap fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya milik Majestic. Tools ini menyediakan bar pencarian versi gratisnya.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!