• Home
  • Tips
  • Membuat Halaman Page di WordPress

Membuat Halaman Page di WordPress

Oleh Mutiara Auliya
4/5 (1)

Dalam membuat blog, tentunya istilah halaman atau page sudah populer. Namun, banyak orang yang masih awam dengan dunia blog, pasti akan kebingungan dengan fungsi dari fitur page ini. Selain belum mengetahui fungsinya, mungkin cara pembuatan halaman/page pun juga tidak diketahui. Nah, kali ini DomaiNesia akan menjelaskan mengenai cara membuat halaman wordpress untuk pemula beserta penjelasan dan perbedaan halaman(page) dengan post.

Pengertian Halaman/Page

Page merupakan halaman statis pada sebuah website. Dimana halamannya tidak bisa diarsipkan, dimasukkan tag dan kategori artikel. Karena sifatnya yang statis, page berisi informasi penting terkait dengan blog.

Fungsi Halaman/Page

Biasanya halaman page berfungsi untuk membuat halaman contact, about, disclaimer, dan halaman lain yang perubahannya tidak tergantung pada waktu tertentu. Bisa juga page digunakan untuk pembuatan landing page (jika blog atau website ingin landing page bersifat statis)

Baca Juga: Perbedaan Blog WordPress dan Website WordPress

Perbedaan Page dan Post

Sebelum membahas cara membuat halaman wordpress untuk pemula, terdapat beberapa perbedaan antara post dan halaman page yang wajib banget blogger pemula ketahui. Berikut ini beberapa perbedaannya.

Post Dinamis, Page Statis

Post sifatnya dinamis sedangkan Page sifatnya statis. Dinamis berarti dapat berubah menyesuaikan dengan isi konten yang disampaikan. Sedangkan statis berarti tidak berubah-ubah dan tetap. Bukan berarti, karena sifatnya statis, page tidak bisa diubah-ubah setelah dibuat. Melainkan dengan sifat statisnya, page tidak butuh banyak penyesuaian.

Post bergantung pada waktu, tapi tidak untuk Page

Post biasanya sangat tergantung pada tanggal publish artikel. Sedangkan page tidak bergantung sama sekali. Jika kamu saat ini menulis artikel seperti berita, yang sangat bergantung pada waktu kronologis kejadian, maka besar kemungkinan pembaca artikel akan mengalami penurunan tiap harinya. Intinya post memiliki masa expired-nya sedangkan page, tidak.

Post untuk Artikel blog, Page untuk Informasi Terkait Blog

Post digunakan untuk menulis artikel dan mempublishnya agar bisa dilihat pengguna dan pengunjung blog atau website. Post merupakan pondasi utama dalam dunia blog jika sebuah website sangat tergantung pada konten tulisan. Sedangkan page, seperti yang dijelaskan sebelumnya, biasanya digunakan untuk menjadi menu utama seperti Contact, About, FAQ, Disclaimer, Privacy, dan lain sebagainya. Bisa juga digunakan untuk membuat tampilan landing page yang sifatnya statis.

Selain itu Post bisa kelompokkan dengan fitur categories dan tag. Sedangkan Page tidak bisa. Namun, Page bisa dikelompokkan ke dalam menu navigasi.

Untuk lebih jelasnya, Post dan Page dapat dibedakan dengan memperhatikan dua gambar berikut.

  • Halaman/Page pada menu navigasicara membuat halaman wordpress
  • Post pada konten blogcara membuat halaman wordpress

Cara Membuat Halaman WordPress untuk Pemula

Berikut ini dijelaskan cara membuat halaman wordpress untuk pemula. Simak langkah-langkahnya ya.

1. Login WordPress

Langkah pertama adalah dengan buka web browser dan ketik https://wordpress.com/log-in jika kamu menggunakan domain wordpress. Namun jika kamu menggunakan domain dan server hosting sendiri, kamu bisa login dengan domainkamu.com/wp-admin/ (nama “domainkamu” diganti dengan nama domain websitemu).

2. Memilih “Page” pada Dashboard admin.

Selanjutnya tampilan akan diarahkan ke Dashboard. Yakni pusat kendali yang dapat mengatur semua kegiatan di website atau blog kamu. Di bagian kiri Dashboard ada menu page, kemudian pilih Add New untuk membuat page baru atau klik All Pages untuk melihat daftar keseluruhan page yang ada di website mu.

cara membuat halaman wordpress

3. Membuat Halaman di WordPress

Karena artikel ini berjudul cara membuat halaman WordPress untuk Pemula, maka silahkan klik Add New untuk membuat halaman atau Page. Tunggu beberapa saat sampai proses loading selesai dan tampilan akan mengarah ke area kerja Page.

4. Mengisi Konten Page (Halaman)

Tampilan area kerja “Page” hampir sama dengan tampilan area kerja pada “Post”. Kemudian tulislah judul pada kolom Add title dan isi halaman yang ingin kamu buat di kolom Start writing or type/to choose a block di bawahnya.

cara membuat halaman wordpress

5. Memilih Konten Halaman

Kamu juga bisa memilih konten yang ingin kamu isi di halaman page blog atau website mu. Bisa paragraf, Image, Embed, Shortcode, Gallery, hingga Quote. Bahkan kamu bisa mengkombinasikan semuanya dalam satu halaman.

6. Publish Page

Setelah selesai, klik Publish. Dan halaman atau Page pun sudah selesai dibuat.

cara membuat halaman wordpress

Baca Juga: Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

Yuk Buat Page Website Kamu Sendiri!

Itulah cara membuat halaman wordpress untuk pemula. Sangat mudah bukan? Ayo, sekarang giliran kamu untuk mencoba menerapkan penjelasan di atas. Jangan lupa untuk membaca panduan dan artikel menarik lainnya dari DomaiNesia agar kemampuan blogging mu makin Jago.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!