• Home
  • Tips
  • Tips Membuat Channel YouTube Teknologi

Tips Membuat Channel YouTube Teknologi

Oleh Ratna Patria

Memproduksi konten seperti tutorial video game, ulasan, dan komentar sangat mengubah pemasaran video game.

Namun, karena pasar menjadi semakin jenuh di area ini, penting untuk memilih dengan cermat apa yang ingin kamu lakukan dengan channel YouTube, khususnya tentang Teknologi.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk lebih menonjol dari miliaran pengguna YouTube lainnya?

Bagaimana cara menarik perhatian audiens dan membuat mereka kembali lagi?

Radix telah mengumpulkan cara-cara memulai channel YouTube Teknologi terbaik sehingga kamu dapat mempelajari cara memulai channel YouTube Teknologi dengan aktif dan benar, kemudian menjadi bintang besar YouTube berikutnya.

Channel YouTube Teknologi
Sumber: Envato

8 Tips Memulai YouTube Channel

Saatnya membuat channel YouTube! Berikut adalah panduan lengkap kamu tentang cara membuat channel YouTube Teknologi.

Orang senang mendapatkan jawaban yang cepat dan jelas atas apa yang mereka pedulikan. Mereka ingin tahu apa yang harus dibeli dan mengapa.

Mereka ingin tahu bagaimana memanfaatkan sesuatu dengan sebaik-baiknya dan mereka ingin tahu sekarang.

Ketika kamu baru memulai di pasar teknologi, penting bahwa setiap kali kamu merekam video, kamu mempelajari topik yang akan dibuat.

Menurut kamu, pertanyaan apa saja yang mungkin dipikirkan orang tentang hal ini?

Kamu bisa menonton beberapa video atau baca artikel tentang topik ini. Apakah ada komentar dari audiens? Kemungkinan pertanyaan ini akan memberikan beberapa ide unik untuk channel kamu.

Berikut adalah 8 tips memulai channel YouTube Teknologi yang perlu diingat saat merencanakan.

  1. Jumlah audiens yang banyak tidak terjadi dalam satu malam

Ada kemungkinan bahwa video pertama kamu hanya dapat dilihat oleh orang yang memiliki akses langsung ke channel YouTube Teknologi kamu.

Jangan kecewa dulu ya. Terus buat konten baru untuk membantu orang yang mengunjungi kamu lebih memahami siapa kamu dan apa arti channel YouTube Teknologi kamu.

Terlibat dengan pemirsa untuk mempelajari preferensi mereka tentang jenis video yang mungkin mereka sukai di masa mendatang, membantu meningkatkan penayangan dan basis audiens kamu.

Pendekatan yang dipikirkan dengan baik dan terperinci akan memungkinkan kamu memenuhi kebutuhan audiens kamu sambil tetap berada di niche pasar kamu.

Tujuan utama kamu adalah memasang konten yang membahas masalah dan permintaan mereka.

Metode ini memastikan bahwa audiens kamu kembali ke video kamu yang inovatif, interaktif, dan bermakna.

  1. Temukan ritme yang berfungsi di channel lain di niche kamu dan cobalah

Jika ada orang-orang top di niche target kamu, cobalah untuk subscribe channel mereka dan lihat seberapa sering mereka memposting konten baru.

Beri komentar di video mereka untuk melihat seberapa cepat mereka merespons.

Cara terbaik untuk membangun hubungan dengan pemirsa kamu adalah dengan memasukkan mereka ke dalam kreasi kamu.

Misalnya membuat video yang diinginkan oleh para pemberi komentar adalah cara yang bagus untuk membuat hubungan itu berkesan.

Pendekatan keseluruhan untuk memulai channel YouTube Teknologi sangat mirip dengan lulus dari universitas. kamu harus memilih jurusan terlebih dahulu.

Mengetahui berbagai topik selalu merupakan ide yang bagus, tetapi lebih baik lagi untuk memilih niche untuk channel kamu dan menaatinya.

Ini akan memberi kamu kemampuan untuk mengulas topik dengan cara kreatif, menjadikan kamu ahli dalam bidang kamu sendiri.

Ini juga akan memberi kamu kemampuan untuk membangun dan mengembangkan basis audiens khusus untuk channel YouTube Teknologi hanya berdasarkan niche.

Banyak YouTuber top mengikuti strategi yang sama dengan secara aktif terlibat dalam ulasan video gadget.

  1. Tetap buat konten menarik namun tidak keluar dari niche

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sangat penting untuk tetap pada jalur saat membuat konten.

Namun, jika ada tren atau topik yang terkait dengan niche kamu tetapi mungkin sedikit berbeda, cobalah untuk melihat bagaimana cara kerjanya.

Tren datang dan pergi dengan cepat, jadi pilihlah yang sesuai dengan topik kamu sehingga kamu tidak terlihat ketinggalan zaman atau tidak fokus.

Menurut Mark Benioff, pendiri Salesforce, “The only constant in the technology industry is the change.” Satu-satunya yang konstan dalam industri teknologi adalah perubahan.

Jadi, selalu merupakan ide bagus untuk tetap waspada dan mengumpulkan informasi tentang semua tren terbaru dan produk terbaru di dalam dan di sekitar niche kamu.

Coba peluang ini dengan menjadi salah satu channel YouTube Teknologi pertama yang mengunggah video tren terbaru, gadget terbaru, atau ulasan produk terbaru.

Dengan tetap menjadi yang terdepan di niche,peluang mendapatkan banyak audiens menjadi lebih luas.

Menjadi proaktif juga dapat mengarah pada pertner berbayar untuk channel YouTube Teknologi dengan brand tertentu untuk melihat produk mereka yang baru dirilis diulas oleh influencer seperti kamu.

  1. Iklankan channel YouTube Teknologi

Mempromosikan diri kamu menggunakan platform media sosial lebih mudah dari sebelumnya, tetapi pemasaran kamu harus sesuai dengan channel YouTube Teknologi kamu.

Buat akun media sosial baru dengan nama yang sama dengan channel YouTube Teknologi kamu.

Cari kata kunci terbaik di niche kamu, dan pastikan gambar mini untuk video kamu menarik perhatian audiens.

Bebaskan kreativitas kamu untuk membuat akun kamu menonjol dari ribuan saluran teknologi lainnya.

Untuk membuat saluran YouTube teknis kamu lebih baik, kami sarankan kamu mengoptimalkan video kamu untuk SEO.

Sangat penting untuk memasukkan kata kunci yang ditargetkan dalam deskripsi video kamu.

Channel YouTube Teknologi
Sumber: Envato

Kata kunci yang tepat akan memastikan posisi tinggi dalam hasil pencarian.

Sebagai langkah ekstra, optimalkan video kamu dengan tag yang akan membantu meningkatkan visibilitas kamu dalam pencarian kata umum dan acak.

Gunakan judul menarik yang dibumbui dengan kata kunci yang relevan.

  1. Buat konten video yang diedit dengan jelas

Saat kamu baru memulai, kamu dapat membuat video dengan smartphone dan aplikasi untuk mengedit video gratis. Hal-hal penting yang perlu diingat adalah:

  • Pencahayaan. Pastikan kamu memiliki pencahayaan yang terang, sehingga pemirsa dapat melihat kamu.
  • Background. Pilih lokasi untuk merekam dengan background yang bersih dan minimalis. Tanaman, seni abstrak, atau rak buku yang rapi menjadi latar belakang yang bagus dan tidak akan menghalangi.
  • Musik. Jika kamu memilih untuk menambahkan musik ke video kamu, pastikan kamu memilih musik bebas royalti. Jika tidak, ada kemungkinan YouTube akan menolak video yang akan diupload atau meminta kamu untuk menandai artis, yang akan mengalihkan perhatian kamu dari konten.
  1. Tetap konsisten

Mengupload konten berkualitas tinggi secara teratur ke channel YouTube Teknologi kamu adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

Konten reguler membuat channel kamu tetap aktif dan meningkatkan kehadiran online kamu.

Trik lain yang akan meningkatkan kehadiran YouTube kamu adalah membuat serangkaian video untuk produk yang sama.

Misalnya, kamu dapat memulai dengan unboxing gadget baru dan mengunggah video lain yang membandingkan produk yang sama dengan produk lain dengan harga yang sama.

Strategi ini menyediakan konten yang cukup untuk membuat audiens kamu tetap terlibat selama berminggu-minggu.

  1. Jadilah unik

Meskipun industri teknologi terus berkembang, konten menjadi membosankan karena setiap channel YouTube Teknologi berbicara tentang produk yang hampir sama dalam waktu singkat.

Namun, kamu dapat memanfaatkan situasi ini dengan memposting video inovatif bahkan pada topik yang paling dasar sekalipun.

Lakukan brainstorming dan kembangkan perspektif unik untuk setiap video, buat setiap video menjadi unik.

  1. Utamakan kualitas diatas kuantitas

Memang benar bahwa kamu harus secara konsisten mengunggah video ke channel YouTube Teknologi kamu, tetapi tidak dengan mengorbankan kualitas.

kamu perlu memastikan konten kamu kaya akan kualitas. Perhatikan juga kualitas suara dan gambarnya.

Audiens kamu tidak akan pernah menonton seluruh video untuk waktu yang lama, jika pencahayaan video kamu tidak menarik atau dengan suara latar yang kasar.

Cara Menangani Komentar Negatif di Channel Youtube

Salah satu tantangan tersulit dalam memposting diri kamu secara online adalah kepastian bahwa akan ada umpan balik negatif.

Jika komentar bersifat membangun, pertimbangkan untuk berterima kasih kepada pemberi komentar karena telah menunjukkan sesuatu.

Sekalipun mereka kasar, kamu dapat meredakan situasi dan mungkin berubah pikiran dengan bereaksi dan menyesuaikan diri dengan sikap positif kamu.

Jika mereka fokus pada konten kamu, lihat apakah ada kebenaran dari apa yang mereka katakan.

Apakah komentar tersebut menuduh kamu mengungkapkan data yang ada atau menyalin influencer lain?

Jika konten kamu benar-benar mirip, kamu memiliki peluang bagus untuk memikirkan kembali visi kamu untuk mendefinisikan niche kamu dengan lebih jelas.

Sayangnya, jika seseorang memperhatikan penampilan, suara, atau kepribadian kamu, mungkin sulit untuk tidak membiarkannya memengaruhi kamu.

Cobalah untuk mengingat bahwa beberapa orang mencari YouTuber baru untuk membingungkan mereka atau mendapatkan perhatian mereka.

Kemungkinan besar, itu tidak ada hubungannya dengan kamu.

Banggalah pada diri sendiri dan pencapaian kamu, dan terima apa yang membuat kamu unik.

Tidak mudah untuk menjadi pusat perhatian, tetapi jika kamu bersemangat tentang sesuatu dan berusaha keras untuk membuat konten kamu, kemungkinan orang akan lebih positif daripada negatif.

Apa yang kamu Butuhkan Untuk Memulai Saluran YouTube

Memulai adalah bagian tersulit, tetapi tips memulai channel YouTube Teknologi ini akan membantu. Selain cara mengatur channel YouTube, kamu juga perlu tahu apa yang perlu kamu lakukan.

Cari tahu seperti apa niche kamu di dunia teknologi dan lakukan banyak penelitian.

Temukan beberapa channel YouTube Teknologi yang mungkin memiliki konten serupa dan pelajari bagaimana ia membawakannya, keterlibatan audiens, irama posting, dan relevansinya dengan topik terkini.

Cari tahu apa yang kamu sukai dari feed merekadan apa yang tidak kamu sukai.

Buatlah nama untuk channel kamu, tampilan dan nuansa kamu.

Channel YouTube Teknologi
Sumber: Envato

Saluran teknologi terkenal dengan keanggunan, modernitas, dan kebersihannya, tetapi bukan berarti saluran kamu harus seperti itu.

Setelah kamu menyempurnakan tampilan, mulailah membuat konten dan memublikasikannya ke YouTube.

Ingatlah bahwa akan membutuhkan waktu untuk membangun follower, tetapi semakin kamu mempromosikan diri sendiri dan semakin kamu ahli dalam bidang ini.

Semakin besar pula kemungkinan kamu menjadi media komunikasi bagi orang-orang yang melihat informasi di daerah kamu.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!