• Home
  • Tips
  • Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram

Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Media sosial instagram saat ini sudah semakin berkembang dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Salah satunya adalah membuat akun instagram milikmu menjadi profesional, sehingga bisa menampilkan kategori di bawah bio seperti blog pribadi. Namun, bagi kamu yang sudah menerapkan hal ini dan ingin menghilangkannya kembali juga bisa. Berikut cara menghapus blog pribadi di instagram. 

Sekilas Tentang Media Sosial Instagram

Instagram atau kini yang lebih sering disebut sebagai IG adalah aplikasi untuk saling berbagi foto dan video secara gratis yang tersedia di iPhone dan Android. Orang-orang dapat mengunggah foto atau video ke layanan media sosial ini dan membagikannya dengan para followers atau hanya untuk sekelompok teman yang dipilih (close friend). 

Tak hanya itu saja, melalui media sosial Instagram kamu juga dapat melihat, mengomentari, dan menyukai postingan milik orang lain yang berada di dalam daftar following akunmu.

Cara menghapus blog pribadi di instagram
Sumber: Envato

Siapa pun yang sudah berusia 13 tahun ke atas dapat membuat akun dengan mendaftarkan alamat email dan memilih username atau nama pengguna sesuai keinginan. Instagram ini memang jejaring sosial dari Facebook yang dengan cepat mendapatkan popularitas di seluruh dunia. 

Sekarang, instagram secara aktif telah digunakan lebih dari 650 juta orang. Kebanyakan orang membuat akun pribadi mereka untuk berbagi tentang cerita kehidupan, perjalanan, dan pekerjaan melalui foto atau video durasi pendek. 

Tapi media sosial ini bukan hanya untuk berbagi foto saja, ada juga peluang untuk menghasilkan uang dari konten yang kamu buat. Akun yang penuh warna dan menarik menarik perhatian banyak orang seiring waktu bisa mendapatkan banyak penggemar. Dan dari situlah kamu dapat memperoleh penghasilan melalui media sosial dengan membuat iklan.

Seperti yang kita tahu bahwa instagram ini memang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membantu meningkatkan kualitas akun milikmu. Salah satunya adalah fitur blog pribadi di instagram. 

Blog pribadi ini adalah sebuah kategori khusus untuk akun profesional di instagram yang bisa diaktifkan oleh siapa saja tanpa biaya atau sederhananya bisa secara gratis.

Penggunaan seperti ‘blog pribadi’ ini pun bisa membantu kamu mempercantik penampilan akun serta memperjelas status ataupun identitas. Namun, bagi kamu yang tidak ingin menampilkannya bisa saja untuk menonaktifkannya.

Tetapi perlu dipahami ketika menghapus blog pribadi di instagram sama saja kamu menghilangkan akun bisnis yang dapat membantu meninjau statistik serta penghasilan dari iklan.

Sederhananya, ketika menghapus tulisan blog pribadi, status akun bisnis akan hilang dan semua statistik yang dikumpulkan selama pengoperasian pun juga hilang. Cara menghapus blog pribadi di instagram pun juga memiliki beberapa cara yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca juga: Cara Membuat Akun Instagram dan Aneka Fitur yang Bisa Digunakan

Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram

Disebutkan sebelumnya, ketika kamu sudah melakukan cara menghapus blog pribadi di instagram itu sama saja menghilangkan akun bisnis. Namun, tidak perlu khawatir karena pihak instagram memberi kemudahan bagi penggunanya untuk mengubah jenis akun sesuai kebutuhan. 

Meskipun kamu sudah beralih ke akun bisnis atau akun kreator, bukan berarti tidak bisa beralih lagi ke akun personal. Kamu akan tetap bisa beralih kembali ke akun personal. 

Dan berikut ini beberapa cara menghapus blog pribadi di IG yang bisa dilakukan dengan dua cara yaitu beralih kembali di akun personal atau creator. Pada dasarnya kedua cara menghilangkan blog pribadi di IG memang hampir sama.

Cara menghapus blog pribadi di instagram
Sumber: Envato

Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram dengan Kembali Beralih ke Akun Personal

Cara menghapus blog pribadi di instagram yang pertama adalah dengan menggunakan fitur untuk beralih kembali ke akun personal.

  • Buka aplikasi media sosial instagram.
  • Kemudian login dengan akun pribadi milikmu.
  • Jika sudah berhasil login, pilih menu profilmu dengan cara klik avatar atau foto profile di pojok kanan bawah.
  • Lalu, klik garis tiga yang berada di bagian pojok kanan atas dilanjutkan dengan klik pengaturan.
  • Dalam pilihan menu pengaturan segera klik akun atau account.
  • Gulir ke bagian bawah, dan pilih menu beralih ke akun pribadi atau switch to personal account
  • Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan, secara otomatis keterangan blog pribadi di instagram milikmu akan terhapus.

Itulah cara menghapus blog pribadi di instagram dengan cara beralih akun personal. Namun, apabila kamu merasa kurang puas dengan cara tersebut, alternatif lainnya bisa coba hapus akun instagram baik untuk sementara waktu maupun permanen.

Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram dengan Kembali Beralih ke Akun Kreator

Meskipun blog pribadi bisa terhapus saat beralih ke akun pribadi atau personal, tapi kamu jadi tidak bisa menikmati fitur-fitur lainnya. 

Contoh fitur yang tidak bisa digunakan ketika beralih ke akun personal yaitu melihat insight atau perkembangan followers di instagram, mengecek viewers, dan lain sebagainya.

Tetapi jangan khawatir, bagi kamu yang tetap ingin menghapus blog pribadi di instagram, tanpa kehilangan fitur-fiturnya bisa beralih ke akun kreator saja. Berikut beberapa cara menghapus blog pribadi di instagram dengan beralih ke akun kreator: 

  • Langkah pertama buka aplikasi instagram. 
  • Lalu, masuk ke halaman profil akun milikmu.
  • Pilih menu pengaturan atau setting dengan klik tiga garis di pojok kanan atas. 
  • Jika sudah masuk ke dalam pengaturan, pilih account atau akun.
  • Klik switch creator account atau Beralih ke akun kreator.
  • Selanjutnya pilih kategori yang paling sesuai dengan passionmu atau keahlianmu. 
  • Matikan atau nonaktifkan tampilan label kategori. 
  • Dan klik selesai.

Setelah melakukan beberapa cara menghapus blog pribadi di instagram dengan akun kreator, kamu bisa tunggu terlebih dahulu. Jika sudah beberapa saat maka akan dibawa ke halaman profile, dan mendapatkan pop up notifikasi. Bagi yang ingin menghubungkan akun instagram ke halaman Facebook, bisa klik Edit Profile. Namun, bagi yang sudah sesuai, cukup klik Selesai.

Dengan begitu kamu sudah berhasil menghapus blog pribadi di instagram. Jadi, kamu yang ingin menampilkan blog pribadi di Instagram, bisa langsung beralih ke akun bisnis, bukan kreator karena tidak terdapat kategori blog pribadi. Cukup mudah bukan cara menghapus blog pribadi di instagram?

Sumber: Envato

Perbedaan Beralih ke Akun Personal dan Kreator

Dalam penjelasan cara menghilangkan tulisan blog pribadi di IG sebelumnya telah disebutkan perbedaan beralih ke akun personal dan kreator. 

Perbedaan yang paling utama dari kedua akun tersebut adalah jika beralih ke akun personal, maka kamu tidak bisa menikmati fitur-fitur khusus instagram seperti melihat insight hingga profile visit

Tetapi dengan akun kreator, meskipun menghapus blog pribadi di instagram, kamu akan tetap bisa menikmati fitur-fitur untuk menganalisis followers. Lebih lengkapnya, berikut ini perbedaan antara akun personal dan kreator: 

Apa Itu Akun Personal Instagram?

Akun personal instagram adalah akun reguler yang didapat semua orang secara default. Jika memiliki akun instagram tanpa melakukan perubahan apapun maka itu adalah akun personal. Keuntungan menggunakan akun personal ini adalah kamu bisa mengaturnya menjadi private di mana harus menyetujui lebih dulu para pengikut baru dan orang asing di internet agar bisa melihat semua konten foto dan video. 

Pengaturan private pada akun personal ini dapat kamu lakukan secara permanen maupun sementara. Ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Dan juga telah disebutkan beberapa kali sebelumnya, bahwa dengan akun personal kamu tidak bisa menikmati fitur instagram seperti melihat instagram, orang yang visit ke profile, dan lain sebagainya. 

Apa Itu Akun Kreator Instagram?

Selanjutnya adalah akun kreator yang merupakan jenis lain dari akun profesional Instagram. Fitur akun kreator ini dirancang untuk tokoh masyarakat, influencer, YouTuber, pembuat Etsy, dan sejenisnya.Melalui akun Kreator, kamu dapat dengan mudah melakukan beberapa hal berikut: 

  • Melihat insight postingan.
  • Menjalankan Ads atau iklan. 
  • Mengurutkan kotak masuk atau direct messages
  • Membuat postingan untuk online shop
  • Sembunyikan detail kontak dan kategori bisnis di Profil sehingga lebih terlihat seperti akun personal.

    Sumber: Envato

Sama halnya dengan akun bisnis, kamu masih perlu menghubungkan akun kreator ke halaman Facebook jika ingin menjalankan iklan atau membuat postingan jualan. Itulah perbedaan dari akun personal dan kreator. Bagi kebanyakan orang, akun personal adalah fitur  instagram yang paling banyak diminati.

Namun, bagi sebagian orang yang membutuhkan data insight tanpa harus menampilkan keterangan blog pribadi biasanya akan lebih memilih fitur akun kreator. 

Baca juga: Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

Ikuti Cara Mudah Hapus Blog Pribadi di IG

Jadi, cara menghapus blog pribadi di instagram ini bisa dilakukan dengan dua cara. Kamu bisa kembali beralih ke akun personal atau kreator. Pada dasarnya kedua cara tersebut hampir sama, hanya saja ketika beralih ke akun personal, kamu tidak bisa menikmati fitur-fitur khusus instagram seperti melihat insight hingga profile visit

Tetapi ketika melakukan cara menghapus blog pribadi di instagram dengan beralih ke akun kreator, kamu akan tetap bisa menikmati fitur-fitur untuk menganalisis followers. Penggunaan kedua cara tersebut, bisa kamu pilih salah satunya saja dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!