Cara Ganti Password Gmail Kurang dari 5 Menit5 min read

Penggantian password secara regular bagi akun-akun pribadi kamu tidak bisa dianggap sepele. Hal tersebut bahkan bisa menjadi penting, agar akun kamu terlindung dari serangan hacker dan penyusup yang ingin mengakses akun kamu tanpa izin. Kewaspadaan di dunia digital harus terus diterapkan, meski kamu merasa bahwa akun kamu aman-aman saja.

Termasuk dalam akun Gmail kamu. Proteksi dengan cara mengganti password harus dilakukan secara reguler, apalagi jika kamu sudah sangat bergantung pada Gmail untuk mengakses akun-akun lainnya di dunia maya. Layanan Gmail saat ini memang sangat dinamis, sehingga kamu mendapatkan ragam kemudahan dalam bertransaksi apapun secara online. Maka dari itulah, keamanan akun Gmail kamu perlu sangat diperhatikan.
Bukan berarti Gmail tak mau memanjakan kamu dengan sejumlah langkah proteksi otomatis. Justru, Gmail sudah sangat profesional dalam melakukan perlindungan. Kamu bahkan diberi tahu dan disarankan untuk melakukan pencegahan jika terdapat aktivitas yang dirasa mencurigakan. Maka dari itu, dukunglah Gmail dengan cara melakukan penggantian password secara reguler.

Cara Mengganti Password Gmail

Tak sebatas imbauan, dalam artikel kali ini kami akan berbagi petunjuk, bagaimana cara ganti password Gmail dengan cepat dan mudah. Mari simak uraian cara ganti password Gmail berikut ini:

ganti password gmail

Sumber: Pixabay

  1. Masuk ke Akun Gmail kamu

    Tentu saja, langkah awal yang mesti kamu lakukan adalah masuk dulu ke akun Gmail kamu. Caranya mudah, kamu tinggal memasukkan username atau alamat Gmail kamu, serta passwordnya. Jangan lupa untuk mengkoneksikan komputer atau smartphone kamu ke jaringan internet.

    Selain itu, tentu saja kamu harus terlebih dahulu memiliki akun Gmail. Sebab bagaimana mungkin kamu melakukan penggantian password kalau kamu sendiri sebenarnya belum pernah sekalipun daftar ke akun Gmail. Cara daftar akun Gmail sangat mudah. kamu tinggal memencet tombol bertuliskan“Sign Up”, lalu ikutilah instruksi yang disampaikan. Tenang saja, instruksi yang nantinya dipaparkan cukup sederhana. Biasanya hanya mengandalkan nomor handphone, kamu akan punya akun Gmail.

  2. Buka Setting Gmail

    Setelah masuk ke akun Gmail kamu dengan lancar dan selamat, silakan arahkan kursor atau jemari kamu ke arah “Setting” atau “Pengaturan”. Cara mencarinya sangat mudah. Letaknya ada di pojok kanan atas dengan simbol gambar roda bergigi. Setelah di klik, nanti akan muncul pilihan. Tombol “Setting” ada di urutan keempat.

  3. Masuk ke Bagian “Accounts and Import”

    Setelah kamu mengklik “Setting”, nanti akan muncul tampilan pengaturan Gmail secara keseluruhan. Di antara pilihan pilihan yang tersaji di menu utama, silakan pilih tombol “Account and Import”. Nantinya kata instruksi yang berupa pergantian password.

  4. Ganti Password Kamu Sekarang Juga

    Setelah diarahkan pada instruksi penggantian password, klik tombol “Change Password”. Sebelum kamu melakukan penggantian password baru, sistem ingin memastikan bahwa kamu benar-benar pemilik akun, dan bukan hacker. Nantinya, sistem akan mengarahkan kamu pada dialog berikut ini:
    -Menyapa “Hi”, lalu meminta kamu melakukan verifikasi password lama kamu.
    -Setelah memasukkan password, klik “Next”

  5. Silakan Membuat Password Baru

    Setelah kamu memasukkan password, lalu menekan tombol “Next”, kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Di sana kamu akan diminta untuk mengetik password baru sesuai selera. Gmail secara otomatis akan mengukur tingkat keamanan password yang kamu buat, apakah tingkatannya lemah, sedang atau kuat.
    Kekuatan password bergantung rangkaian password yang kamu masukkan. Semakin kompleks rangkaian password kamu, maka akan semakin kuat penilaian Gmail terhadap password kamu. Kompleks yang dimaksud yakni, password baru kamu terdiri dari huruf, angka dan simbol.

    Tapi ingat, jangan sampai password baru kamu merepotkan diri kamu sendiri. Meski kuat, password kamu harus mudah diingat, sehingga ketika kamu ingin masuk akun Gmail di kemudian hari, kamu tidak akan kerepotan. Setelah mengetik password baru dan dinilai cukup kuat oleh Gmail, kamu diminta untuk mengetik ulang password barunya di kolom selanjutnya. Setelah dirasa serasi dan cocok, maka klik “Change Password”. Proses mengganti password selesai setelah kamu klik “Change Password”.

Baca juga: Cara Membalas Email Otomatis (Autoresponder) di cPanel

Pentingnya Rutin Mengganti Password

ganti password gmail

Sumber: Pixabay

Setelah kamu menyimak cara ganti password Gmail di atas, bagaimana menurut kamu? Cukup mudah, bukan? Jika kamu melakukannya sesuai instruksi, maka cara ganti password Gmail tidak akan lebih dari lima menit. Tentunya kamu perlu dukungan jaringan internet yang lancar agar prosesnya tidak terlalu memakan waktu.

Sekali lagi kami tekankan, proteksi akun Gmail kamu sangat penting demi mengantisipasi ragam kriminal di dunia digital yang tak diinginkan. Jika kamu masih menganggapnya sepele, mari sejenak kami beri refleksi.
Bagaimana jika ada seseorang yang dengan seenaknya mengirim pesan tertentu lewat akun kamu, atau bagaimana jika akun kamu diperalat untuk kepentingan tertentu, atau mungkin data yang tersimpan di akun Gmail kamu dicuri.

Banyak kemungkinan yang akan terjadi ketika akun Gmail kamu tidak aman. makanya, informasi mengenai cara ganti password Gmail menjadi sangat penting, agar kamu bisa dengan mudah mengganti password kamu secara reguler. Ingat, mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Dengan melakukan penggantian password Gmail secara regular, kamu juga secara otomatis telah berpartisipasi dalam tindakan kriminal di bidang cyber.

Selain mencari tahu cara ganti password Gmail, kamu bisa melakukan cara lainnya untuk terus memproteksi akun Gmail kamu. Adapun cara-caranya, diantaranya melakukan sign out dari semua session Gmail kamu.
Cara lainnya, kamu bisa melakukan verifikasi bahwa kamu mengenali semua layanan dan orang-orang yang mengakses akun Gmail kamu. Langkah ini sangat efektif untuk mencegah para hacker dan penyusup yang ingin mengacak-acak akun Gmail kamu. Cara lainnya yakni dengan melakukan aktivasi 2-step authentication Gmail. Ini semacam langkah perlindungan ganda sehingga Akun Gmail kamu tidak akan dengan mudah disusupi orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Daftar Gmail Lewat Ponsel? Begini Caranya!

Kesimpulan

Ketika memiliki akun Gmail yang aman dari jangkauan para hacker, kamu akan bisa percaya diri untuk menggunakan Gmail kamu untuk berbagai kepentingan. Misalnya, kamu bisa mengandalkan akun google untuk berkirim file dan pesan. Meski sudah banyak layanan berkirim pesan digital, Gmail tetap tidak bisa ditinggalkan. Sebab melalui Gmail, kesan formal dan resmi akan sangat terasa.

Selain untuk saling bertukar pesan, Gmail juga bisa kamu gunakan untuk mengakses lokasi dan ragam aplikasi. Biasanya aplikasi-aplikasi yang didesain berbasis digital akan meminta kamu untuk mencantumkan alamat email kamu. Nah, dengan memiliki akun Gmail, kamu akan secara otomatis masuk dan terdaftar di aplikasi tertentu secara mudah dan transparan.
Fungsi selanjutnya dari kepemilikan akun google adalah, kamu bisa leluasa menyimpan ragam data digital yang berharga. Demikianlah informasi tentang cara mengganti password Gmail yang bisa kamu terapkan untuk proteksi akun. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar