• Home
  • Tips
  • Cara Cek Ongkir Jasa Pengiriman Termudah Dan Tercepat

Cara Cek Ongkir Jasa Pengiriman Termudah Dan Tercepat

Oleh Ayoni Sulthon
5/5 (1)

Di masa depan semua transaksi akan dilakukan menggunakan virtual. Era tersebut sudah dimulai sejak jaman sekarang dan ada banyak marketplace mulai bermunculan di tanah air. Misalkan saja, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan lain-lain. Setiap konsumen dapat membeli dari rumah barang-barang yang diperlukan, sehingga tidak harus keluar rumah.

Apabila kamu belum terlalu mengenal apa itu marketplace dan cara cek ongkir jasa pengiriman, maka kamu perlu membaca ini sampai selesai. Pengetahuan ini dan diiringi dengan praktek sangat perlu dilakukan demi menyongsong budaya jual-beli di masa depan. Cara yang dilakukan juga sangat mudah, sehingga orang yang awam sekalipun akan bisa cepat paham.

Pentingnya Cara cek ongkir bagi penjual (Cek Ongkir Penjual)

Setiap marketplace sudah pasti perlu jasa pengiriman, sehingga baik sang pemilik toko online dan konsumen harus memahami konsep pengiriman, penerimaan, dan ongkir yang berlaku. Peranan jasa pengiriman ini penting juga, karena pengiriman dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia dan ada yang dapat menjangkau sampai ke luar negeri.

Pastinya semakin jauh antara jarak penjual online dengan konsumennya, maka ongkos kirim atau ongkir yang ditawarkan akan semakin mahal. Prinsip ini sudah pasti berlaku di setiap jasa pengiriman, karena berdasarkan pada bensin yang diperlukan.

Cara Memeriksa dan Cek Ongkos Kirim Cek Ongkir

Salah satu pertimbangan yang dipikirkan konsumen saat membeli suatu barang di marketplace adalah berapa ongkos kirimnya. Mungkin ongkos kirim tersebut tampak murah, tetapi biasanya masyarakat akan berpikir akankah suatu barang itu worthed menggunakan ongkos kirim tersebut. Jangan sampai ongkos kirim ditawarkan dengan harga lebih mahal daripada barang yang diantar.

Apabila kamu berniat untuk melakukan pengiriman barang, maka kamu bisa melihat peraturan yang berkaitan dengan cara cek ongkir jasa pengiriman. Setiap perusahaan penyedia jasa pengiriman sudah pasti memiliki tarif berbeda dan kamu dapat lihat perbedaannya berikut.

  1. JNE

Perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan banyak marketplace di Indonesia adalah JNE. Nama JNE tersebut merupakan singkatan dari Jalur Nugraha Ekakurir yang merupakan perusahaan penyedia layanan pengiriman barang di Indonesia.

Perusahaan JNE pertama kali diperkenalkan pada 1990 dan awalnya hanya menerima penanganan khusus barang import, dokumen, dan juga kepabean yang berasal dari luar negeri menuju ke Indonesia. JNE ini adalah pecahan dari perusahaan TiKi hanya saja memiliki market yang berbeda. Berkat kinerja JNE saat ini, perusahaan tersebut masih dapat eksis di Indonesia.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh JNE adalah JNE OKE, JNE Reguler, dan JNE Trucking. Masing-masing layanan tersebut memiliki kelebihan berbeda dan ini berpengaruh terhadap ongkos kirim yang ditawarkan. Kamu akan dapat mengetahui ongkos kirimnya melalui https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif.

Cara Cek Ongkir

  1. J&T Express

Perusahaan kedua yang sama terkenal dengan JNE pada marketplace-marketplace di Indonesia adalah J&T Express. Tanggal berdiri dari perusahaan tersebut memang jauh lebih muda daripada JNE, karena dirilis pada 2015 silam. Brand ambassador yang dipakai adalah Deddy Corbuzier. Fitur dari J&T Express yang terkenal adalah gratis ongkir.

Selain fitur tersebut perusahaan ini juga menawarkan layanan lainnya, seperti CS, tracking, JNE trucking, dan lain-lain. Perusahaan jasa pengiriman yang satu ini memang sangat berbeda dari perusahaan serupa lainnya. Hal ini yang membuat J&T dapat menjadi sangat berjaya di seluruh Indonesia sampai saat ini.

Apabila kamu berniat akan membuat akun toko online, maka kamu perlu mengetahui cara cek ongkir jasa pengiriman. Mengenai berapa besar tarifnya, kamu dapat melihat di alamat website https://jet.co.id/index/query/query.html.

  1. Ninja Xpress

Jasa pengiriman lain yang eksis di Indonesia yakni Ninja Xpress. Perusahaan yang satu ini berdiri pada 2014 silam. Perusahaan penyedia layanan pengiriman yang satu ini tidak hanya menangani pengiriman barang konsumen yang berasal dari Indonesia saja. Ninja Xpress ini tidak hanya eksis di Indonesia, melainkan di Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Bahkan, perusahaan jasa yang satu ini juga sudah merambah ke negara Asia Tenggara lain, seperti Thailand dan Vietnam. Bagi kamu yang ingin melakukan pengecekan terhadap ongkirnya bisa kamu lihat melalui website https://www.ninjaxpress.co/id-id#price-estimate.

Baca juga : Cara meningkatkan conversion rate

  1. TiKi

Jasa pengirim barang yang juga terkenal di Indonesia adalah TiKi yang mana pertama kali lahir di 1970. Sedangkan jasa pengiriman barang yang satu ini pertama kali muncul bertujuan untuk melayani pengiriman dalam negeri, sehingga harga yang ditawarkan lebih terjangkau dari JNE. Apabila kamu berniat melakukan pengiriman melalui jasa ini, bisa mengecek tarifnya dahulu.

Pengecekan terhadap ongkos kirim bisa dilakukan melalui websitenya. Alamat pengecekan adalah https://tiki.id/id/tariff. Langkah berikutnya, kamu hanya perlu memasukkan data yang diperlukan untuk bisa mengetahui estimasi ongkos kirimannya. Beberapa data yang diperlukan adalah alamat tujuan, alamat pengirim, berat barang, dan dimensi packaging.

  1. Pos Indonesia

Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui Pos Indonesia. Pada jaman dahulu, jasa pengiriman yang satu ini hanya melayani pengiriman dokumen. Keperluan untuk berkompetisi dengan perusahaan pengirim barang yang eksis, akhirnya Pos Indonesia membuka penawaran layanan lain dan salah satunya pengiriman barang.

Apabila kamu hendak melakukan pengiriman barang menggunakan Pos Indonesia, maka kamu perlu melakukan pengecekan terhadap ongkos kirimnya dahulu. Cara melakukan pengecekan tarif ini bisa dilihat melalui websitenya yaitu https://www.posindonesia.co.id/id/check-tarif-post.

  1. Wahana

Jasa ekspedisi lainnya yang sudah lama eksis di Indonesia adalah Wahana. Jasa ekspedisi yang satu ini dirilis pada 11 Juni 1998 dan setidaknya tercatat sudah ada lebih dari 50 cabang dan 3000 lebih mitra agen Wahana. Setiap harinya jumlah dari agen tersebut semakin banyak. Beberapa layanan yang disediakan adalah Wahana Express, Wahana Logistik, dan lain-lain.

Kamu yang berminat melakukan pengecekan terhadap barang yang akan dikirim dengan ekspedisi ini bisa membuka www.wahana.com/.

  1. SiCepat

SiCepat sebagai jasa ekspedisi Indonesia juga menawarkan banyak layanan, seperti pemberian cashback 5% kepada lapak yang menggunakan SiCepat Halu. SiCepat ini melakukan kerjasama dengan marketplace Tokopedia dan Bukalapak. Apabila kamu memiliki toko online di marketplace yang sudah disebutkan, maka kamu bisa menambahkan ekspedisi yang satu ini.

Kamu yang akan menjadi seller maupun konsumen perlu mengetahui cara mengirim barang menggunakan SiCepat. Setelah itu ketahui berapa ongkos kirimnya melalui https://www.sicepat.com/deliveryFee. Website tersebut sudah menggunakan User Interface yang ramah pengguna. Bahkan orang awam sekalipun akan bisa memahami cara menggunakan.

  1. Lion Parcel

Perusahaan maskapai penerbangan Lion juga membuka layanan pengiriman barang dan namanya adalah Lion Parcel. Ekspedisi yang satu ini melayani pengiriman barang dalam negeri dengan tarif yang bervariasi tergantung pada jenis layanan yang digunakan. Bagi kamu yang ingin mengetahui berapa harga kirimnya, maka bisa dilihat di http://lionparcel.com/product.

Saat ini Lion Parcel sudah memberikan layanan yang bisa diakses melalui aplikasi. Melacak pengiriman barang menggunakan ekspedisi ini bisa dilakukan melalui smartphone kamu.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO

Artikel

Lainnya


Duta
September 10, 2020

Mantap informasinya menjadi masukan berharga untuk dunia online marketing

Djal
September 10, 2020

membantu,tapi belum dicoba..

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!